Specialty Coffee Sebagai Penyelamat Desa


4
1 share, 4 points

Desa Bansari 

Desa Bansari merupakan salah satu dari beberapa wilayah di Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah yang berada persis di antara dua gunung yaitu gunung Sumbing dan Sindoro dimana Desa Bansari yang terletak di ketinggian 500 m dari permukaan laut, Masyarakat di desa Bansari bermata pencaharian di dominasi pada sektor pertanian. Tingkat pendidikan dan sumber daya yang rendah masyarakat setempat hanya mengandalkan pekerjaan mereka untuk bercocok tanam dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya yang hasilnya tidak menentu yang membuat perekonomian di desa tersebut kecil. Pertumbuhan ekonomi di desa Bansari khususnya masih di bawah rata-rata dari pertumbuhan di wilayah lainya di Kabupaten Temanggung dengan rata-rata lama sekolah yang rendah dan penduduk di desa Bansari yang masih hidup dibawah garis kemiskinan [1]. 

                                             

Memiliki tingkat kesejahteraan yang rendah Desa Bansari menyimpan banyak Potensi salah satunya adalah potensi pertanian, berada di daerah yang memiliki cuaca dan sektor lahan yang mendukung serta curah hujan yang baik dalam bidang pertanian ini maka banyak jenis tanaman yang bisa di kembangkan salah satunya kopi, seperti yang kita tahu tanaman kopi merupakan tanaman yang dapat tumbuh di dataran tinggi dimana Desa Bansari cocok dengan penanaman tumbuhan kopi ini, kegiatan sentra kopi ini juga sebagai wadah untuk masyarakat dalam pengembangan penanaman untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Pemerintah setempat berharap potensi-potensi yang dimiliki Desa Bansari dapat terus dikembangkan khususnya dalam penanaman ataupun pengolahan biji kopi ini oleh masyarakat, tentunya dengan adanya pendampingan secara khusus agar menghasilkan biji kopi pilihan yang terbaik.

Specialty Coffee sebagai perubah nasib

Berbicara mengenai potensi di daerah temanggung, salah satu potensi yang paling besar yang terdapat di daerah temanggung adalah potensi kopi. Jumlah ekspor kopi yang dilakukan dari jawa tengah adalah sekitar 10.450.502 ton, atau apabila diperkirakan,jumlah tersebut sebesar US$ 9.667.787 dengan rata-rata harga per kilogramnya adalah US$ 0,9249. Selain melakukan ekspor, terdapat alternatif yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan potensi kopi tersebut, yaitu adalah dengan cara membuat speciality coffee dari wilayah temanggung, khususnya Desa Bansari .

Speciality coffee sendiri didefinisikan sebagai jenis kopi yang tumbuh dalam keadaan tertentu seperti iklim, ketinggian, dan lokasi tertentu. Selain itu, Speciality coffee juga pada umumnya memiliki rasa yang khas yang menjadi ciri khas dari kopi itu sendiri. Speciality coffee juga merupakan kopi dengan kualitas yang sangat baik, tingkat kecacatannya sangatlah minim, bahkan hingga tidak menghasilkan cacat sama sekali. Untuk mendapat predikat Speciality coffee, kopi tersebut harus mendapatkan nilai minimal 80 dari 100 dari Coffee-Tasting Process¬. Hal lain yang menjadi sangat penting bagi produk Specialty Coffee adalah bagaimana menjaga Quality Control terhadap kopi-kopi yang mereka buat. Hal ini juga adalah yang menjadi pembeda antara penghasil Speciality Coffee dengan produk kopi biasa .

Kopi-kopi yang tumbuh di temanggung sangat berpotensi menjadi Speciality Coffee karena memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Jenis-jenis kopi yang tumbuh di temanggung merupakan jenis kopi yang berkualitas tinggi seperti Arabica dan robusta.
  • Kopi yang berasal dari temanggung ditanam pada dataran tinggi. Hal ini akan meningkatkan kualitas cita rasa dari kopi itu sendiri.
  • Cara pengolahan basah (Wet Hulling) dari kopi asal temanggung memiliki keunikan tersendiri yang nantinya akan berpengaruh terhadap cita rasa kopi tersebut.
  • Umumnya kopi-kopi yang ditanam sudah organik

Dengan melihat keunggulan-keunggulan dari kopi yang ditanam di temanggung, potensi kopi temanggung menjadi speciality coffee cukup besar. Hal ini terlihat dari tingkat produktivitas kopi yang berasal dari temanggung masih tergolong rendah, yaitu masih pada angka 1 ton green bean per hektar per tahunnya. Dengan menjadikan kopi temanggung menjadi speciality coffee, tentu saja akan meningkatkan produktivitas dari kopi temanggung dan akan membawa kopi-kopi lokal ke pasar internasional. Selain itu, manfaat menjadikan kopi temanggung menjadi Speciality Coffee adalah untuk meningkatkan harga kopi itu sendiri. Sebagai perbandingan, harga salah satu jenis kopi yaitu kopi gesha memiliki tingkatan harga yang sangat tinggi yaitu sebesar Rp 28 juta rupiah. Hal tersebut dapat terjadi karena kopi gesha adalah merupakan salah satu Speciality Coffee dengan kualitas yang sangat baik serta dalam penanamannya mendapatkan quality control yang baik, sehingga menghasilkan produk kopi yang baik. Hal tersebut tentu saja juga dapat diterapkan kepada penanaman kopi temanggung.

Tokoh pengusaha yang handal bisa menjadi pendorong sekaligus pemimpin terjadinya sebuah perubahan ekonomi menjadi lebih baik di suatu tempat. Dengan adanya potensi di desa ini seperti penjelasan di atas, tokoh yang dibutuhkan untuk membentuk bisnis specialty coffee dirasa cocok dengan karakter Adi Pramudya. Ia adalah seorang pengusaha rempah muda yang telah berhasil mengirim rempah ke Shanghai. Untuk dapat mengirim rempah ke Shanghai tentu memerlukan quality control yang sangat baik, hal ini mirip dengan karakter specialty coffee yang membutuhkan ketelitian dalam setiap tahap mulai dari penyemaian, perawatan, panen, pasca panen, roasting, hingga penyeduan. Tahap demi tahap harus dipastikan kualitasnya agar hasil dapat maksimal, untuk itu dibutuhkan kontrol yang ketat agar petani dapat terus meningkatkan kualitas dan efisiensi alu pekerjaannya.

Profil Adi Pramudya

Adi Pramudya, lahir dari keluarga pedagang yang sekarang berumur 25 tahun ini berasal dari Pati merantau ke Jakarta untuk menjadi petani. Ia sempat mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Universitas Telkom di Bandung tapi lebih memilih untuk ke Jakarta karena memiliki kakak untuk menumpang di rumahnya, sehingga tidak terlalu terbebani masalah tempat tinggal. Adi memulai karirnya dengan menjadi sales deterjen untuk membayar biaya masuk perguruan tinggi swasta di Depok, dilanjutkan dengan usaha jus buah dan piscok namun tidak berlangsung lama karena kehabisan modal. Setelah itu ia menyewa lahan 1 hektar dengan dana pinjaman kepada kakaknya untuk ditanami singkong di jonggol. Setelah sukses menanam singkong, ia melanjutkan menanam rempah rempah seperti lengkuas, jahe, dan kencur. Hingga saat ini Adi berhasil mengelola 27 hektar, "Sebanyak 30 ton kali Rp 2000 per kilogram bisa Rp 60 juta per hektar. Permintaan bahan rempah lebih unlimited. Saya juga ekspor ke Shanghai dalam bentuk rajang kering untuk obat dan kuliner juga," ungkap Adi. Adi bersama teman temannya juga usaha ayam broiler yang berhasil mendapatkan keuntungan omset hingga Rp 9 miliar setiap memanen dengan waktu yang dibutuhkan 35 hari masa pemeliharaan [2].

Adi mengaku bahwa latar belakang ia menjadi petani tidak hanya karena memiliki omset yang besar tetapi menjadi petani memiliki nilai ibadah. Setiap tanaman yang kita tanam akan menjadi daging saat dikonsumsi oleh pembeli. Daging yang tumbuh akibat makanan yang ditanam ini akan memberikan energi untuk beraktivitas dan akan melekat pada tubuh yang berarti menjadi amal jariyah bagi Adi. Motivasi inilah yang membuat Adi terus bersemangat mengembangkan usahanya hingga Adi akhirnya diberi penghargaan sebagai Young Heroes oleh program Kick Andy yang dipilih dari seluruh Indonesia [3].

Sektor pertanian diperkirakan akan dipilih sebagai penyelamat ekonomi desa

Kekayaan alam Indonesia sudah tak diragukan lagi, secara geografis Indonesia terletak di garis khatulistiwa dan terletak ring of fire ini menyebabkan Indonesia memiliki permukaan tanah yang sangat subur dan memiliki iklim yang sangat baik untuk kebanyakan tanaman. Dipilihnya kopi pada desa ini dikarenakan potensi yang sudah dibahas di atas, desa ini memiliki ketinggian yang sudah cocok dengan tumbuhan kopi arabika.

CV sebagai bentuk badan usaha

CV atau Commanditaire Vennootschap merupakan suatu badan usaha persekutuan yang belum memiliki badan hukum. Pendirian CV tersebut harus menggunakan akta juga harus didaftarkan secara resmi. Anggota Cv terdiri dari sekutu aktif dan sekutu pasif. Pembentukan CV di desa bansari kabupaten Temanggung akan menjadi unit usaha yang dapat mencontohkan pada warga setempat sekaligus dapat menjadi mitra bagi yang ingin bergabung dalam usaha specialty coffee [4]. 

Dengan hadirnya Adi Pramudya di desa Bansari dengan membuat unit usaha di desa tersebut, diharapkan dapat menjadi roda penggerak petani sekitar. Adi Pramudya akan bekerja sama dengan ahli specialty coffee yang ada di indonesia dan sekaligus influencer guna mempercepat pemasaran agar lebih tepat sasaran. Ahli kopi yang dapat menjadi partner dalam membangun usaha ini adalah Eko Purnomowidi. Beliau adalah seorang senior advisor koperasi klasik beans, yang sudah sangat berpengalaman di dunia specialty coffee. Koperasi klasik beans mulai dari tujuan awal untuk mengurangi longsor yang sering terjadi di lereng karena ditanami sayur sayuran, hingga akhirnya muncul ide untuk menanam kopi karena karakter pohon kopi mencegah terjadinya longsor.

Standar yang diterapkan di specialty coffee itu cukup tinggi  hingga memikirkan keberlangsungan kesehatan tanah puluhan tahun kedepan, petani umumnya kesulitan untuk diajak mitra sehingga unit usaha ini di awal akan memulai dengan membeli lahan di desa tersebut dan mulai menanam sesuai dengan standar specialty coffee. Saat hasil sudah terlihat dan terbukti bahwa menanam dengan standar specialty coffee memiliki nilai jual tinggi, barulah perusahaan bisa mengajak petani lokal menjadi mitra untuk mulai menanam dengan standar yang sama. Dengan strategi seperti ini diharapkan pendapatan mitra unit usaha ini dapat meningkat. Penjualan biji hasil olahan ini dijual ke pasar internasional karena dengan kualitas yang sangat dijaga, harga biji kopi dapat dijual dengan harga yang sangat tinggi. 


[1] Indeks Desa Membangun, (http://idm.kemendesa.go.id/idm_data?id_prov=33&id_kabupaten=3323&id_kecamatan=332301&id_desa=3323012017&tahun=2019, diakses 4 Maret 2020)

[2] Jadi Petani, Adi Pramudya Ekspor Lengkuas ke Shanghai (https://www.suara.com/lifestyle/2018/03/12/102247/jadi-petani-adi-parmudya-ekspor-lengkuas-ke-shanghai?page=2, diakses 4 Maret 2020)

[3] Adi Pramudya, Pengusaha Sukses di Bidang Pertanian (http://orisinal.id/2018/03/adi-pramudya-pengusaha-sukses-di-bidang-pertanian/, diakses 4 Maret 2020)

[4] Jurnal Manajemen (https://jurnalmanajemen.com/pengertian-cv/#Pengertian_CV, diakses 5 Maret 2020)

The X Men:

  • Adhika Isthianto Utomo
  • Dwitya Pradipto Darmawan
  • N. Azizia Gia Mutiarasari
  • Intan Farida Khasanah

Like it? Share with your friends!

4
1 share, 4 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
1
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
3
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
thexman

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format