DEAR DIARY : KARIER,KULIAH DAN CINTA

•Andree Carnegie Lee•Teguh Pamuji•Indria Wardhani•Verra Zumrotus Sholihah•


6
6 points

Beban Kerja Melebihi Kapasitas?

Dalam dunia pekerjaan, terkadang masih ditemukan pekerja yang merasa memiliki beban pekerjaan yang melebihi kapasitasnya. Pekerja tersebut merasa pekerjaannya meningkat secara drastis dari sebelumnya. Kemudian Pekerja tersebut mulai kewalahan untuk membagi-bagi waktu untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan tersebut. Bahkan, sekadar ke toilet pun rasanya tidak memiliki waktu dan membuatnya stres. Kami semua sering mengalami hal seperti ini, mungkin juga termasuk kalian. Ingin rasanya mengeluh setiap hari dan mengeluarkan unek-unek. Beban kerja yang di rasa semakin bertambah sebenrnya mungkin akibat akumulasi dari pekerjaan sebelum-sebelumnya yang erlambat dikerjakan. 

Solusi:

Jika hal ini terjadi, sebaiknya pekerja tersebut berbicara dengan atasannya mengenai beban pekerjaan yang dirasa terlalu berat. Pilih waktu yang tepat untuk berbicara dengan atasan, usahakan tidak di jam-jam sibuk dan dengan janji sebelumnya. Jelaskan baik-baik jika merasa kewalahan dengan limpahan pekerjaan yang tidak terbayangkan tersebut dan jelaskan mengapa. Semisalnya apabila saat ini menangani pekerjaan yang telah mengalami perkembangan sehingga ada dua kali lipat pekerjaan yang harus ditangani dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Penjelasan kepada atasan ini penting, karena mereka terkadang luput dengan adanya lebih banyak tanggung jawab. Namun, jangan lupa pula untuk memberikan opsi solusi, seperti misalnya  dapat melakukan pekerjaan A dan B, namun tidak jika ditambah dengan C. Namun jika pekerjaan C ternyata lebih krusial, dapat mengajukan seseorang lainnya untuk mengerjakan pekerjaan tersebut dibawah pengawasan Pekerja tersebut.

Penyelesaian permasalahan ini dapat berjalan dengan baik apabila dilakukan komunikasi yang baik antara Atasan dan Bawahan, sehingga dapat menemukan jalan keluar yang terbaik untuk semua pihak tanpa ada yang merasa terbebani.

Manajemen waktu dalam menyelsaikan deadline pekerjaan. Pekerjaan yang menumpuk sebenarnya mungkin saja karena manajemen waktu kita kurang baik dalam menyelsaikan pekerjaan, 

Ada gap di dalam kantor

Bagi sebagian besar pekerja yang tinggal di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang) berangkat pagi-pagi sebelum matahari muncul merupakan rutinitas yang biasa. Mereka harus berkutat menerjang kemacetat menuju tempat kerja masing-masing. Setelah sampai di kantor pun, seringkali kita masih menemui masalah yang yang tidak ada selesainya. Selesai masal satu, muncul masalahb berikutnya. 

Salah satu masalah dari sekian banyak masalah di kantor yang sering kita temui adalah ketika salah satu staf atau bawahan kita tiba-tiba dilantik menjadi pimpinan kita.  Hampir sebagian besar orang yang mengalami hal tersebut merasa jengkel, tidak terima, iri, ataupun dengki. Hal ini banyak terjadi di kantor Pemerintahan, BUMN, maupun di sebagian BUMS. Hal ini terjadi karena bawahan atau staf tersebut memiliki kinerja yang bagus, rajin sekolah (misal kuliah S2, kemudian melanjutkan kuliah S3), serta memiliki attitude yang baik. Sehingga hal tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman bagi sebagian orang, malas bekerja, kurang motivasi, dan pada akhirnya akan memperburuk kinerja pegawai bersangkutan. 

Solusi :

Masalah tersebut harus segera diatasi dan dicari solusinya karena akan berpengaruh terhadap performance organisasi. Permasalahan ini dapat dimulai pada saat recruitment and selection. Pada tahapan ini semua calon pegawai harus memahami jenjang karir di perusahaan. Requirement yang diperlukan untuk setiap level jabatan. Sehingga ketika ada pegawai yang memiliki pimpinan mantan anak buahnya, akan merasa ikhlas karena memang memahami requitrement setiap masing-masing jabatan. 

Selain itu, untuk mengatasi adanya gap kompetensi antar pegawai (baik hard competency maupun soft competency) dapat diatasi melalui training dan development.  

Karier,Kuliah dan Cinta

Cinta adalah kata yang singkat dan sederhana namun menyimpan berjuta makna, tergantung dari sudut pandang masing-masing. setiap sendi kehidupan kita pasti ada cinta pada keluarga,cinta pada istri, cinta pada orang tua, cinta pada anak, atau juga cinta kepada pacar. Cie…cie…

Untuk cinta kepada pacar atau pasangan yang akan lebih saya bahas di sini, karena kebetulan dalam kelompok ini Cuma saya yang belum menikah dan parahnya lagi belum punya pacar (Jleeeb). Namun itu semua tidak menjadi masalah selama masih ada teman-teman dan keluarga yang memberikan cinta saya dan kalian semua para kaum jomblo harus tetap semangat dalam menjalani hari-hari yang semakin berat(So Sweet sekaliiiiii). Dari mulai mikirin masalah kantor, tugas kuliah yang semakin buanyaaak, dan juga mesti membagi waktu untuk mencari calon pacar atau jodoh nanti nya. disela-sela kesibukan kerja dan kuliah tentu nya akan merasa bahagia apabila orang yang tersayang selalu ada untuk men support kita, namun tidak demikian bagi kalian yang para jomblo survivor, bahkan truk aja bisa gandengan tapi kenapa kalian masih saja sendiri. menjalin suatu hubungan yang spesial tentu sangat penting untuk menjaga keseimbangan hidup, jadi tidak hanya berkutat masalah pekerjaan, kuliah atau kesibukan lainya. manajemen cinta sangat dibutuhkan untuk hal ini, bagaimana kita dapat mengatur strategi dengan menerapkan cara yang efektif dan efisien untuk mendapatkan calon pasangan. contoh konkret nya saya sendiri saat ini sedang menyukai teman sekelas saya, initialnya “D”, bagi saya “D” ini bukan hanya sekedar teman kuliah, tetapi saya ingin nantinya dia bisa menjadi Teman Hati atau malah bisa menjadi teman hidup. tentu hal ini tak mudah karean suatu kondisi yang gak bisa saya jelaskan secara rinci. tetapi pada intinya dalam mencari pacar saya bisa kaitkan ini kedalam mata kuliah BMN yaitu Managers as  planner and Strategist, ada tiga langkah dalam perencanaan yang dapat kita terapkan dalam mencari cinta yaitu 

  1. Determine The mission/goal : yaitu tentukan siapa yang ingin kamu gebet

  2. Formulating The Strategy    : atur strategi yang tepat dalam PDKT

  3. Implemeting The Strategy : Implemetasikan strategi yang sudah dibuat untuk melakukan PDKT

                               Gambar : Three Steps Of Planning

Solusi :

saya akan coba sharing bagaimana cara untuk melakukan pendekatan kepada calon gebetan yang kita incar, sehingga akhirnya nanti kita bisa meluluhkan hati nya

  1. Menjadi diri sendiri

selalu percaya diri dengan kemampuan yang kita miliki

  1.  Murah senyum

A smile is the best makeup a girl could wear. Itu yang membuat kita bisa terlihat menarik di depan siapa saja, termasuk gebetan! Tentunya bukan senyuman palsu atau dibuat-buat, ya! Berikan senyuman termanis yang menunjukkan kalau kamu adalah seseorang yang ceria dan pantas diberikan perhatian. 

  1. Tunjukkan semua hal terbaik yang kamu miliki

Dengan menunjukkan kepribadian dan penampilan yang terbaik tentunya akan membuat orang menjadi tertarik melihat ke arah kamu. Misalnya, dengan selalu menjaga kebersihan badan, rambut, dan baju yang kamu kenakan.

  1. Bersikap sedikit misterius

Buat si dia penasaran denganmu dengan tidak memberitahu semua hal pribadi yang kamu miliki.

  1. Berikan bantuan atau perhatian padanya

Saat kamu melihat dia sedang kesulitan mengerjakan sesuatu, coba dekati dan tawari bantuan padanya. 

  1. Bersikap sedikit usil dan jahil

bersikap sedikit usil dan jahil agar tidak terlalu kaku dalam melakukan pendekatan

  1. Tunjukkan bahwa kamu tertarik dengannya

Meskipun tidak secara terang-terangan menunjukkan sikap ketertarikanmu padanya, tapi tetap coba untuk menunjukkan bahwa kamu sedang memperhatikannya. Biarkan dia tahu jika kamu memang suka dengannya. Tujuannya adalah untuk membuat dia menangkap signal-signal yang kamu berikan padanya dan membuatnya yakin jika kamu benar-benar tertarik padanya.

   8. Berdoa

berdoa adalah langkah terakhir, agar gebetan kita mau sama kita


Like it? Share with your friends!

6
6 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
7
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
2
Win
I'M POSSIBLE

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format