Persaingan Produk Kosmetik Lokal (Martha Tilaar) dengan Produk Kosmetik Luar (The Body Shop)


1
1 point

Sariayu Martha Tilaar merupakan salah satu perusahaan kosmetik Indonesia yang mengusung tema green product. Dengan gencarnya isu peduli lingkungan dan sebagai bentuk tanggung jawab sosial, diciptakan dan ditawarkan sebagai produk ramah lingkungan.

Sariayu Martha Tilaar merupakan produk perawatan kecantikan dari kepala hingga ujung kaki dan holistik (lengkap dan menyeluruh) luar dan dalam yang menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari kekayaan alam Indonesia. Terinspirasi oleh kearifan lokal dan kekayaan alam Indonesia, diproses dengan pengetahuan dan teknologi modern berbasis konsep green science. Konsep ini terbagi dalam 4 langkah:green resource, green development, green process, dan green output.

Sariayu Martha Tilaar berkomitmen untuk ikut serta dalam membangun Indonesia mulai dari mengembangkan sumber daya manusia sampai pemeliharaan sumber daya alam. Sariayu Martha Tilaar mendukung penanaman 500 tanaman dan juga tanaman buah untuk menjadi sumber oksigen dan peneduh di lingkungan tempat tinggal masyarakat (Mayorga, 2012). Sariayu Martha Tilaar mengkomunikasikan kepada konsumen bahwa produknya adalah produk natural. Sehingga terbangun positioning bahwa merek ini adalah brand yang ramah lingkungan. Sariayu Martha Tilaar mengedukasi konsumen yaitu apabila pembelian produk Sariayu Martha Tilaar maka 500 rupiah akan disumbangkan kepada WWF untuk pelestarian alam Indonesia (Mayorga, 2012). 

Untuk menguatkan positioning nya, Martha Tilaar mengembangkan usahanya pada bisnis waralaba Salon dan Day Spa, yang menawarkan jasa make up dan perawatan wajah dan tubuh, yang tentunya menggunakan produk Martha Tilaar. 

Secara umum waralaba merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dengan penerimanya (franchisee). Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu. Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya. 

Pada tahun 2019, Sariayu Martha Tilaar melakukan inovasi untuk meningkatkan penjualan produk, yaitu dengan menghadirkan rangkaian Sariayu Eksotik Tanjung Series yang terdiri dari Body Scrub, Body Lotion, dan Body Splash Cologne, dengan target penjualan optimistis di tahun 2019 mencapai Rp722 miliar. Namun Semester I tahun 2019 penjualan produk kosmetik turun dari Rp318,87 miliar jadi sebesar Rp276,74 miliar.

The Body Shop International plc, atau lebih dikenal dengan The Body Shop, memiliki sekitar 2,400 toko di 61 negara. Menurut O Boticario, sebuah perusahaan dari Brazil, The Body Shop adalah perusahaan franchise kosmetika kedua terbesar di dunia. Perusahaan ini, yang berpusat di Littlehampton, Sussex Barat, Inggris,didirikan oleh Dame Anita Roddick dan terkenal oleh produk-produknya yang menggunakan bahan alami mulai dari Body Butter, Peppermint Foot Lotion, dan Hemp. The Body Shop juga menekankan dukungannya terhadap berbagai macam isu yang beredar di seluruh dunia. Slogan-slogan mereka antara lain adalah against animal testing (lawan uji coba terhadap hewan), support community trade, activate self esteem, defend human rights (tegakkan HAM), dan protect ourplanet (proteksikan planet kita). (Sumber dari www.thebodyshop.com ).

The Body Shop Indonesia berada dibawah naungan PT Monica Hijau Lestari. Toko pertama The Body Shop dibuka pada tanggal 26 Maret 1976. Perusahaan ini sejak tahun 1985 telah aktif dalam kegiatan lingkungan hidup. Di tahun pertamanya sebagai perusahaan publik, The Body Shop mensponsori poster untuk greenpeace. Seiring dengan perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan dan untuk menjawab tantangan lingkungan bisnis yang baru, The Body Shop melakukan transformasi bisnis secara fundanmental dengan menciptakan sebuah departemen yang menangani projek lingkungan hidup. The Body Shop mempercayai bahwa hanya ada satu cara menjadi cantik yaitu nature’s way. (Sumber dari http://www.thebodyshop.com)

Pada tahun 1990, The Body Shop mendirikan The Body Shop Foundation yang bertujuan untuk menberikan dukungan finansial kepada kelompok atau organisasi yang menaruh perhatian besar terhadap hak asasi manusia dan perlindungan lingkungan. The Body Shop menjadi perusahaan kosmetik internasional pertama yang menandatangani Humane Cosmetic Standars yang didukung oleh kelompok internasional perlindungan hewan. Kemudian satu tahun berikutnya yakni tahun 1998, dalam rangka memperingati 50 tahun hari jadi Universal Declaration of

Human Rights, The Body Shop melakukan kampanye bersama dengan AmnestyInternational untuk mendukung para pejuang hak asasi manusia diseluruh dunia.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan konsumen, The Body Shop Indonesia juga memanfaatkan penjualan melalui e-commerce, melalui situs resmi www.bodyshop.co.id.

Berikut adalah laporan keuangan the body shop (sumber: Annual Report Natura & Co 2018)

Merek-merek green product kosmetik

Merk 

Tahun Pendirian

The Body Shop

1976

Sariayu Martha Tilaar

1977

Mustika Ratu

1978

L’Occitane Indonesia

2001

The Face Shop

2013

(Sumber: hermagz.com ; Ulfah, 2013)

 

Berdasarkan data-data diatas menunjukkan bahwa Sariyu Martha Tilaar mengalami penurunan penjualan produk pada Semester I tahun 2019, sedangkan The Body Shop cenderung tumbuh. Hal ini bisa terjadi karena kurang tepatnya perencanaan strategi perusahaan, produk yang dihasilkan kurang kompetitif,adanya proses internal yang belum berjalan dengan sempurna serta promosi yang masih kurang. Selain itu ada sebab juga yang timbul dari sisi konsumen, yaitu adanya persepsi konsumen bahwa produk luar negeri memililki kualitas lebih baik bila dibandingkan dengan produk lokal serta adanya persepsi konsumen terhadap green product terkait keamanan untuk kulit, kinerja produk, bahan baku produk dan harga produk.


Analisa Konsep sesuai buku Contemporary Management, Gareth R.Jones, Jennifer M.George sebagai berikut :

1. The Manager as a Planner and Strategis

Perencanaan merupakan faktor yang sangat penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Pimpinan perusahaan harus dapat menganalisa dan membuat strategi salah satunya dengan cara Analisa SWOT. 

Berikut ini adalah analisis SWOT PT Martha Tilaar Grup : 

Strength

  1. Brand image yang terkenal
  2. Kualitas produknya sudah teruji dengan baik
  3. Trend-setter tata rias Indonesia dengan variasi produk yang luas
  4. Saluran distribusi yang baik.

Weakness

  1. Struktur organisasi perusahaan yang sering berubah-ubah
  2. Sistem informasi  korporasi yang belum sepenuhnya terintregrasi
  3. Transparansi perusahaan kepada publik yang masih belum terbuka
  4. Seluruh fasilitas produksi berada di pulau jawa

Opportunities

  1. Perluasan pangsa pasar ke luar negeri
  2. Pertumbuhan ekonomi regional yang mulai membaik
  3. Perkembangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi
  4. Perubahan perilaku yang lebih emosional dari konsumen

Threats

  1. Ancaman persaingan produk sejenis
  2. Perekonomian Indonesia yang masih dalam keadaan lemah
  3. Potensi dari kerawanan pada keamanan komputer, jaringan dan transaksi
  4. Pola konsumsi dari konsumen yang berubah dari need-based ke expectation-based. 

2. Effective Groups and Teams

Dalam mencapai tujuan dan target perusahaan perlu dilakukan beberapa tahapan dalam kelompok, agar dapat berkoordinasi dengan baik dan memiliki pemahaman bersama dalam pencapaian tujuan, yaitu :

  1. Forming (pembentukan). Anggota kelompok saling mengenal dan mencapai pemahaman Bersama. 
  2. Storming (timbulnya konflik). Anggota kelompok mengalami konflik karena beberapa anggota tidak bisa submit  permintaan anggota kelompok lain. 
  3. Norming (normalisasi). Kedekatan dan konsensus mulai berkembang di antara anggota.
  4. Performing (berkinerja). Kelompok mulai melakukan pekerjaan yang sesungguhnya. 
  5. Adjourning (pembubaran). Hanya untuk task forces dan sifatnya sementara. Kelompok mulai tersebar.

3. Promoting Effective Communication

Dalam penjualan produk, promosi sangat berperan penting. Salah satu media promosi adalah dengan cara mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Komunikasi yang efektif memenuhi beberapa hal sebagai berikut :

1. Komunikator, yaitu orang yang mengkomunikasikan atau menghubungkan suatu pesan kepada orang lain.

2. Komunikan, yaitu orang yang menerima pesan.

3. Pesan, yaitu berupa gagasan, pendapat dan sebagainya yang sudah dituangkan dalam suatu bentuk, dan melalui lembaga komunikasi diteruskan kepada orang lain atau komunikan.

4. Sumber, asal suatu gagasan atau pendapat yang menjadi suatu pesan. Sumber bisa berupa lembaga, kejadian, atau diri kita sendiri.

5. Media komunikasi, yang merupakan sarana atau alat-alat atau saluran-saluran yang dipergunakan untuk menyalurkan pesan yang akan dikomunikasikan.

6. Kegiatan encoding, artinya menuangkan gagasan atau pendapat dalam suatu bentuk pesan yang dinyatakan oleh komunikator kepada komunikan.

7. Kegiatan decoding, artinya kegiatan untuk memahami suatu pesan yang diterima oleh komunikan dari komunikator.

8. Tujuan yang berupa komunikan, bisa merupakan hadirin, massa, atau kelompok, atau pula perseorangan.

Solusi agar Sariayu Martha Tilaar dapat bersaing denga produk luar, antara lain sebagai berikut :

1. Perusahaan dapat memperhatikan dan mencari cara agar persepsi kualitas produk konsumen terhadap green product terkait keamanan untuk kulit, kinerja produk dan persepsi lainnya dapat diminimalizir, sehingga konsumen dapat lebih tertarik dan nyaman dalam memakai green product. Selain itu juga perusahaan agar lebih meningkatkan lagi persepsi kualitas produk konsumen terhadap dimensi gaya, karena konsumen belum cukup merasa memiliki gaya hidup alami,sedangkan Martha Tilaar memiliki konsep produk yang natural.

 2. Perusahaan harus dapat membuat strategi pemasaran yang dapat memuaskan konsumen dan dapat bersaing dengan produk luar, yaitu antara lain melakukan inovasi pengembangan produk berdasarkan kebutuhan dan perilaku konsumen.

3. Perusahaan harus dapat mengkomunikasikan kepada karyawan arah dan strategi perusahaan ke depan, agar supaya karyawan dapat saling bekerjasama dan bersinergi dalam mencapai tujuan perusahaan.

4. Promosi pemasaran harus lebih ditingkatkan lagi agar konsumen mendapatkan informasi terkait manfaat lebih dari produk Martha Tilaar bila dibandingkan dengan produk kecantikan lainnya termasuk produk luar negeri.

Sumber : 

https://www.medcom.id/ekonomi/bursa/ObzAPq7N-martina-berto-genjot-penjualan-sariayu-via-inovasi

https://www.moneysmart.id/sepak-terjang-martha-tilaar/


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
verra

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format