BMN Dairy – Wise Words


6
6 points

Motivasi Awal Dari Prestasi Tinju Dunia

Berangkat dari seorang mahasiswa, pemuda gigih ini mencoba peruntungannya di dunia olah raga bela diri. Bermodalkan semangat dan tekad yang kuat, ia mencoba berlatih untuk kejuaraannya yang digelar beberapa pekan mendatang. Kejuaraan yang belum banyak dikenal di dunia luar, namun cukup untuk membuktikan bahwa dirinya seorang yang pantas untuk diterima di luar sana. Ia berlatih hari demi hari, waktu demi waktu, untuk membuktikan bahwa dirinya adalah seorang yang pantas dan kuat untuk menyandang gelar juara. Semua berjalan dengan semestinya, sampai suatu saat ia harus jatuh.

Cedera engkel atau ankle sprain adalah luka pada pergelangan kaki yang muncul akibat ikatan ligamen, yaitu urat yang mengikat tulang, mengalami peregangan. Tentunya, peregangan yang terjadi cukup keras hingga membuat ligamen tersebut terkilir. Biasanya, gerakan memutar hingga perubahan posisi tiba-tiba adalah penyebab cedera engkel ini terjadi. Naasnya, pemuda ini harus menelan pahitnya luka disaat kejuaraan yang ia tunggu-tunggu datang.

Khabib Nurmagomedov, pelatih yang selama ini mengajarkannya bertinju, adalah motivasinya selama ini. Tanpa disangka, Khabib sendiri ternyata selama ini mengawasi pemuda ini dari kejauhan. Sang pelatih selalu mengawasi dan memberikan semangat pada pemuda ini, ia memberikan sebotol minuman dengan pesan “U CAN DO IT”. Sebotol air mineral yang tak disangka2 ternyata justru menjadi penyemangat bagi pemuda yang sedang berada di keterpurukannya.


Hawthrone Effect

Hawthorne Effect merupakan rangkaian teori motivasi yang berkembang sejak Management Science yang ditemukan Taylor, Hierarchy of Needs oleh Maslow dan berpuncak pada Maintenance Hygine Factor yang digawangi oleh F. Herzberg. Semuanya bermuara pada suatu kesimpulan bahwa produktivitas, semangat dan motivasi kerja akan naik,bila pekerja mendapat attention, recognition, achievement, growth, dan responsibility.

https://pt.slideshare.net/kbolinsky/notes-9-22?ref=

Hawthorne Effect juga valid untuk diperluas mencakup hubungan diluar lingkungan dunia kerja. Perlakuan kita terhadap anggota keluarga, tetangga, masyarakat atau secara umum kepada sesama manusia, sangat mempengaruhi bagaimana mereka berperilaku.

https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/cedera-engkel/


Titik Balik

Dengan prinsip Hawthrone Effect yang diberikan sang pelatih kepada pemuda ini, membuat ia menjadi kembali semangat dan memberikan dampak postif. Ia bangkit dan kembali berlatih keras tanpa merasakan cedera yang ia derita. Tanpa disangka, latihan dan kerja keras selama ini membuahkan hasil yang signifikan. Ia berhasil memenangkan kejuaran yang selama ini ia impikan.


Suka duka seorang Ayah 5 Anak


Sekarang saya punya anak 5, mulai dari umur 10 tahun nomor 1, dan 1,5 tahun nomor 5. 3 anak saya sudah sekolah, dan 2 belum sekolah.

Saya punya masalah pada pagi hari, karena saya punya kewajiban harus mengantar anak saya sekolah (3 anak) dan saya juga wajib mengajak jalan2  anak-anak yang masih kecil (2 anak) naik motor. Tapi sebelum jam 7  saya sudah harus berangkat kerja, karena jika lebih dari jam 7 saya akan terlambat sampai di kantor.

Gmn solusi nya..??

Setelahsaya  analisa menggunakan SWOT, saya menemukan solusi nya!!

Yup, saya bawa ke 5 anak naik motor sekaligusss, mengantar ke sekolah sekaligus jalan-jalan… 

percaya nggak?

Percaya nggak percaya tp itu solusi yg pas saat ini. Tapi jangan ditiru ya... 😁😁


Berikut analisa SWOT

Strength

Saya punya motor matic Yamaha Mio yg cukup mumpuni dan punya jok yg cukup panjang

dan anak-anak saya mempunyai badan yang kurus.

Weakness 

Jumlah anak 5 tentunya menjadi kelemaha dan juga menjadi tantangan

Oportunity

Dengan sekaligus naik satu motor, tugas dipagi dapat selesai semua sebelum jam 7, jadi saya nggak telat tiba dikantor.

Threat

Naek motor dengan 6 penumpang tentunya melanggar ketentuan, makanya jgn di tiru ya gaess..


Sukses dimulai dari keputusan yang tepat 


Didalam kehidupan ini, kita selalu dihadapkan dengan berbagai pilihan. Dalam sehari, kita sudah harus mengambil keputusan agar dapat menjalankan aktivitas kita sehari-hari. Misalnya, hari ini kita mau makan apa? Hari ini kita mau naik apa ke kantor? Apakah hari ini kita harus belanja di supermarket apa besok? Ada banyak pilihan yang harus kita pilih. Tidak memilih pun adalah sebuah keputusan. 

https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/tips-membuat-keputusan/

Misalnya, jika anda diberikan 2 jenis buah untuk dimakan yaitu apel dan jeruk, mana yang anda pilih? Tentu saja anda bisa memilih apel atau Jeruk. Kalaupun anda memutuskan untuk tidak memakan dua-duanya, ini juga merupakan suatu keputusan. 

Setiap keputusan pasti ada konsekuensinya. Setiap keputusan pasti ada plus dan minusnya. Lantas, bagaimana kita mengambil keputusan yang tepat? Terdapat beberapa langkah bagaimana kita mengambil keputusan yang tepat. 

https://www.slideshare.net/milajunia1/pengambilan-keputusan-40790532


Proses pengambilan keputusan yang tepat 

Keputusan yang tepat adalah keputusan yang paling sesuai dengan kebutuhan Kita. Misalnya, anda harus pergi ke Surabaya dari Jakarta dengan menggunakan pesawat. 

Pertama-tama, kita perlu mengenali dan menentukan apa prioritas (situasi keputusan) kita. Apakah kita perlu berangkat pagi-pagi, atau siang-siang atau bahkan malam hari.

Berikutnya kita perlu mencari alternatif, dalam hal ini kita mencari maskapai apa yang paling sesuai dengan prioritas kita. Setidaknya ada 4 maskapai penerbangan yang bisa dipilih yaitu Lion air, Batik air, Citilink dan Garuda Indonesia.

Setiap maskapai kita evaluasi setiap konsekuensi yang mungkin terjadi Sebelum kita mengambil keputusan untuk membeli tiketnya. Setiap maskapai memiliki harga tiket, jenis pesawat, jam keberangkatan dan layanan penumpang yang berbeda-beda. Keempat maskapai sama-sama dapat memberikan jasa transport udara, namun, belum tentu semua maskapai tersebut sesuai dengan kondisi anda. 

Setelah itu, kita ambil keputusan untuk memilih  tiket maskapai mana yang paling memenuhi prioritas kita. Tentunya setiap alternatif yang kita pilih tidak mungkin secara sempurna sesuai dengan harapan kita. 

Dan setelah kita sudah mendarat Di Surabaya, kita melakukan evaluasi terhadap pilihan kita. Apakah keputusan kita sudah tepat ketika memilih maskapai penerbangan atau malah maskapai yang kita gunakan tidak sesuai dengan harapan kita. Kita melakukan evaluasi terhadap setiap keputusan yang telah kita pilih dan kita jalankan supaya menjadi pertimbangan untuk memilih maskapai pada penerbangan selanjutnya. 

Inilah proses dari pengambilan keputusan yang benar. Proses ini akan membantu kita untuk mengambil keputusan yang tepat. Dalam bisnis, setiap perusahaan seringkali dihadapkan dengan berbagai pilihan. Misalnya, mau ekspansi kemana? Mau merekrut SDM dari mana? Mau membeli mesin atau peralatan mere kapa dan sebagainya. Setiap manajer perlu untuk mengikuti langkah pengambilan keputusan yang baik sehingga kemungkinan mengambil keputusan yang salah dapat semakin diminimalkan. Keputusan yang tepat adalah langkah awal dari kesuksesan. 




Kontributor 

Andrea Rio Iskandar                  39P19126

Felicia Stefanie                          39P19136

Giri Mulyadi                                39P19138

Rohmat Agung Jaya Kumara    39P19148



Daftar Pustaka:

  1. https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/cedera-engkel/
  2. https://pt.slideshare.net/kbolinsky/notes-9-22?ref=
  3. https://youtu.be/aNVbp3tvkyA

Like it? Share with your friends!

6
6 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
3
Win
I AM BATMAN

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format