Yogya Chicken Pioneer Ayam Goreng Rasa Lokal

Yogya Chicken Pioneer Ayam Goreng Rasa Lokal


0

Menjamurnya waralaba kuliner ayam goreng saat ini tidak membuat mantan mantan mahasiswa yang pernah belajar di Yogyakarta untuk melupakan salah satu tempat favoritnya yaitu yogya chicken. Termasuk penulis yang pernah besar dan tinggal di yogya masih ingat sekali pertama kali mencoba salah satu menu dari restoran yogya chicken ini pada sekitar tahun 1998 di salah satu cabangnya di selokan mataram. Yang saat itu hanya berupa restoran apa adanya, dan alakadarnya. 

Waralaba yang berdiri sejak tahun 19971 dan sebagai pioneer ini, masih bertahan di antara para pesaingnya seperti olive fried chicken maupun popeye fried chicken, yang sama sama produk lokal dan di kuliner ayam goreng. 

Yogya chicken saat ini memiliki jumlah cabang sekitar 24 yang tersebar di beberapa kota termasuk didalam dan diluar Yogyakarta. 2

Courtesy of Youtube.com


Walau sudah berdiri hampir 22 tahun, yogya chicken masih belum begitu terkenal dibanding waralaba lainnya yang bergerak di bidang yang samaseperti Bebek Goreng Pak Slamet untuk waralaba lokal dan KFC (kolonel) untuk waralaba asing yang dapat dijumpai dimana mana.

Beberapa hal yang penulis perhatikan dari sejak berdirinya restoran ini yang mungkin akan membantu orang awam seperti kita apabila ingin mencoba usaha waralaba kuliner dari sekarang. Atau mungkin bisa memberi sedikit pandangan untuk membuka usaha kuliner.


Courtesy of Youtube.com

Pertama kali yang dirasakan penulis ketika pertama kali (pada tahun 1998) mencoba ayam gorengnya, sudah dapat dipastikan bahwa rasanya tidak kalah saing dengan ayam goreng kolonel (KFC). Hingga saat ini citarasanya tidak berubah sama sekali, berbeda dengan beberapa restoran kuliner lainnya, yang mana ketika sudah terkenal, terkadang citarasanya berubah, dikarenakan kebanyakan restoran restoran kuliner lokal banyak yang hanya mengejar keuntungan dari pada menjaga citarasa dari masakannya. Dan Citarasa Yogya Chicken ini benar benar citarasa lokal dengan sajian menyerupai kolonel yang tidak dapat disepelekan rasanya. Bahasa jawanya adalah mas tri (must try).

Tetapi kenapa sudah berjalan hampir 22 tahun, perkembangan gerainya hanya sekitar 22 cabang, dan hanya merambah di sekitar jawa saja, lebih tepatnya di DIY dan sekitaran jawa tengah. Memang dari namanya sendiri kita mengetahui bahwa yogya chicken berasal dari jogja, yang kalau tidak salah, restoran pertamanya terletak di pelem kecut gejayan.

Sebagai investor tentu banyak hal yang dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli franchise, seperti visi dan misi dari kuliner tersebut, mudah tidaknya informasi yang didapat pada saat akan melakukan kerjasama franchise, image/rasa dari francise tersebut, penggunaan teknologi dalam proses kuliner tersebut dan lain lain. Sedangkan dari sisi pelanggan, menu yang itu itu aja, desain resto yang tidak berubah, lebih tepat alakadarnya. 

Pemerintah sendiri mengatur dan memiliki payung hukum yang jelas untuk waralaba makanan yang ada di Indonesia, seperti :

  1. PP no 42 tahun 2007 tentang Waralaba
  2. Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No. 259/MPP/KEP/7/1997 tanggal 30 Juli 1997 tentang Ketentuan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba.
  3. Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI NO. 31/M-DAG/PER/8/2008 tentang Penyelenggaraan Waralaba.
  4. Undang-undang No. 14 Tahun 2001 tentang Paten.
  5. Undang-undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek.
  6. Undang-undang No. 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang.


Banyak yang masih skeptic dengan kepastian hukum terutama dalam bidang waralaba di Indonesia. Namun saat ini kepastian hukum untuk berusaha dengan format bisnis waralaba jauh lebih baik dari sebelum tahun 1997. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya payung hukum yang dapat melindungi bisnis waralaba tersebut. Perkembangan waralaba di Indonesia, khususnya di bidang rumah makan siap saji sangat pesat, termasuk Yogya Chicken sebagai pioneer di kota jogja.3



Regulasi waralaba di Indonesia. – Bisnis.com


Setelah mengetahui payung hukum yang ada mengenai bisnis waralaba di Indonesia. Sudah seharusnya Yogya Chicken yang sudah berpengalaman lebih dari 22 tahun untuk lebih berkembang dan berekspansi. 





Beberapa point yang akan di bahas selain yang sudah disebut di atas  adalah mengenai Struktur organisasi (Organizational Structure), inovasi produk ( Research and Developtment ) selain ayam goreng, dan Teknologi (Technology) yang digunakan.


Pengertian struktur organisasi ialah suatu susunan dari berbagai macam komponen atau unit kerja dalam sebuah organisasi. Dalam struktur organisasi terdapat pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang telah dikoordinasikan dan juga terdapat adanya berbagai spesialisasi dari sebuah pekerjaan, saluran perintah ataupun penyampaian laporan.4


Fungsi struktur organisasi adalah sebagai berikut :

  1. Kejelasan Tanggung jawab

Setiap dari anggota organisasi harus mempunyai tanggung jawab dan juga apa saja yang harus dipertanggung jawabkan. Setiang anggota sebuah organisasi tentu saja harus mempunyai tanggung jawab terhadap atasan atau pimpinannya yang sudah memberikan kewenangan, sebab pelaksanaan atau implementasi kewenangan tersebut perlu di pertanggung jawabkan. Itulah kegunaan struktur organisasi tentang kejelasan tanggung jawab.

  1. Kejelasan Kedudukan

Fungsi dari kejelasan kedudukanadalah setiap anggota atau seseorang yang terdapat dalam struktur organisasi sesungguhnya bisa mempermudah dalam melaksanakan koordinasi dan juga hubungan, karena adanya keterkaitan dalam penyelesaian mengenai suatu fungsi yang telah dipercayakan kepada seseorang atau anggota.

  1. Kejelasan Jalur Hubungan

Fungsi mengenai kejelasan jalur hubungan adalah, dalam melakukan tanggung jawab dan pekerjaannya setiap pegawai dalam suatu organisasi maka akan diperlukan sebuah kejelasan hubungan yang tergambar dalam struktur sehingga dalam jalur penyelesaian pekerjaannya akan lebih efektif dan efisien serta dapat saling memberikan keuntungan.

  1. Kejelasan Uraian Tugas

Fungsi dari kejelasan uraian tugas adalah, didalam struktur organisasi akan sangat membantu apabila pihak atasan atau pimpinan dapat melakukan controlling (pengawasan) maupun pengendalian dan juga bagi bawahan akan bisa lebih berkonsentrasi dalam melakukan tugas atau pekerjaannya, sebab perintah yang jelas.


Gambar 1.5


Pada gambar 1 diatas menginformasikan salah satu contoh komponen penting dari struktur organisasi, yang akan di jelaskan di bawah ini :

  1. CEO (Chief Executive Officer

CEO merupakan suatu jabatan tertinggi dalam sebuah perusahaan untuk menahkodai arah dan tujuan sebuah perusahaan. CEO merupakan pemilik suatu perusahaan atau bisnis.


  1. Direksi (Directors

Untuk direksi yang dimaksud disini terdiri dari 4 jabatan penting, yang mana jabatan tersebut harus ada dalam suatu perusahaan seperti direktur utama, direktur keuangan dan direktur personalia. Direktur utama biasanya berhubungan langsung dengan CEO untuk bertanggung jawab langsung pada koordinasi dan pengendalian terhadap segala kegiatan di bidang administrasi, kepegawaian dan secretariat. 

Sedangkan untuk direktur keuangan merupakan jabatan yang bertugas pada bagian pengawasan operasional keuangan perusahaan. Dan untuk direksi personalia merupakan jabtaan yang bekerja langsung yang terkait dengan ketenagakerjaan dan sumber daya perusahaan.

  1. Manajer (Manager

Komponen selanjutnya adalah manager yang mana seorang manager ini bertugas untuk mengintegrasikan berbagai variable, seperti pengarahan, koneksi, seleksi, komunikasi dan pelatihan. Selain itu pada umumnya manager disini terdiri dari 3 komponen sekaligus yaitu manager personalia, manager pamasaran dan manager pabrik.

Untuk manager personalia ini bertanggung jawab langsung terhadap pengorganisasian perencanaan program dan pengendalian unit personalia. Dan untuk manager pemasaran disini bertanggung jawab terhadap bagian pemasaran produk atau jasa yang ada dalam bisnis. Manager pabrik disini biasanya terdapat pada bisnis komersial pada penjualan produk yang mengawasi urusan yang terkait dengan produksi dan kegiatan dalam pabrik.

  1. Administrasi dan Gudang

Dan komponen selanjutnya yang wajib ada dalam sebuah bisnis yang sedang berkembang adalah administrasi dan gudang yang mana pada komponen ini memiliki tugas dan fungsi untuk mengecek seluruh transaksi perusahaan yang berhubungan dengan pihak outsorcing, pembukuan dan laporan penerimaan dan pengeluaran.


  1. Divisi Regional


Untuk komponen terakhir adalah devisi regional yang memiliki tugas dan fungsi untuk menjalankan kebijakan dan prosedur baku dari kantor pusat. Devisi regional biasanya beroperasi sebagai badan usaha untuk meningkatkan nilai tambah perusahaan. Devisi regional ini harus ada dalam bisnis yang berhubungan dengan penanaman saham.

Sebagai investor yang ingin francise terhadap Yogya Chicken, akan kesulitan menemukan struktur organisasinya, bahkan penulis sudah mencoba mencari di semua laman dan tautan web. Dibandingkan dengan waralaba asing yang sudah menggurita seperti kolonel, kita dapat dengan mudah menemukannya di laman dan tautan web seperti gambar 2 di bawah ini.


Gambar 2. 6



Gambar 3 Menu Yogya Chicken


Menu Yogya Chicken yang memang mengandalkan ayam gorengnya, tampak sangat sederhana, dibandingkan dengan pesaingnya si kolonel yang hampir selalu ada menu menu baru, bahkan ada produk produk yang seasonal.  Oleh karena itu, Divisi Research & Development untuk era industry 4.0 sangat lah di butuhkan. Bahkan untuk waralaba makanan seperti yogya chicken, dengan harapan para pelanggan dating terus untuk mencoba menu menu barunya.

Sebagai contoh gambar 4 di bawah, KFC selalu memiliki ide ide rasa ayam yang berbeda beda, sehingga pelanggan tidak akan bosan untuk dating kembali dan mencoba sesuatu yang baru.

Gambar 4. 7


Yang terakhir, dari sisi teknologi, Tampak Yogya Chicken belum menggunakan source yang ada, Seperti Teknologi marketing dengan internet atau medsos, atau teknologi untuk penyimpanan dari ayamnya sendiri juga masih terlihat sama seperti yang dulu ketika penulis sering makan di restoran ini. Berbeda dengan kolonel, dia menggunakan semua source yang ada seperti medsos, internet. Dan teknologi dapurnya juga tidak dapat diremehkan. Sebagai pembanding kita bisa melihat gambar gambar di bawah ini.

Yogya Chicken Pelem Kecut


Kentucky Fried Chicken

Jadi teknologi yang dimaksud disini adalah teknologi terbaru saat ini yang bisa digunakan untuk menunjang usaha waralaba itu. Tidak hanya teknologi dalam hal dapurnya saja, tetapi teknologi untuk pemasaran nya juga.

Memang kalau dilihat dari pasarnya sendiri, sebenarnya Yogya Chicken bisa masuk ke semua kelas, berbeda dengan KFC yang lebih untuk kalangan menengah ke atas menurut penulis.



Gambar 5 Factor Affecting Organizational Structure8

Pada gambar 5 terlihat jelas selain teknologi, masih banyak hal hal lain yang berpengaruh terhadap struktur organisasi yang menurut penulis menjadi salah satu penghambat berkembangnya waralaba ini.

Yogya Chicken yang awalnya berdiri dari usaha makanan rumahan tentu saja awalnya menurut penulis pasti tidak berpikir akan menjadi salah satu restoran waralaba. Sehingga dengan usia yang sudah menginjak 22 tahun, ada baik nya, menggunakan source yang ada yang dimiliki saat ini untuk mendesign struktur organisasinya, sehingga bisa dengan baik terpetakan, bisa dengan cara menyewa jasa konsultan bisnis. Setelah mendalamai struktur organisasi, berikutnya bisa berkaca dengan waralaba asing dalam hal ini si kolonel, untuk menciptakan satu divisi baru untuk diferensiasi produknya. Sehingga di harap pelanggan akan datang terus dan tertantang untuk mencoba menu menu barunya. Dan yang terakhir penggunaan teknologi sangatlah penting di era industry 4.0 saat ini. Bisa dengan mengupgrade peralatan dapur yang sudah dimiliki, bisa dengan menggounakan source medsos pegawai untuk promosi produk nya.

Penulis berharap bisa menjumpai cabang cabang Yogya chicken di seluruh kota kota di Indonesia, dengan minimal berada di rest area jalur antar kota. Jangan Sampai kita kalah sama waralaba asing, pelan pelan kita pelajari sebab musababnya, diharapkan semakin kedepan, waralaba lokal lebih maju dan berkembang.

Akhir kata selamat menikmati review penulis akan salah satu menu di Yogya Chicken di bawah ini.



Courtesy of Youtube.com

Courtesy of Youtube.com


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format