Corona Virus, Ancaman Bagi Raksasa Penerbangan Singapura


3
1 share, 3 points

Singapore Airlines merupakan maskapai penerbangan Nasional Singapura dan salah satu maskapai terbaik di Asia dengan tujuan penerbangan ke Eropa, Amerika Utara, Asia, dan Australia. Singapore Airlines bermula dari Malayan Airways Ltd dengan penerbangan pertama pada tanggal 1 mei 1947 dengan tujuan Kuala Lumpur, Ipoh, dan Malaysia. Malayan Airways mulai mengalami perkembangan pada tahun 1955 yaitu setelah usainya perang dunia ke-2.Pada tahun 1963 Federasi Malaysia mengubah maskapai menjadi Malaysia Airways. Pemisahan Singapura dari Federasi terjadi pada tahun 1965 dan 1966 dimana Malaysian Airways mengubah Namanya menjadi Malaysia-Singapore Airlines.

Singapore Airlines mengalami perkembangan pesat pada tahun 1970 dan menambah rute penerbangan ke Amerika Serikat, Kanada, dan Eropa pada tahun 1980.Pada tahun 2004 Singapore Airlines memulai perjalanan langsung dari Singapura ke Los Angeles dan New York (bandara Internasional Newark Liberty).

Kebijakan Perusahaan

Adapun beberapa kebijakan yang dilakukan oleh pihak manajemen dalam mengelola perusahaannya antara lain [1] :

  • Pelaporang Pelanggaran. Singapore airlines sangat mengedepankan integritas diri. Perusahaan memastikan seluruh staf Singapore Airlines bertindak jujur, transparansi, dan patuh pada peraturan.

  • Kode Etik Pemasok. Menjelaskan tentang standar perilaku dari pemasok menyangkut operasi, nilai-nilai sosial, dan lingkungan.

  • Kerangka Kerja Manajemen Risiko. Menjelaskan prinsip dan kebijakan, serta struktur pelaporan dan proses manajemen risiko.

  • Pernyataan Anti-Perbudakan Modern & Perdagangan Manusia. Dibuatnya pernyataan ini untuk mencegah segala bentuk perbudakan atau perdagangan manusia dalam semua operasi dan rantai pasokannya, serta berkomitmen dalam memberantas perbudakan dan perdagangan manusia.

Anak Perusahaan

Singapore Airlines Group memiliki lebih dari 20 anak perusahaan yang terdiri dari semua keahlian. Baik dalam hal penumpang, pesawat, atau berbagai paket.

  1. SIA Engineering Company (SIAEC)

SIAEC Group merupakan penyedia layanan pemeliharaan pesawat, perbaikan dan overhaul (MRO) bagi 80 maskapai penerbangan internasional dan produsen peralatan kedirgantaraan di seluruh dunia. Di Bandara Changi Singapura, juga menyediakan layanan pemeliharaan lini untuk lebih dari 50 makapai yang melewati singapura.

SIAEC memiliki total 6 hangar yang melayani pesawat Boeing dan Airbus dimana disetiap hangar dilengkapi dengan fasilitas seperti docking pesawat serbaguna, overhead crane dan system tele-platform. SIAEC juga menawarkan ruang penyimpanan kelembaban terkendali yang rendah untuk mesin Spare perumahan di Hot Room Engine kami yang dibangun khusus di hangar.

  1. Silk Air

Silk Air merupakan maskapai penerbangan berbasis di singapura yang mengoperasikan pesawat narrowbody dengan rute-rute regional. Pada tahun 1976 Silk Air yang bermula bernama Tradewinds menggunakan pesawat dari  Singapore Airlines. Tradewinds mulai menyewa pesawat jenis MCDonnell Douglas MD-87 untuk jadwal penerbangan mereka. Pada tahun 1991 Tradewinds mengubah Namanya menjadi Silk Air dan membuat sebuah perubahan strategi pemasaran yang besar. SilkAir memiliki codeshares dengan beberapa maskapai penerbangan diantaranya Air China, Air New Zealand, Bangkok Airways, Garuda Indonesia, Lao Airlines, Malaysia Airlines, Shenzhen Airlines, Singapore Airlines, dan Virgin Australia.

  1. Scoot

Scoot merupakan maskapai penerbangan dengan biaya murah dari Singapore Airlines yang berkualitas dengan etika kesopanan dan kotemporer. Scoot mulai diperkenalkan kepada publik pada tanggal 1 November 2011 dan terus berkembang pesat hingga saat ini. Scoot saat ini sudah mengoperasikan 28 pesawat keluatga Airbus 320 dan 20 Boeing 787 Dreamliners dengan 30 rute di luar Singapore Airlines dan jaringan SilkAir.

Potensi masalah :

Menyebarnya Coronavirus membuat perusahaan-perusahaan mengalami perubahan. Singapore Airlines adalah salah satu dari banyaknya perusahaan yang melakukan perubahan setelah menyebarnya Coronavirus. Sebagai salah satu perusahaan penerbangan asal Asia yang terbesar di dunia, tentu saja perusahaan ini akan terkena dampaknya.

Potensi masalah yang timbul dari adanya penyebaran virus korona ini dapat kita lihat melalui masalah yang timbul pada penyebaran virus yang sebelumnya, yaitu adalah saat virus SARS menyebar. Dampak yang paling dasar dari menyebarnya virus Corona terhadap perusahaan penerbangan adalah tentu saja perubahan jadwal penerbangan ke wilayah menyebarnya virus tersebut. Wabah Coronavirus yang terjadi di China membuat Singapore Airlines beserta anak perusahaannya membatalkan penerbangan ke Wuhan, tempat dimana wabah Coronavirus tersebut muncul. Selain pembatalan penerbangan ke kota Wuhan, Singapore Airlines juga mengurangi penerbangannya ke sebagian kota di China [2].

Selain perbedaan jadwal penerbangan ke China yang mengalami perubahan. Coronavirus juga membuat negara-negara lainnya yang bukan merupakan negara langsung coronavirus juga mengalami dampaknya. Sebagai contoh, penerbangan Singapore Airlines dari Indonesia mengalami pengurangan. Setidaknya terdapat 6 penerbangan rute Jakarta – Singapura yang dibatalkan oleh pihak Singapore Airlines [3].

Hal yang membuat Coronavirus adalah merupakan sumber potensi masalah yang besar bagi Singapore Airline adalah karena China merupakan pasar penerbangan yang cukup besar bagi Singapore Airlines. Persentase rute penerbangan ke China bagi Singapore Airlines sebelum menyebarnya Coronavirus adalah sebesar 11% dari total rute yang dimiliki oleh Singapore Airlines. Pada tahun 2019, jumlah penumpang yang dibawa oleh Singapore Airlines dan anak perusahaannya adalah sebesar  38 juta penumpang dan seperti yang telah disebutkan diatas, 11% dari jumlah tersebut tentu saja akan menimbulkan kerugian yang akan dialami oleh Singapore Airlines [4].

Solusi

Merebaknya virus corona sampai saat ini membuat SIA GROUP membuat beberapa langkah untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan para penumpangnya, membentuk sebuah tim untuk memonitor virus COVID -19 dalam upaya meminimalkan risiko yang sedang terjadi, sebagai contoh upaya yang sudah dilakukan Singapore Airlines telah meningkatkan kegiatan pembersihan dan di sinfeksi kabin dan menghentikan transit untuk penerbangan ke Cina. Program-program yang sudah diterapkan ini telah memperkuat kembali pendapatan untuk Singapore Airlines. 

Selain itu karna adanya penghilangan jadwal penerbangan sementara ke Cina akibat virus COVID-19 ini SIA Group, langkah konkrit perusahaan yaitu dapat mengalihkan pesawat yang seharusnya memiliki jadwal penerbangan melalui jalur penerbangan china dan negara yang sudah terjangkit corona menuju negara lain dengan strategi penurunan harga sebagai daya tarik. Karena kerugian yang didapat tidak hanya potensi penjualan tiket yang dibatalkan tetapi juga biaya yang harus dibayarkan untuk pesawat yang diparkirkan di bandara. Untuk perpindah negara yang akan dituju SIA group menyiapkan tim untuk meriset negara manakah yang baik dikunjungi oleh wisatawan tanpa adanya ketakutan akan virus corona ini, berikut negara-negara yang disarankan [5]: 

Saat perusahaan ingin melakukan keputusan untuk menambah rute penerbangan, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah aspek barrier. Barrier adalah hambatan hambatan yang mungkin akan mempersulit suatu perusahaan untuk masuk kedalam negara yang dituju, salah satu barrier yang sangat berpengaruh adalah masalah politik. Pada grafik diatas terdapat variabel power distance yang termasuk kedalam salah satu parameter yang menggambarkan situasi politik pada suatu Negara. Power distance adalah jarak antara penguasa dan rakyat, semakin besar nilai power distance maka ketimpangan semakin besar dan berlaku sebaliknya.  Angka power distance di ketiga negara diatas cukup minim sehingga tidak terjadi ketimpangan yang jauh yang menandakan kondisi politik secara umum dalam kondisi baik.

Negara Belanda, US, dan UK adalah negara yang memiliki kurs yang cukup tinggi dan juga stabil diantara negara-negara lainnya, hal ini berdampak positif kepada para pelaku bisnis penerbangan khususnya singapore airlines untuk dapat menambahkan jadwal penerbangan di tiga negara ini, selain itu destinasi wisata yang dimiliki di tiga negara tersebut cukup banyak diminati oleh turis mancanegara. 

[1] Singapore Airlines Suppliers’ Code of Conduct (https://www.singaporeair.com/saar5/pdf/corporate-info/supplierscodeofconduct.pdf diakses pada 25 Februari 2020)

[2] Melissa Heng, “Scoot, SIA and SilkAir slash flights to China amid viral concerns”, (https://www.straitstimes.com/business/scoot-sia-and-silkair-slash-flights-to-china-amid-viral-concerns diakses pada 25 Februari 2020)

[3] Anitana Widya Puspa, “Singapore Airlines Batalkan Penerbangan, Ini Klarifikasinya”, (https://ekonomi.bisnis.com/read/20200224/98/1205254/singapore-airlines-batalkan-penerbangan-ini-klarifikasinya diakses pada 25 Februari 2020)

[4] Brendan Sobie, (https://www.channelnewsasia.com/news/commentary/singapore-airlines-hit-hard-by-coronavirus-virus-12465896 diakses pada 25 Februari 2020)

[5] Hofstede,(https://www.hofstede-insights.com/country-comparison/germany,the-netherlands,the-uk,the-usa/ diakses pada 25 Februari 2020)

The X Men:

  • Adhika Isthianto Utomo
  • Dwitya Pradipto Darmawan
  • N. Azizia Gia Mutiarasari
  • Intan Farida Khasanah

Like it? Share with your friends!

3
1 share, 3 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
2
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
0
Win
thexman

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format