Cathay Pacific melawan Virus Corona

Bagi Cathay yang pernah mengalami overcapacity passengers di Mainland china jelas sangat merasakan langsung dampak atas Virus Corona


1
1 point

 A. Company Detail 

Cathay Pacific merupakan maskapai penerbangan asal Hong Kong yang berpusat di Bandara International Hong Kong.

Cathay Pacific, dengan anak perusahaannya Hong Kong Dragon Airlines Limited (“Cathay Dragon”) dan AHK Air Hong Kong Limited (“Air Hong Kong”), Telah mengoperasikan 212 pesawat pada akhir April 2018 dan langsung menghubungkan Hong Kong ke 109 Tujuan Di 35 negara di seluruh dunia (masing-masing 232 dan 53 dengan, termasuk 26 tujuan Indonesia dan Daratan Cina.

Group Cathay Pacific adalah grup penerbangan internasional terbesar ke-9 Dunia dan pengangkut kargo udara internasional terbesar ke-2.

Cathay Pacific didirikan di Hong Kong pada tahun 1946 dan sangat berkomitmen pada home-basenya yaitu Hong Kong selama tujuh dekade dan tetap demikian, membuat substansial investasi untuk mengembangkan Hong Kong sebagai salah satu pusat penerbangan internasional terkemuka.

Cathay Pacific sendiri mengoperasikan 154 penumpang dan kargo pesawat pada tanggal 31 Desember 2018. Pada 31 Desember 2018 memiliki 71 pesawat baru yang dijadwalkan untuk pengiriman hingga 2024. 

Mode of entry dari Cathay Pacific adalah Direct Invesment dimana perusahaan memiliki overseas facilities atas semua maskapai yang beroperasi ke seluruh dunia tanpa adanya ikatan yang signifikan atas negara tertentu.

Sumber : https://www.cathaypacific.com

B. Masalah/Potensi yang disebabkan karena Virus Corona

Global Strategy :

Bahwa Cathay Pacific menggunakan Standardizing Product (promosi dan distribusi) uang sama untuk keseluruhan produknya.

Berikut merupakan beberapa Strategi Cathay Pacific : 

Restructuring operational diluar home-based operation (Hong Kong) dengan :

  • Membentuk Digital team untuk meningkatkan tekonologi dan analisisi data (seperti : monitoring customer preferences and research info their behaviour using data analytics and digital capabilities).
  • Membentuk global service team yang mensentralisasikan area-area tertentu untuk finance dan team ini bertugas membangun fungsi human resources.
  • Peningkatan pada pelayanan, bahwa diketahui penumpang maskapai ini mengalami kenaikan di tahun 2018 sebesar 1.9% di banding tahun sebelumnya. Hal ini merupakan dampak dari peningkatan pelayanan Cathay seperti : penambahan rute perjalanan baru, peningkatan entertaintment system dan inflight connectivity, bisniss class dining service dan reward untuk member.

Hubungan dengan Virus Corona
Virus corona jelas mempengaruhi aktivitas penerbangan internasional, dengan keputusan beberapa negara melarang masuknya turis ke dan dari Cina yang merupakan salah satu busiest travel market tentunya berujung pada pembatalan beberapa rute penerbangan maskapai.

Pembatalan penerbangan akan berpengaruh pada operasional maskapai secara keseluruhan. Bagi Cathay Pacific yang pernah mengalami overcapacity passengers di Mainland China sangat jelas sangat merasakan langsung dampak atas Virus Corona. 

Dampak Total di seluruh jaringan Cathay adalah pengurangan sekitar 30% kapasitas, kata Chief Executive Officer (CEO) August Tang dalam suratnya kepda staff dan di konformasi oleh perusahaan. Dia mengatakan wabah telah memiliki "dampak yang sangat signifikan" pada bisnis Cathay. Menyebabkan penurunan permintaan pelanggan. (https://www.bloomerang.com/news/articles/2020-02-04/embattled-cathay-pacific-to-slash-90-of-mainland-china-flights).

Global Enivronment Theory

Virus yang ada bukanlah faktor dibalik kerugian yang dialami. Akan tetapi, bagimana konsumen, bisnis dan pemerintah merespon wabah tersebutlah yang memiliki pernan paling besar. Orang-orang cenderung akan tinggal dirumah selama wabah untuk menghindari sakit, mencegah mereka untuk bepergian, belanja ataupun bekerja. Akibatnya, permintaan barang konsumsi dan energi pun terbatas.

Terdapat 34 negara yang membatasi perjalanan maskapai ke China. Menolak masuk ke warga negara asing yang datang dari China. Negara Rusia akan memberhentikan proses dokumen bagi warga China yang datang untuk melamar kerja. Sedangkan Pemerintah Singapura melakukan pengangguhan terhadap Visa kunjungan warga China, termasuk yang sudah dikeluarkan. Dan beberapa Negara melarang masuknya pekerja dan warga negara asing yang berasal dari China.

Perubahaan behaviour konsumen karena maraknya virus corona dan kebijakan yang diambil oleh beberapa Negara terkait dengan virus ini, berdampak pada kelangsungan operasional Cathay Pacific.

Task Environment Theory

Competitors : Virus Corona bukan hanya berdampak pada Cathay Pacific saja, Tapi juga berdampak pada competitor Cathay Pacific. Terdapat setidaknya 62 maskapai yang melakukan pembatalan flight dikarebakan virus corona (data terlampir).

Customers : Selain itu juga virus corona berperan besar dalam penurunan jumlah penumpang baik penumpang domestik maupun penumpang internasional. Dikarenakan ke khawatiran penyebaran virus ini.

Suppliers : Dengan banyaknya penangguhan/pembatalan penerbangan, dan semakin tingginya ke khawatiran penumpang untuk melakukan perjalanan keluar negeri, mengakibatkan potensi kerugian diberbagai perusahaan penerbangan, hal ini berpengaruh pada penurunan supply pesawat terbang, seperti airbus dan boeing untuk beberapa waktu kedepan. Potensi kerugian juga menyababkan Cathay Pacific harus melakukan efisiensi terhadap biaya overhead, sehingga harus merumahkan sejumlah karyawannya.

Strategic Partner : Penurunan transaksi pada ticket agensi, travel agensi maupun e-commerce yang merupakan penyalur tiket-tiket penerbangan.

Regulators : Kebijakan-kebijakan yang diambil oleh beberapa Negara, dalam hal penangguhan penerbangan menyebabkan Cathay Pacific melakukan penangguhan penerbangan khususnya penerbangan ke daratan China sebesar 90% selama 2 bulan ke depan.

 

sumber : https://www.bloomberg.com

C. Ide/Solusi Untuk Mengatasi Kerugian

Strategi Yang Sudah Dilakukan oleh Cathay Menghadapi Corona :

1. Berencana Untuk memotong sekitar 90% dari penerbangannya ke daratan China dan mengurangi operasi diseluruh jaringannya selama dua bulan ke depan.

2. meminta 27.000 karyawan untuk mengambil cuti tak dibayar.

3. menurunkan harga dan menerapka kebijakan jangka pendek.

Solusi Lainnya :

1. Promosi dan peningkatan layanan pada maskapai di luar rute Mainland China.

2. Untuk tiket pesawat yang telah di booked to China dapat dilakukan program reroute/reschedule.

3. Peningkatan pada safety service untuk penumpang dan awak kabin, seperti pemberian masker, sarung tangan dan handsanitizer (disinfektan).

4. Memberikan kebijakan untuk pembatalkan khusus Mainland China agar tidak dikenakan biaya tambahan.

5. Apabila issue Virus Corona sudah mereda perusahaan sebaiknya melakukan campaign untuk memulihkan citra dan mengembalikan kepercayaan pelanggan.

6. Melakukan efisiensi biaya yang tidak diperlukan, seperti biaya pemasaran dan biaya iklan karena dengan kondisi saat ini, iklan dan pemasaran besar-besaran tidak akan mampu mempengaruhi keputusan membeli konsumen.

7. Meningkatkan layanan Customer Service/Customer Handling, agar penumpang yang penerbangnyannya di tangguhkan pejalanannya dapat terlayani dengan baik, dan semua pelanggan/penumpang mendapatkan informasi yang jelas, cepat dan tepat. Hal ini dilakukan untuk menghindari peningkatan jumlah complain.

D. Best Practice

Pada Februari 2007, Jetblue Airways Inc, sebuah low cost carrier yang berbasis di New York, menghadapi krisis ketika menghadapi badai salju di daerah Northeast dan Midwest Amerika. Jetblue membatalkan hampi 1.200 penerbangan.

Yang dilakukan oleh Jetblue adalah membuat surat permintaan maaf dari CEO Jetblue kepada seluruh pelanggan. Selain itu juga Jetblue mengembalikan hak penumpang dan berkomitmen untuk membantu penumpang yang mengalami kesulitan. Pergantian CEO juga dilakukan untuk perbaikan reputasi perusahaan.

Sources :

https://internasional.kompas.com/read/2020/02/05/16544191/wabah-virus-corona-maskapai-cathay-pacific-minta-27000-karyawannya?page=all.

https://www.bloomberg.com/graphics/2020-china-coronavirus-airlines-business-effects/

https://www.bloomberg.com/news/articles/2020-02-04/embattled-cathay-pacific-to-slash-90-of-mainland-china-flights

https://www.cathaypacific.com/content/dam/cx/about-us/investor-relations/interim-annual-reports/en/2018_annual_report_en.pdf

https://travel.kompas.com/read/2020/02/07/180200927/daftar-34-negara-yang-batasi-perjalanan-maskapai-ke-china-karena-virus-corona?page=all

http://www.nbcnews.com/id/17166299/ns/travel-news/t/jetblue-apologizes-after-passengers-stranded/#.XkQzGmgzbIU

  

OLEH THE SULTANS OF AWESOMENESS

1. MIRANDA POETRI

2. DIMAS TEJO PURBOWO

3. YOHANA VERAWATY

4. RADITYA PRIMAYUDHA

 


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Yohana

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format