Mengapa Konten Kontroversial Lebih Viral?


0

Video – Blogging atau yang biasa disingkat menjadi 'Vlog' adalah kegiatan yang mengabadikan atau merekam sesuatu yang sedang terjadi dengan menggunakan video kamera baik dari ponsel maupun dari kamera. Vlog dapat dinikmati oleh siapa saja dan dimana saja dengan aplikasi Youtube, tentunya penggolongan umur harus diperhatikan. Pada era ini, kegiatan vlog kerap kali digunakan oleh kebanyakan orang, terutama dari kalangan artis, influencer, maupun selebgram. Tak sedikit juga orang awam mulai belajar membuat vlog untuk membagikan ilmu maupun pengalamannya. 

Semenjak banyak orang memanfaatkan Youtube untuk mengabadikan atau merekam suatu kejadian, Youtube menjadi salah satu sarana personal branding. Siapa saja dapat dengan mudah membuat dan menjadi penikmat vlog, maka dari itu banyak sekali artis, influencer, maupun selebgram menjadikan Youtube sebagai mata pencaharian. Youtube menjadi mata pencaharian karena menerapkan sisten adsense dengan cara menampilkan iklan di video yang sedang dilihat. Sebagai artis, influencer, maupun snapgram mereka harus menjaga nilai yang mereka jual ke penonton, supaya penonton tetap menjadi penonton setia mereka.

Selain mampu menjadi sarana untuk membagikan ilmu, pengalaman, dan mata pencaharian, ternyata Youtube juga memiliki sisi negatif. Banyak sekali konten yang melanggar etika, tapi justru konten ini yang disukai masyarakat Indonesia. Saat ini, masyarakat Indonesia lebih sering melihat konten yang kontroversial daripada konten yang mendidik. Kami melakukan penelitian dengan 3 konten, 1 konten yang kami anggap mendidik, dan 2 konten yang kami anggap melanggar etika, yaitu :

  1. VOA Creative Talk : Diskoria – VOA Indonesia
  2. SLAP OR KISS ( CIUM ATAU TAMPAR ) CHALLENGE PUBLIC PRANK !!!! #5 – MIDOLLO VITA
  3. Q & A : WAKTUNYA BUKA – BUKAAN! – Keanu Agl

Menurut kami, konten VOA Indonesia memiliki banyak sekali manfaat yang bisa diambil, namun jika dilihat dari viewers, konten VOA Indonesia masih kalah jauh dengan konten MIDOLLO VITA dan Keanu Agl. Dari penelitian ini, kami membedah elemen yang ditampilkan oleh Youtuber, dan kami menemukan beberapa elemen yang dianggap sebagai patokan mengapa konten tersebut disukai oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, diantaranya :

  1. Sinematografi
  2. Backsound
  3. Sound effect
  4. Animasi
  5. Thumbnail
  6. Persistansi Upload
  7. Durasi
  8. Kekuaran Penokohan Karakter
  9. Pesan Moral
  10. Tema

Penjelasan

  1. Sinemagrafis adalah adalah ilmu terapan yang merupakan teknik menangkap gambar dan menggambung – gambungkan gambar tersembut menjadi rangkaian gambar yang menyampaikan ide dan cerita. Kegunaan sinemagrafis / sinematografi adalah teknik para sinematografer atau direktur fotograpi untuk menciptakan suatu seni tersendiri  terhadap videonya untuk membuat video menjadi lebih menarik ditonton.
  2. Backsound adalah suara latar atau suara pengantar untuk memberikan penambahan kesar terhadap video. Kegunaan Backsound adalah memberikan dukungan visual dalam video. membuat videomu menjadi tidak membosankan, memberikan perasaan para penonton dengan memanjakan telinga para penonton dengan backsound agar penonton lebih betah melihat konten video.
  3. Soundeffect adalah merupakan suara selain dialog yang dihasilkan melalui orang ataupun benda. Efek suara pada film digunakan untuk menekankan kesan realita terhadapa video menciptakan ilusi dan ruang cerita. Kegunaan soundeffect yaitu memberikan gambaran mengenani suasa cerita melalui suara, menunjukkan waktu dalam cerita, misalnya suara burung, jangkrik menunjukan waktu malam jari, memberikan cita rasa atau kesenangan pada seseorang dengan adanya suara seperti ombak atau angin yang membawa kesejukan.
  4. Animasi merupakan gambar begerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek kemudian disusun secara khusus supaya bergerak sesuai alur cerita yang dibuat. Kegunaaan animasi adalah menarik perhatian dengan adanya pergerakan dan suara yang selaras agar membentuk karakteristik suatu video menjadi terlihat lebih keren.
  5. Thumbnail adalah permukaan isi materi suatu video dalam bentuk gambar awal video. Kegunaan Thumbnail adalah menampilkan gambaran awal dalam suatu video tujuan agar memancing para penonton untuk menonton video tersebut.
  6. Persitanse upload adalah kehadiran atau kerajinan untuk sering menghadiri atau mengapload suatu karya dengan tepat waktu dan teratur. Kegunaan Persintase Upload adalah memberikan penilaian atas kerajinan seseorang agar sebuah konten bisa mendatangi penonton karena banyaknya video dan keragaman video.
  7. Durasi adalah rentang waktu atau lamanya suatu hal atau sebuah peristiwa berlangsung. mengukur lama dan panjangnya peristiwa. Kegunaan durasi adalah membuat video terlihat lebih panjang dan lebih pendek dan membuat orang lebih mudah memilih durasi yang panjang atau pendek.

Penulis ( Squadron Supreme ) :

  1. Muhammad Alief A
  2. Anita Michella
  3. M. Firdaus Ar Ridho

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format