Peluang Bisnis Gerai Kopi Indonesia di Negeri Paman Sam


3
3 points

Ada banyak faktor yang perlu dipahami oleh pebisnis sebelum menentukan apakah akan melakukan ekspansi keluar negeri.  Sebut saja pertimbangan kestabilan politik, legalitas usaha, keadaan lingkungan serta kultur, kondisi perekonomian, hingga sistem perekonomian yang dianut wajib hukumnya jadi sebuah pertimbangan. Amerika dan Vietnam merupakan dua negara dengan sistem perekonomian yang bertolak belakang 180 derajat. Amerika dipercaya sampai saat ini menjadi kiblat utama sistem kapitalisme dunia, sedangkan Vietnam masih kokoh memegang teguh prinsip komunisme dalam mengelola sistem perekonomian mereka. lalu apa saja beda dari tata kelola perekonomian kedua negara tersebut? dan bagaimana peluang bisnis agar dapat memasuki sistem perekenomian kedua negara tersebut?

Amerika yang cenderung mengarah pada praktik pasar bebas ala kapitalisme membolehkan kepemilikan unit-unit usaha dimiliki oleh individu, sehingga kompetisi menjadi hal yang lumrah terjadi pada pasar di Amerika. Semua lini termasuk sektor-sektor penting negara juga dipegang oleh swasta. Sebut saja perusahaan America Electric Power yang menyediakan pasokan listrik untuk Amerika dan Exxon Mobile yang bergerak dalam bidang pertambangan minyak bumi dipegang langsung oleh swasta. Praktik kompetisi yang terjadi sangat tergantung pada kekuatan pasar dan regulasi pemerintah. Penentuan harga produk sangatlah bergantung pada kemampuan perusahaan dalam melakukan efisiensi pada rantai nilai pasokannya yang akan berujung pada meningkatnya daya saing perusahaan. Negara hanya akan memungut pajak perusahaan dan pajak penghasilan individu, tidak ada penarikan pajak penjualan. Konsumen Amerika memiliki banyak diversifikasi produk yang ditawarkan oleh produsen. Karena tingginya perkembangan usaha dan inovasi membuat ada banyak unit-unit usaha yang berkembang di Amerika, dampaknya adalah banyak pilihan dan jenjang karir yang bisa dipilih oleh calon pekerja di Amerika.

Berbeda dengan Amerika, Vietnam mengelola tata kelola perekonomiannya cenderung pada sistem komunisme. Setiap unit usaha yang ada dimiliki oleh pemerintah, sehingga keuntungan dari usaha akan masuk kedalam kas negara. Kompetisi antar unit usaha juga dinihilkan karena sistem persaingan usaha diregulasi penuh oleh pemerintah pusat. Otomatis absennya persaingan usaha berakibat pada matinya inovasi dan kreasi iklim usaha yang ada di Vietnam, hal ini berujung pada sedikitnya diversifikasi produk yang tersedia untuk dapat dipilih oleh konsumen. Lingkup Industri dan sektor pertanian di Vietnam dimiliki oleh pemerintah sehingga mengakibatkan minimnya inovasi. Minimnya inovasi menyebabkan meredupnya keunggulan kompetitif suatu produk atau jasa. Sehingga siklus perkembangan dan kehidupan keorganisasian menjadi melambat. Hal tersebut mengakibatkan minimnya jenjang karir yang tersedia. Perbedaan ekstrim dari sistem kelola tersebut menimbulkan tanya, manakah sistem perekononian yang potensial bisa dimasuki oleh para pengusaha asal Indonesia. Salah satunya pengusaha kopi yang sekarang sedang menikmati manisnya hasil usaha di Indonesia.

                                                            Sumber: https://youtu.be/JoA-AbLioWA

Kopi saat ini sudah dianggap bukan sekedar hasil perkebunan semata, kopi sudah dianggap menjadi komoditas unggulan negara-negara tropik yang mendunia. Indonesia patut bersyukur karena mampu menjadi pemasok kedua terbesar di dunia untuk masalah kopi. Ketersediaan lahan dan dukungan iklim menjadikan formulasi sempurna untuk menghasilkan biji-biji kopi yang istimewa. Salah satu orang yang melihat peluang usaha tersebut adalah Edward Tirtanata yang sukses merintis usaha kopi menjadi gurita bisnis hanya dalam waktu 3 tahun saja. Kopi Kenangan didirikan pada tahun 2017 yang menawarkan aneka sajian olahan kopi dengan penamaan unik yang mampu meningkatkan engagement  kepada penikmat-penikmat kopi. Kopi kenangan bukan hanya sekedar gerai kopi kecil lagi, berkat keberhasilannya menyakinkan beberapa modal ventura asing sehingga mau menggelontorkan dana ratusan miliar untuk gerai kopi tersebut. Sebut saja Alpha JWC Ventures dan Sequoia India yang menurunkan dana sebesar 40 juta dollar Amerika, belum lagi penyanyi papan atas Jay Z yang juga ikut urun untuk membangun usaha tersebut. Pada akhir tahun 2019 Kopi Kenangan sudah memiliki 90 gerai di 12 kota di Pulau Jawa, Edward menargetkan pada akhir tahun 2020 menjadi 200 gerai dan pada akhir tahun 2021 menjadi 1000-1500 gerai kopi. Bahkan Edward berencana menjadikan warung kopinya tersebut untuk IPO (Initial Public Offering)  pada tahun 2021. Sampai saat ini Kopi Kenangan mampu membuka lapangan pekerjaan untuk 1800 karyawan. 

Merupakan strategi yang perlu dicoba oleh Edward untuk berani ekspansi ke luar negeri terutama Amerika Serikat. Amerika merupakan negara terbesar kedua pengkonsumsi kopi dan tingkat konsumsi tersebut semakin meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data statistik, pada tahun 2019 Amerika telah mengkonsumsi kopi sebanyak 26,5 juta kilogram. Ketersediaan lahan pasar tersebutlah yang menjadi dasar yang kuat untuk Edward berani menjajakan kopinya ke Amerika. Terkait persaingan usaha kita sepatutnya tidak perlu takut karena dari segi sumber daya kopi Indonesia sudah tidak dapat diragukan. Cita rasa kopi Indonesia pun diyakini memiliki ciri khasnya sendiri dan mampu bersaing dengan pemain lama usaha kopi di Amerika. Jadi bukan tidak mungkin jika warung kopi asal Indonesia ini mampu mengglobalkan produk lokal.

sumber : 

https://katadata.co.id/berita/2019/08/14/kopi-kenangan-berencana-ipo-di-2021-dan-ekspansi-bisnis-ke-luar-negeri

https://industri.kontan.co.id/news/serena-william-dan-rapper-jay-z-kini-menjadi-salah-satu-pemilik-kopi-kenangan

http://www.coffeeresearch.org/market/usa.htm

https://www.statista.com/statistics/804271/domestic-coffee-consumption-in-the-us/

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/12/12/indonesia-masuk-daftar-negara-konsumsi-kopi-terbesar-dunia

https://id.tradingeconomics.com/united-states/personal-income-tax-rate

Dirumuskan dan ditulis oleh : 

Stefany Ni Nyoman Rahayu

Sarah Ditta

Arya Khoirul Hammam



Like it? Share with your friends!

3
3 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
3
Genius
Love Love
3
Love
OMG OMG
2
OMG
Win Win
2
Win
AryaKhoirul

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format