Apa Saja yang ada disekitar kita?? Bagaimana mengahadapinya??

“The world is one big data problem.” --Andrew McAfee


2
2 points

Kehidupan kita tidak luput dari beerbagai masalah , tetapi terkadang dari masalah-masalah kehidupan sehari-hari itulah kita menemukan jawaban atau solusi yang berdampak besar bukan bagi kita tapi bagi banyak orang .

Beberapa contoh solusi yang diambil dari permasalahan sehari-hari seperti penyelesaian permasalahan kemacetan akhirnya munculah Gojek yang menjadi besar seiring jalannya waktu .

Munculnya E-wallet mgkin karena kebiasaan orang-orang mulai malas membawa dompet dan lebih sering menggunakan Gadget Handphone maka berkembang lah E-Wallet 

Dan mungkin solusi-solusi lainnya dari permasalahan harian kita yang dapat menjadi besar.

Dari pembahasan ini kelompok kami mempunya beberapa permasalahan yang kita temui pada aktivitas harian kami , dan kami mencoba untuk membedahnya dan mencoba menggunakan solusi dari pembelajaran yang sudah dilakukan .

Case 1 : KRL Bogor Jakarta

KRL atau Commuter Line (CL) adalah kereta listrik yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota sub-urban di sekelilingnya: seperti Depok, Bogor, Bekasi, dan Tangerang. Kereta jadi favorit buat kaum pekerja. Selain murah, cepat, menaikinya juga lebih masuk akal ketimbang berjibaku dengan kemacetan yang . . . . . ah, sudahlah . . . . . 

Membayangkan CL “agak” kosong di jam berangkat kerja dan pulang kantor ibarat membayangkan jalanan di Jakarta lancar. Hanya terjadi saat Lebaran doank. 

Udah lari-lari kayak rusa dikejar macan tutul dan sambil berteriak kepada masinis “Jangan tutup hati mu dulu” eh maaf ….. “jangan tutup pintunya dulu”, masinis tetap saja menutupnya sambil tersenyum sinis melihat kita yang berlari bermandikan keringat. 

Perjuangan naik CL itu bisa diibaratkan sebagai pelatih sepak bola. Ada kalanya menyerang disaat kita mau naik tapi orang didepan pintu CL ga mau kasih jalan, akhirnya kita harus mendorong sekuat tenaga agar bisa masuk kedalam. Bertahan disaat kita sedang duduk manis dengan cara pura-pura tidur dan tutup muka untuk mempertahan posisi duduk hingga tujuan. Yaa ….. mirip-mirip anggota DPR yang ga mau turun di tengah-tengah periode. 

Permasalahannya adalah apakah si management CL ini tau bagaimana kondisi penumpang yang tiap hari seperti ikan sarden berhimpitan dalam kaleng. Atau mereka tahunya klo CL itu kosong seperti adegan saat si “Ozai” naik dan pencitraan!. 

Saat ini kondisi penuh CL itu sudah bisa diperkirakan seperti pagi hari (05.00 sd 09.00) dan sore hari (16.00 sd 20.00), yaa tentunya harus diperkuat dengan data dari tap in dan tap out penumpang (masa perusahaan sebesar ini ga punya MIS?). Jalur CL juga bisa atur sesuai data tersebut, saat ini sih sudah ada 6 jalur : Bogor – Kota, Bogor – Jatinegera, Bekasi – Kota, Tnh abang – Rangkas bitung (klo dulu ada yang jual nasi uduk, ga tau dech sekarang?), Duri – Tangerang (klo sekarang rebutan jalur sama KA Bandara), Priok – Kota.

Dari data tap in tap out itu, mereka (baca : Pengelola CL) bisa menganalisa kapan sih penumpang numpuk, kapan penumpang “agak” sepi, rute mana yang paling banyak, rute mana yang penumpangnya sangat banyak amat sekali. Dan lain sebagainya. Targetnya adalah pelayan kepada pelanggan, kenyaman. Yaa … klo dibanding negara lain sih sama … memang jam sibuk pasti padet banget, tapi yang diluar sana ga perlu nunggu lama karena KA satu dengan KA lainnya tidak terlalu lama waktunya (3 sd 5 mnt sekali). Kadang suka kepikiran ini perusahaan mungkin yaa … mungkin loh!, KPI nya adalah tingkat “kzl” penumpang diatas 80%

Sebagai pengguna nih klo boleh saran, please banget diatur lagi dech CL nya, misal :

  1. Ga ada lagi tuh di stasiun kedengeran kata “maaf CL anda mengalami keterlambatan” – keselnya tuh kayak liat layar atm bertuliskan “maaf saldo ada tidak mencukupi” padahal baru aja di kredit ke rekening … – “On Time yaa om masinis” 
  2. Jangan ada lagi penumpukan jalur, misal Bogor – Kota dan Bogor – Jatinegara atau Bogor – Kota dan Bekasi – Kota. Buat beberapa stasiun sebagai stasiun transif. Misal : Manggarai sebagai stasiun transit, jadi tinggal CL Bogor – Kota dengan catatan CL di perbanyak dan waktu dipersempit. Orang bogor yang mau ke tanah abang turun di manggarai trus ganti CL Manggarai – Jatinegara. Atau orang bekasi yang mau ke kota (jadi rutenya hanya Bekasi – Manggarai), transit di manggarai, naik CL yang Bogor – Kota. Jalur lain kayaknya sudah ok sih. 

Case 2 : Pembukuan yang terbengkalai karena masalah Waktu.

Berjualan makanan ringan yang membantu sekaligus merepotkan .Pada awalnya hanya suatu keisengan saja untuk berjualan makanan ringan di kantor ,hanya untuk coba-coba Lama kelamaan menjadi kebiasaan dan hasilnya pun cukup lumayan untuk tambahan ,Sayang ada beberapa kendala juga selama kegiatan jualan ini dilakukan .Apa itu? Ya karena waktu yang digunakan untuk pekerjaan maka tidak focus untuk melakukan pencatantan penjualan ,seringkali ada yang tidak tercatat atau susah untuk melakukan pembukuan .Ada barang yang hilang , alhasil itu merupakan kendala yang cukup mengesalkan dan menjadi penghalang untuk maju.

Dari masalah diatas kita bisa ambil pelajaran Pada Chapter 18 : using advanced information technology to increase performace, yang dapat dilakukan dengan mendaftarkan took ke salah satu app online seperti gopay dan ovo atau mendaftar aplikasi pembukuan online seperti moka .Sehingga dengan mudah Customer langsung memilih dan pembukuan langsung terbentuk . Minimal membantu pembukuan yang akan dibuat jika melalui ovo maupun GoPay lalu disempurnakan oleh Moka Pay .Kurang lebih itulah permasalah sehari-hari yang ada yang dapat kita selesaikan melalui pembelajaran dari salah satu chapter .

Selain itu dengan cara tersebut kita dapat menerapkan E-Commerce Systems yaitu Business-To-Customer (B2C),jadi Customer bisa langsung memesan dan memilih barang bisa dikatakan self service .Kita tidak lagi harus repot-repot ,mengantar barang dan menagih .

Description: Hasil gambar untuk gopayDescription: Hasil gambar untuk ovo

Description: Hasil gambar untuk moka pay

Sehingga Hasil Dari penerapan teknologi itu semua adalah :

-Membuat lebih efektif

-Dapat lebih jelas mengontrol pekerjaan maupun penjualan.

-Dapat memikirkan untuk kemajuan serta pekerjaan jadi lebih mudah

Case 3:

Pada lingkungan perumahan terkadang dapat kita lihat ada beberapa pemandangan yang kurang enk dilihat seperti sampah , got mampet  sehingga menyebabkan bau tidak sedap , banyak nyamuk ,daun kering berguguran .walaupun disekitar kita ada yang bertugas untuk membersihkan tetapi terkadang karena tidak ada komunikasi yang baik dan hanya menyuruh orang saja kesadaran yang ada jadi berkurang .Sehingga pola pikirnya berubah menjadi ya nanti juga ada yang membersihkan dan yang membersihkan juga sebatas melakukan pekerjaannya .semustinya lingkungan yang ad adapt lebih sesuai dengan keinginan para warga sekitar kalau warga juga ikut dalam kegiatan kebersihannya .

Dari Chapter 15 : Effective Group And Teams 

Kita dapat mngambil pelajaran dari sebuah Group dan team pada lingkungan tersebut dapat membuat lingkungan yang Innovatif dan kreatif .

Bisa membuat Organisasi lingkunang terkait kebersihan dimana didalamnya ada beberapa group kecil .

Group kecil itu dapat berupa task force yang bertujuan untuk membereskan masalah-maslah yang bentuknya urgent atau penting seperti lingkungan yang kotor tanpa perbaikan yang menggangu warga .

Ada pla kita dapat membuat Virtual Team jika keadaannya anggota ada yang sedang ebrlibur di luar kota ataupun negeri .

Lalu tinggal masuk kepada Process Group Development untuk memprocess Ide-ide dari Group itu .

Hasilnya menurut saya akan memuaskan karena merupaka hasil dari aspirasi masyarakat dan dapat dikembangkan lebih banyak dari itu seperti process daur ulang sampah lingkungan dan hal-hal lainya .

Sumber:

Contemporary Management 11th Ed

Business Foundations, A Changing World 11th Edition, by O. C. Ferrell , Geoffrey A. Hirt, Linda Ferrell

Disusun Oleh :

•Karina Kusuma

•Landung Dewandoko

•Muhammad Samanhudi

•Stefanus Danny Krisna Haryadi


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
2
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
2
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format