Manajemen Konflik Ibu Rumah Tangga vs Asisten Rumah Tangga


1
1 point

Kisah ini berawal dari sebuah kisah seorang emak–emak sosialita kece bernama Partinem yang kerap dipanggil Jeng Party. Jeng Party adalah seorang emak-emak yang tergabung dalam grup sosialita di Indonesia. Berbeda dari emak-emak sosialita lain, disaat emak-emak sosialita lain hobbynya adalah mengoleksi barang barang branded seperti tas Hermes, Louis Vuitton, jam tangan Patek Philippe, sepatu Jimmy Choo, tas selempang Gucci, dan sendal jepit Torry Burch, tidak dengan Jeng Party. Hobby Jeng Party bias dibilang cukup unik yaitu mengoleksi ikan cupang. Bagi Jeng Party ikan cupang tidak hanya indah tapi juga tahan banting di bandingkan dengan ikan jenis lain.

Setiap hari keseharian Jeng Party adalah memandangi koleksi ikan cupangnya. Namun beberapa hari ini Jeng Party sedih karena banyak ikan cupangnya yang ditemukan sudah tak bernyawa. Namun sampai saat ini Jeng Party belum menemukan alasan mengapa ikan cupang kesayangannya tersebut bisa mati.

Sampai pada suatu hari untuk menghilangkan kesedihannya karena ditinggal mati ikan cupangnya akhirnya Jeng Party memutuskan untuk membeli ikan cupang lain untuk mengisi aquariumnya yang telah kosong dan mengisi kekosongan hatinya karena ditinggal mati sang ikan cupang. Setibanya di toko ikan, Jeng Party yang sangat menyukai ikan cupang tersebut sangat kagum dengan koleksi ikan cupang yang ada di toko tersebut. Jeng Party harus memilih satu ikan cupang yang menurutnya paling indah sampai sampai dia menghabiskan waktu tiga jam untuk memilih. Selama tiga jam itu Jeng Party berusaha memilih ikan cupang mana yang lebih baik diantara ikan cupang lain. Dia mempertimbangkan bentuk ekornya, warna ikannya, mata ikannya, sampai harga dari ikan tersebut.

Akhirnya satu ikan cupang indah telah dipilih oleh Jeng Party, dan Jeng Party menamakan ikan tersebut Seli (singkatan dari Selalu Indah). Sesampainya di rumah Jeng Party menginformasikan kepada Asisten Rumah Tangganya (ART) yang bernama Ijah agar ikan cupang tersebut dapat disimpan di aquarium yang kosong, namun sebelum disimpan, Jeng Party meminta Ijah untuk membersihkan aquarium tersebut dengan pembersih aquarium yang ada di dalam tas belanja Jeng Party, lalu setelah itu dilanjutkan dengan memberi makan Seli (ikan cupang kesayangannya). Namun ternyata Ijah tidak mendengarkan dengan jelas perintah dari Jeng Party. Ijah mengira bahwa pembersih aquarium tersebut adalah makanan ikan cupang. Seli sang ikan cupang pun mati tidak lama setelah ijah memberikan cairan pembersih yang dikiranya adalah makanan ikan cupang.

Jeng Party yang tau akan hal tersebut pun kesal. Akhirnya setelah sekian lama Jeng Party mengetahui alasan kenapa ikan cupangnya selama ini mati tanpa sebab. Ternyata karena ijah tidak mengetahui bahwa makanan ikan yang selama ini diberikan adalah pembersih aquarium. Namun Jeng Party nampaknya merupakan seorang pimpinan yang baik tidak lama setelah ia kesal Jeng Party langsung memikirkan cara apa yang harus ia lakukan agar kesalahan serupa tidak terjadi lagi. Akhirnya Jeng Party memutuskan untuk memanggil Ijah. Jeng Party menanyakan kepada Ijah kendala apa yang dialami Ijah samai sampai hal seperti ini bisa terjadi. Ternyata Ijah tidak mengetahui mana yang merupakan pembersih aquarium aman yang merupakan makanan ikan karena bentuk dan warnanya hampir sama. Mendengar hal tersebut Jeng Party akhirnya mengetahui bahwa yang menyebabkan kesalahan selama ini adalah tidak terjalin komunikasi yang baik antara Jeng Party dan Ijah selaku ART nya.

Akhirnya untuk menghilangkan rasa bersalah Ijah karena secara tidak sengaja membuat Seli ikan cupang kesayangan Jeng Party mati, Jeng Party kembali membeli satu ikan cupang lagi dan juga membelikan satu ikan cupang untuk Ijah sebagai hadiah. Hal tersebut dilakukan Jeng Party dengan harapan Ijah dapat termotivasi untuk mengurus ikan–ikan cupang kesayangan Jeng Party.

DECISION MAKING

Dalam uraian di atas terdapat beberapa masalah yang berkaitan dengan konsep-konsep-konsep Management. Salah satunya yaitu Decision Making, pada saat Jeng Party memilih Ikan Cupang untuk pengganti ikan cupangnya yang mati. Decision Making adalah proses oleh manajer tertentu kepada peluang dan ancaman dengan menganalisa pilihan dan membuat ketentuan atau keputusan, tentak tujuan organisasi yang spesifik dan program aksi.

Dalam Classical Model of Decision Making, terdapat tiga langkah, yaitu:

  1. membuat daftar seluruh alternatif program aksi yang mungkin dan konsekuensinya dari setiap alternatif tersebut
  2. mengurutkan berdasarkan tingkatan setiap alternatif tersebut dari yang palingtidak disukai sampai ke yang paling disukai berdasarkan personal preferences
  3. memilih alternatif yang mengarah ke pada konseuensi di masa depan yang paling diinginkan.

Konsep dasar ini telah digunakan Jeng Party dalam memilih Seli, ikan cupang barunya. Jeng Party memilih beberapa ikan yang ia sukai, kemudian mengurutkan ikan cupang dari yang dia sukai berdasarkan ekornya, warna ikannya, mata ikannya, sampai harga ikan tersebut. Berdasarkan pilihan yang telah ia urutkan, dengan pertimbangan tertentu akhirnya ia memutuskan untuk memilih Seli.

KOMUNIKASI

Konsep manajemen lainnya, yaitu Komunikasi. Proses komunikasi dijelaskan dalam gambar berikut ini.

  • Pengirim (sender): orang atau kelompok yang ingin membagi informasi
  • Pesan (message): informasi yang ingin dibagi oleh pengirim
  • Encoding: menerjemahkan satu pesan menjadi simbol yang dapat dipahami atau bahasa
  • Kebisingan (noise): segala sesuatu yang menghambat proses komunikasi di tahapan apapun
  • Penerima (receiver): orang atau kelompol yang menjadi tujuan pembagian informasi
  • Media/sarana (medium): jalur tempat pesan yang dikodekan ditransimisikan ke penerima
  • Decoding: menginterpretasikan dan mencoba memahami pesan

Pada tahap transmisi, pengirim memutuskan pesan yang ingin dikirim, kemudian menerjemahkannya ke dalam simbol atau bahasa. Setelah diencode, pesan akan dikirimkan melalui jalur media atau sarana kepada penerima. Media atau sarana di sini merupakan jalur komunikasi seperti telepon, surat, memo, atau komunikasi tatap muka dalam suatu pertemuan yang dilalui oleh pesan yang telah diencode ke pada penerima. Tahapan selanjutnya adalah penerima berusaha menginterpretasikan dan mencoba memahami pesan. Di sini merupakan titik kritis dalam komunikasi.

Pada tahap umpan balik, dimulai oleh penerima yang saat ini menadi pengirim dengan memutuskan pesan yang akan disampaikan kepada pengirim awal (yang saat ini menjadi penerima), melakukan encoding, dan mentransimisikannya melalui media atau sarana yang dipilih. Pesan di sini dapat mengandung konfirmasi bahwa pesan asli/awal telah diterima dan dipahami atau menguraikan kembali pesan asli/awal untuk memastikan bahwa pesan telah diinterpretasikan dengan benar atau dapat pula mengandung permintaan atas informasi tambahan. Pengiriman awal kemudian melakukan decoding dan memastikan bahwa telah pemahaman yang sama telah terjadi. Jika pengiriman awal berpendapat bahwa belum terjadi pemahaman yang sama, siklus pengirim dan penerima akan terjadi lagi sebanyak yang diperlukan untuk mencapai pemahaman yang sama. Umpan balik mengjilangkan kesalahpahaman, memastikan bahwa pesan pesan telah diinterpretasikan dengan benar dan membantu penerima dan pengirim mencapai pemahaman yang sama. Namun, di tahapan-tahapan tersebut dapat terjadi kebisingan yang dapat menghalangi komunikasi di tahap apa pun.

Proses encoding suatu pesan menjadi kata-kata, baik tertulis maupun lisan, merupakan komunikasi verbal. Sementara itu, komunikasi nonverbal dapat dilakukan melalui eksresi muka, bahasa tubuh, bahkan gaya busana. Komunikasi nonverbal ini dapat digunakan untuk memperkuat atau mendukung komunikasi verbal.

Disebutkan di atas bahwa tahapan penerima menginterpretasikan dan mencoba memahami pesan merupakan tahapan yang kritis. Selama ini, Jeng Party tidak melakukan komunikasi yang baik. Penyebab ikan cupang Jeng Party mati adalah kesalahan Ijah yang menginterpretasikan sendiri informasi yang diberikan oleh Jeng Party. Ijah mengira pembersih aquarium adalah makanan untuk ikan cupang dikarenakan bentuk dan warnanya yg sama karena selama ini Jeng Party tidak memberi tahu secara jelas dan tatap muka mengenai makanan dan pembersih aquarium ini. Seandainya saja Jeng Party memberikan informasi secara tatap muka yang jelas, tentu tidak akan terjadi kesalahan penginterpretasian informasi yang dilakukan oleh Ijah.

MOTIVASI

Terdapat beberapa teori motivasi salah satunya adalah goal-setting theory, Goal-setting theory adalah teori yang membicarakan tentang pengaruh penetapan tujuan, tantangan, dan umpanbalik terhadap kinerja.Teori ini berangkat dari maksud untuk bekerja mencapai suatu tujuan itu merupakan sumber utama dari motivasi kerja.Artinya, tujuan-tujuan tersebut memberitahu pekerja mengenai apa yang harus dilakukan dan seberapa besar upaya yang harus dikerahkan.Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa tujuan yang spesifik dapat meningkatkan kinerja; bahwa tujuan-tujuan yang sulit dicapai, bila diterima, bisa menghasilkan kinerja yang lebih tinggi ketimbang tujuan-tujuan yang tidak terlalu sulit; dan bahwa umpanbalik akan mengarah pada kinerja yang lebih tinggi ketimbang bila tidak ada umpanbalik.

Berdasarkan hal yang dilakukan oleh Jeng Party, teori motivasi yang dipilih adalah goal-setting theory, Jeng Party membelikan Ijah ikan cupang untuk dipelihara sebagai motivasi agar Ijah bertanggung jawab untuk berupaya menjaga ikan cupang miliknya agar ikan cupang tersebut dapat tumbuh sehat agar memiliki nilai yang tinggi seperti ikan cupang majikannya, Jeng Party. Dengan demikian, Ijah juga akan melakukan hal yang sama ke pada ikan cupang milik Jeng Party.


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format