Membangun Industri Senjata Api Menggunakan 3D Printer

Kontroversi dalam penggunaan 3D Printer untuk memproduksi senjata api di Amerika Serikat.


12
1 share, 12 points

3D Printing merupakan proses percetakan objek tiga dimensi sesuai dengan disain atau sketsa yang dibuat di komputer (CAD File, computer-aided design), dengan cara menambahkan atau menata sebuah material secara berlapis. Teknologi 3D Printing awalnya muncul pada tahun 1980-an, dimana teknologi ini masih bersifat baru, awam, dan membutuhkan biaya tinggi. Seiring dengan berkembangnya teknologi, proses 3D Printing semakin umum di kalangan saintis maupun masyarakat biasa. Di era digitalisasi ini, 3D Printing menjadi salah satu alternatif untuk membuat sebuah model atau prototype dengan berbagai macam kegunaan.

Banyak perusahaan menggunakan 3D Printing sebagai metode dalam memproduksi alat-alat atau produknya karena beberapa hal. Diantaranya adalah kemampuannya dalam memproduksi disain secara kustom. 3D Printing akan mencetak produk sesuai dengan disain yang di-input pada printer. Apabila produsen ingin mengubah spesifikasi produk tersebut, ia hanya perlu untuk mengubah disain tersebut di komputer. Selain itu, kelebihan lain pada 3D Printing adalah kecepatan dan penghematan biaya baku. Dalam proses 3D Printing, proses pembuatan produk dilakukan secara langsung dan membutuhkan waktu yang relatif singkat (tergantung dari volume barang). Dan kuantitas barang yang ingin diproduksi tidak memiliki jumlah minimal. Apabila Produsen ingin mencetak alatnya dalam jumlah sedikit, ia tidak perlu ke pabrik yang biasanya mengharuskan memproduksi dalam jumlah besar.

3D Printer saat ini sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan di dunia untuk membuat produk – produk yang akan dijualnya. Perusahaan-perusahaan ini bergerak di industri yang cukup beragam, seperti medis, permainan, otomotif, dan lain-lain. Di industri medis, teknologi 3D Printing digunakan untuk memproduksi bagian tubuh sintesis yang dibutuhkan oleh manusia. Di industri permainan, perusahaan membuat berbagai macam model mainan seperti dadu, pion catur, atau action-figure. Di dunia otomotif, 3D Printing digunakan untuk memproduksi bagian sparepart untuk rangkaian mesin.

Walaupun 3D printer merupakan inovasi yang luar biasa canggih tetapi dalam produk ini masih menyimpan beberapa kekurangan seperti hanya dapat mencetak hanya dengan satu jenis produk dengan satu material saja untuk setiap mesinnya.

Cara kerja 3D Printer hampir sama dengan mencetak di 2D Printer namun hanya sisi disain dan materialnya yang tergantung sesuai keinginan. Jika ingin melihat hasil kerja dari 3D Printer harus dibuat terlebih dahulu disain model dalam bentuk tiga dimensi, dan ini juga menggunakan software khusus untuk model disain 3D (seperti Auto CAD, Solidwork dan software animasi 3D lainnya) yang mendukung printernya, misalnya disain gambar 3D sepatu untuk anak anak atau baju dengan menggunakan software. Kemudian jika telah selesai mendisain 3D sepatu dan baju bisa langsung dicetak menggunakan 3D Printer. Proses mencetak pun dimulai, lamanya mencetak tergantung besar dan ukuran model. Setelah itu ke langkah proses finishing yaitu mencetak hasil cetakan dari disain 3D sepatu dan baju yang sudah dibuat.

Namun di era digital dimana hampir semua masyarakat bisa mengakses internet, 3D Printer menjadi suatu hal yang patut dipertimbangkan ulang. Di Amerika Serikat, beberapa masyarakat menggunakan 3D Printer untuk memproduksi senjata api. Memproduksi senjata api pada 3D Printer tidak semudah yang kita bayangkan. Dengan sebuah data model senjata api saja, kita tidak bisa langsung mencetak sebuah senjata api secara keseluruhan dalam 1 kali cetak. Melainkan kita memerlukan data model setiap bagian dari senjata api tersebut, kemudian baru dirakit menjadi satu keutuhan. 

Dari segi legalitas, Bureau of Alcohol, Tobacco, Firearms, and Explosive (Badan Pengurus Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Bahan Peledak) Amerika Serikat, sudah memiliki ketentuan khusus dimana semua senjata api yang ada di negara tersebut diwajibkan untuk teregistrasi ke dalam sistem mereka. Setiap senjata api wajib memiliki nomor serial atau registrasi yang tertera di bagian receiver. Secara hukum, bagian receiver inilah yang tidak diperjualbelikan secara bebas. Namun, untuk bagian senjata api selain receiver dapat dibeli di toko senjata manapun. Oleh karena itu, banyak pihak yang mencetak bagian receiver ini saja, membeli bagian senjata api yang lain di toko senjata, dan merakit semua bagian menjadi satu senjata api yang utuh dan fungsional.

Peraturan Undang – Undang di Amerika Serikat memperbolehkan pihak manapun untuk memproduksi senjata api, dengan catatan senjata api tersebut hanya digunakan untuk keperluan pribadi dan tidak boleh diperjualbelikan. Pada kebudayaan Amerika Serikat, memiliki senjata api untuk keperluan pribadi seperti berburu, perlindungan diri atau untuk olahraga sekalipun sudah menjadi hal yang sangat lazim di negara tersebut. Undang-Undang Amerika Serikat juga menyatakan bahwa seorang pelanggar hukum yang memiliki masa hukuman lebih dari 1 tahun tidak diperbolehkan untuk memiliki senjata api. Namun hal ini mengkhawatirkan masyarakat terutama kepada pihak-pihak yang dapat menyalahgunakan 3D Printer ini. Salah satu kekhawatiran tersebut adalah adanya potensi seorang penjahat atau kriminal yang memproduksi senjata api dengan menggunakan 3D Printer, untuk melangsungkan rencana kejahatannya. Apalagi dengan adanya kemampuan masyarakat dalam mengakses file model senjata api yang ada di internet, hal ini tentunya sangat berbahaya dan bahkan dapat mengakibatkan adanya korban jiwa. 

Dari sudut pandang produsen, dengan adanya 3D printer akan membantu memangkas biaya untuk membayar karyawan dan memaksimalkan bahan baku yang tadinya lebih banyak menghasilkan sisa pada saat produksi menjadi lebih optimal, efektif, dan efisien. efek dari terciptanya produk tersebut akan menimbulkan ledakan pengangguran dan dari timbulnya pengangguran akan muncul tindakan untuk melakukan kejahatan. Dalam sudut pandang masyarakat dengan adanya 3D printer akan mempermudah dalam kegiatan mencetak barang yang dibuat minimalis. Tetapi 3D printer juga dapat dimanfaatkan oleh sekelompok oknum untuk melakukan hal buruk seperti menciptakan senjata tajam untuk digunakan dalam kegiatan kriminal. Dampak lain dari 3D printer adalah sulitnya melakukan pengawasan penggunaan pada hak cipta. Hal tersebut dapat terjadi karena mudahnya membuat suatu barang dengan merk tertentu dengan menggunakan 3D printer. Barang yang semula dibuat dari pabrik manufaktur dapat dengan mudah dibuat tiruannya dengan menggunakan 3D printer hanya dengan bermodalkan softfile.

Saat ini, sudah ada beberapa pihak yang memproduksi senjata api dengan menggunakan 3D Printer dan melakukan uji coba. Walaupun berbahan dasar plastik, senjata api dari 3D Printer ini bisa digunakan dan terbukti dalam menembakkan ratusan peluru. Dengan adanya bukti nyata ini, perlu dilakukan kajian ulang pada peraturan dalam menggunakandai 3D Printer untuk tujuan tertentu, khususnya produksi senjata api. Sampai saat ini belum ada Undang-Undang di Amerika Serikat yang membahas tentang produksi senjata api menggunakan 3D Printer. Selain itu pemerintah harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai dampak berbahayanya senjata api dan memperketat dalam memberikan izin kepemilikan senjata api. Sedangkan dalam bidang industri dan jasa seharusnya dapat menyesuaikan diri dengan dampak kemajuan teknologi ini.

Reference:

 https://www.youtube.com/watch?v=H07qABk9GKs

https://en.wikipedia.org/wiki/3D_printing

https://en.wikipedia.org/wiki/Gun_law_in_the_United_States

https://www.voaindonesia.com/a/printer-3d-logam-revolusi-industri/2810996.html

http://www.dunia-info.ga/2016/03/printing-membawa-perubahan-besar-pada.html 

http://www.xyz-printer3d.co.id/2017/09/23/teknik-cetak-3d-3d-printing-seal-mit/ 4

https://www.dictio.id/t/bagaimana-pengaruh-teknologi-3d-printing-terhadap-dunia/14315

Team AK47:

Dimas Triadi Wicaksono

Karien Sa'adah Naila K

Muna Mufiidah

Sakti Gringsing Songgolangit


Like it? Share with your friends!

12
1 share, 12 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
14
Genius
Love Love
3
Love
OMG OMG
11
OMG
Win Win
11
Win
TeamAK47

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format