PULAU BURU, PENGHASIL CAJEPUT OIL YANG BELUM TERJAMAH

Desa Sawa memiliki potensi dan sumber daya alam yang besar sebagai salah satu penghasil bahan dasar minyak kayu putih yang terbesar di Indonesia.


1
1 point

PULAU BURU YANG MEMPESONA

Banyak di antara kita yang pasti sangat asing dengan nama Pulau ini, Pulau Buru adalah salah satu Pulau terpencil yang ada di Provinsi Maluku yang masih sangat asri dan memiliki potensi alam dan potensi wisata yang sangat menjanjikan di masa depan. Dengan luas wilayah 8.473,2 km², dan panjang garis pantai 427,2 km dan terdiri dari pegunungan dan pantai yang masih perawan, Pulau ini menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa.

Topographic map of Buru-en.svg

Keindahan alam dari Pulau Buru sangat luar biasa mengingat Pulau dengan jumlah penduduk sebanyak 105.222 jiwa ini memiliki garis pantai yang sangat panjang dan lanskep pegunungan seperti sabana yang sangat luas pada tengah Pulau. Terdapat satu jalan utama yang menghubungkan Kecamatan Buru Utara dan Buru Selatan dengan  Selama beberapa tahun terakhir Pemerintah telah membangun 2 Bandara di Pulau ini yakni Bandara Namlea di Kecamatan Buru Utara dan Bandara Namrole di Kecamatan Buru Selatan namun terbatasnya jumlah penerbangan yang rata-rata hanya 1 kali per hari dari Ambon maka masih menjadi terkendala tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi Pulau ini.

Penduduk lokal yang mendiami Pulau Buru adalah etnis asli, yakni Buru (baik di pesisir maupun di pedalaman); dan etnis pendatang, yakni Ambon, Maluku Tenggara (terutama Kei), Ambalau, Kep. Sula (terutama Sanana), Buton, Bugis, dan Jawa (terutama di daerah pemukiman transmigrasi). Sebagian besar penduduk asli Pulau Buru bermata pencaharian bertani dan berkebun dan masih sangat primitif, hal ini dapat dilihat dari keseharian penduduk lokal yang masih menggunakan pakaian tradisional, berbahasa lokal, adanya praktik berburu dan tak sebagian dari penduduk  masih menganut animisme dan dinamisme. Ada beberapa produk yang dihasilkan dari masyarakat lokal selain minyak kayu putih yakni senjata tajam berupa parang dan tombak yang sering diperjualbelikan kepada turis yang tertarik untuk membeli.

Selain keindahan alam yang masih sangat asri Pulau ini juga merupakan salah satu penghasil minyak kayu putih terbaik di Indonesia. Siapa tak kenal dengan minyak yang satu ini, bagi masyarakat Indonesia minyak kayu putih merupakan minyak yang selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Produksi minyak kayu putih di Pulau Buru masih dilakukan dalam skala kecil dan proses yang relatif sangat tradisional. Berdasarkan penelitian yang berjudul Estimated Production Of Cajuput Oil On Small Industries In Maluku oleh Husein Smith dan Syarifuddin Idrus menjelaskan bahwa produksi minyak kayu putih terbesar di 5 kabupaten di maluku adalah sebagai berikut:

Dari tabel di atas dijelaskan bahwa jumlah produksi minyak kayu putih terbesar di 5 kabupaten di Provinsi Maluku berasal dari Pulau Buru walaupun masih proses produksi masih dilakukan secara tradisional dan swadaya oleh masyarakat, dapat dibayangkan seberapa besar produksi minyak kayu putih yang bisa dihasilkan oleh Pulau Buru apabila dilakukan dengan profesional dengan proses manufaktur yang canggih, tentunya dapat mempengaruhi pembangunan di Maluku terutama di Pulau Buru yang akan memperkokoh struktur industri.

Berdasarkan sebaran Tanaman kayu putih (Melaleuca leucadendron Linn) sebagian besar jenis tanaman ini tumbuh subur di Kecamatan Buru Utara salah satunya adalah Desa Sawa, di Desa yang terletak di Kecamatan Buru Utara ini memiliki potensi yang sangat baik kedepannya dan sama seperti dengan daerah lain di Pulau Buru, produksi minyak kayu putih di Desa ini masih sangat tradisional sehingga hasil dari penyulingan minyak kayu putih ini dapat dikatakan belum optimal. 

Minyak Kayu Putih – Desa Sawa

Desa Sawa memiliki potensi dan sumber daya alam yang besar sebagai salah satu penghasil bahan dasar minyak kayu putih yang terbesar di Indonesia. Potensi ini dapat menjadi salah satu penopang ekonomi Desa Sawa apabila dikelola secara baik dan profesional. 

Minyak kayu putih adalah hasil ekstraksi daun tanaman kayu putih. Daun dan ranting tanaman kayu putih dilakukan distilasi sehingga menghasilkan produk akhir berupa minyak. Minyak kayu putih umumnya berwarna kuning dengan aroma yang cukup kuat dan dalam kemasan dalam botol plastik. Dalam minyak kayu putih yang telah melalui proses destilasi, terkandung bahan kimia bernama sineol (cineole). Jika Anda merasakan sensasi hangat setelah mengoleskan minyak kayu putih ke kulit, bahan kimia sineol inilah yang menyebabkan sensasi hangat tersebut pada kulit.

Ada beberapa fungsi minyak kayu putih yang dipercaya dapat membantu mengurangi keluhan fisik ketika digunakan, di antaranya:

  • Mengurangi sakit kepala

  • Mengatasi gejala pilek

  • Meringankan nyari sendi dan otot

  • Menjaga kesehatan gigi

  • Meredakan sakit gigi dan gusi (seperti setelah tindakan pencabutan gigi)

Melihat banyaknya manfaat yang terdapat dapat minyak kayu putih, tidak heran jika masyarakat Indonesia menganggap minyak kayu putih merupakan produk yang wajib disimpan di rumah atau saat berpergian.

Kebutuhan Minyak Kayu Putih di Indonesia

Prastyono, anggota tim Badan Litbang dan Inovasi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, telah meneliti dan mengembangkan pembenihan tanaman kayu putih asli Indonesia sejak 1995. Kini, benih tanaman kayu putih sudah dimanfaatkan oleh industri. Menurutnya, kebutuhan minyak kayu putih di Indonesia sekitar 4.500 ton. Namun, saat ini pasokan yang ada masih kurang antara 2.500 hingga 3.000 ton. "Untuk memenuhi kebutuhan, selama ini pengusaha mengimpor minyak eukaliptus dari Tiongkok untuk mengembangkan minyak kayu putih. Setahunnya bisa mencapai US$60 juta. Padahal, tanaman minyak kayu putih asli Indonesia," ujar Prastyono, Jumat (16/11).

Adanya gap sekitar 1500-2000 ton dalam pemenuhan minyak kayu putih di Indonesia, harusnya bisa menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Pusat. Melihat kapasitas produksi yang bisa dihasilkan masyarakat Pulau Buru yakni sebesar 35860 ml/hari atau tepatnya sekitar 42,29% dari total produksi minyak kayu putih di Maluku, menjadikan Pulau Buru menjadi area atau tempat yang strategis bila ingin dikembangkan. 

Macam-macam Model Bisnis

Dalam upaya pengembangan Desa Sawa di Pulau Buru di provinsi Maluku yang dikategorikan sebagai salah satu Desa Tertinggal di Indonesia, bentuk-bentuk kerjasama usaha/bisnis yang dapat diimplementasikan dalam beberapa bentuk yaitu :

 

  1. Sole Proprietorship 

Merupakan bisnis yang dimiliki oleh Perseorangan. Dalam jenis usaha ini, dibutuhkan kemampuan financial yang sangat kuat dari perseorangan di dalam melakukan usahanya yang terletak di daerah tertinggal. Akan tetapi untuk yang tidak memiliki dana yang besar, usaha perseorangan ini tetap dapat dilakukan yaitu dengan cara menjalankan suatu Usaha Mikro maupun Usaha Kecil yang disesuaikan dengan ketersediaan dana yang dimiliki. Dalam hal ini, seorang pengusaha yang menjalankan bisnisnya melalui usaha perseorangan, harus mempertimbangkan secara matang keuntungan dan kerugian dari jenis usaha ini. Dengan kelebihan dan kekurangan jenis usaha ini, seorang pengusaha sudah memperhitungkan terhadap kemungkinan resiko yang akan dihadapi serta tindakan mitigasi yang akan diambil sekiranya jenis usaha ini kurang maksimal.  

Usaha Perseorangan ini dapat diwujudkan dengan fokus pada satu bidang tertentu saja, misalnya dengan fokus pada usaha pengembangan di bidang kerajinan-kerajinan khas daerah nan unik. Hal ini bisa dilakukan dengan memproduksi sendiri dengan memiliki beberapa pengrajin sendiri ataupun membeli langsung dari para pengrajin daerah. Usaha Pemasaran dapat dilakukan dengan membuka toko sendiri ataupun menjual kembali ke beberapa sentra-sentra perdagangan baik di dalam maupun diluar daerah tersebut.

  1. Partnership 

Kerjasama usaha/bisnis lain yang dapat dibentuk dalam upaya pengembangan Pulau Buru adalah dalam bentuk Partnership/Kemitraan. Bentuk Partnership ini dapat diwujudkan dengan melakukan kerjasama dari beberapa orang/partner dalam menjalani suatu usaha bisnis. Contohnya adalah usaha bisnis wisata. Dalam hal ini bisa dilakukan dalam bentuk General Partnership maupun Limited Partnership sesuai kesepakatan bersama dari masing masing pihak. Bentuk usaha yang dapat dilakukan adalah dengan membuka restoran atau pun membuka penginapan yang tidak jauh dari tempat wisata Laut yang ada di Pulau Buru. Dalam bentuk usaha ini biasanya dikategorikan ke dalam bentuk usaha kecil dan maupun menengah. Dengan berdirinya beberapa partnership di Kepulauan ini yang bergerak di beberapa jenis usaha wisata yang dijalankan maka secara langsung akan dapat meningkatkan perekonomian daerah tersebut. Untuk jalur marketing dan supply chain yang dipilih dapat dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan partnership lain yang bergerak di dua bidang tersebut. 

  1. Corporations

Bisnis Korporasi merupakan jenis bisnis yang dimiliki oleh beberapa individu atau organisasi yang memiliki kepemilikan saham. Contoh bisnis korporasi yang mungkin bisa direalisasikan di Pulau Buru adalah Pabrik. Pulau Buru yang dikenal dengan penghasil minyak kayu putih terbesar di Maluku, dapat menarik para investor untuk membangun suatu pabrik di daerah tersebut. Dengan modal besar yang akan disuntik oleh para investor, bukan tidak mungkin jumlah produksi minyak kayu putih dari Pulau Buru akan meningkat berkali-kali lipat. Ditambah lagi masyarakat di daerah tersebut sudah tidak asing dengan proses penyulingan minyak kayu putih sehingga memudahkan proses produksi minyak kayu putih. Para pekerja yang sudah terampil ditambah dengan bantuan alat-alat teknologi yang canggih dapat membuat Pulau Buru sebagai penghasil minyak kayu putih terbesar di Indonesia. Selain itu, dengan dibangunnya pabrik di daerah tersebut maka infrastruktur di Pulau Buru juga akan semakin memadai sehingga wilayah atau Desa yang berada di Pulau diharapkan akan semakin maju (tidak tertinggal).  

Dari jenis-jenis model bisnis yang sudah dijelaskan sebelumnya, kira-kira bisnis apa yang cocok diterapkan di suatu wilayah atau dalam hal ini di suatu desa? Itu tergantung potensi yang ada di wilayah tersebut. Tapi sebelum menentukan jenis bisnisnya, hal pertama yang harus diperhatikan ialah produk apa yang ingin ditawarkan oleh desa/wilayah tersebut.

Pemerintah Pusat maupun Daerah sebaiknya tidak berjalan sendiri dalam mengupayakan pengembangan Desa tertinggal nya. Dengan menggandeng pihak-pihak swasta yang berpengalaman di bidang Pariwisata, diharapkan percepatan perkembangan Desa tertinggal akan dapat terwujud dalam waktu yang lebih cepat dan tepat sasaran. Pemerintah juga sangat perlu untuk melibatkan seluruh masyarakat dan rakyat Desa dengan mengambil peran yang tidak sedikit dalam upaya pengembangkan daerah mereka ke arah yang lebih maju sehingga dengan sendirinya dapat meningkatkan kesejahteraan daerah tersebut.    

Dalam kerjasamanya dengan pihak- pihak swasta, Pemerintah Daerah dapat melakukan beberapa jenis kerjasama ekonomi maupun bisnis yang  pada akhirnya dapat saling menguntungkan satu sama lain. 

Solusi Ide Bisnis di Desa Sawa

Sebagai salah satu penghasil minyak kayu putih terbesar di Indonesia, Pulau Buru, khususnya Desa Sawa dapat memperbaiki perekonomian mereka dengan memproduksi minyak kayu putih ke seluruh Indonesia, bahkan hingga mancanegara. Hal ini dapat melepas Desa Sawa dari predikat “Desa Tertinggal”. 

Dengan melalui jenis usaha Korporasi yang dilakukan lewat Perusahaan yang sudah memiliki kondite yang baik dan bermodal besar  – menurut pendapat kami, Perusahaan swasta yang tepat untuk hal ini adalah PT Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul, yang didirikan oleh Ny. Rakhmat Sulistio pada tahun 1940 di Yogyakarta. PT Sidomuncul merupakan Perusahaan Jamu tradisional dan farmasi dengan menggunakan mesin-mesin yang mutakhir. PT Sidomuncul telah memiliki market share terluas dan reputasi yang baik sebagai industri Jamu terbesar di Indonesia.

Reputasi yang baik serta market share terluas yang telah dimiliki PT Sidomuncul di Indonesia merupakan perusahaan yang tepat untuk membantu masyarakat Desa Sawa memproduksi minyak kayu putih. Selain itu, PT Sidomuncul dapat melebarkan sayap mereka untuk memproduksi produk selain Jamu, tetapi masih dalam sektor usaha yang saling berkaitan, yaitu dalam sektor usaha Farmasi. Dengan teknologi yang sudah mutakhir, PT Sidomuncul diharapkan dapat membangun sebuah pabrik di Desa Sawa, selain untuk mempermudah proses produksi mengingat jauhnya akses Desa Sawa menuju ke perkotaan, pembangunan pabrik disana akan menyerap banyak tenaga kerja di Desa tersebut, dan diharapkan perekonomian Desa Sawa dapat menjadi lebih baik dan dikenal oleh mancanegara sebagai produsen minyak kayu putih terbesar di Dunia.

Pemerintah dapat melakukan kerjasama dengan perusahan – perusahaan besar tersebut didalam mengelola dan mengembangkan potensi alam yang terdapat di Desa Sawa sehingga perekonomian desa tersebut lambat laun akan lebih baik dan dengan sendirinya Desa Sawa akan mengalami kemajuan.

Disusun oleh :

The A Team

Fitriyanto

Tanty Juana Sari

Garin Ario Tetuko

Retno Ajeng Zulia Octavia

Muhamad Haikal

Referensi :

https://www.google.com/search?q=PULAU+BURU&safe=strict&sxsrf=ALeKk03yWTp1ZOHPcfUPjkefE9BamkDikA:1582889512435&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwifyO34kvTnAhXZ6nMBHdmkBQUQ_AUoAnoECBwQBA&biw=1242&bih=597#imgrc=pBDbsyLLFwBLaM

https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Buru

http://bumn.go.id/perhutani/halaman/157

https://www.alodokter.com/mengenal-minyak-kayu-putih-lebih-jauh

https://mediaindonesia.com/read/detail/198766-upaya-memenuhi-kebutuhan-kayu-putih

https://id.wikipedia.org/wiki/Sido_Muncul


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Garin Tetuko

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format