Toyota vs Corona

Dampak Corona yang membuat produksi maupun pemasaran Toyota terhambat di China


0

SEKILAS TETANG TOYOTA MOTOR CORPORATION

Toyota Motor Corporation (TMC) adalah sebuah pabrikan mobil yang berasal dari Jepang, yang berpusat di Toyota, Aichi. Saat ini, Toyota merupakan salah satu pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia. Di samping memproduksi mobil, Toyota juga memberikan pelayanan finansial, dan juga mebuat robot. TMC merupakan anggota dari Grup Toyota dan memproduksi mobil dengan merek Toyota Lexus dan Scion, memiliki sebagian besar saham dari Daihatsu dan Hino, sebagian kecil saham Subaru dan Isuzu.

 

Di bidang produksi, sebagaimana yang diutarakan oleh Akio Toyoda, President Toyota Motor Corporation saat ini adalah untuk terus menciptakan Ever-Better Cars That Exceed Expectations melalui berbagai inovasi yang dibutuhkan tanpa melupakan social responsibilities pada environtment. Dalam menciptakan ever-better cars ini Toyota betul-betul melakukan riset yang mendalam dan mengkaji berbagai faktor terutama faktor-faktor yang berkaitan dengan pasar dan selera/kebutuhan konsumen saat ini yang tersebar di berbagai region/wilayah di dunia. Perlu diketahui, selera/kebutuhan konsumen akan sangat berbeda antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lainnya, oleh karena itu, riset mendalam untuk mengkaji kemungkinan perubahan selera dan kebutuhan konsumen di setiap region atau wilayah menjadi hal yang penting agar perusahaan dapat secepat mungkin bersikap responsif pada perubahan yang mungkin terjadi.

Secara garis besar Produksi pada kendaraan Toyota sendiri dibagi ke dalam empat divisi atau jenis produk:

1)   Cars specialized to meet tastes and car sense: Lexus, Celica.

2)   Fleet and personal transportation vehicles: Innova, Land Cruiser, Truck.

3)   Compact town cars: Yaris, Auris, Aqua.

4)   Next-generation vehicles such as green vehicles and concepts: Prius+,Lexus GS.

Ini ada produk unggulan Toyota dibidang transportasi yang memiliki pangsa pasar besar didunia.

 

Lokasi Operasi

a)  Lokasi Pemasaran Produk Berdasarkan Region (Regiocentric Approach)

Jika kita perhatikan pemasaran produk Toyota berbeda untuk setiap region/wilayah. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk memenuhi permintaan lokal. Sebagai contoh, antara Perancis yang menjual 14 jenis mobil Toyota dengan Amerika yang menjual 18 jenis mobil Toyota, hanya ada empat (4) jenis mobil yang sama. Empat jenis mobil tersebut adalah Yaris, RAV 4, Prius, dan Land Cruiser. Namun tidak hanya sampai di situ, dari empat jenis mobil tersebut pun ternyata harga jualnya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Misalnya saja Land Cruiser yang harganya sampai lebih murah 20.000 euro di Amerika daripada di Perancis. Lebih lanjut, untuk penjualan di Amerika mobil yang ditawarkan rata-rata adalah SUV atau Crossover yaitu mobil-mobil yang memang lebih sering digunakan di Amerika, daripada di Eropa yang rata-rata adalah mobil compact yang didesain untuk perkotaan seperti  Yaris dan Auris.

 

Berdasarkan EPRG (etnosentris, polisentris, regiosentris, geosentris) framewok, Toyota menggunakan pendekatan regiocentric untuk mencapai tujuan pemasaran dan penjualan produknya. Pendekatan regiocentric artinya menawarkan produk  yang serupa untuk suatu region/wilayah yang disesuaikan dengan budaya dan kondisi ekonomi region/wilayah tersebut dalam upaya untuk memenuhi permintaan lokal (local demand). Secara global, Toyota Motor Corporation membagi region/wilayah pemasarannya ke dalam 6 region/wilayah, yaitu:

a)      North America;

b)      Latin America;

c)       Europe;

d)      Africa;

e)      Asia; dan

f)       Oceania.

Dampak dari pendekatan regioncentric ini, produk Toyota tertentu bisa saja dijual di suatu region untuk memenuhi local demand setempat, namun tidak dijual di region lainnya. Contoh ekstrimnya seperti yang dijelaskan di awal, bahwa antara Region Eropa (Perancis) dan Region Amerika hanya menjual empat produk yang sama. Dampak lainnya adalah dalam penentuan harga produk. Harga produk tertentu bisa saja lebih mahal di region/wilayah tertentu dibandingkan di region/wilayah lainnya. Misalnya saja Land Cruiser yang cukup banyak ditawarkan di Amerika dipatok dengan harga 20.000 Euro lebih murah di Amerika daripada di Eropa (Perancis).

 

Dalam prakteknya, Toyota menggunakan universal segmentation yang artinya Toyota Motor Corporation setuju bahwa untuk negara yang berbeda akan mempunyai standar yang berbeda sejalan dengan perilaku konsumer di seluruh penjuru dunia dalam merespon produk yang ditawarkan tersebut. Terkait hal ini, Toyota menggabungkan unsur macro dan microenvironment untuk memberikan produk yang sesuai harapan dan memuaskan setiap permintaan pasar.

 

b) Penjualan Produk tertentu Untuk Memenuhi Permintaan Pasar Tertentu

Ini merupakan tindak lanjut dari segmentasi pasar yang dijelaskan di poin a di atas. Toyota dengan sengaja memproduksi suatu produk yang desainnya maupun seluruh komponen-komponennya ditujukan untuk memenuhi permintaan pasar region tertentu. Contoh nyata dari strategi ini adalah Toyota memproduksi Yaris untuk masuk ke pasar Eropa dan bersaing dengan mobil-mobil Eropa semacam Volkswagen dan Mercedez yang rata-rata berbentuk kecil yang cocok untuk kultur perkotaan. Strategi ini dinilai cukup sukses dimana penjualan Yaris di Eropa berada pada angka yang cukup baik.

 

c) Diferensiasi dan Diversifikasi Produk

Saat ini lini produk Toyota telah terdiversivikasi dengan luas yang memungkinkan Toyota untuk masuk ke setiap Region/Wilayah yang memiliki kultur yang berbeda-beda. Luasnya diversifikasi produk ini tentu tidak akan menghentikan Toyota melakukan diversifikasi baru yang mungkin akan sesuai dengan perkembangan pasar dunia ke depannya. Untuk itu, penting bagi Toyota untuk terus melakukan pengembangan dan inovasi untuk mencapai growth sustainability.

 

d)  Memperluas Saluran Produksi dengan Menambah Jumlah Dealer

Toyota terus menambah dealer produk di setiap region atau wilayah dalam upaya untuk menguasai pasar di region atau wilayah tersebut. Untuk daerah pemasaran Indonesia, sampai dengan bulan Maret 2012 ini, Toyota memiliki 227 jumlah dealer yang bertambah sebesar 2% dari jumlah dealer pada tahun 2011 dan akan terus bertambah. Hal ini dilakukan salah satunya ialah demi memenuhi kebutuhan pelanggan. Dealer Toyota memang memiliki peranan terhadap kepuasan pelanggan karena dealer memiliki hubungan secara langsung dengan pelanggan.

 

e) Memperluas Pasar dengan Bekerjasama dengan Perusahaan Automobile Lokal

Contoh dari strategi ini ialah ketika Toyota bekerja sama dengan perusahaan automobile PSA Peugeot di Perancis. Contoh lainnya ialah pada Toyota Motor Corporation melakukan joint venture dengan Kirloskar Group di India yang memudahkan Toyota dalam melakukan penetrasi pasar di India. PT.Toyota-Astra Motor atau biasa disingkat dengan TAM merupakan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Mobil Toyota dan Lexus di Indonesia dan merupakan perusahaan joint venture antara PT. Astra International Tbk dengan persentase saham 50% dan Toyota Motor Corporation, Jepang dengan persentase saham 50%. Ini adalah beberapa bentuk cara atau strategi mode of entry perusahaan Toyota dalam memasuki pasar luar negri.

f) Memperluas Pasar dengan Memiliki Mayoritas Saham Perusahaan Automobile Lainnya

Saat ini Toyota Motor Corporation telah memiliki mayoritas saham Daihatsu dan Hino dan memiliki sebagian kecil saham Subaru dan Isuzu.

Di hongkong dan di tiongkok jalanan sepi bisnis tutup akibat ketatnya karantina untuk menghentikan penyebaran wabah Corona, ada lebih dari 60% wilaya penghasil GDP telah memperpanjang libur mereka selama beberapa minggu, buruh migran tidak kembai ke pabrik, pertokoaan tidak buka yang menyebabkan perekonomian negara itu berjalan lambat dan makin memburuk ini akan menyebabkan dampak pada perekonomian diluar asia mungkin dampak global. Tidak hanya di Wuhan dan Hubei, Macao pun sebagai pusat perjudian yang banyak di datangi wisatawan terlihat sepi dan lengang.

Pada kondisi ini wabah corona juga berdampak pada Toyota dimana mereka akan menghentikan produksi disemua fasilitasnya di cina hingga 17 februari 2020 mendatang. brand kendaraan asal Jepang ini mengoperasikan 12 pabrik kendaraan dan komponenya di China dengan mitra usahanya, yaitu FAW Group dan GAC Motor. Berhentinya proses produksi ini ada kemungkinan diperpanjang setelah mempertimbangkan beberapa faktor, termasuk arahan dari pemerintah setempat, pasokan suku cadang dan logistik. Terdapat lebih dari 40.000 kasus yang terkonfirmasi terjangkit virus Corona di China, dengan lebih dari 908 korban meninggal dan terus bertambah.

Permasalahan ini jika dilihat perspective global environment :

a. Task environmental: 

1. Customer: dengan berlakunya karantina yang diserukan pemerintah Cina di kota besar menyebabkan tidak terjadinya transaksi di pasar atau interaksi jual beli di dengan konsumen, ini berdampak proses penyampaian produk dan jasa tidak terjadi, ini menyebabkan QPI perusahaan tidak tercapai sesuai dengan yang diharapkan perusahaan. sementara expand yang dikeluarkan semakin membesar

2. Pasar teraga kerja : perusahaan terpaksa meliburkan tenaga kerja sukucadang mereka di Cina sehingga tidak terjadi proses produksi yang akan berdampak pada

3. Supplier: terhentinya supplier yang menbutuhkan sukucadang dari cina, dengan kata lain ini merupakan efek domino bagi dunia usaha Toyota di belahan negara lain yang membutuhkan suku cadang ini

 b. general environment 

 dimensi ekonomi, teknologi, social budaya, politik-hukum, dan internasional.

Lingkungan eksternal organisasi mempengaruhi semua tindakan perdagangan perusahaan walaupun tidak secara langsung. Lingkungan eksternal perusahaan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti politik, teknologi, hukum dan sosia-budaya

Dimensi Ekonomi. Dimensi ekonomi adalah kesehatan dan vitalitas keseluruhan dari sistem ekonomi di mana organisasi beroperasi. Apabila kondisi ekonomi mengalami guncangan, maka akan berpengaruh secara langsung kepada organisasi. Faktor-faktor ekonom yang terutama sangat penting bagi bisnis adalah pertumbuhan ekonomi secara umum, inflasi, tingkat bunga, dan tingkat penggangguran. dengan terjadinya wabah corona disebahagian besar kota di cina menyebabkan produksi dan penjualan menurun karena tidak adanya aktifitas pasar yang sehat dan penghentiaan produksi sementara.

Dimensi Teknologi. Dimensi ini merefleksikan metode-metode yang tersedia untuk mengubah sumber daya menjadi produk atau jasa. Perubahan teknologi akan mempengaruhi cara organisasi mengubah sumber daya tersebut.

Sosial Budaya. Dimensi ini meliputi sikap, norma, adat, gaya hidup, nilai, kebiasaan, dan karakteristik demografi masyarakat di mana organisasi berada.

Politik-Hukum. Yaitu berupa peraturan pemerintah mengenai bisnis dan hubungan umum antara bisnis dan pemerintah. Undang-undang dan peraturan-peraturan yang dikeluarkan pemerintah bisa memberikan dampak yang besar bagi kelangsungan hidup organisasi.

Internasional. Yaitu pengaruh bisnis, politik dan kebijakan negara lain khususnya untuk organisasi-oganisasi multinasional memberikan dampak yang sangat besar bagi organisasi tersebut.

Dampak virus Corona tidak hanya menakutkan bagi kesehatan, tetapi juga berpotensi memiliki efek mematikan bagi perusahaan global setelah ramai-ramai melakukan tindakan pencegahan di China. Setelah Starbuck hingga produsen mobil Toyota menutup gerai serta produksinya, memberhentikan sementara semua kantornya di China, Hong Kong serta Taiwan sebagai akibat dari menyebarnya virus corona.

Virus corona yang berasal dari Cina diperkirakan akan mempunyai dampak jangka panjang pada industri otomotif dunia. Penyebabnya masalah supply chain dan penurunan penjualan di pasar domestik Cina.

Perusahaan global lainnya telah memperlakukan peringatan travel dan berbagai produsen mobil telah mengevakuasi staff mereka untuk keluar dari Negeri Tirai Bambu Toyota bahkan mengatakan, bahwa pabrik produksi di China akan tetap ditutup sampai 9 Februari 2020, sebagai dampak dari virus corona.

Produsen mobil asal Jepang ini mengungkapkan, penutupan itu sejalan dengan isolasi serta pengawasan ketat transportasi yang terpaksa dilakukan pihak berwenang China dan sebagai perusahaan ini sangat mempengaruhi rantai pasokannya. Toyota sendiri memiliki pabrik produksi di utara kota Tianjin dan provinsi selatan Guangdong dan jika karantina yang berkepanjangan dan tidak ada perubahan dalam waktu dekat akan menyebabkan penutupan pabrik toyota di cina dan berimbas kepada stabilitas perusahaan keseluruhannya secara global


Januari 2020, Penjualan Mobil Domestik Menurun

 

Penjualan mobil domestik di awal 2020 lesu. Tercatat total penjualan sebesar 79.983 unit, menurun 7,6% dari Desember 2019 yang sebesar 86.582 unit. Sementara jika dibandingkan dengan Januari 2019 menurun 2,4%. Penjualan pada bulan lalu merupakan yang terendah sejak Juni 2019.

Lesunya penjualan mobil domestik disebabkan adanya perlambatan ekonomi. Adapun merek terlaris masih dipimpin Toyota. Penjualan yang dihasilkan Toyota mencapai 24.151 unit, tetapi menurun dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 27.478 unit.

 

Penjualan kendaraan roda empat pada awal tahun ini mengalami penurunan. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan secara wholesales pada Januari 2020 tercatat sejumlah 79.983 unit.

Anton (Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) ) berharap penjualan kendaraan roda empat dapat membaik pada kuartal I 2020. Tercatat pada kuartal I (Januari-Maret) 2019 penjualan secara wholesales kendaraan roda empat mencapai 254.332 unit.Jumlah itu menurun 12,87% dibanding kuartal I 2018 yang berjumlah 291.929 unit.

Secara tahunan dia memperkirakan pasar dapat tumbuh sebesar 3 persen di tahun ini. Hanya saja, dia menyatakan ada persoalan dan kondisi eksternal yang patut diwaspadai, salah satunya ialah dampak dari virus corona terhadap ekonomi. “Secara umum, harapannya masih bisa lebih baik jika dibandingkan tahun lalu. Tapi ada concern mengenai dampak virus terhadap ekonomi dan lain-lain, ini perlu dipelajari lebih lanjut,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, penjualan kendaraan roda empat pada awal 2020 menurun. Pasar mobil juga diperkirakan masih akan mengalami stagnasi sepanjang kuartal I/2020. Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengaku bahwa setiap tahun pertumbuhan pemasaran pada Januari umumnya melambat.

Toyota menghentikan sementara operasinya

Dengan berhentinya proses produksi sementara Toyota di China, ada wacana dimana postponed  ini akan diperpanjang setelah mempertimbangkan beberapa faktor keamanan dan pasokan suku cadang dan logistik. Keputusan ini termasuk arahan dari pemerintah setempat. Seperti yang di ketahui, Toyota saat ini memiliki 4 pabrik besar di  China.

Beberapa komponen yang berada di episentrum tidak bisa di produksi dan di kirimkan akibat wabah virus corona. Hal ini sangat mempengaruhi manajemen dan produksi pabrik Toyota di karenakan gangguan pasokan potensial dari China.

Jepang adalah lokasi pabrik produksi utama bagi Toyota. Sekitar setengah dari 10,7 yang dijual secara global pada 2019 dibuat di Jepang.  

Melakukan pemaksimalan produksi dengan pengadaan komponen yang ada

Seperti yang di ketahui, pabrik produksi Toyota tidak hanya di China, tetapi di Jepang juga ada. Hal ini, dapat memudahkan Jepang dalam menangani permasalahan produksi maupun impor komponen dari China. Dengan komponen komponen yang telah di terima oleh pabrik Jepang, seharusnya Toyota masih bisa memproduksi produk produknya dengan komponen yang tersisa dari hasil impor terakhirnya. Walaupun hal ini terbatas di karenakan suku cadang yang tersisa dan tidak adanya impor dari China untuk sementara. Tetapi, tidak menutup kemungkina pabri Toyota yang di Jepang untuk tetap beoperasi dengan komponen yang tersisa.

SOURCES:

https://ekbis.sindonews.com/read/1512277/34/virus-corona-dan-gelombang-penutupan-perusahaan-global-di-china-1580382486

https://www.ukessays.com/essays/marketing/analyses-of-toyota-motors-internal-and-external-environment-marketing-essay.php

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200129135854-4-133647/virus-corona-mencekam-toyota-tutup-pabrik-di-china.

http://wiryasaputra.blogspot.com/2010/11/lingkungan-organisasi.html

https://oto.detik.com/mobil/d-4904436/penjualan-mobil-awal-2020-turun

 https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/18/januari-2020-penjualan-mobil-domestik-menurun

https://www.gridoto.com/read/222020369/dampak-virus-corona-toyota-bakal-hentikan-aktivitas-produksinya-di-china

https://www.suara.com/otomotif/2020/02/27/110000/toyota-mulai-khawatir-dampak-covid-19-pada-produksinya

https://bisnis.tempo.co/read/1310935/khawatir-virus-corona-wisatawan-putuskan-tunda-traveling

Sharik in Suits are:

Amelia Septian Aryamti

Aryo Arifuddin

Rahadian Andrie Zar


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Sharkinsuits

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format