SHOES AND CARE GOES TO SINGAPORE !!

Seiring perkembangan zaman, penggunaan sneakers di dunia sudah menjadi trend yang memacu tumbuhnya peluang bisnis dibidang jasa salah satunya ialah treatment sepatu


0
3 shares

Sistem Perkonomian Singapura

Berbicara mengenai Singapura, nampaknya sudah tidak asing lagi bahwa negara yang satu ini merupakan negara berkembang yang menjadi pilihan utama untuk orang yang ingin membangun presence strategis. Secara konsisten Singapura dijuluki sebagai salah satu negara pro-bisnis terkemuka di dunia dan banyak warga negara asing membuat prestasi dalam perekonomian yang beragam dengan kehadiran perusahaan di Singapura, oleh karena itu Singapura menempati peringkat ke-10 ekosistem paling baru di dunia menurut laporan dari firma riset Kompas. Negara itu secara konsisten peringkat No.1 untuk kemudahan melakukan bisnis, oleh Bank Dunia.

Orang-orang melihat Singapura sebagai pusat perdagangan bebas dengan pajak yang sangat rendah, perizinan yang mudah, lokasi yang sangat strategis di Asia, dan juga pemerintahan yang sangat bersih. Selain itu, pemerintah memahami bahwa Singapura adalah tempat yang multi etnis dengan empat bahasa nasional. Semua kebijakan ini menimbulkan rasa aman bagi etnis dari berbagai bangsa, sehingga Singapura adalah tempat yang menarik untuk didatangi, juga tempat merupakan tempat yang menarik untuk berinvestasi. Oleh karena itulah, orang-orang dengan taraf ekonomi yang mapan, atau bisa dibilang "orang kaya", tertarik datang ke negara ini untuk berbisnis. Kebijakan politik ini disebut dengan pro business/free investment.

Tabel di bawah ini adalah data dari CEIC yang menunjukkan signifikansi pertumbuhan ekonomi Singapura dari tahun 2007 hingga 2018, berdasarkan kurs dolar Amerika Serikat.

Dengan pajak yang rendah dan fasilitas yang bagus, bisnis mereka berkembang cepat. Tidak ada pajak keuntungan modal di Singapura, dan penghasilan yang telah dikenakan tarif pajak badan, dividen dapat dibagikan di antara para pemegang saham bebas pajak. Contohnya, jika ada sebuah perusahaan startup yang baru saja didirikan di Singapura, maka perusahaan ini dibebas pajakkan hingga senilai 200%. Pemerintahan yang stabil, transparan dan tertib, dengan visi untuk membawa bangsa ini ke jalur progresif telah membawa Singapura menjadi pusat bisnis dan inovatif. Sistem politiknya efisien, di mana setiap undang-undang, kebijakan, dan peraturan dibingkai dengan mengingat pendekatan rasional dan pro-bisnis. Selain itu, pemerintah telah mengembangkan infrastruktur kelas dunia dengan sistem transportasi jalan raya yang sangat baik dan fasilitas komunikasi.

Sistem Perekonomian Laos

Laos merupakan salah satu dari lima negara komunis yang ada di dunia yang memulai melepas kontrol ekonomi dan mengizinkan berdirinya perusahaan swasta pada tahun 1986. Bergabung dengan ASEAN sejak tahun 1997, tetapi negara yang terkurung daratan (landlocked country) ini baru membuka diri seluas-luasnya dengan negara lain pada tahun 2004. Langkah pertama yang diambil Laos dalam membuka diri adalah menarik modal asing. Laos berkali-kali merevisi undang-undang investasi asing, serta mengizinkan perusahaan asing mentransfer keuntungan keluar Laos. Investor asing juga diizinkan mendirikan perusahaan dengan modal murni atau patungan. Pemerintah Laos bahkan tidak memungut pajak terhadap perusahaan asing untuk lima tahun pertama bisnis di Laos.

Untuk meningkatkan perekonomian, Laos menetapkan beberapa zona ekonomi, meningkatkan perdagangan internasional dan meningkatkan kerja sama regional. Mata pencaharian utama penduduk Laos pada sektor pertanian. Hasil pertanian utamanya berupa padi, jagung, tembakau, kapas, kopi dan buah jeruk. Daerah pertanian umumnya berada di daerah dataran rendah terutama di tepi sungai Mekong. Sungai Mekong merupakan urat nadi perekonomian Laos yang dimanfaatkan Laos untuk menghasilkan tenaga hydroelectric. Tenaga hydroelectric yang dihasilkan kemudian dijual oleh Laos ke negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand. Pada tahun 2012, pemerintah Laos membentuk portal Laos Trade Center yang memberikan informasi terkait impor dan ekspor negara tersebut. Seiring keterbukaan ekonomi yang dilakukannya, perekonomian Laos meningkat sebesar 7,1% dari tahun 2001-2010 dan diharapkan meningkat sebesar 7,6% dari tahun 2011-2015. Bukan angka yang mustahil jika menilik pertumbuhan Gross Domestic Product (GDP) Laos pada tahun 2012 mencapai 8,1%.

Pdb Per Kapita Laos dilaporkan sebesar 2,585.000 USD pada 2018. Rekor ini naik dibanding sebelumnya yaitu 2,468.000 USD untuk 2017 sedangkan Singapura mencatat pendapatan per kapita tertinggi sebesar 64,567.000 USD. Semenjak Laos mulai melepas kontrol ekonomi dan mengizinkan berdirinya perusahaan swasta pada tahun 1986 dan juga saat pemerintah Laos menetapkan kebijakan perubahan jangka panjang dalam struktur ekonomi, Laos mulai membuka kesempatan untuk penanaman modal asing dan swasta, persaingan pasar bebas, dll pada tahun 1991, sehingga perekonomian Laos pun berkembang pesat.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta menjelaskan terkait kebijakan pengembangan usaha mikro pada forum ASEAN dalam ajang dialog kebijakan antar-negara anggota ASEAN ke-dua yang digelar di Laos bahwa "Usaha mikro masih mendominasi sektor usaha di kawasan ASEAN, di mana jenis usaha ini berkontribusi besar dalam perekonomian masyarakat dan penyerapan tenaga kerja.” Menurutnya, salah satu tantangan terbesar dalam mengurangi jumlah usaha informal adalah mencari solusi yang paling tepat untuk memfasilitasi transisi formalisasi UMKM dari sektor informal menuju formal. Beliau juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah dan akan terus memfasilitasi pertemuan dengan sejumlah pelaku usaha sektor kreatif agar bisa menangkap peluang bisnis di Laos.

Laos
Singapore
Business Ownership
Kontrol penuh ekonomi dilakukan oleh pemerintah dan tidak boleh ada perusahaan swasta yang berdiri
Pro Business dan Free Investment
Competition
Tidak adanya persaingan
Banyak persaingan antar pelaku bisnis
Profits
Keuntungan dikelola pemerintah untuk kesejahteraan rakyat
Semua keuntungan dikelola oleh perusahaan atau pebisnis
Product Availability and Price
Ditentukan berdasarkan keputusan pemerintah
Pelaku bisnis bebas menentukan harga dan produk yang dijual
Employement Options
Pilihan pekerjaan sangat terbatas, masyarkat laos umumnya bermata pencaharian di sektor pertanian
Free Trade; bebas berinovasi

Shoes and Care

Shoes and Care merupakan jasa perawatan premium sepatu berbasis media sosial yang pertama di Yogyakarta dan Indonesia. Didirikan pertama kali oleh Tirta Mandira Hudhi di Yogyakarta pada tanggal 12 Oktober 2013. Ide usaha ini tercetus ketika Tirta sebagai kolektor sepatu kesulitan membersihkan sepatu-sepatunya. Sementara itu, tidak ada jaminan sepatu-sepatunya akan dicuci atau dirawat dengan baik di jawa laundry biasa. Dari kendala tersebut, Tirta belajar melalui internet cara mencuci sepatu dengan bahan-bahan pembersih yang cocok untuk jenis-jenis sepatu. 

Sejak pertama kali berdiri, Tirta sudah mempromosikan usahanya melalui internet. Awalnya, Shoes and Care belum memiliki akun media sosial seperti sekarang. Bentuk promosi dan pemesanan masih ia tawarkan melalui Kaskus yang merupakan situs forum komunikasi terbesar di Indonesia. Namun, pada 14 Februari 2014 bersamaan dengan tragedi erupsi Gunung Kelud pihak Shoes and Care membuat akun media sosial dan melayani perawatan sepatu secara online. Sejak saat itu sampai saat ini, lebih dari 500.000 pasang sepatu telah ditangani. Pelanggan tidak hanya berasal dari 41 Yogyakarta, tetapi juga dari seluruh Indonesia, bahkan ada pelanggan yang berasal dari Australia, Singapura, Malaysia, dan Amsterdam. Di Indonesia sendiri, Shoes and Care sudah memiliki 30 outlet di 19 kota di Indonesia, dimana sebanyak 75% outlet tersebut adalah milik Tirta dan sisanya adalah milik kemitraan dengan sistem bagi hasil.

Shoes and Care melakukan perawatan sepatu secara profesional, dengan teknik khusus, serta menggunakan alat dan bahan premium untuk perawatan sepatu, baik produk lokal maupun luar negeri. Selain melayani perawatan sepatu, Shoes and Care paham bahwa edukasi sangatlah penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Maka dari itulah, Shoes and Care selalu memberikan tips-tips perawatan sepatu dan konsultasi gratis. Shoes and Care juga sering diundang dalam berbagai acara untuk memberikan tips dan workshop mengenai perawatan sepatu. Kini, Shoes and Care tidak hanya menangani sepatu, tetapi juga tas, topi, dan dompet. Menu yang ditawarkan pun makin beragam, mulai cleaning, repaint, dan repair. Beberapa achievement Shoes and Care antara lain:  

  • Termasuk dalam 50 Usaha yang paling banyak dicari di Indonesia (dari Google Singapore, Google ID, dan Mitra Google Indonesia)  

  • Talkshow di radio, di antaranya Geronimo FM dan Swaragama FM 42  

  • Diliput oleh berbagai media, baik media cetak, elektronik, dan online, di antaranya adalah Tribun Jogja, Suara Merdeka, Indosiar TV Regio Yogyakarta, Net TV Jakarta, Jawa Pos, Radar Jogja, Kompas, RRI, Hai Magazine, Bisnis Indonesia, Tabloid Kontan, SWA Magazine, dan The Jakarta Post.


Seiring perkembangan zaman, masyarakat mayoritas memiliki mobilitas yang tinggi dalam kegiatan sehari-harinya. Hal tersebut diikuti dengan adanya berbagai penyedia layanan yang membantu memudahkan pekerjaan. Sebuah peluang bagi pelaku bisnis untuk menciptakan gagasan baru berupa produk maupun jasa yang spesifik guna memberikan kualitas terbaik yang dibutuhkan oleh konsumen. Singapore merupakan negara dengan pengguna sepatu mencapai 1.78 juta pada tahun 2020. Menggunakan sneakers seperti sudah menjadi hal biasa di masyarakat Singapore. Tingginya angka penggunaan sneakers memunculkan peluang bisnis treatment khusus untuk sepatu.

Shoes and Care ialah salah satu contoh bisnis sukses di Indonesia yang bergerak dalam bidang treatment sepatu dengan memiliki cabang lebih dari 15 kota di seluruh Indonesia dan bisa menjadi modal untuk pengembangan bisnis di Singapore. Bisnis ini memiliki prospek usaha untuk dibuka di Negara tersebut karena setiap jenis sepatu membutuhkan treatment yang berbeda sesuai bahan yang digunakan. Oleh karena itu, perawatan sepatu yang tepat sangat penting dilakukan untuk tetap menjaga kualitas dan umur sepatu tersebut. Hal inilah yang turut serta mendorong Tirta untuk dapat membuka peluang usaha dari jasa perawatan sepatu dengan memberikan kemudahan bagi pengoleksinya ataupun pengguna dalam merawat sepatunya.

Penelitian mengungkapkan bahwa Singapore merupakan salah satu negara yang berpotensi berkembangnya usaha ini dikarenakan banyak nya toko yang menjual berbagai brand sepatu dengan jenisnya masing masing. Penggunaan sneakers setiap harinya dapat menimbulkan masalah seperti kotor, yellowing, rusak dan lain lain. Masalah tersebut itulah yang menjadikan peluang untuk shoes and care memasuki pasar tersebut. Bukan hanya itu pula, sistem perekonomian yang dianut oleh Singapura memudahkan pebisnis untuk membuka izin usaha di negara tersebut serta tingginya penggunaan sneakers di negara ini berbanding terbalik dengan ketersediaan jasa treatment sepatu sehingga pasar tersebut masih memungkinkan untuk dimasuki oleh shoes and care.

Kendati demikian pemerintah mengharapkan untuk para pelaku usaha sektor kreatif di dalam negeri dapat melakukan "branding" dengan baik, sehingga tidak hanya memiliki pasar di dalam negeri saja tetapi juga luar negeri dan dapat menjadikan ekonomi kreatif sebagai kekuatan perekonomian Indonesia pada masa depan hingga merambah mancanegara.

Disusun Oleh :

1. Annisa Ayuditya

2. Mayindra Wijaya

3. Muhadarsa Meidiano Sase

Referensi :

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Laos

2. http://johansetiawan767.blogspot.com/2017/09/keadaan-perekonomian-negara-loas.html

3. https://lexicobiz.com/id/struktur-bisnis-singapura-untuk-warga-negara-asing/

4. https://www.wartaekonomi.co.id/read200161/singapura-adalah-negara-paling-ramah-untuk-bisnis-tertarik-buka-bisnis-di-sana

5. https://shoesandcare.com/

6. https://kumparan.com/lampu-edison/bagaimana-singapura-dapat-menjadi-negara-yang-sangat-kaya-1550297563592217398

7. https://www.ceicdata.com/id/indicator/laos/gdp-per-capita

8. https://www.ceicdata.com/id/indicator/singapore/gdp-per-capita


Like it? Share with your friends!

0
3 shares

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
3
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format