VIRUS KORONA MENGGEROGOTI BISNIS COLONEL SANDERS


1
1 point

KFC (Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam "timba" (bucket) dari kertas karton. Setelah sukses di negara asalnya KFC berusaha melebarkan sayapnya dengan membuka gerai internasional dibawah Yum! Brands yang tersebar di beberapa benua. Sistem yang dilakukan KFC menggunakan sistem lisensi dan retail supply chain yaitu produsen atau pabrik ke distributor atau suplier ke retailer baru dapat dinikmati konsumen. Secara teknis alurnya berjalan secara vertikal, jenis retail KFC termasuk kedalam kategori chain stores yaitu memiliki lebih dari satu gerai dan dimiliki oleh perusahaan yang sama. Sistem penjualan seperti ini membuat KFC menjadi brand yang diperhitungkan di dunia. Bahkan menurut survei statista.com tahun 2016 dan 2017 KFC berada pada peringkat 4 dunia.

Gambar I: Peringkat Merek Fast Food paling berharga di Dunia

Gambar II: Peta persebaran KFC di beberapa negara di dunia

KFC yang memasuki China melalui Beijing pada tahun 1987 restoran cepat saji barat pertama, yang memberikan keuntungan dan pasar potensial yang sangat besar untuk produk-produk KFC. Pembukaan restoran KFC pertama pada tahun 1987 sebagian besar diliput oleh media lokal dan ditonton oleh jutaan orang China. Keberhasilan awal di pasar Asia Tenggara membuat KFC percaya diri dalam kemampuannya untuk menyeimbangkan kontrol korporatnya dengan tuntutan respons lokal. Sistem jaringan KFC membantu KFC menjaga keseimbangan kontrol dan efektivitas lokal yang kompleks. Periklanan yang murah semakin mempromosikan perkembangan pesat KFC di China. KFC mengadaptasi kampanye iklannya agar sesuai dengan selera pelanggan lokal China, termasuk versi China dari iklan “We Do Chicken Right”. Mekanisme kontrol KFC di China mencoba dengan hati-hati untuk memastikan tingkat standar kualitas, layanan dan kebersihan (QSC). Ini cocok dengan citra positif di Asia yaitu restoran cepat saji barat dengan reputasi tinggi, ber-AC, dan mengedepankan kebersihan. Lebih jauh, produk-produk KFC tidak terlalu aneh bagi orang China karena ayam bukanlah makanan asing di China dan harga ayam lebih rendah dari daging lainnya dan lebih banyak tersedia. Konsumen China semakin sadar akan kesehatan, tetapi mereka juga meningkatkan konsumsi ayam (Luo, 2000).

Gambar III: KFC Di China

Biaya ekspansi untuk setiap restoran baru tinggi. Sulit bagi KFC untuk mendapatkan pasokan konstan ayam berkualitas dari pemasok lokal. Itu harus bergantung pada mitra domestik untuk mendapatkan layanan utilitas dan biasanya tidak mudah bagi KFC untuk mendapatkan layanan yang tepat waktu dan memadai. KFC adalah perusahaan makanan cepat saji yang tidak dapat menawarkan China dalam hal teknologi. Namun, mitra lokal berpikir bahwa mereka memahami pelanggan China jauh lebih baik daripada KFC. Pemahaman terbatas konsumen China mungkin tidak membuat strategi pemasaran yang tepat. KFC melakukan Joint Venture dan Strategic Alliances hal ini sangat mendorong ketertarikan konsumen pada retail ini karena sebuah perusahaan percaya bahwa bekerja sama dengan penduduk setempat akan memberikan pengetahuan penting tentang kondisi lokal, memfasilitasi penerimaan keterlibatan mereka oleh pejabat pemerintah, atau keduanya. Pada akhir 1980-an, China adalah pasar yang sulit bagi bisnis Amerika untuk masuk. Para eksekutif di KFC melihat China sebagai negara yang menarik karena ayam adalah elemen kunci dari diet China. Setelah mempertimbangkan berbagai pilihan untuk memasuki China dengan restoran pertamanya, KFC memutuskan untuk membuat joint venture dengan tiga organisasi lokal. KFC memiliki 51 persen dari usaha itu, memiliki lebih dari setengah operasi menguntungkan jika terjadi perselisihan. Sebuah bank China memiliki 25 persen, biro wisata lokal memiliki 14 persen, dan 10 persen terakhir dimiliki oleh produsen ayam lokal yang akan memasok restoran makanan khas China. Karena keberhasilan strategi bisnisnya kini KFC memiliki gerai di China lebih dari 3.000 di tahun 2010 meskipun sering terjadi isu-isu yang ingin melemahkan bisnis retail ini seperti isu ideologi anti amerika mulai mengguncang KFC tetapi KFC tetap bertahan dan muncul isu baru seperti, injeksi obat antiviral dan hormon pertumbuhan tetapi KFC menerima sesuai aturan birokrasi china yaitu mempersilahkan pemerintah china untuk melakukan investigasi secara detail untuk mengembalikan kepercayaan konsumen dan hal tersebut berhasil dilalui sehingga KFC tetap bertahan hingga kini dengan data terbaru 2018 KFC China telah memiliki 5.919 outlet.

Virus Korona Menggerogoti Retail KFC

Tahun 2020 ini merupakan tahun berat bagi KFC China khususnya sejak virus korona yang menerpa China membuat Ekonomi global semakin anjlok. Kasus kematian akibat virus ini dari hari ke hari terus meningkat. Per Jumat pagi (14/2/2020), angka kematian telah mencapai 1.489, sementara pasien terinfeksi mencapai 64.291 kasus sejauh ini, menurut data Johns Hopkins CSSE. Hal ini membuat melemahnya penjualan KFC dan berakibat Yum China yang merupakan operator KFC di China sudah menutup 9.200 gerai. Keputusan itu berimbas pada keuntungan KFC Untuk restoran yang tetap buka, penjualan di toko yang sama sejak periode liburan Tahun Baru China turun 40-50% dibandingkan dengan periode liburan Tahun Baru China yang sebanding di tahun 2019, karena jam operasional yang lebih pendek, berkurangnya lalu lintas dan faktor lain yang terkait dengan wabah.

Analisis Dampak Global Environment

Akibat wabah virus korona ini perekonomian global anjlok khususnya pada sektor retail brand internasional kemudian banyak sekali event internasional tahunan yang dibatalkan meskipun tidak diselenggarakan di China seperti olimpiade tokyo 2020, Pameran Teknologi terbesar dunia Tahunan Mobile World Congress di Barcelona, Rugby Sevens ditunda dan Formula One Grand Prix China, kemudian kegiatan pengiriman barang internasional pun tertunda seperti banyak kapal komoditi dilarang berlabuh contoh kapal Amerika Serikat Ditolak untuk Berlabuh Namun kapal itu akhirnya diberikan izin untuk berlabuh di Kamboja, meruginya perusahaan minyak dunia karena Badan Energi Internasional memperingatkan bahwa permintaan minyak global akan mengalami penurunan kuartalan pertamanya dalam satu dekade karena virus COVID-19 menyerang ekonomi China dan dampaknya menyebar di seluruh dunia. Faktor-faktor diatas memiliki dampak bagi KFC China dari berbagai aspek, yaitu:

Aspek Ekonomi Global  

Saham Yum China, yang dilaporkan Reuters untuk sementara waktu menutup beberapa restoran KFC di Wuhan, turun 5%. China menyumbang 27% dari penjualan seluruh sistem KFC, Yum Brands, pemilik waralaba AS, mengalami penurunan stok sendiri lebih dari 1%. Penjualan toko yang sama di lokasi tersebut turun 40-50% sejak periode liburan Tahun Baru Imlek dibandingkan dengan periode liburan 2019. Jika tren berlanjut, Yum China bisa menghadapi kerugian operasi selama setahun penuh. Saham perusahaan turun sekitar 3% setelah jam perdagangan AS pada hari Rabu. Kemudian dampak kerja sama yang telah ditandatangani KFC untuk berbagai event internasional yang gagal tercapai seperti Olimpiade Tokyo.

 

Gambar IV: Penurunan Volume KFC China Yum Brand

Gambar V: Penurunan Financial KFC China Yum Brand

Aspek Politik dan Hukum Daerah Setempat

Berdasarkan peraturan China protokol kesehatan berupa terdapat pembatasan waktu buka lebih pendek dan membawa lebih sedikit pelanggan dari biasanya dan penutupan toko.

Aspek Sosial Demografi

KFC semakin mengalami penurunan karena kompetitor lokal pun semakin dilirik, China memiliki pangsa pasar yang besar karena jumlah penduduk yang tinggi dan mulai mengalami krisis kepercayaan kepada KFC karena masalah korona ini. KFC berusaha menyakinkan dengan membuat protokol pengantaran makanan harus berjarak minimal 3 meter antara konsumen dan pengantar dimana karyawan harus menggunakan baju pelindung khusus sehingga menjamin kualitas kebersihan makanan tetap terjaga. Namun hal ini tetap menyulitkan penjualan

Analisis Dampak Task Environment 

(Dampak Pada customer, suplier, distributor dan competitor)

Dampak yang dirasakan KFC dimasa sulit seperti ini pada tingkat Konsumen yaitu kepercayaan kosumen semakin menurun dan timbulnya ketakutan tertular virus jika membeli KFC, akibat pemberitaan karyawan KFC nya terkena infeksi virus dimana Pegawai ini yang tidak disebutkan namanya itu bekerja di gerai di Xian, Provinsi Shaanxi, setelah ditelusuri karyawan itu merupakan penyaji makanan hal ini membuat KFC semakin tercekik. Dampak bagi Suplier dan Distributor KFC yaitu Yum China Holdings Inc, Saham KFC terjun bebas bahkan sedang berusaha mencari pinjaman suntikan dana untuk menutupi kerugian selama masa wabah corona ini. Tidak hanya KFC berbagai perusahaan kompetitor KFC pun mengalami kerugian yang besar bersamaan menutup gerainya seperti MC Donald bahkan termasuk ke dalam 7 perusahaan yang mengalami kerugian di dunia akibat virus Korona ini selain Apple, Xiaomi, Disney, dan Nike karena MCDonald memiliki gerai terbesar di Wuhan, Ezhou, Huanggang, Qianjiang dan Xiantao yang berada di provinsi hubei, kompetitor lokal menjadi saingan terberat KFC karena KFC mulai mendapat krisis kepercayaan konsumen.

Gbr.6 Perbandingan Penjualan Retail MCD & KFC YUMChina (klik link untuk melihat video)

Infografik

Rencana awal pengembangan adalah Yum China akan membuka 800 sampai 850 gerai baru tahun 2020, namun hal ini belum bisa terealisasi dikarenakan virus Corona yang menyerang negeri China. Dikutip dari Forbes, Yum China (pemegang hak ekskulusif KFC di China) bahkan telah menutup gerai 30% akibat dampak virus Corona dan penjualan turun sebesar 40-50% sejak Tahun Baru Imlek. Mungkin akan menjadi pengalaman terburuk untuk penutupan penjualan Q1 di tahun 2020. Selain menutup sebagian gerai, pihak Yum China juga mengurangi jam operasional gerai.

Pihak Yum China tidak tinggal diam menghadapi penurunan sales tersebut, contactless order adalah salah satu yang diharapkan bisa sedikit mengangkat penurunan yang sudah terjadi. Selain itu hal yang paling utama adalah terkait kesehatan dan keamanan karyawan maupun konsumen. Sebenarnya secara global penjualan di China menyumbang 9% dan penurunan sales akibat virus Corona hanya menurunkan sekitar 3% dari total pendapatan secara global. Gambar di atas menunjukkan stock performance antara perusahaan restoran Haidilao dan Yum China sebagai pemegang hal eksklusif KFC. Yum China lebih mengalami penurunan harga saham yang drastis, bahkan penurunan performa saham mencapai -10% pada pertengahan Januari.

Secara lingkup, perbandingan yang sebanding dengan dampak virus Corona adalah wabah SARS dimana SARS telah merugikan penjualan sebesar 40 miliar dollar USD dari market dunia pada tahun 2002-2003. Namun dengan belum diselesaikannya permasalahan virus Corona, dampak yang diakibatkan masih belum terlihat apakah akan lebih buruk lagi atau tidak.

Saran dan solusi 

Menetapkan online service sebagai solusi mengenai delivery order dari retail ke konsumen untuk meningkatkan penjualan sehingga konsumen tidak perlu datang langsung, kemudian mengurangi kontak fisik dan udara sebagai upaya menjaga kesehatan konsumen dan pegawai, kemudian penggunaan teknologi seperti drone,ataupun robot yang telah dikembangkan di China bekerjasama dengan perusahaan teknologi terkemuka Xiaomi sebagai media patner pengantar hal ini akan berdampak positif bagi KFC ataupun Xiaomi. Bekerja sama dengan perusahaan penopang pernah dilakukan oleh retail Pizza Sbarro mengoperasikan dan memasarkan lebih dari 800 pizza gaya cepat saji dan restoran Italia di seluruh dunia. Sbarro bangkrut dua kali: pertama melalui reorganisasi kebangkrutan Bab 11 pada tahun 2011 dan kemudian pada tahun 2014. Perusahaan telah muncul kembali dengan bantuan kolaborasi perusahaan ekuitas swasta untuk mengubah citra perusahaan menjadi gaya yang lebih cepat-kasual daripada sebelumnya.

 Best Practices

Untuk menghindari dan menanggulangi suatu force majeure sebuah perusahaan harus memiliki Business Continuity Plan (BCP) dan Disaster Recovery Planning (DRP) yang baik.

Business Continuity Planning (BCP) dan Disaster Recovery Planning (DRP) diciptakan untuk mencegah gangguan terhadap aktivitas bisnis normal. BCP dirancang untuk melindungi proses bisnis yang kritis dari kegagalan akibat dari bencana, yang dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan perusahaan dalam melakukan proses bisnis secara normal. BCP merupakan suatu strategi untuk memperkecil efek gangguan dan untuk memungkinkan proses bisnis terus berlangsung.

Mengingat KFC merupakan suatu bisnis waralaba atau franchise, beberapa disaster respon berikut dapat diaplikasikan:

1.  Relokasi ke daerah yang tidak terkena bencana untuk memaintain komunikasi dengan franchise lainnya dan memberikan perlindungan/recovery selama dan setelah bencana, atau karyawan dapat ditugaskan sementara ke franchise yang tidak terdampak dan kekurangan dalam jumlah personil.

2.  Franchise dapat menghubungi franchise yang tidak terkena wabah/bencana untuk mendapatkan bantuan fisik berupa supply produk, gudang penyimpanan, dll untuk sementara waktu.

3.  Franchise yang memliki asuransi untuk kerusakan properti,  gangguan bisnis, dan kebijakan lainnya melakukan review dan mencari jalan untuk dapat mengklaim kerusakan yang disebabkan oleh bencana.

4.  Moratorium pembayaran royalty, pengaturan ulang target anggaran dan ekspektasi pertumbuhan pada saat kerugian sedang ditangani dan dalam beberapa kasus pembayaran dihapuskan, dikurangi atau ditangguhkan untuk hingga waktu yang akan datang.

5.  Franchises yang tidak terkena dampak langsung dapat menerapkan kebijakan donasi untuk mendanai bantuan bencana dari penjualan produk, penggalangan dana khusus, dll.

Jika sudah beroperasi dan perusahaan mengalami kerugian maka langkah yang dapat ditempuh sebagai berikut:

 1.  Mengurangi biaya seperti seperti cut off pengeluaran yang tidak diperlukan, mengurangi jumlah cash drawing, negosiasi untuk harga dengan supplier, likuidasi aset, dll.

2.  Meningkatkan penjualan seperti menaikkan harga, menjual produk lebih banyak dan mendapatkan customer lebih banyak.

3.  Meminta saran dari professional seperti akuntan atau business advisor.

4.  Klaim kerugian saat pembayaran pajak, pada kebanyakan kasus perusahaan yang mengalami kerugian tidak perlu membayar pajak atau dibayar di masa yang akan datang. 

Rencana-rencana tersebut tentu harus dikomunikasikan kepada stakeholder, dengan fokus pada preparedness dan swift action dapat membantu mengurangi risiko bisnis.

 Referensi

  1. https://food.detik.com/info-kuliner/d-3976256/wow-kfc-jadi-restoran-cepat-saji-paling-populer-di-china

  2. https://www.genpi.co/internasional/35787/virus-corona-teror-china-kfc-ampun-ampunan

  3. https://www.kfc.com/about

  4. https://en.wikipedia.org/wiki/KFC_in_China

  5. https://id.wikipedia.org/wiki/KFC

  6. https://global.kfc.com/our-social-impact

  7. https://www.tribunnews.com/bisnis/2018/08/29/kfc-china-emoh-dibeli-rp-250-triliun

  8. http://eprints.undip.ac.id/60970/1/10_BAHAR.pdf

  9. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4165069/mcdonalds-tutup-restoran-di-lima-kota-di-china-gara-gara-virus-corona

  10. https://fokus.tempo.co/read/1303305/semua-sektor-vital-cina-terpuruk-akibat-wabah-virus-corona

  11. https://internasional.kontan.co.id/news/ini-lima-industri-yang-diramal-bakal-anjlok-akibat-virus-corona?page=all

  12. https://www.marketwatch.com/investing/stock/yumc/options

  13. https://www.ukessays.com/essays/marketing/marketing-analysis-for-kfc-in-china-marketing-essay.php

  14. https://www.forbes.com/sites/aliciakelso/2020/02/07/coronavirus-forces-restaurant-companies-to-adjust-2020-outlooks/#3a82a93952d5

  15. https://www.wsj.com/articles/yum-china-shows-coronavirus-outbreak-is-curbing-chinese-consumption-11580983580

  16. https://www.tagar.id/penjualan-kfc-di-china-tergerus-imbas-virus-corona

  17. https://www.forbes.com/sites/chloedemrovsky/2020/01/28/what-businesses-can-do-about-the-coronavirus/#46436698310

  18. https://www.business.govt.nz/tax-and-accounting/business-finance-basics/what-to-do-if-your-business-is-operating-at-a-loss/

  19. https://www.lexology.com/library/detail.aspx?g=11d0c37d-807d-4b1f-bc0b-b60cab254d56

  20. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Perencanaan_kelangsungan_bisnis

  21. https://www.cnbc.com/2020/01/27/coronavirus-shuts-restaurants-in-china-sending-luckin-starbucks-shares-lower.html

  22. http://ir.yumchina.com/search?query=olympiade+tokyo&f%5B0%5D=type%3Anir_news

 


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format