Sulitnya Bengawan Solo Coffee Dalam Menghadapi Starbucks Sang Penguasa Gerai Kopi Indonesia!

Ditengah besarnya pasar kopi di indonesia, gerai kopi asal indonesia masih belum mampu merajai pasar lokal.


0

Meminum kopi saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, terutama bagi masyarakat ibukota. Saat ini penikmat kopi tidak hanya para orang tua, namun juga anak muda serta kaum milenial. Menyeruput kopi hangat/dingin di sela-sela melaksanakan tugas bekerja, sekolah, maupun berbincang bersama kolega sungguhlah nikmat. Kopi dapat dinikmati oleh semua kalangan karena harganya yang beragam, mulai dari kopi warung/ kopi sachet yang berharga ribuan rupiah, hingga kopi premium yang dibuat dengan teknik khusus yang berharga puluhan ribu rupiah setiap cangkir nya.

Indonesia saat ini sudah masuk ke dalam daftar negara dengan konsumsi kopi terbesar di dunia, hal ini membuat pasar kopi di indonesia sangat menarik di mata investor, baik investor dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Bahkan setiap tahun nya nilai konsumsi kopi di indonesia meningkat senilai 8%. Bahkan pada tahun 2021 nilai konsumsi kopi di Indonesia diperkirakan akan mencapai 370ribu ton.

Source :https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/12/12/indonesia-masuk-daftar-negara-konsumsi-kopi-terbesar-dunia

Source :https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/07/31/2021-konsumsi-kopi-indonesia-diprediksi-mencapai-370-ribu-ton

Dengan jumlah pasar yang begitu besar membuat Indonesia menjadi incaran oleh berbagai waralaba kopi dari ljuar negeri. Oleh karena itu sejak tahun 2000-an, sudah banyak gerai kopi premium yang muncul di Indonesia. Mulai dari gerai kopi yang berasal dalam negeri maupun gerai yang berasal dari luar negeri. Salah satu gerai kopi asal indonesia yang memiliki cukup banyak outlet adalah Bengawan solo coffee, sedangkan salah satu gerai asal negeri paman sam yang juga cukup banyak memiliki outlet adalah Starbucks Coffee.

Gambar : Starbucks Coffee & Bengawan Solo Coffee

Bengawan Solo Coffee

Source :https://www.youtube.com/watch?v=TmYkiYy2T4I


Bengawan Solo merupakan gerai waralaba asli asal indinesia yang pertama kali hadir di indonesia pada tahun 2003. Outlet pertama bengawan solo hadir di ITC Kuningan, Jakarta[2]. Bengawan solo mengahdirkan nuansa outlet yang modern dan tradisional. Saat ini bengawan solo telah memiliki 40 lebih outlet yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Medan. Outlet-outlet tersebut berada di pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga di stasiun pengisian bahan bakar.


Starbucks

Starbucks merupakan gerai kopi yang memulai bisnisnya pada tahun 1971 di Seattle, Amerika. Starbucks merupakan salah satu gerai kopi terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 20.336 kedai di 61 Negara diseluruh dunia, dan mulai IPO ( Initial Public Offering) pada tahun 1992[3]].Di indonesia starbucks pertama kali dibuka pada 17 mei 2002 di Plaza Indonesia,Jakarta, hingga berkembang seiring waktu ke kota-kota lain nya. Hingga Januari 2018 starbucks sukses di 326 lokasi di 22 Kota di Indonesia[4]. Saat ini starbucks menawarkan konsep licensed store dan partner yang artinya tidak sembarang orang bisa membuka gerai starbucks. Contohnya di Indonesia yang menjadi partner starbucks adalah salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia yaitu PT.Mitra Adi Perkasa ( MAP).

Source :https://www.youtube.com/watch?v=XUBeH7VQaFY


Brand Lokal Namun Tetap Kewalahan

Sebagai gerai kopi lokal asli indonesia, dengan jumlah outlet yang cukup banyak namun bengawan solo masih kalah jauh dibanding dengan starbucks. Bahkan jika dilihat dari perbandingan jumlah outlet saja, bengawan solo hanya memiliki +/- 20% saja dari total outlet yang dimiliki oleh starbucks. Jika dilihat dari menu minuman kopi yang ditawarkan oleh kedua outlet, variasi menu minuman tidak jauh berbeda antara Bengawan Solo dan Starbucks. Dari sisi harga minuman, Starbucks lebih mahal dibanding dengan Bengawan Solo Coffee.


Gambar : Menu Bengawan Solo Coffee

Source :https://pergikuliner.com/restaurants/bengawan-solo-coffee-jatisampurna/menus


Gambar : Menu Starbucks Coffee

Source :https://pergikuliner.com/restaurants/starbucks-coffee-kuningan-7/menus


Walaupun dengan harga yang ditawarkan oleh bengawan solo jauh lebih murah dibanding Starbucks tidak membuat bengawan solo dapat mendominasi pasar domestik. Bagaimana hal ini bias terjadi? Hal ini disebabkan oleh banyak factor yang akan dijelaskan dibawah ini.


Starbucks vs Bengawan Solo dalam membangun competitive advantage

Gambar : Building blocks of competitive advantage

Source : Contemporary Management, Gareth R.Jones - Jennifer M.George


Dalam Membangun keuntungan kompetitif dalam bisnis terdapat 4 hal penting yang perlu diperhatikan. 4 hal tersebut adalah efisiensi, inovasi, kualitas serta kecepatan respon terhadap pelanggan. 

  1. Efficiency : Dalam beberapa tahun starbucks menggiatkan concept eco store sebagai bentuk efisiensi dalam mengurangi penggunaan listrik serta program recycle terhadap pemakaian gelas kopi yang terbuat dari kertas. Bengawan solo terlambat menggunakan metode ini. Hanya di beberapa outlet baru saja bengawan solo mulai menerapkan konsep eco store.
  2. Inovasi : Starbucks secara global selalu berinovasi dalam pengembangan konsep outlet, menu, penyajian kopi, hingga proses produksi biji kopi. Bengawan solo minim melakukan inovasi dan cenderung menjadi followers starbucks dengan mengikuti perkembangan menu starbucks dan trend pasar indonesia. 
  3. Kualitas : Starbucks secara global selalu menjaga kualitas kopi dengan menghadirkan kopi terbaik dari berbagai belahan dunia, selain itu starbucks juga menjaga kualitas pelayanan nya melalui training program terhadap karyawan serta menyediakan jenjang karir terhadap karyawan agar karyawan tetap perform dengan baik. Bengawan solo juga menjaga kualitas kopi dengan baik namun tidak seperti starbucks yang memiliki pusat research & development untuk meningkatkan kualitas mutu.
  4. Respon terhadap pelanggan : Starbucks menyediakan cukup banyak outlet yang dibuka selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Serta menyediakan informasi yang lengkap di official website resmi nya, serta memiliki website khusus untuk starbucks news. Selain itu starbucks juga aktif berbagai platform media sosial serta menyediakan layanan customer care melalui telefon. Sedangkan Bengawan solo hanya memiliki sedikit saja store yang buka 24 jam, official website resmi hanya menyediakan informasi yang cenderung seada nya dan tidak update, serta hanya hanya aktif di platform media sosial twitter, instagram dan facebook.



Starbucks memiliki grup yang lebih efektif dibanding bengawan solo


Gambar : Group and Teams Contribution To Organizational Efectiveness

Source : Contemporary Management, Gareth R.Jones - Jennifer M.George


Dalam memenangkan kompetisi, grup yang efektif menjadi hal yang penting. Lisensi Starbucks di Indonesia dipegang oleh PT.MAP Boga Adiperkasas selaku anak perusahaan dari PT. Mitra Adi Perkasa (MAP) yang sudah berpengalaman di bidang retail[5]. Sinergi dari grup MAP memberikan keuntungan bagi starbucks, hal ini dapat dilihat dari hadirnya outlet Starbucks di beberapa gerai ritel milik MAP. Serta dapat digunakan nya voucher ritel MAP sebagai metode pembayaran di starbucks. Bengawan Solo hanya berdiri sendiri dan belum memiliki group untuk mendukungnya dalam berkompetisi di pasar.


Starbucks dan Bengawan Solo dalam Social Responsibility


Gambar :Social Responsibility & Ethics

Sourcen: Source : Contemporary Management, Gareth R.Jones - Jennifer M.George



Social Responsibility menjadi hal yang penting sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Kepedulian tersebut menyeluruh terhadap stockholders, managers, costumers, society, suppliers dan distributors, serta karyawan. Melalui Ethical Source dan Environment Program yang dimiliki oleh starbucks, starbucks telah memulai langkah baik dalam menciptakan kepedulian terhadap lingkungan. Isi dari Ethical Source dan Environment Program tersebut adalah[6]:

  1. Komitmen terhadap lingkungan : Starbucks menetapkan bahwa semua kertas dan plastic yang digunakan adalah Re-Usable, Menerapkan program Leadership in Energy & Enironment Design (LEED) pada setiap store nya dengan mengganti store menjadi eco-friendly store dan menggunakan alat yang lebih effisien.
  2. Komitmen terhadap pelanggan : Seiring berkembangnya gerakan pola hidup sehat, starbucks mulai mengurangi nilai kalori pada produk – produk campuran susu, serta pada produk makanan seperti sandwich,dll
  3. Komitmen terhadap karyawan : Starbucks menetapkan jam kerja yang manusiawi terhadap karyawan serta memperhatikan gaji dan tunjangan yang diberikan kepada karyawan. Starbucks juga memberikan jenjang karir bagi para karyawan nya.
  4. Komitmen terhadap supplier : Starbucks menjaga fair trade terhadap biji kopi dan bekerja sama dengan petani yang menjaga kualitas biji kopi nya.


Dengan program social responsibility yang baik akan meningkatkan citra serta brand image perusahaan menjadi lebih baik. Bengawan solo juga sudah mulai menerapkan penggunaan re-usable plastic, dan juga oulet berkonsep ramah lingkungan, namun hanya di beberapa outlet nya, tidak menyeluruh seperti starbucks.


SWOT Analysis Starbucks & Bengawan Solo


Strengh, Weakness, Opportunities, dan Treath perlu dilakukan untuk mengukur performance suatu perusahaan.


SWOT Analysis Starbucks:


Source :https://www.youtube.com/watch?v=mR9eICQJLXA


SWOT Bengawan Solo

Bagaimana agar bengawan solo dapat menguasai pasar?

Sebagai tuan rumah di negeri sendiri, seharusnya bengawan solo coffee dapat mendominasi pasar domestik. Ada beberapa cara yang dapat diterapkan oleh bengawan solo coffee agar dapat menguasai pasar domestik:

  1. Joint Venture dengan brand local lain nya agar menjadi group yang efektif sehingga dapat membuka lebih banyak gerai agar dapat menjadi group yang kuat untuk menyaingi dominasi dari starbucks milik PT.MAP.
  2. Innovasi terhadap menu, dengan mengembangkan menu-menu minuman baru yang lebih original dan menyesuaikan dengan cita rasa lokal. Serta menambahkan menu single origin dari kopi-kopi asli Indonesia untuk menambah daya Tarik dari pelanggan.
  3. Membuat store dan pusat pengembangan menu dan biji kopi di kota solo, agar sesuai dengan Namanya yaitu bengawan solo.
  4. Merubah konsep outlate agar lebih kekinian, dan menerapkan eco store dengan banyak cahaya alami yang masuk kedalam store. Sehingga menambah kenyamanan pelanggan.



[1]https://databoks.katadata.co.id

[2] https://www.bengawansolocoffee.com

[3]https://id.wikipedia.org/wiki/Starbucks

[4]http://www.starbucks.co.id

[5]https://kumparan.com/kumparanbisnis/mengintip-bisnis-starbucks-di-indonesia

[6]https://www.ukessays.com/essays/marketing/reviewing-corporate-social-responsibility-of-starbucks-marketing-essay.php

[7]Gareth R. Jones dan Jennifer M. George dalam Contemporary Management

Oleh : Windhi Pranata


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
atomicblonde

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format