Wuhan tanpa McDonald’s

Tutupnya McDonald’s di Wuhan dikarenakan keselamatan para staff karyawan dan pelanggan menjadi prioritas utama. Selain itu, McDonald’s memiliki tindakan preventif ya


0

Profil McDonald’s : 

  • Jenis industri : Restoran
  • Pertama didirikan : 15 Mei 1940 di San Bernardino, California.
  • Pendiri : Dick dan Mac McDonald (konsep restoran), Ray Kroc (pemilik perusahaan McDonald’s)
  • Kantor Pusat : Chicago, Illinois, AS.
  • Cabang : 32.000+ International
  • Wilayah Operasi : International
  • Produk yang dihasilkan : Makanan siap saji (hamburgers, chicken, french fries, soft drinks, salads, desserts, etc).

McDonald's Menu

Problem Identification


Restoran McDonald di Wuhan ditutup dikarenakan keselamatan staf karyawan dan para pelanggannya adalah prioritas utama perusahaan tsb, dan McDonald memiliki langkah-langkah tindakan yang komprehensif dan preventif yang diimplementasikan untuk semua operasi restoran dan staff kantor.


  • Sejarah McDonald’s

McDonalds merupakan salah satu waralaba makanan cepat saji tebesar di dunia. Hidangan utama yang dihidangkan di restoran adalah makanan khas Amerika seperti Hamburger, Kentang Goreng, dan Minuman Ringan serta hidangan lokal yang disesuaikan dengan tempat restoran tersebut berada.Mc Donald’s sendiri pertama kali didirikan pada tahun 1940 oleh dua orang bersaudara yaitu Dick dan Mac Mc Donald, tetapi kemudian dibeli oleh Ray Kroc dan diperluas hingga ke seluruh dunia seperti saat ini. Dengan ekspansi agresif yang dilakukan oleh Ray Krock ke seluruh penjuru dunia, McDonald’s dijadikan sebagai sombol globalisasi dan penyebat gaya hidup orang Amerika. Dan pada tahun 2003 McDOnald’s mulai memiliki slogal “I’m Lovin it” yang dikenal diseluruh dunia.


  • Mc Donald’s saat ini

Saat ini Kantor Pusat Global McDonald’s berada di Chicago Illinois. McDonald’s menduduki peringkat kedua sebagai restoran cepat saji dengan jumlah gerai terbanyak yaitu 36.899. Selain itu McDonald’s juga menduduki peringkat kedua setelah Walmart sebagai perusahaan swasta dengan jumlah karyawan terbanyak di dunia yaitu 1,5jt karyawan. Tak hanya itu, McDonald’s menduduki peringkat sebagai restoran waralaba makanan cepat saji terbesar di dunia jika diukur dari segi penjualan. Setiap detiknya McDonald’s bisa menjual sebanyak 75 hambuger bila kita jumlahkan maka dalam sehari McDonald’s menjual sebanyak lebih dari 6,4jt burger.


  • McDonald’s di Cina

Pertahun 2014 jumlah restoran di Cina mencapai 2142 gerai. McDonald’s di Cina bertumbuh sangat pesat seiring dengan menungkatnya laju pertumbuhan ekonomi Cina.

Masuknya McDonalds di Cina merupakan buah kebijakan dari Perdana Menteri Deng Xiaoping yang tekenal dengan keterbukaannya. Beliau mengundang investor asing untuk datang ke Cina sebagai satu bagian dari revolusi budaya. Pada Oktober 1990, gerai McDonald’s pertama kali dibuka di Guangdong, Provinsi Shenzen.

Keputusan untuk mengembangkan bisnis di Cina dapat dikatakan keputusan yang tepat salah satu faktor pendukungnya adalah karena mereka memiliki pasar yang sangat besar.


Coronavirus Wuhan

  • Mengenal Coronavirus

Coronavirus (CoV) merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Novel coronavirus (2019-nCoV) adalah virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus corona adalah zoonosis (ditularkan antara hewan dan manusia). Manifestasi klinis biasanya muncul dalam 2 hari hingga 14 hari setelelah paparan. Tanda dan gejala umum infeksi coronavirus antara lain gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk, dan sesak napas. Pada kasus yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal dan bahkan kematian.


  • Wabah Coronavirus di Cina

Pada 31 Desember 2019, WHO China Country Office melaporkan kasus pneumonia yang tidak diketahui etiologinya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Pada tanggal 7 Januari 2020, Cina mengidentifikasi pneumonia yang tidak diketahui etiologinya tersebut sebagai jenis baru coronavirus (novel coronavirus, 2019-nCoV). Penambahan jumlah kasus 2019-nCoV berlangsung cukup cepat dan sudah terjadi penyebaran ke luar wilayah Wuhan dan negara lain. Samapi dengan 26 Januari 2020, secara global 1.320 kasus di 10 negara dengan 41 kematian. 24 Januari 2020, WHO melaporkan bahwa penularan dari manusia ke manusia terbatas (pada kontak keluarga) telah dikonformasi di sebagian besar Kota Wuhan, China dan negara lain. Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi dengan mencuci tangan secara teraktur, menerapkan etika ketika batuk dan bersin, memasak daging dan telur sampai matang. Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin.

Studi Kasus : Dampak Coronavirus terhadap McDonald's

Pada umumnya masyarakat sangat menyukai makanan cepat saji, sekalipun ada fenomena bahwa makanan cepat saji tidaklah sehat. Industri makanan ini juga termasuk salah satu penyumbang perekonomian besar bagi negara. Serta industri ini juga menyediakan banyak peluang pekerjaan bagi masyarakat. Dunia memahami bahwa tenaga kerja merupakan sumber dan aset utama dalam menggerakkan sebuah usaha/organisasi. Walau teknologi telah jauh dan maju dalam era ini, kewujudan teknologi canggih, namun tetap masih memerlukan sumber daya manusia.  Apabila tidak ada sumber daya manusia, maka organisasi itu tidak mampu untuk berdiri dengan sendiri tanpa adanya tenaga kerja. Dalam sebuah organisasi kepentingan sumber daya manusia adalah kritikal karena ia merupakan kunci produktivitas dan keuntungan sebuah organisasi/usaha.

Sebagaimana kita ketahui merebaknya Coronavirus yang terjadi di Wuhan, Cina  mempengaruhi beberapa aspek salah satunya adalah aspek perekonomian. Coronavirus juga mempengaruhi kegiatan perekonomian termasuk aspek waralaba makanan seperti McDonald’s. Karena hal ini banyak gerai restoran McDonalds yang tutup, hal ini dikarenakan keselamatan staf dan karyawan serta para pelanggan adalah prioritas utama. McDonald’s juga memiliki langkah-langkah preventif yang diimplementasikan untuk semua operasional restoran dan staff kantor.

Sebagai salah satu perusahaan makanan terbesar di dunia bahkan di China, kejadian penyebaran coronavirus tetap mempengaruhi kinerja Perusahaan McDonald’s. Jika kita melihat dari sisi Global Environment (Task Environment & General Environment), dimana seharusnya terdapat kemampuan dari perusahaan tersebut mengakuisisi dan memanfaatkan sumberdaya menjadi terganggu.

Jika kita melihat kasus coronavirus yang terjadi di Cina dan kaitannya antara Global Environment yaitu Task dan General memiliki suatu dampak.

Pada bagian Task Environment terdapat :

-Competitors, dimana tidak terjadi persaingan hal ini dikarenakan perekonomian di Wuhan menjadi lumpuh. Beberapa yang dulunya menjadi pesaing dari McDonald’s juga mengambil tindakan untuk menutup gerainya.

Distribution, perusahaan distribusi menjadi tidak bekerja hal ini dikarenakan keputusan McDonald’s untuk menutup seluruh gerainya yang berada di Wuhan dan beberapa gerai yang tersebar di negara Cina. Hal ini tentunya menghambat jalur pendistribusian.

-Customers, tentunya karena kondisi perekonomian yang lumpuh menjadikan tidak adanya pelanggan, ditambahkan kemungkinan terjadinya krisis makanan yang terjadi di Wuhan.

-Suppliers, dikarenakan penyebaran coronavirus yang terjadi begitu cepat maka terjadi kemungkinan untuk bahan baku sebelumnya yang berada di gerai tersebut tidak dapat digunakan karema tidak terjadi proses jual-beli. Dan ini juga akan merugikan pihak supplier karena tutupnya gerai dilakukan secara mendadak hingga tidak ditentukan sampai kapan akan berakhir.

Global Environment

Selanjutnya pada General Environment juga akan berdampak pada :

-Technological Forces; teknologi yang tersedia tidak dapat digunakan lagi selama sumber daya manusia nya tidak ada.

- Sociocultural Forces; masyakarat di Wuhan terpaksa harus menghentikan kebiasaan mereka untuk makan makanan siap saji dari McDonalds.

- Demographic Forces; Penduduk Wuhan dari berbagai jenis usia dan gender menyukai makanan siap saji, namun sekarang harus terhenti dikarenakan Restoran McDonald’s ini ditutup.

- Political and Legal Forces; Politik dan legal bisa mempengaruhi layaknya Restoran McDonald’s ini dapat diteruskan kembali atau tidak ijin industrinya, dilihat dari perkembangan virus corona ini.

- Economic Forces; dikarenakan industri ini ditutup sementara maka proses produksi dan distribusi juga tidak ada lagi selama penutupan McDonald’s.


Masalah McDonald’s akibat virus corona :


Per 9/2/20 di wuhan sendiri telah terdapat 81 kematian akibat virus corona dan total case untuk di China sendiri telah mencapai 40rb kasus (data cnn). Virus yang pertama kali muncul di kota Wuhan,China pada awal Desember 2019. Situasi di kota Wuhan menjadi lumpuh dikarenakan pemerintah setempat mengisolasi koat tersebut agar penyebaran virus dapat dikendalikan. Hal ini tentunya berdampak pada banyak industri di kota Wuhan, termasuk industri makanan seperti Mc Donald.


Seperti diketahui, bahwa Cina merupakan salah satu market terbesar dan terpenting bagi McDonald's. Sehingga, tidak bisa dipungkiri akibat yang akan ditimbulkan oleh McDonald's jika negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia itu sudah tidak membuka ritel untuknya.


McDonald's Wuhan Tutup

Di Wuhan sendiri, setidaknya terdapat 5 gerai McD dimana seluruh gerai ini memutuskan untuk menutup sementara gerainya. Barry Sum selaku juru bicara McD mengatakan bahwa masker telah didistribusikan kepada seluruh pegawai McD agar mereja dapat memakainya sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus corona ini. 


Dengan ditutupnya seluruh gerai McD yang berada di kota Wuhan, hal ini akan berdampak terhadap perusahaab McD tersebut. Sebagaimana diketahui bahwa McD memiliki bisnis yang besar di China. The Wall Street Journal mengungkapkan, China merupakan pasar terbesar kedua di luar Amerika Serikat. Total gerai McD mencapai 2.902 yang tersebar diseluruh pelosok China.

karena jumlah gerai mereka yang sangat banyak, ketika virus menyebar hingga keseluruh pelososk China pilihan mereka hanyalah menutup semua gerai tersebut. Kembali lagi, hal ini dilakukan demi kesehatan dan kesejahteraan karyawan serta pelanggan mereka. Selain itu, akibat dari penyebaran virus korona ini adalah laba perusahaan McD yang berada diseluruh China akan mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan McD menganggap China sebagai pasar yang kritis, secara global China memegang 9% dari jumlah restoran secara global. Hal ini akan menurunkan keuntungan secara total dari Perusahaan McD selama kuartal pertama di tahun 2020.

Seperti terlihat gambar di bawah ini, bahwa tanggal 3 Februari 2020 Shanghai Stock Index mengalami penurunan yang cukup drastis. Hal ini merupakan salah satu dampak yang daikibatkan karena penyebaran viruscorona dan tutupnya beberapa gerai di Cina

Dengan merebaknya kasus virus korona ini, Krtistalina Georgiva selaku Direktur Pelaksana badan Moneter Internasional (BMF) memperkirakan dalam jangka pendek akan terjadi pelambatan ekonomi dunia. Apalagi China menyandang status sebagai salah satu raksasa ekonomi dunia akan berdampak kepada Perusahaan besar yang berada didalamnya termasuk 

McD. 


Problem solving


McDOnald’s akan menjaga komunikasi dengan unit kesehatan lokal dan instansi terkait lainnya, secara aktif menerapkan bimbingan oleh otoritas medis untuk penahanan virus, dan terus menerus bekerja sama untuk memerangi virus ini. Selain menagguhkan layangan, McDonald’s  juga memberlakukan standar baru yang ketat untuk memantau karyawan untuk tanda-tanda infeksi, seperti mengukur suhu tubuh dari semua kru pada saat mereka tiba di tempat kerja.


Apabila diketahui ada karyawan yang mengalami flu atau deman, maka karyawan dipulangkan. Kemudian diwajibkan untuk memakai masker dan agar lebih sering menggunakan disinfektan.


Untuk lokasi store McDonald’s itu sendiri diupayakan disediakannya cairan Hand Sanitizer untuk setiap pengunjungnya, dan meningkatkan frekuensi pembersihan di restoran.


kelompok Victorious Secret yang terdiri dari :

  • Astari Dewi Widyawati
  • Azri Aditya
  • Dwi Astuti
  • Kurnianto Joyonegoro
  • Samuel Sormin

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
UwiPiaoliang

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format