Bagaimana si Perilaku Konsumen Dalam Membeli Barang?

Konsumen seperti kita sering membuat banyak keputusan dalam membeli suatu barang, dan sering kali kita sendiri tidak mengetahui apa yang mempengaruhi keputusan kita


1
1 point

https://youtu.be/BR8da8mS14E

Konsumen seperti kita sering membuat banyak keputusan dalam membeli suatu barang, dan sering kali kita sendiri tidak mengetahui apa yang mempengaruhi keputusan kita dalam membeli suatu barang. Banyak perusahaan melakukan riset untuk mengetahui apa yang dibeli oleh konsumen, dimana mereka membeli, bagaimana dan berapa banyak mereka membeli, kapan mereka membeli, dan mengapa mereka membeli barang tersebut. Dengan melakukan riset pemasaran, pemasar mengetahui dasar bagaimana, apa, dan mengapa pembeli atau konsumen membeli barang dan jasa tertentu.

Apa sih yang mempengaruhi perilaku konsumen?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli suatu barang. Faktor – faktor utama tersebut adalah budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Ada beberapa bagian dimana seorang pemasar tidak dapat mengontrol faktor – faktor tersebut. Jadi, apa sih faktor yang mempengaruhi?

Faktor Budaya

Faktor budaya merupakan salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku dari pembeli dalam membeli suatu barang. Faktor – faktor kebudayaan memiliki pengaruh yang paling luas dan mendalam terhadap perilaku konsumen. Seorang pemasar harus memahami peran yang dimainkan oleh budaya, sub – budaya, dan kelas sosial dari pembeli.

  1. Budaya

Budaya merupakan hal yang paling dasar dalam mempengaruhi keinginan dan perilaku seseorang. Seorang pemasar harus mencari celah dari suatu budaya baru untuk menciptakan produk baru yang diinginkan oleh konsumen.

  1. Sub-budaya

Setiap budaya didalamnya terdapat sub-budaya yang berbeda seperti agama, komunitas, daerah wilayah, dan lain-lain. Pemasar dapat menggunakan kelompok-kelompok ini sebagai segmentasi pasar mereka. Contoh, pemasar membuat suatu barang yang menjadi kebutuhan dari suatu komunitas atau kelompok.

  1. Kelas sosial

Kelas sosial bukan selamanya ditentukan hanya dari penghasilan melainkan kombinasi dari pekerjaan, penghasilan, kemakmuran, dan faktor lain. Pemasar dapat melihat ini sebagai suatu kesempatan karena pembeli di dalam kelas sosial tertentu cenderung memiliki perilaku konsumsi yang sama sehingga pemasar dapat membuat suatu barang yang menjadi kebutuhan kelas sosial tersebut.

Faktor Sosial

Selain faktor budaya, perilaku seorang konsumen juga dipengaruhi oleh faktor – faktor sosial seperti perilaku kelompok, keluarga, serta peran dan status sosial dari konsumen.

Faktor Personal atau Pribadi

Keputusan seorang pembeli juga dipengaruhi oleh karakteristik pribadi , seperti usia pembeli, pekerjaan, kondisi ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri.

  1. Pekerjaan

Pekerjaan seseorang mempengaruhi barang dan jasa yang akan mereka beli. Kami ambil contoh pekerjaan tambang dan kontraktor. Pekerjaan mereka menuntut mereka untuk mempunya barang yang berdaya tahan kuat. Permintaan yang tinggi terhadap perusahaan tersebut pada akhirnya tercipta perusahaan yang bernama Caterpillar. Caterpillar merupakan perusahaan yang menjual barang-barang yang berdaya tahan kuat dan juga menjual alat berat yang berguna menunjang kegiatan dari pekerjaan tambang dan kontraktor.

  1. Usia

Usia seseorang mempengaruhi juga barang dan jasa yang akan mereka beli. Barang yang dibeli oleh orang-orang yang berumur 50 tahun ke atas akan sangat berbeda dengan orang-orang yang berumur dibawah 50 tahun.

  1. Kondisi Ekonomi

Kondisi ekonomi mempengaruhi perilaku dalam membeli suatu barang dan jasa. Orang – orang yang memiliki penghasilan yang kurang memiliki perilaku konsumen yang berbeda dengan orang yang memiliki penghasilan yang tinggi.

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup atau Lifestyle adalah gambaran tingkah laku, pola dan cara hidup yang ditunjukkan bagaimana aktivitas seseorang, minat dan ketertarikan serta apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri sehingga membedakan statusnya dari orang lain dan lingkungan melalui lambang-lambang sosial yang mereka miliki. Konsep gaya hidup ini dapat membantu pemasar mengerti alasan orang membeli suatu barang. Konsumen bukan hanya sekedar membeli barang melainkan membeli nilai dan gaya hidup yang digambarkan dari membeli produk tertentu.

Faktor Psikologis

Pilihan pembelian seseorang dipengaruhi pula oleh empat faktor psikologis utama, yaitu motivasi, persepsi, pengetahuan (learning), serta keyakinan dan sikap. Kita ambil contoh, terdapat 2 produk yang berbeda tetapi memiliki kegunaan yang sama. Kita sebagai pembeli yang akan membeli atau menggunakan produk ini akan melihat nih persepsi dan pendapat orang terhadap barang tersebut dengan melihat review review dari internet . setelah kita merasa cocok kemudian kita membeli  salah satu produk tersebut. dan ternyata persepsi seseorang terhadap produk tersebut walaupun memiliki komentar yang bagus, tidak sesuai dengan ekspektasi kita sebagai pembeli. ini dinamakan persepsi. kita sebagai konsumen akan belajar buat memahami dan menambah pengetahuan tentang produk yang akan dibeli. ini dinamakan proses belajar. setelah itu kita akan memiliki keinginan untuk membeli barang tersebut yang didasari akan kebutuhan. ini yang dinamakan motivasi. setelah itu kita menentukan sikap kita, apakah kita mau membeli barang ini atau tidak.

Apa aja sih tipe-tipe perilaku pembelian konsumen?

Dari karakteristik yang disebutkan di atas untuk mengerti akan karakteristik dari perilaku seseorang dalam membeli merupakan hal yang sangat krusial. Selain karakteristik yang harus dilihat pemasar adalah perilaku pembelian konsumen. Perilaku pembelian konsumen adalah perilaku pembelian konsumen akhir dan individu yang membeli suatu barang dan jasa untuk konsumsi pribadi. Perilaku pembelian konsumen dapat dibagi menjadi empat klasifikasi, yaitu perilaku pembelian yang kompleks, pengurangan disonansi, kebiasaan, dan pencarian variasi.

  1. Perilaku Pembelian Kompleks

Konsumen terlibat dalam pembelian yang rumit dan menyadari adanya perbedaan yang signifikan di antara beberapa merek.

  1. Perilaku Pembelian Pengurang Disonansi

Konsumen kadang terlibat dalam pembelian namun hanya melihat sedikit perbedaan dari beberapa merek.

  1. Perilaku Pembelian Karena Kebiasaan

Konsumen kurang terlibat dalam pembelian produk yang dibeli dan tidak adanya perbedaan merek yang signifikan. Jadi, konsumen membeli suatu produk atau barang yang sama bukan karena dia loyal terhadap satu produk melainkan hanya karena kebiasaan.

  1. Perilaku Pembelian yang mencari variasi

Dalam situasi ini, pembeli terlibat dalam pembelian barang walaupun rendah tetapi memiliki perbedaan merek yang signifikan. Jadi konsumen selalu melakukan perpindahan merek.

Apa proses-proses dalam pengambilan keputusan dalam membeli barang?

Ada lima tahap dimana pembeli melakukan pengambilan keputusan dalam membeli suatu barang dan jasa. Apa aja si proses-prosesnya? Pembeli perlu mengenal masalah yang dihadapi oleh pembeli yaitu permasalahan dalam memenuhi kebutuhan. Hal ini menjadi sangat penting bagi pembeli dalam mengambil keputusan karena dengan kita mengenal masalah apa yang menjadi kebutuhan, kita akan mudah mengambil keputusan dalam membeli barang. Setelah itu kita melakukan pencarian informasi. Pembeli akan mencari informasi dan mengumpulkan informasi akan barang yang akan mereka beli. Dengan mengumpulkan berbagai informasi, pembeli menjadi tahu ada beberapa barang yang dapat memecahkan masalah mereka. Kemudian pembeli melakukan evaluasi alternatif untuk mengevaluasi beberapa produk yang sudah mereka pilih untuk mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan pembeli. Saat sudah dirasa tepat dalam memilih barang, pembeli akan melakukan transaksi barang dan jasa yang dipilih. Lalu pembeli melakukan evaluasi pasca pembelian. Mereka melakukan evaluasi apakah mereka puas dengan barang yang mereka beli, dan apakah barang yang mereka beli memecahkan masalah mereka. Disaat mereka merasa tidak cocok, mereka akan meninggalkan barang tersebut dan mencari kembali barang yang sesuai dengan keinginan mereka.

KONTRIBUTOR

Ryan Moses Nathael

Sabita Rahma Putri

Radityo Dwi Laksono

SUMBER BUKU

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
HawkEyes

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format