Photoshop Bagaikan Dua Mata Pisau


0

A close up of a sign  Description automatically generated

Saat ini siapa yang tidak mengenal Photoshop? Dunia design, photography, politisi, kuliner atau bahkan pelajar dan mahasiswa pun pasti sudah tidak asing dengan Software Photoshop besutan Adobe ini.

Definisi Program Photoshop

Adobe Photoshop, atau yang biasa disebut Photoshopadalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang digunakan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh media digital sampai dengan perusahaan periklanan. Photoshopdianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto dan dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh AdobeSystemssampai dengan saat ini. 

Pada masa revolusi fotografi digital di tahun 90-an, Photoshop menjadi standar di dunia industri fotografi dan media. Banyak fotografer atau perusahaan media cetak/digital yang menggunakan program ini untuk mengoptimalkan hasil akhir foto yang mereka ciptakan. Perangkat editor Photoshop pada awalnya dirancang untuk menyunting gambar pada cetakan berbasiskertas. Namun dalam perkembangannya, Photoshop memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring. Photoshopdapat digunakan dalam proses penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain yang dapat digunakan untuk membantu proses desain dan visualisasi berbagai macam pekerjaan.

Manfaat Program Photoshop

Pengembangan manipulasi gambar digital banyak memengaruhi industri fotografi. Pengembangan tersebut menciptakan seni pengolah gambar (photo retouching), merekayasa gambar dan membuat desain gambar. Hal tersebut berdampak pada perubahaan cara kerja di manadulu sebuah produk biasanya hanya dapat diciptakan oleh fotografer/desainer profesional dalam jangka waktu yang lama, namun saat ini hal tersebut juga dapat diproduksi oleh seniman amatir sekalipun. Manipulasi gambar digital telah menyumbang begitu banyak hal kepada dunia fotografi dengan memungkinkan manipulasi yang awalnya sulit atau bahkan tak mungkin menggambarkan bahwaPhotoshop berperan besar dalam perkembangan dunia digital saat ini. 

Photoshop dapat mengkombinasikan serta mengolah gambar saat ini juga populer digunakan masyarakat bahkansekedaruntuk tujuan humor sampai dengan penyebaran infografis yang dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap informasi-informasi yang terangkum dalam gambar yang membantu pemahaman informasi tersebut dalam masyarakat. Beberapa perusahaan sampai dengan lembaga pemerintahan saat ini menggunakan infografis dalam menyebarkan informasi yang dibutuhkan masyarakat, salah satunya Badan Pusat Statistik (BPS). BPS sebagai salah satu lembaga pemerintah yang digunakan sebagai sistem statistik nasional serta bank data informasi kenegaraan yang transparan agar masyarakat dapat mengetahui dan mendapatkan data yang diperlukan. Dalam menyesuaikan dengan kebutuhan perkembangan zaman, BPS membuat galeri infografis dalam website resminya agar dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap topik-topik terkait karena lebih mudah dipahami dibandingkan melihat data-data statistik yang masih perlu diolah kembali menjadi lebih sederhana.

Selain untuk penyebaran informasi melalui infografis, Photoshop juga memudahkan para pelaku bisnis untuk melakukan leverage dengan mempercantik tampilan iklan yang mereka buat. Para pelaku bisnis dalam bidang kuliner contohnya, mereka memotret makanan yang mereka sajikan, ditata sedemikian rupa untuk diambil gambar dari beberapa angle nya, kemudian melakukan finishing melalui Photoshop. Hal ini dilakukan agar para calon konsumen lebih tertarik untuk melihat iklan dan mencoba makanan yang mereka sajikan.

A bowl of food on a plate  Description automatically generated

Dunia selebritis pun tidak mau kalah untuk penggunaan Photoshop. Seiring dengan bertambahnya usia, banyak selebritis yang melakukan sesi photoshoot tidak puas dengan hasilnya. Bukan karena posenya, akan tetapi lebih kepada penampilan fisik yang dirasa selebritis tersebut mengganggu penampilan secara keseluruhan, kemudian meng-hire para expertise dalam bidang Photoshop untuk mempercantik penampilannya, misal kerutan wajah, kantong mata, atau bahkan lemak tangan dan perut.

A person looking at the camera  Description automatically generated

Hal ini membuktikan betapa powerfulnya Photoshop untuk memanipulasi gambar, bukan?

Efek Negatif Photoshop

Di balik kekuatan besar, pastilah tersimpan ancaman atau efek negatif yang besar pula.

Di era keterbukaan dan media sosial saat ini, berita akan sangat cepat tersebar. Hanya dengan sekali klik, seluruh dunia akan mengetahui berita-berita yang terjadi. Dulu, berita merupakan sumber informasi yang kredibel, karena harus disunting beberapa kali terlebih dahulu oleh para editor sebelum di-publish. Sekarang banyak terjadi pihak yang tidak bertanggungjawab untuk membuat berita hoax yang disertai dengan gambar-gambar seakan-akan sumber tersebut adalah kredibel. Photoshop menjadi salah satu tools untuk mengedit gambar tersebut, menjadikan berita asli maupun berita hoax sangat sulit dibedakan. Hal ini akan mengakibatkan sedikit banyak terdapat impact terhadap dunia usaha apabila hoax yang menjadi sasaran adalah suatu sektor industri bisnis. 

Selain digunakan untuk pembuatan berita hoax, Photoshop seringkali digunakan untuk mengedit dokumen. Baik untuk pembuatan sertifikat pelatihan, cover suatu dokumen/laporan, atau bahkan membuat ijazah.

Banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia yang melakukan pemalsuan ijazah demi untuk mendapatkan pekerjaan atau bahkan mencanlonkan diri menjadi pejabat publik. Pada tahun 2017, seorang mahasiswa Universitas Indonesia terbukti melakukan tindak kecurangan akademis sehingga mendapatkan nilai F di seluruh mata kuliah yang dia ambil. Hal ini mengakibatkan dia kena Drop Out dari kampus tersebut. Anehnya, beberapa saat kemudian, dia mengikuti student exchange ke negeri jiran, padahal status dia di UI sudah menjadi mahasiswa DO. Bahkan dia ingin melanjutkan S2 di universitas yang sama di negeri jiran dan dapat bekerja di salah satu bank di Malaysia menggunakan ijazah dari UI. Kasus ini terbongkar ketika Universitas negeri jiran tersebut mengirimkan email kepada UI, sebagai salah satu konfirmasi bahwa mahasiswa tersebut adalah lulus S1 Universitas Indonesia. Ternyata setelah ditelusuri lebih jauh, mahasiswa tersebut telah memalsukan dokumen, salah satunya adalah transkrip nilai. 

Atas pemalsuan ini, jelas pihak Universitas Indonesia, Universitas di negeri jiran tersebut, dan tempat dia bekerja sangat dirugikan terkait dengan kredibilitas dan pelanggaran kode etik.

Selain itu, saat ini sedang marak kasus penipuan yang dilakukan oleh online shop. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mencatat jumlah aduan masyarakat terkait penipuan belanja online mencapai belasan ribu yang salah satunya disebabkan oleh ketidaksesuaian barang yang diterima pembeli dibandingkan barang yang ditawarkan di toko online tersebut. Penipuan tersebut terjadi akibat gambar yang digunakan oleh toko terkait spesifikasi barang yang dijual tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya dimana menggunakan aplikasi editor gambar untuk memperindah barang tersebut. Hal tersebut termasuk dalam kasus penipuan online (cyber crime) mencerminkan bahwa banyak online shop yang masih belum menerapkan etika bisnis dengan baik khususnya terkait aspek fairness atau kejujuran.

Konklusi

Photoshop adalah tools, bukan berarti Photoshop ini selalu berdampak buruk, hanya saja user dari Photoshop inilah yang seharusnya lebih bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukannya. Manusia menciptakan tools untuk mempermudah pekerjaan mereka, baik dalam pekerjaan sehari-hari maupun di dalam bisnisnya. Selain itu, masyarakat seharusnya lebih berhati-hati dan mengecek kebenaran dari segala sesuatu yang telah disampaikan oleh orang lain, bukan berarti tidak percaya kepada orang lain, akan tetapi lebih kepada mewujudkan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

Sanksi tegas harus ditegakkan apabila terdapat pelanggaran, terutama terkait dengan pemalsuan dokumen. Ijazah memang bukan segalanya, tetapi ketika berhadapan dengan integritas, maka pribadi yang bersangkutan akan terkuak dengan sendirinya.

Ditulis oleh :

Rifa Rachmania

Nora Lestari

Muchamad Muchtar Yahya

Sumber: 

https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop

https://www.nesabamedia.com/pengertian-adobe-photoshop/

https://www.artikelsiana.com/2018/12/adobe-photoshop-pengertian-fungsi-sejarah-fitur-adobe-photoshop.html

https://somethewiser.com/2015/01/food-photography-edit-food-photos-photoshop.html

https://tirto.id/mengapa-orang-indonesia-memalsukan-ijazah-dau1

https://kumparan.com/kumparannews/dosen-ui-ungkap-kebohongan-mahasiswanya-yang-kuliah-di-malaysia


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
TheKing

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format