PANTAI LAFAU: EKSOTISME DESA SIHENEASI YANG TAK TERJAMAH

Desa Tertinggal dengan sejuta pesona? Desa Siheneasi tempatnya.


0

Indonesia merupakan negara berkembang yang masih memiliki banyak dilema dalam pengembangan Desa Tertinggal. Berdasarkan data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tahun 2017 menyebutkan 17.000 desa yang menjadi prioritas pemerintah. Pemerintah masih memiliki banyak pekerjaan dalam pengembangan potensi pariwisata yang ingin dijadikan sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat maupun agar pemerintah mendapatkan pemasukan negara. Salah satu kawasan wisata yang berpotensi besar yaitu Pantai Lafau yang terletak di Desa Siheneasi yang merupakan salah satu desa tertinggal di Kecamatan Lahewa Kabupaten Nias Utara yang memiliki luas wilayah sekitar 228,7 km2 yang berbatasan dengan lautan Indonesia di sebelah Utara, Kecamatan Lahewa Timur di sebelah Selatan, Samudera Indonesia di sebelah Barat, dan Kecamatan Sawo di sebelah Timur. Kecamatan ini memiliki 20 Desa dan 92 Dusun Kabupaten Nias Utara.

Keindahan Pantai Lafau

                  Sumber : Pesona Indonesia

Kecamatan Lahewa terdapat beberapa desa yang terdaftar sebagai Desa Tertinggal dengan nilai indeks di bawah 40, hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 126 Tahun 2017 tentang Penetapan Desa Prioritas Sasaran Pembangunan Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Status Perkembangan Desa Kecamatan Lahewa

                      Sumber : Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

                                       Republik Indonesia

Dilihat dari persebaran luasan per desa yang ada di Kecamatan Lahewa Desa  SiheneasI memiliki luas rata-rata yaitu 18,71 km2 yang luasnya sama dengan Desa Holi yang keduanya merupakan desa tertinggal atau desa yang diprioritaskan. Jarak tempuh antar Desa Siheneasi pun tergolong jauh yakni 8 km dari Kantor Kecamatan. 

                                        Persebaran Luas Lahan per Desa Kecamatan Lahewa

Sumber : Badan Pusat Statistik Kabupaten Nias (2019)

Berdasarkan data persebaran penduduk per desa,  Kecamatan Lahewa memiliki jumlah penduduk sebanyak 21.992 jiwa, yang terdiri dari 10.896 laki-laki dan 11.096 perempuan. Berdasarkan data BPS (2019) sex ratio di Kecamatan Lahewa pada tahun 2018 sebesar 47,64; yang berarti setiap 100 penduduk perempuan terdapat 47,64 penduduk laki-laki, sedangkan Desa Siheneasi sendiri berjumlah 1.3311 jiwa pada proyeksi penduduk Kabupaten Nias Utara tahun 2010-2020.

Persebaran Penduduk per Desa Kecamatan Lahewa

 

                       Sumber : Badan Pusat Statistik Kabupaten Nias (2019)

Disisi lain,  dengan besarnya potensi dari Desa Siheneasi pembangunan desa dirasa belum dilakukan secara maksimal. Hal ini terlihat dari Desa Siheneasi sendiri yang sampai saat ini masih menjadi desa tertinggal. Padahal jika pengolahan dilakukan dengan baik Pantai Lafau akan berpotensi menjadi salah satu pendapatan daerah yang cukup besar di sektor pariwisata.  Untuk itu Pantai Lafau memerlukan kajian yang komprehensif, agar bisnis dapat berjalan selaras dan semua aspek kekurangan yang disebutkan dapat terpenuhi atau berjalan seiring dalam proses yang sama dalam pemenuhannya.

Bisnis pariwisata ini bertujuan untuk mengentaskan ketertinggalan Kecamatan Lahewa dengan mengandalkan keindahan Pantai Lafau. Metode awal yang perlu dilakukan dalam pengembangan bisnis pariwisata Pantai Lafau adalah dengan metode SWOT, dengan metode ini kita akan melihat potensi, kekurangan, dan hal pendukung lainnya yang harus terpenuhi serta ancaman yang akan menghambat bisnis tersebut.

Strengths (Kekuatan)

  1. Pantai Lafau memiliki keindahan pantai dengan keindahan terumbu karang dan biota laut lainnya, khususnya kepiting-kepiting yang berkeliaran dan ikan-ikan kecil yang ada di sekitar pantai
  2. Para Traveler pantai Lafau bisa menyewa perahu warga untuk berjalan-jalan dan sambil merasakan memancing di sekitar pantai.
  3. Promosi Wisata dapat dengan mudah untuk dilakukan melalui media sosial

Weakness (Kekurangan) 

  1. Kondisi dan tata kelola kelembagaan yang belum berjalan secara optimal. Hal ini dipengaruhi dengan minimnya sumber daya manusia dalam mengefektifitaskan pengelolaan.
  2. Belum tersedianya fasilitas penunjang untuk menjadi Pantai Lafau sebagai objek wisata berupa

  • Fasilitas Penginapan
  • Fasilitas Transportasi
  • Fasilitas Kesehatan dan sarana air bersih
  • Fasilitas transportasi umum maupun swasta dari Pelabuhan atau Bandara di Kota Gunungsitoli menuju Pantai Lafau
  1. Kualitas Sumber Daya Manusia yang belum terpenuhi dan belum teredukasi guna menunjang Pantai Lafau sebagai destinasi wisata lokal dan internasional

Opportunity (Peluang)

  1. Usia produktif penduduk dunia dan Indonesia saat ini berada pada level kaum milenial, dimana traveling dianggap merupakan kebutuhan pokok.
  2. Mendukung program pemerintah untuk mengentaskan desa tertinggal

Threats (Ancaman)

  1. Masyarakat setempat dengan tingkat pendidikan yang rendah yang akan gampang terprovokasi oleh pihak pihak yang menginginkan perubahan atau kemajuan.
  2. Kondisi cuaca ekstrim yang dapat membatalkan penerbangan atau keberangkatan kapal menuju Kota Gunung Sitoli

Dengan mempertimbangkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan desa melalui perbaikan dan pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur pantai, tempat pariwisata dan kebudayaan lainnya sehingga dapat menjadikan lebih dikenalnya Desa Siheneasi dengan keindahan alam dan budayanya yang indah di mancanegara.  dengan adanya pembangunan desa yang dilakukan pemerintah setempat menjadikan lebih dikenalnya Siheneasi yang merupakan desa tertinggal dengan banyak potensi yang dimiliki, salah satu potensi yang menonjol adalah sektor pariwisata. 

Pembangunan desa tertinggal tentunya diharapkan dapat berlangsung secara berkelanjutan sehingga dapat menjadikan Desa Siheneasi menjadi desa berkembang bahkan desa maju. Hal ini dapat direalisasikan dengan dukungan berbagai pihak seperti masyarakat lokal, pemerintah daerah melalui pengelolaan dan pendayagunaan ekonomi lokal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan dan Dinas Kelautan Perikanan dan warga setempat untuk melakukan promosi serta nantinya diharapkan adanya infrastruktur untuk mempermudah menuju pantai. Disisi lain pengolahan dan system management yang terintegrasi merupakan kunci dalam pengembangan pariwisata pada Desa Siheneasi ini. 

Dalam pengembangannya tentunya Desa Siheneasi memerlukan dana untuk itu kerjasama, untuk itu kerjasama yang dilakukan bukan saja untuk membantu promo, tetapi membantu pendanaan dan ide untuk pengembangan dan pembangunan Pantai Lafau, maka dari  itu diperlukan Partnership yang  menurut Ferrel, O.C. dkk (2020)  dimana bisnis dijalankan oleh dua orang atau lebih sehingga kedua belah pihak bekerja sama untuk menjalankan suatu bisnis dan bertanggung jawab atas kewajiban dan manajemen bisnis tersebut. 

Entrepreneur yang kompeten dalam bidangnya diharapkan bisa mendukung terealisasinya kemajuan Desa Siheneasi. Entrepreneur Al Fatih Timur dengan PT. Kita Bisa adalah orang  yang tepat agar impian tersebut dapat terwujud. Kenapa harus Al Fatih Timur dan apa yang bisa dilakukan oleh seorang Al Fatih Timur di Pantai Lafau Desa Siheneasi dengan segala ketertinggalan dan permasalahannya?

Al Fatih Timur merupakan seorang social entrepreneurship yang selalu mengedepankan prinsip sosial, tidak hanya mengedepankan profit oriented. Hal inilah yang menjadi poin penting kenapa harus Al Fatih  Timur. Kita akan membahas sedikit profil Al Fatih Timur dan KitaBisa.Com, Al Fatih lahir di Kota Bukittinggi, 27 Desember 1991 dan akrab dengan panggilan Timmy. Pada Tahun 2005-2007 masuk dalam kelas akselerasi SMA Negeri 1 Padang dan melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Al Fatih Timur terinspirasi untuk menjadi seorang Social Entrepreneurship dari sosok Bung Hatta yang sejak muda sudah melancarkan Badoncek, yang dalam bahasa Minang yang artinya patungan. Al Fatih Timur termasuk dalam 7 milenial yang sukses membangun startup di Indonesia. Kesuksesan terlihat startup penggerak perubahan sosial ini berhasil mengumpulkan donasi lebih dari Rp 815.000.000.000,- dengan jumlah donatur yang bergabung lebih dari 2.801.425 orang dan berhasil memfasilitasi lebih dari 31.846 kegiatan sosial. Dengan profil tersebut maka Al Fatih Timur adalah sosok yang tepat, yang mengedepankan nilai nilai sosial, telah teruji kejujuranya dengan menjalankan kitabisa.com yang  lebih kurang 7 tahun dan selalu memenuhi akuntabilitas dalam setiap menjalankan kegiatan sosialnya tercermin dari laporan yang telah diaudit oleh akuntan publik.

Pengembangan pariwisata yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya secara maksimal yang ada di Desa Siheneasi seperti pantai Lafau yang merupakan salah satu pantai yang memiliki keunikan dimana pasir pantainya yang putih, kepiting yang berkeliaran di pantai, dan ikan-ikan kecil yang sangat berlimpah. (Kompasiana.com, 2018). Adapun jenis bisnis yang dapat dikembangkan di Desa Siheneasi melalui kenampakan alam yang disajikan oleh Pantai Lafau diantaranya:

Little House In Lafau  

Inovasi ini terinspirasinya semakin tingginya tingkat kepadatan aktivitas masyarakat di perkotaan. Hiruk pikuk kota yang begitu ramai penuh tekanan seakan akan tak akan pernah lepas dari semua aktivitas yang ada di masyarakat. Masyarakat yang lelah dengan perkotaan, dapat mempertimbangkan Lahewa terutama di pantai lafau, Nias Utara sebagai salah satu destinasi yang menawarkan pelepas dahaga dari hiruk pikuk kota yang menjadi salah satu penyebab stresnya masyarakat. Perjalanan “Sehat, Memukau dan Bahagia” ini merupakan 3 in 1 yang akan didapatkan yaitu relief stress from crowded in city, relaxation in beach, dan menikmati indahnya alam asri. Package yang ditawarkan include dengan tersedianya cottage cottage yang langsung menghadap kearah pantai, transport dan guide tour menuju lokasi wisata, quality time with yourself, friends, or family tanpa harus mengkhawatirkan waktu, makan, transport. 

Busted Travel

Ide ini diadaptasi dari cerita variety show detektif dimana para pemeran di haruskan memecahkan misteri yang terjadi dalam satu situasi tertentu. Memanfaatkan cerita misteri juga bisa menjadi salah satu daya tarik dalam menarik masyarakat untuk berkunjung ke Lahewa, pantai Lafau. Busted Travel yang ada merupakan beberapa pilihan cerita misteri yang disediakan kepada traveller, dimana traveller di haruskan menyelesaikan setiap case yang ada, seperti saat akan breakfast traveller akan ditawarkan apakah akan memulai misi mereka untuk memecahkan misteri agar mereka dapat menemukan lokasi breakfast untuk sarapan pagi. Selain itu juga traveller akan ditawarkan case seperti menemukan harta karun yang terdapat di Lahewa, pantai Lafau, Nias Utara, seperti Lompat Batu, Tari Yaahowu, Pasir Putih, Terumbu Karang, Biota laut dan lain-lain.

Your Travel Friend

Inovasi ini muncul dikarenakan semakin berkembangnya teknologi semakin tingginya tingkat keindividuan masyarakat yang ada pada saat ini. Banyak masyarakat lebih memilih bersosialisasi di media sosial daripada bersosialisasi di lingkungan masyarakat, cukup hanya dengan saling tahu saja terhadap sekitar. Your travel friend menawarkan tour ke berbagai tempat yang ada di Lahewa, Nias Utara, seperti pantai Lafau, pantai Tureloto, pantai Toyolawa, desa Siheneasi, dan lain lain dengan ditemani oleh masyarakat lokal sekaligus guide tour. Traveller akan tinggal bersama penduduk sekitar, sehingga traveller bisa merasakan hangatnya keluarga dan pertemanan yang ada di lingkungan masyarakat. 

Cindera Mata

Kabupaten Nias memiliki souvenir khas yang mayoritas berupa ukiran kayu yang berasal dari kayu afoa, sejenis kayu jelutung atau kayu minyak. Kayu tersebut banyak ditemui di Kepulauan Nias sehingga akan menjadi salah satu potensi upaya dalam mempromosikan Kepulauan Nias khususnya Desa Siheneasi.

Kuliner

Para penyuka makanan seafood, pantai lafau juga dapat menjadi salah satu opsi yang menarik untuk dijadikan tujuan liburan. Pantai Lafau menawarkan kuliner seafood mulai dari kepiting, ikan terumbu karang, dan makanan khas Nias yang memiliki cita rasa unik.

Penginapan

Sebagai lokasi pengembangan pariwisata, Desa Siheneasi memerlukan penginapan lokal yang dapat berupa homestay dimana akan menjadi potensi ekonomi baru bagi masyarakat lokal. Penginapan menjadi salah satu potensi sebagai infrastruktur pendukung dalam memaksimalkan potensi alam yang sudah menarik di Desa Siheneasi, sehingga wisatawan domestik maupun wisatawan asing akan memilih tinggal lebih lama.

Referensi 

  1. Ferrell, Hirt & Ferrell. (2020). Business Foundations: A Changing World. New York: Mc Graw Hill Education
  2. BPS Kabupaten Nias. (2019). Kecamatan Lahewa dalam Angka 2019. ISNN: 2597-534X. Badan Pusat Statistik Kabupaten Nias 
  3. Waspada.co.id. (13 April 2018). Sihar Terpoesona Disapa Ikan Nemo saat Snorkeling di Pantai Tureloto Nias (https://waspada.co.id/2018/04/sihar-terpesona-disapa-ikan-nemo-saat-snorkeling-di-pantai-tureloto-nias/)
  4. Visit Nias Island. (-). Tureloto (http://www.visitniasisland.com/package/tureloto/)
  5. Katadata. (23 Januari 2019). Pemerintah Andalkan Bansos dan Dana Desa untuk Mengurangi Kemiskinan (https://katadata.co.id/berita/2019/01/23/pemerintah-andalkan-bansos-dan-dana-desa-untuk-mengurangi-kemiskinan)
  6. CNN. (16 Agustus 2019). Pemerintah Akan Ubah Arah Pemanfaatan Dana Desa di 2020 (4300-532-422071/pemerintah-akan-ubah-arah-pemanfaatan-dana-desa-di-2020)
  7. Kemenkopmk. (9 Januaro 2020). Pemerintah Matangkan Pelaksanaan Dana Desa 2020 dan Pengembangan Bumdes (https://www.kemenkopmk.go.id/artikel/pemerintah-matangkan-pelaksanaan-dana-desa-2020-dan-pengembangan-bumdes)
  8. CNBC Indonesia. (17 Agustus 2019). Inspiratif Kisah 7 Anak Milenial yang sukses bangun startup (https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190816203939-37-92665/inspiratif-kisah-7-anak-milenial-yang-sukses-bangun-startup/3)
  9. Kompasiana. (7 September 2018). Pantai Lafau, Salah Satu Pantai terkenal di Nias Utara. https://www.kompasiana.com/iwan02/5b9298c4ab12ae770c777a83/pantai-lafau-salah-satu-objek-wisata-yang-terkenal-di-nias-utara
  10. Pesona Indonesia. Pantai Lafau, Eksotisme Pulau Tak berpenghuni. https://pesona.travel/keajaiban/1227/pantai-lafau-eksotisme-pulau-tak-berpenghuni-di-nias

Disusun Oleh:

  1. Azzatillah
  2. Andre Abdiriawan
  3. Dias Amanda
  4. Ostian Reagan Maukar Siagian


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
HomeRunners

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format