Peluang Bisnis Saus Sambal di negara Denmark vs China

Bisnis di Indonesia yang potensial untuk berkembang di luar negeri adalah bisnis yang bergerak dalam bidang makanan, salah satunya adalah Dua Belibis Saus Cabe.


1
1 point

Pengertian Sistem Ekonomi

Sistem Ekonomi adalah suatu aturan dan tata cara untuk mengkoordinasikan perilaku masyarakat (konsumen, produsen, pemerintah, dan sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi untuk mencapai suatu tujuan. Setiap negara mempunyai sistem perekonomian yang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi selain oleh ideologi suatu bangsa juga dikarenakan perbedaan budaya dan pandangan politik di setiap negara. Pada dasarnya semua sistem ekonomi mengarah kepada tujuan yang sama: 

  • Mencapai tingkat kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat

  • Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

  • Mencapai kestabilan ekonomi dengan kesempatan kerja yang luas

  • Mengurangi jumlah pengangguran

  • Pemerataan pendapatan di antara berbagai golongan dan lapisan masyarakat

Sistem Komunis

Sistem ekonomi komunis disebut juga sistem ekonomi terpusat, karena segala sesuatunya diatur oleh negara, dan dikomandokan dari pusat. Sehingga dalam negara yang menganut sistem ekonomi komunis, pemerintah menguasai seluruh kegiatan ekonomi. Sistem pemerintahan komunis menghendaki kemakmuran rakyat secara merata dan tidak adanya penindasan ekonomi. Untuk mewujudkan kemakmuran yang merata, pemerintah harus ikut campur dalam perekonomian. Hal itu mengakibatkan potensi dan daya kreasi masyarakat akan mati dan tidak ada kebebasan individu dalam melakukan kegiatan ekonomi.  

Berikut ini ciri-ciri sistem ekonomi komunis:

  • Semua sumber daya ekonomi dimiliki dan dikuasai oleh negara

  • Seluruh kegiatan ekonomi harus diusahakan bersama. Semua perusahaan milik negara sehingga tidak ada perusahaan swasta

  • Segala keputusan mengenai jumlah dan jenis barang ditentukan oleh pemerintah

  • Harga-harga dan penyaluran barang dikendalikan oleh negara

  • Semua warga masyarakat adalah karyawan bagi negara

Sistem Sosialis

Pada sistem ekonomi sosialis pemerintah melakukan pengawasan dan pengendalian dalam perekonomian, namun pihak swasta masih diberi kebebasan untuk menentukan kegiatan-kegiatan ekonomi yang ingin mereka jalankan. Adanya campur tangan dari pemerintah bertujuan untuk menghindari akibat-akibat yang kurang menguntungkan antara lain terjadinya monopoli dari golongan-golongan masyarakat tertentu terhadap sumber daya ekonomi. Berikut ini ciri-ciri dari sistem ekonomi sosialis:

  • Sumber-sumber daya yang vital dikuasai oleh pemerintah

  • Pemerintah menyusun peraturan, perencanaan, dan menetapkan kebijaksanaan-kebijaksanaan di bidang ekonomi

  • Swasta diberi kebebasan di bidang-bidang ekonomi dalam batas kebijaksanaan ekonomi yang ditetapkan pemerintah

  • Hak milik swasta atas alat produksi diakui, asalkan penggunaannya tidak merugikan kepentingan umum

  • Pemerintah bertanggung jawab atas jaminan sosial dan pemerataan pendapatan

Denmark

Denmark menganut sistem ekonomi sosialis dengan pendapatan tertinggi di dunia. Berdasarkan majalah Forbes, Denmark adalah negara yang memiliki iklim bisnis terbaik. Secara umum, perekonomian Denmark mengalami tahap pertumbuhan yang stabil dan mendorong peningkatan lapangan pekerjaan. Pertumbuhan Gross Domestik Produk (GDP) berada di kisaran 2 persen selama dua tahun terakhir, dan diperkirakan akan terus bertumbuh di tahun-tahun berikutnya. GDP Denmark diharapkan bertumbuh 1,9 persen untuk tahun 2018 dan 1,7 persen di tahun 2019. GDP Denmark per kapita mencapai 61,380.831 USD pada tahun 2018 yang dibandingkan dengan 57,169.850 USD pada tahun 2017. Rata-rata GDP Denmark per kapita pada tahun 1966-2018 adalah 27,594.504 USD.

Kegiatan ekonomi yang paling kuat dari penduduk negara Denmark yaitu pada sektor jasa, inovasi pada lingkungan, pertanian atau perikanan, dan industri ringan. Pajak yang tinggi ditunjukan pada sistem keamanan sosial. Negara Denmark menduduki peringkat ke 16 dari 182 negara, di IPM. Hutang negara Denmark yaitu 33,5 % dari PDB. Sedangkan pendapatan perkapita yang dimiliki oleh penduduk Denmark yaitu $62.097 (131 % dari Amerika Serikat). Melihat kondisi tersebut di atas menunjukkan bahwa negara Denmark merupakan negara yang maju, yang dibuktikan dengan tingginya pendapat per kapita dari penduduknya.

Business ownership

Dalam sistem ini Pemerintah memiliki andil yang besar dalam mengontrol beberapa industri besar secara spesifik, dimana industri ini sangat penting dalam berjalannya suatu negara, namun disisi lain tetap membebaskan masyarakat untuk berbisnis di luar sektor sektor yang telah dipilih. Salah satu contohnya adalah perusahaan ekspedisi AP Moller-Maersk Group atau Maersk yang memiliki kantor pusat di Kopenhagen (ibu kota Denmark) merupakan operator kapal kontainer dan operator kapal pasokan yang terbesar di dunia, yang dimiliki dan dijalankan oleh pemerintah, karena transportasi dan logistic merupakan bisnis core yang berpengaruh bagi Denmark. Perusahaan ini juga dapat memajukan kondisi ekonomi dan menaikkan standar hidup para masyarakat, terdapat 100,000 tenaga kerja yang diserap menunjukkan adanya inisiasi dari pemerintah untuk mensejahterakan penduduknya. Dalam sektor-sektor lain yang bukan merupakan fokus dari pemerintah, mereka membuka peluang-peluang bisnis itu untuk para masyarakatnya, bahkan pihak swasta untuk mengembangkan dan ikut berpartisipasi dalam memajukan ekonomi dan bisnis dari negara tersebut. Contohnya adalah perusahaan JYSK, JYSK bergerak di bidang jaringan ritel asal Denmark yang menjual barang rumah tangga seperti kasur, mebel, dan hiasan ruangan. Perusahaan ini memiliki 2.300 toko JYSK yang tersebar di 41 negara di dunia.

Competition

Tingkat kompetisi untuk sektor-sektor yang menjadi fokus dari pemerintah sangatlah ketat, bukan hanya dari tingkat persaingan, namun juga adanya regulasi-regulasi yang mempersulit untuk competitor masuk ke dalam negara, sebagai contoh adanya pengenaan pajak yang lebih tinggi untuk industri-industri tertentu yang ingin mencoba masuk ke pasar, namun disisi lain, pemerintah tetap mensupport para pemilik usaha kecil atau lebih sering dikenal sebagai UMKM maupun startup untuk terus bertumbuh dan berkembang

Profits

Segala keuntungan yang di dapat dari industri atau bisnis yang dijalankan oleh negara, akan dikembalikan ke negara, untuk memenuhi segala keperluan negara, keuntungan tersebut dialihkan untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur, atau subsidi untuk pengobatan masyarakat maupun pendidikan. Contohnya kesehatan gratis semua biaya ditanggung pemerintah, biaya pendidikan gratis dari sekolah tingkat dasar sampai jenjang perkuliahan. Dalam hal industri lain yang dioperasikan oleh swasta ataupun para penduduknya, segala keuntungan langsung kembali kepada para business owner, dimana mereka menginvestasikan kembali nilai profit ke dalam bisnis yg ada, ataupun dialihkan menjadi dana research and development untuk memajukan dan mengembangkan suatu perusahaan atau industri dengan terobosan-terobosan terbaru. Contohnya perusahaan yang bernama International Service System (ISS) sebagai sebuah perusahaan pengamanan kecil yang awalnya mempekerjakan 20 penjaga malam, pada tahun 1973 perusahaan ini melakukan ekspansi ke benua lain, dan pada tahun 2003 melakukan perluasan bisnis dengan melayani layanan kebersihan dan satu satunya perusahaan yang terbesar pertama di eropa. Perusahaan ini mempekerjakan hampir 500.000 orang di sekitar 65 negara di Eropa, Asia, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Pasifik.

Product Availability and Price

Konsumen memiliki beberapa pilihan barang dan jasa yang juga merupakan dampak dari adanya beberapa sektor industri yang menjadi fokus dari pemerintah sehingga pilihan produk dan jasa yang dimiliki terbatas. Harga ditentukan oleh penawaran dan permintaan, dimana jika ada permintaan yang tinggi, maka harga akan ikut menyesuaikan, namun jika penawaran atau persediaan lebih banyak daripada permintaan maka harga akan turun.

 Employment Options

Secara garis besar, ada banyak pilihan karir yang tersedia dan tersebar di industri yang dikelola oleh negara maupun pihak swasta, namun karena banyak sektor yang merupakan core bisnis dari negara dijalankan oleh pemerintah, maka banyak penduduk yang menjalankan karirnya di sektor pemerintahan. Contohnya mesin turbin angin, obat-obatan, peralatan medis, pembuatan kapal dan perbaikan, besi, baja, bahan kimia, pengolahan makanan, mesin dan peralatan transportasi, tekstil dan pakaian, elektronik, konstruksi, furnitur, dan produk kayu lainnya.

Kebudayaan Negara Denmark

Budaya Denmark memiliki beberapa karakteristik umum yang sering dikaitkan dengan masyarakat Denmark dan sehari-hari dalam budaya. Biasanya Denmark kontribusi paling makanan hari itu adalah makan siang tradisional yang terdiri dari sandwich terbuka, biasanya di iris tipis roti gandum. makanan itu biasanya dimulai dengan ikan seperti ikan haring di asinkan, belut asap, kepiting, atau filets plaice dilapisi tepung roti dengan remoulade dan bergerak pada dengan irisan daging babi panggang atau daging sapi, frikadeller (bola daging), ham dan pate hati. sandwich sudah kaya dihiasi dengan cincang bawang, irisan lobak, timun, tomat iris, parsely, remoulade dan mayones. Makanan sering disertai dengan bir, dan ditambahkan juga oleh tembakan es dingin atau akvavit. Pada malam hari, makanan panas disajikan, hidangan tradisional termasuk ikan goreng, babi panggang dengan kubis merah (mungkin hidangan nasional), pot-panggang ayam, atau daging babi.

China 

China dari dahulu memang sangat terkenal dengan istilah Negara komunis. Negara yang semua perekonomiannya diatur oleh negara dan warga negara yang menentangnya akan dihukum jadi tidak boleh ada salah satu warganya yang menentang kebijaksanaan yang dikeluarkan oleh pemerintahannya. Hampir semua lembaga keuangan di China dimiliki oleh negara dan sekitar 98% aset perbankan merupakan milik pemerintah. Di tahun 2012, perusahaan milik pemerintah (BUMN) menjadi tulang punggung ekonomi di China yang memproduksi lebih dari 50% barang dan jasa dan mempekerjakan setengah dari jumlah tenaga kerja di China. GDP per kapita China adalah 10,263.741 USD pada tahun 2019. Nilai ini naik dari tahun sebelumnya yaitu 9,982.356 USD. Data GDP China per kapita memiliki rata-rata 346.784 USD dari tahun 1957 sampai 2019.

Perusahaan milik pemerintah yang terbesar adalah State Grid Corporation of China dan China National Petroleum Corporation and Sinopec. Tahun 2011, 35% aktivitas bisnis dan 43% keuntungan yang dikuasai oleh perusahaan milik pemerintah China. Negara tersebut adalah ekonomi utama yang bertumbuh paling cepat di dunia, dengan pertumbuhan peringkat rata-rata 10% selama 30 tahun.  China masih memiliki kendala-kendala seperti daya beli konsumen yang masih rendah, sehingga permintaan produk-produk dipasaran tidak meningkat. Selain itu, struktur ekonomi pasar yang dibangun masih belum dilaksanakan secara rasional karena distorsi yang dialami sebagai akibat dari pengawasan pemerintah yang cukup ketat.

Persoalan lain adalah kesenjangan pendapatan penduduk antar wilayah di China makin melebar sebagai akibat pembangunan yang cepat, terutama sangat terasa antara wilayah pantai timur China yang semakin maju dengan wilayah pedalaman (Barat dan Tengah) yang masih tertinggal. Selain itu ada enam masalah besar yang saat ini masih menghadang China, yaitu:

  1. Transisi yang tidak lengkap,

  2. Lingkungan yang rusak,

  3. Tidak ada sumber pendapatan yang tetap,

  4. Melebarnya jurang kaya dan miskin,

  5. Tidak cukup persediaan makan, 

  6. Sengketa perdagangan dengan negara-negara lain.

 Business Ownership

Mayoritas industri dan sektor bisnis dikuasai dan dijalankan oleh negara, tidak hanya core-core business yang berpengaruh, namun dalam sektor industri minor pun, pemerintah memiliki andil dalam pengelolaannya. Contoh produk yang dikelola oleh pemerintah: Cherry QQ. Perusahaan Cherry Automobile Co. Ltd didirikan pada tanggal 18 Maret 1997. Perusahaan ini bergerak di bidang industri Otomotif, dan kantor pusatnya berada di kota Wuhu Provinsi Anhui, China. Pada saat itu pemerintah mencoba untuk berkompetisi dalam sektor transportasi yaitu toyota hyang berasal dari Jepang, dengan adanya Cherry QQ pemerintah mencoba bersaing, sehingga banyak penduduk China yang mulai menggunakan mobil produksi Lokal.

Competition 

Secara garis besar dalam sistem ekonomi komunis, pemerintah mengendalikan semuanya, termasuk dalam tingkat kompetisi industri.

Profits

Untuk segala profit yang didapat oleh negara, secara otomatis masuk kembali untuk negara, dimana dana itu dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, subsidi pendidikan maupun bahan makanan pokok, dan lain lain. Contohnya pemerintah membangun jalan tol yang bertujuan untuk melancarkan kegiatan logistik dan distribusi perekonomian. Selain itu juga membangun pembangkit-pembangkit listrik untuk mendukung produktivitas pabrik-pabrik yang semakin banyak. 

Product Availability and Price

Karena pemerintah memiliki kontrol maksimal dalam segala hal, maka pilihan produk dan jasa sangat terbatas, karena hanya beberapa produk dan jasa yang diizinkan untuk masuk ke negara tersebut. Dengan terbatasnya persediaan suatu barang, hal ini menyebabkan untuk barang barang tertentu akan lebih mahal dibanding dengan negara lain.

Employment Options

Berefek dari negara sangat selektif dan mengendalikan hanya beberapa sektor dalam bisnis, menyebabkan pilihan karir masyarakat juga terbatas, mayoritas penduduk bekerja untuk industri atau perusahaan yang dimiliki oleh negara, maupun bertani di lahan milik negara. Contohnya mayoritas penduduk desa pindah ke kota karena lahan pertanian tidak lagi dapat menyediakan pendapatan yang berkelanjutan, seiring besarnya pembangunan di china beralih menjadi buruh.

PT Anggana Catur Prima

Bisnis di Indonesia yang potensial untuk berkembang di luar negeri adalah bisnis yang bergerak dalam bidang makanan, salah satunya adalah Dua Belibis Saus Cabe. Dua Belibis merupakan merek lokal yang pada awalnya adalah pedagang mie ayam yang memproduksi sausnya sendiri. Kesuksesan Dua Belibis sebagai merek saus pilihan di Indonesia dimulai pada tahun 2006, saat PT Gunacipta Multirasa dibawah kepemimpinan Harry S. Widjaja mengakuisisi UD Padma Sari dengan mempertimbangkan ekuitas merek yang kuat dan peluang pengembangan bisnis yang potensial. Memasuki Tahun 2012, PT Gunacipta Multirasa melihat persaingan pasar saus sambal dan tomat semakin ketat, sehingga management mengambil keputusan yaitu pada bulan Mei 2012 didirikanlah sebuah sister company yang bernama PT Anggana Catur Prima. PT Anggana Catur Prima sebagai distributor dari berbagai produk salah satunya Dua Belibis Saus Cabe.

Dua Belibis saat ini memiliki tiga varian produk utama yakni saus cabe, saus tomat dan cuka dapur. Saus cabe Dua Belibis dikenal karena rasa pedasnya yang pas dan aromanya yang menggugah selera. Hal ini dikarenakan hampir dari setengah dari komposisi saus cabe Dua Belibis adalah cabe asli (47% cabe asli) dilengkapi dengan kandungan bawang putih yang menambah aroma dan rasa. Hingga saat ini Dua Belibis terus mempertahankan kualitasnya dengan memproduksi saus dari bahan-bahan pilihan yang segar dan asli yang berkualitas tinggi. Dua Belibis menyadari bahwa keberadaanya tidak bisa lepas dari industri kuliner. Oleh karenanya Dua Belibis berkomitmen untuk mengambil peran dalam upaya pengembangan industri kuliner di Indonesia. Komitmen tersebut dijalankan melalui program/kegiatan yang mendukung komunitas dan UKM atau entrepreneur-entrepreneur dibidang kuliner. Salah satunya dengan mengadakan event Rabu Rasa yang diadakan di Pasar Santa untuk men-support dan menarik pembeli untuk berbelanja di tenant-tenant kuliner yang ada disana. Selain itu, Dua Belibis selama dua tahun berturut-turut memiliki program CSR berupa pembagian makanan berbuka puasa gratis. 

Komitmen Dua Belibis untuk memberikan produk-produk unggulan dengan kualitas terbaik terbukti telah mendapatkan berbagai penghargaan dari berbagai lembaga survei independen seperti Word of Mouth Marketing Award (WOMM), Superbrands, WOW Brand, Most Valued Brand (MVB) dan lain-lain. Dari award-award tersebut Dua belibis dinobatkan tidak hanya sebagai merek yang menjadi pilihan utama bagi konsumen tetapi juga sebagai merek yang memiliki tingkat advokasi yang tinggi. Secara sukarela konsumen dari mulut ke mulut merekomendasikan Dua Belibis karena rasanya yang enak.

Adapun produk-produk yang dihasilkan dari Dua Belibis Saus Cabe adalah sebagai berikut:

 

Potensi Ekspansi PT Anggana Catur Prima

Melihat dari perbedaan sistem ekonomi antara China dengan Denmark, diketahui bahwa China menganut sistem ekonomi komunis dari zaman dahulu. Sistem komunis sangat tidak memungkinkan untuk mengembangkan brand luar masuk ke negara tersebut, dimana segala perekonomiannya diatur oleh pemerintah sehingga tidak memunculkan pasar untuk bersaing. Maka, perusahaan internasional sangat sulit berkembang di negara tersebut. Oleh karena itu, masyarakat di China memiliki lebih banyak minat untuk membeli brand lokal dibandingkan brand luar.  

Namun, untuk negara Denmark menganut sistem ekonomi sosialis. Perusahaan swasta diberi kebebasan untuk menentukan kegiatan-kegiatan ekonomi yang akan mereka jalankan. Maka, di negara Denmark terdapat persaingan bisnis yang cukup banyak. Sehingga, ada peluang brand luar masuk ke negara tersebut.

Berdasarkan sistem ekonomi dari kedua negara tersebut, potensi ekspansi untuk PT Anggana Catur Prima lebih besar terhadap negara Denmark. Walaupun, di negara Denmark akan terjadi persaingan tetapi Denmark merupakan negara yang paling bahagia dan paling makmur di dunia. Sehingga kemampuan masyarakat Denmark untuk membeli brand luar juga sangat baik. Kemampuan masyarakat juga sangat penting untuk menentukan potensi ekspansi. Karena saus sambal bukan merupakan makanan pokok sehingga hanya orang-orang tertentu yang mengkonsumsinya. Berikut adalah data gaji rata-rata masyarakat Denmark yang menjelaskan bahwa kemampuan masyarakat Denmark sangat baik.

Selain itu, melihat dari kebudayaan masyarakat Denmark yang menyukai makanan seperti  sandwich dan juga seafood, produk saus sambal ini sangat cocok untuk menikmati makanan tradisional di Denmark. Saus sambal dua belibis memiliki rasa yang banyak diminati oleh orang Indonesia hingga mendapatkan sertifikat, dengan rasa yang sangat alami dari rasa cabai itu sendiri menjadikan dua belibis memiliki keunikan yang berbeda dari saus sambal yang lain. 

Didukung dengan penelitian dari NCDEX (2019) perkembangan harga bulanan cabai dunia, dari tahun 2017 ke tahun 2018 mengalami peningkatan, dengan begitu PT Anggana Catur Prima dapat berani melakukan perluasan pasar ke luar negeri seperti negara Denmark.

Perkembangan Harga Bulanan Cabai Dunia Tahun 2016-2019 (US$/KG)

Dua Belibis juga telah merambah pasar ekspor dengan hadir di lebih dari 20 negara di dunia seperti USA, Belanda, Jerman, Jepang, Malaysia, Singapura, India, Korea Selatan, China, Australia, New Zealand, UAE dan lain-lain. Maka, terbukti tidak hanya masyarakat Indonesia saja yang menyukainya tetapi sebagian masyarakat di luar Indonesia juga menyukainya.

Ditulis oleh:

Halim Chandra Chan

Halima Aulia Ita Maghfiroh

Nadia Devina Ricky

Sumber: 

http://dunsarwere.blogspot.com/2015/09/nama-negara-yang-menganut-sistem.html

http://bppp.kemendag.go.id/media_content/2019/04/BAPOK_BULAN_FEBRUARI_2019.pdf

http://www.salaryexplorer.com/salary-survey.php?loc=58&loctype=1

https://portal-ilmu.com/negara-denmark/

http://ikaamalia1807.blogspot.com/2015/03/sistem-perekonomian-china.html

http://superbrands.id/studies/dua-belibis-komitmen-untuk-memberikan-produk-produk-unggulan-dengan-kualitas-terbaikrxzx

https://www.ajarekonomi.com/2016/06/meneropong-denmark-negara-kaya-yang.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Denmark

https://www.ceicdata.com/en/indicator/denmark/gdp-per-capita

https://www.ceicdata.com/id/indicator/china/gdp-per-capita

https://id.wikipedia.org/wiki/Jysk

https://duabelibis.co.id/

http://anisaputriap05.blogspot.com/2018/01/kebudayaan-negara-denmark.html

https://www.youtube.com/watch?v=YtzFn73sYmU

https://www.youtube.com/watch?v=095ULhvaH5E


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format