Pemanfaatan Kekayaan Laut Natuna sebagai Bio Fuel

Kekayaan laut Natuna sangat terkenal di kancah dunia, namun apakah pemanfaatanya sudah maksimal dilakukan untuk Indonesia ?


0

Kecamatan Pulau Tiga

Secara geografis, kecamatan ini terdiri atas pulau yang berbukit-bukit yang membuatnya berada pada ketinggian 3 – 500 meter di atas permukaan laut. Kecamatan ini berbatasan dengan Kecamatan Bunguran Barat di sebelah utara, sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Pulau Tiga. Selain itu, di sebelah barat berbatasan dengan Laut Natuna dan disebelah timur juga berbatasan dengan Kecamatan Pulau Tiga.

Kecamatan ini terdiri atas empat (4) desa dengan luas wilayah daratan sebesar 17,08523 km2. Keempat desa  tersebut adalah desa Pulau Tiga dengan luas 4,44635 km2; desa Tanjung Kumbik Utara dengan luas 2,36762 km2; desa Setumuk dengan luas 5,35646 km2 dan desa Selading dengan luas 4,9148 km2.

Berdasarkan data dari sekretariat daerah Kabupaten Natuna bagian tata pemerintah, luas wilayah untuk 3 (tiga)  desa diantaranya masih indikatif yakni selain desa Selading Desa-desa di kecamatan ini memiliki luas wilayah yang hampir sama satu dengan yang lain. Desa dengan luas terbesar dapat dilihat dari rasio terhadap total luas kecamatan. Dapat diketahui bahwa desa Tanjung Kumbik Utara merupakan desa terbesar dengan rasio sebesar 28,30 persen. Selanjutnya ada desa Pulau Tiga dengan rasio sebesar 24,96 persen. Desa ini merupakan ibukota dari kecamatan Pulau Tiga. Sedangkan desa terkecil adalah desa Selading dengan rasio sebesar 22,23 persen.

Jumlah penduduk dari Kantor Kecamatan, pada tahun 2018 jumlah penduduk di kecamatan ini telah mencapai 2024 jiwa yang terdiri dari 1055 penduduk laki-laki dan 968 penduduk perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah penduduk laki-laki dan perempuan tidak jauh berbeda. Kepadatan penduduk di kecamatan ini adalah 118,465 jiwa per kilometer persegi. Hal ini dapat diartikan bahwa setiap satu kilo meter persegi dihuni oleh 118 sampai 119 penduduk. Desa dengan kepadatan penduduk tertinggi adalah Desa Tanjung Kumbik Utara yaitu 203,580 yang artinya setiap satu kilo meter persegi dihuni oleh 203 sampai 204 penduduk.

Selama tahun 2018 tercatat sebanyak 229 tenaga kerja yang bekerja di bidang perikanan. Hal ini tentunya sesuai dengan karakteristik wilayah yang merupakan daerah pulau dan dikelilingi oleh lautan. ini yang menjadi fokus kelompok kami, yaitu bagaimana meng upgrade sumber penghasilan para nelayan didesa Tanjung Kumbik menjadi komoditi yang penting dan dapat mengoptimalkan kekayaan alam dari natuna yang hampir 75% wilayahnya adalah daerah kemaritiman. dewasa ini dunia sedang mencari sumber energi tergantikan, dari sumber energi/bahan bakar fosil ke sumber energi lainnya. salah satu yang menjadi daya tarik kami dari kekayaan alam desa Tanjung Kumbik yaitu wilayah kelautan yang layak untuk membudidayakan rumput laut sebagai bahan baku biogas.

Industri Bioteknologi

Menurut Markus Sembiring, S.Pi., MIL., industri bioteknologi kelautan meliputi (1) industri bioproses yaitu proses yang memanfaatkan organisme untuk menghasilkan berbagai produk dan jasa seperti bioenergi dari rumput laut dan mikroalga, (2) industri budidaya organisme perairan dan turunannya, seperti budidaya rumput laut untuk bahan obat dan kosmetik, (3) industri pengujian bahan-bahan berbahaya pada produk seafood melalui metode bioteknologi untuk meningkatkan keamanan dan daya saing ekspor, (4) dan lain sebagainya yang masih sangat bisa dikembangkan.

Pertambangan dan Energi

Pertambangan yang dapat dikembangkan merupakan pertambangan minyak dan gas bumi, serta bahan tambang serta mineral lainnya. Di beberapa negara maju, pangembangan arus laut dilakukan sebagai solusi untuk mengatasi krisis listrik sudah mulai dibangun. Tingkat arus laut yang kuat sangat mungkin untuk dimanfaatkan sebagai potensi energi. Selain arus laut, energi juga dapat diperoleh dari gelombang, OTEC (Ocean Thermal Energy Conversion), pasang surut, serta angin.

Pemanasan global dan perubahan iklim merupakan isu lingkungan yang serius. Penyebabnya adalah gas rumah kaca yang dilepaskan oleh pembakaran bahan bakar fosil. Sejumlah kebijakan Internasional maupun Nasional telah dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Selain itu, cadangan minyak bumi pasti akan habis dikarenakan jumlahnya terbatas dan sifatnya yang tidak dapat diperbaharui. Salah satu alternatif dalam penanganan krisis energi ini adalah dengan pembuatan bioetanol. Bioetanol merupakan etanol (C2H5OH) yang diproduksi dari biomassa melalui fermentasi menggunakan yeast/khamir. Bioetanol ini memiliki keunggulan yaitu mudah terurai dan aman bagi lingkungan. Namun belakangan ini bahan yang digunakan untuk pembuatan bioetanol merupakan bahan-bahan pangan dan pakan. Hal tersebut menjadikan terjadinya persaingan antara penggunaan bahan tersebut sebagai bahan bioetanol maupun bahan pakan ataupun pangan. Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai panjang garis pantai 95.181 km menurut PBB pada tahun 2008. Oleh karena itu perlu adanya optimalisasi pemanfaatan pantai di Indonesia. Rumput laut Eucheuma cottonii merupakan jenis rumput laut yang banyak tumbuh di perairan Indonesia dengan kepadatan populasi yang tinggi. Rumput laut Eucheuma cottonii yang keberadaan dan lahan budidayanya melimpah hanya baru dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan tepung karagenan dan agar-agar saja. Rumput laut Eucheuma cottonii ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan krisis energi di tanah air sebagai bahan pembuatan bioetanol. Langkah awal dalam pembuatan bioetanol ini adalah rumput laut Eucheuma cottonii dicuci terlebih dahulu sampai bersih untuk menghilangkan tanah dan kotoran lainnya. Selanjutnya rumput laut direndam selama 24 jam pada air kapur untuk menurunkan kandungan garam. Kandungan lignin pada rumput laut Eucheuma cottonii dapat menghambat proses fermentasi pada pengkonservasian glukosa menjadi etanol, untuk itu perlu dilakukan delignifikasi dengan larutan NaOH 15% selama 1 jam. Kemudian memasuki proses treatment secara biologis, yaitu dengan memanaskan Eucheuma cottonii pada suhu 900-1000 C selama 30 menit. Eucheuma cottonii kemudian ditiriskan dan ditambahkan larutan EM4 yang mengandung Azotobacter sp., Lactobacillus sp., ragi, bakteri fotosintesik dan jamur pengurai selulosa. Proses akhir adalah fermentasi dengan khamir Saccharomyces cerevisiae dalam kondisi anaerob. Setiap 3 hari hasil fermentasi berupa etanol ditampung dan dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun bahan bakar mesin pabrik-pabrik.

Namun, ada beberapa masalah yang terjadi terkait hal ini yaitu:

  1. tidak adanya pemahaman yang memadai oleh masyarakat natuna atas potensi alam yang mereka miliki sehingga menimbulkan masalah seperti negara tetangga yang ingin mengambilnya.
  2. kurangnya sosialisasi dari pemerintah tentang pemanfaatan atas bantuan yang di berikan

Inovasi yang dapat membantu rantai perputaran pemanfaatan sumber daya tersebut ialah dengan membentuk PT (Perseroan Terbatas) sebagai pihak ke – 3 yang menghubungkan hubungan antara Kementrian Kelautan dan Perikanan dengan Pemerintah daerah Natuna serta menjadi supplier dari pemanfaatan tersebut sehingga output dapat tersalurkan dengan baik. Seperti yang kita ketahui, bahwa sumber daya laut ini bisa di manfaatkan sebagai bahan baku biogas yang sangat berguna untuk negara Indonesia.

Jika memposisikan sebagai PT (Perseroan Terbatas) yang menjembatani hubungan antara KKP dan Pemerintah daerah Natuna, PT ini nantinya akan menjadi supplier dari hasil olahan sumber daya laut Natuna dan juga sebagagai consultant Training Manajemen Sumber Daya Manusia untuk masyarakat Natuna yang nanti akan memberikan banyak pengetahuan tentang pengolahan rumput laut dan bagai mana me – manage nya dengan baik. Nantinya selain menjadi supplier dari sumber daya laut tersebut, PT ini juga akan menjadi memposisikan sebagai Manajemen SDM, Pelatihan dan Pengembangan bagi masyarakat natuna yang akan berkecimpung di pemanfaatan sumber daya alam ini. 

Objective

  1. Mengerti dan memahami tujuan utama dari pemanfaatan sumber daya alam
  2. Memahami tentang fungsi – fungsi dari pengelolaan sumber daya alam yang ada
  3. Melaksanakan proses manajemen SDM sesuai dengan peraturan perundangan dan kebijakan manajemen perusahaan
  4. Meningkatkan keterampilan & produktivitas kerja manajemen SDM di Perusahaan secara efektif dan efisien
  5. Memahami sistimatika pengelolaan manajemen SDM secara baik dan benar

Selain itu, Indonesia dapat mengadaptasi dari Jepang tentang bagaiman mereka mengolah kekayaan lautnya dengan baik sehingga mebuat mereka menjadi salah satu negara dengan ekspor budidaya laut terbesar di dunia dan rakyatnya pun dapat menikmati hasil kekayaan lautnya dengan baik.

Seperti halnya aquaculture yang dilakukan demi  penangkaran maupun pemeliharaan varian  tumbuhan perairan dengan menggunakan air (laut) sebagai komponen pokoknya dan teknologi kelautan Jepang seperti radar produksi Japan Radio Co. Alat ini berfungsi untuk mendeteksi kapal-kapal asing yang masuk ke perairan Indonesia sejauh (radius) 150 kilometer.  Satu radar memonitor sembilan titik dengan satu titik kendali yang menjangkau lebih dari 50 nautical miles.

Sources:

https://www.researchgate.net/publication/320475940_PENDAYAGUNAAN_SUMBER_DAYA_GENETIK_RUMPUT_LAUT_SEBAGAI_SUMBER_ENERGI_ALTERNATIF_DI_MASA_DEPAN

https://kecpulautigabarat.natunakab.go.id/sekilas-tentang-kecamatan-pulau-tiga-barat/

http://www.digitalmania.id/rumput-laut-bahan-bakar-alternatif-pengganti-fosil/

https://www.kompasiana.com/rara-khenti/552b2d9a6ea834647e552d0a/bioetanol-rumput-laut-eucheuma-cottonii-sebagai-energi-alternatif-bahan-bakar-yang-terbarukan-dan-ramah-lingkungan

https://carajadikaya.com/peluang-usaha-di-bidang-maritim/

https://news.detik.com/opini/d-1176181/quo-vadis-kekayaan-laut

https://www.mmindustri.co.id/indonesia-adopsi-teknologi-kelautan-jepang/

https://economy.okezone.com/read/2019/02/01/320/2012511/10-negara-penghasil-ikan-terbesar-di-dunia-ada-indonesia?page=3

Shark in Suits are:

Amelia Septian Aryamti

Aryo Arifuddin

Rahadian Andrie Zar


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
1
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
2
OMG
Win Win
1
Win
Sharkinsuits

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format