Atomic Blonde, Dalam Mengatasi Masalah Yang Sering Terjadi!

Bagaimana atomic blonde menyelesaikan permasalahan yang yang biasa terjadi sehari-hari? bisakah diselesaikan dengan konsep management?


0

Bersyukur, Kunci Motivasi

Sebut saja nama saya “N’ usia 28 tahun, belakangan ini saya sering merasa seperti seekor burung yang berada di dalam sangkar yang tertutup rapat. Saya merasa bahwa saya memiliki potensi lebih dalam melaksanakan pekerjaan saya, saya merasa bahwa diri saya mampu lebih optimal dari apa yang saya lakukan hari ini. Namun kebijakan perusahaan seringkali tidak searah dengan harapan dan pikiran saya. Terkadang saya merasa berada dikondisi yang tak adil, saya merasa bahwa karir saya kedepan nya dihambat oleh kebijakan perusahaan. 

Secara finansial dan kebutuhan hidup, saya berada di kondisi yang cukup. Dalam Maslow hierarchy of needs saya berada di belongingness needs. Namun tolak ukur gaji dan pemenuhan kebutuhan hidup saja tidak cukup bagi saya. saya ingin menggali kemampuan saya lebih jauh, saya ingin memiliki guna lebih dan bermanfaat bagi perusahaan dan bagi orang banyak. Namun apa yang saya dapatkan belum sesuai dengan ekspektasi saya. Hal ini benar-benar membuat saya demotivasi. Saya mulai malas dalam menghadapi pekerjaan, saya mulai mals dalam meng-update diri saya terhadap hal-hal baru di perushaan karna saya merasa bahwa perusahaan tidak berpihak pada saya.

Oleh karena itu penting bagi saya untuk memotivasi kembali diri kita agar mendobrak segala potensi yang ada dalam mencapai hasil paling optinal dari diri saya terhadap perusahaan dan orang banyak, mematahkan kata “tidak mungkin” untuk menjadi “mungkin”. Salah satu cara dalam menetralisir demotivasi adalah bersyukur terhadap apa yang kita miliki, karena belum tentu apa yang kita lihat indah sesunggunya benar-benar indah. Banyak orang lain yang ingin berada diposisi saya, banyak orang lain yang tidak seberuntung diri saya. 

Selain bersyukur saya berusaha memanfaatkan segala sesuatu kesempatan yang ada untuk mengembangkan diri saya lebih jauh, membuka mata saya untuk melihat kesempatan-kesempatan yang lain nya yang sebelumnya tidak saya sadari. Lalu Membuat perencanaan kedepan mengenai arah karir saya dan membuat escape plan yang lain jika rencana awal yang saya rencanakan gagal. Masih banyak jalan menuju Roma, begitu kata pepatah. Disaat Tuhan berkehendak bahwa kita akan mencapai hal tersebut. maka hal itu akan tercapai. Untuk itu tetaplah semangat dan tetaplah motovasi diri anda. Karena kita semua memiliki potensi yang jauh lebih besar.

Konflik

Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya/mengalahkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Menurut Robbin (1996), keberadaan konflik dalam organisasi ditentukan oleh persepsi individu atau kelompok. Jika mereka tidak menyadari adanya konflik di dalam organisasi maka secara umum konflik tersebut dianggap tidak ada. Sebaliknya, jika mereka mempersepsikan bahwa di dalam organisasi telah ada konflik maka konflik tersebut telah menjadi kenyataan.

Menurut Gibson, et al (1997: 437), hubungan selain dapat menciptakan kerjasama, hubungan saling tergantung dapat pula melahirkan konflik. Hal ini terjadi jika masing – masing komponen organisasi memiliki kepentingan atau tujuan sendiri – sendiri dan tidak bekerja sama satu sama lain.

Sumber Konflik dalam Organisasi

  • Perbedaan tujuan dan tata waktu (incompatible goals and time horizons)

Setiap orang/organisasi memiliki pandangan dan tujuan yang berbeda, hal ini dapat menimbulkan konflik antar individu/grup di dalam suatu organisasi.

  • Kewenangan yang melebihi batas/tumpang tindih (overlapping authority)

Kewenangan yang berlebih rentan menimbulkan konflik. Organisasi sebisa mungkin menghindari terjadinya tumpang tindih kewenangan.

  • Ketergantungan dalam berinteraksi (task interdependencies)

Ketergantungan pekerjaan satu arah berarti bahwa keberhasilan pekerjaan satu pihak terkait dengan kerja dari pihak lain, sehingga apabila pihak lain gagal/tidak bertanggung jawab akan menciptakan konflik diantara keduanya.

  • Perbedaan penilaian dan penghargaan (incompatible evaluation and reward systems)

Pertarungan kekuasaan antar departemen dengan kepentingan- kepentingan atau sistem penilaian yang bertentangan, persaingan masing-masing pihak terkait pencapaian dan penghargaan.

  • Sumberdaya yang langka (scarce resources)

Kelangkaan sumber daya dan dana yang langka. Hal ini karena suatu individu atau organisasi yang memiliki sumber daya dan dana yang terbatas.

  • Perbedaan status sosial (status inconsistencies)

Beberapa individu/grup memiliki status social lebih tinggi yang berpotensi menimbulkan konflik dengan individu/grup yang lain karena merasa ada pihak yang diistimewakan.


Manajemen Strategis Konflik 

  • Kompromi (Compromising)

Mengelola konflik dengan kompromi diantara kedua belah pihak, masing-masing pihak tidak hanya memikirkan tujuannya namun juga memikirkan tujuan pihak lain sampai diperoleh pertukaran yang dapat diterima kedua belah pihak.

Kompromi merupakan cara penyelesaian konflik dengan melakukan negosiasi pada pihak-pihak yang berkonflik dan mencari jalan tengah bagi kebaikan bersama.

  • Kolaborasi (Collaborating)

Kolaborasi adalah cara menyelesaikan konflik dengan bekerjasama untuk memperoleh hasil yang memuaskan karena semua pihak bersinergi dalam menyelesaikan masalah dengan tetap memperhatikan kepentingan semua pihak.

  • Akomodasi (Accomodating)

Ini merupakan kegiatan mengumpulkan berbagai pendapat dari banyak pihak yang terlibat dalam konflik. Dengan mengumpulkan pendapat, maka organisasi dapat mencari jalan keluar dengan tetap mengutamakan kepentingan salah satu pihak yang berkonflik. cara seperti ini masih bisa menimbulkan konflik baru dan perlu dilakukan evaluasi secara berkala.

  • Menghindar (Avoiding) 

Individu atau organisasi pada umumnya cenderung menghindari konflik. Berbagai hal sensitif dan berpotensi menyebabkan konflik sebisa mungkin dihindari. Ini merupakan cara yang paling efektif menjaga lingkungan terhindar dari konflik terbuka.

  • Kompetisi (Competing)

Ini adalah cara menyelesaikan konflik dengan mengarahkan pihak yang berkonflik untuk saling bersaing dan memenangkan kepentingan masing-masing. Pada akhirnya salah satu pihak akan kalah dan mengalah atas kepentingan pihak lain. Ini merupakan strategi cadangan dan dianggap kurang efektif bila salah satu pihak lebih kuat dari yang lain.


Pada scene 1 video memperlihatkan aktifitas sehari-hari seorang Ibu Rumah Tangga dalam mengelola Uang Belanja Bulanan 


Menjelang akhir tahun Bu Dinda bermaksud membeli gas elpigi 3 kg di sebuah Warung/Toko Kelontong di dekat Rumah Tinggalnya.

Komunikasi dimulai saat Bu Dinda selaku calaon Pembeli menanyakan harga gas elpigi 3 kg yang direspon oleh Penjual dengan menawarkan harga sebesar Rp.200.000,- harga yang ditawarkan terbilang cukup tinggi mengingat harga pasaran tabung gas di wiilayah Ciputat sekitar Rp.150.000,- Selanjutnya Bu Dinda melakukan penawaran dan berusaha menawar agar harga jualnya tidak semahal itu. 

Dalam peristiwa tersebut menggambarkan telah terjadi konflik, karena masing-masing pihak memperjuangkan kepentingan dan tujuannya. Penjual memiliki pandangan dan tujuan untuk mengambil keuntungan sebesar-besarnya apalagi menjelang akhir tahun biasanya kebutuhan gas meningkat, sedangkan Bu Dinda sebagai Ibu Rumah Tangga sekaligus Pembeli memiliki tujuan untuk mengoptimalkan Uang Belanja Bulanan yang diberikan Sang Suami. 

Setelah muncul konflik karena masing-masing memiliki pandangan dan tujuan yang berbeda terjadilah negosiasi untuk menemukan titik temu diantara 2 pihak tersebut. Transaksi Jual Beli ini akhirnya menemukan kesepakatan ketika masing masing pihak melakukan kompromidan tercapai harga kesepakatan.


Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gestur tubuh, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal. 

Komunikasi yang efektif berusaha menghilangkan gangguan (noise) sehingga pesan (message) yang disampaikan Pengirim Pesan (sender) dapat diterima dengan baik oleh si Penerima Pesan (receiver) begitupun respon sebaliknya.

Pada scene 2 video menggambarkan buruknya komunikasi diantara 2 orang sehingga tersasar dalam mencari alamat, karena masing-masing saling mengandalkan dan tidak bertanya Pemilik Rumah. Benarlah kata pepatah “malu bertanya sesat di Jalan, banyak bertanya bisa jadi malu-maluin” *

Namun menurut Dosen kami yang cantik dan baik hati, kalo banyak bertanya itu bisa nambah dapat point ...


Penulis :

Dinda Dwicahyarini

Galih Adzanimurti

Tri Setiadji

Windhi Pranata


Daftar Pustaka :

1.) https://id.wikipedia.org/konflik

2.) https://id.wikipedia.org/komunikasi

3.) https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen

4.) A Changing World 10th Edition, O.C. Ferrel, Geoffrey Hirt, Linda Ferrel

5.) Contemporary Management 10th Edition, Gareth R Jones, Jennifer M George


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
atomicblonde

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format