The Inlet & Beachfront Hotel: Inconsistency berujung kegagalan? (Hotel Hell Season 3 eps. 7)

Sebuah hotel bernama The Inlet & Benchfront di Florida memiliki masalah opersasional yang membuat hotel itu di ujung kegagalan.


0

Sebuah hotel bernama The Inlet & Benchfront di Florida di pertengahan orlando dan miami, pesisir pantai atlantik florida yang di jalankan oleh pemilik muda bernama Brian Paul memiliki masalah tidak bisa mengcontrol staf-staf yang bekerja di hotel tersebut.

Hotel ini dibuka tahun 2012, Brian paul sendiri memiliki latar belakang sebagai seorang CEO pasar ikan yang di jalankan dengan saudaranya yang dimana pasar ikan itu adalah warisan dari ayah mereka sendiri. Menurut beberapa pekerja disana, mereka berasumsi bahwa Brian tidak memiliki pengetahuan tentang managing hotel sebelumnya, selalu menganggap remeh  suatu hal dan Brian mempekerjakan beberapa teman temanya di hotel yang di mana terlihat teman teman Brian seperti memanfaatkan Brian dan keadaan sekitar. Bahkan brian pernah pernah mengembalikan sejumlah uang/refund kepada customer karena tidak bisa mengatur kebisingan antar penghuni dan lingkungan sekitar hotel  kamar sehingga banyak customer merasa terganggu.

Salah satu teman tersebut adalah Ben. Dia bekerja sebagai kepala koki di hotel tersebut. Beberapa pegawai mengatakan banyaknya ketidak konsistenan dalam penyediaan makanan di hotel tersebut. Ben beranggapan bahwa hotel ini tidak punya fokus yang baik, hotel ini sewaktu waktu bisa menjadi club malam, restaurant, bar, tempat pernikahan, tempat konser, tempat acara natal. Brian tidak bisa memecat Ben sang kepala koki di restaurant hotelnya di karenakan Ben adalah temanya sejak kecil dan ia merasa sungkan.

Ketika gordon ramsey (Host) mengunjungi hotel tersebut, first impression yang ia dapatkan sangat buruk, ruang receptionist yang berantakan dan tidak memiliki esensi pada designya, pemanggan makanan yang kotor, kamar yang bau dan arsitektur yang tidak memiliki tema hotel pinggir pantai. Gordon ramsey menemukan salah satu kecurangan di hotel itu yaitu dengan mencantumkan makanan sea food yang fresh tetapi kenyataannya semua makan tersebut adalah makanan yang di bekukan, hal ini tidak sesuai dengan slogan restaurant di hotel tersebut yaitu menydeiakan makanan laut yang segar. Ironisnya, Brian memiliki pasar ikan sendiri namun tidak mampu menyediakan ikan yang segar di restaurantnya. 

Brian memungkiri kesalahan dia dalam managing hotel dan tidak sadar bahwa ia tidak memiliki kuasa. Ia tidak mendengar keluh kesah beberapa karyawanya yang mengatakan bahwa restaurant ini sangat tidak konsisten. Gordon ramsay pun mendatangkan beberapa customer Brian yang beberapa kali pernah menginap di hotel ataupun berkunjung ke restaurant tersebut. Semua customer menyatakan keluh kesah mereka terkait hotel ini seperti tidak jelasnya restaurant hotel ini, apakah bisa disebut restaurant atau sebuah bar, lalu juga tidak sigapnya pelayanan karyawan di sana, hotel yang kotor, kebisingan di hotel dan karyawan yang tidak jujur 

Lalu gordon ramsay juga menghadirkan saudara Brian bernama Eric yang juga pemilik dari pasar ikan yang di kelola Brian. Brian meminta pinjaman dana untuk  meng-upgrade fasilitas tangible yang ada di hotel ini. Namun Eric ragu akan keputusan Brian di karenakan Brian merupakan orang yang tidak konsisten dan tidak memiliki power atas karyawanya.

Pada puncaknya Gordon ramsey dan tim Hotel Hell memberikan fasilitas seperti renovasi kamar, perbaikan menu restaurant dan  perbaikan operasionalnya. Dan juga, tim Hotel Hell mengundan walikota Florida sebagai tamu di restaurant hotel tersebut setelah perombakan. Malam itu, terjadi banyaknnya miskomunikasi antar pegawai, di antaranya, makanan walikota yang tidak kunjung sampai, masakan yang tidak layak untuk di sajikan dan tentu saja kepala koki mereka Ben yang tetap tidak bisa menaatin peraturan di perushaan tersebut. Akhirnya, episode ini di akhiri dengan Gordon Ramsay meninggalkan restaurant tersebut karena kecewa pada Brian yang tidak pernah mendengarkan nasihatnya akan menempatkan posisinya sebagai mana boss pada hotel tersebut. Gordon pergi dengan kecewa yang besar. Namun di akhir episode, di kabarkan setelah 4 bulan setelahnya, Brian tetap tidak bisa membayar hutang yang ia pinjam dari saudaranya namun Brian akhirnya memecat Ben sang kepala koki dan menggantikan dengan Kepala koki yang lebih berpengalama dan juga room service yang lebih baik.

Hal tersebut membuat beberapa poin acuan yang menuju pada pokok permasalahan yang berkaitan dengan teori tentang manajemen service dan operating manufactur, di video ini jelas tergambar bahwa:

  1. Brian sebagai CEO benar-benar tidak merencanakan produknya (jasa hotel) dalam memberikan pelayanan, sehingga planning atau persiapan tidak di pikirkan secara matang,contohnya pada bagian restoran yang kadang bisa berubah fungsi seketika sehingga tidak ada standart baku dalam memberikan pelayanan yang dapat menyebabkan gangguan bagi pengunjung

  2. terlihat tidak adanya koordinasi yang baik antara divisi-divisi didalam hotel tersebut, contohnya bagian dapur dan pelayanan tidak saling terkoordinasi dengan baik sehingga pengunjung tidak dapat pelayanan dengan baik.

  3. Brian sebagai CEO seharunya menyusun routing & Scedulling dengan benar, di vidio ini terlihat bahwa urutan kerja dalam pelayanan tidak tersusun dengan rapi contohnya pelayanan pada restoran 

  4. Brian tidak melakukkan perbaiakan dan maintenance dengan baik terhadap fasilitas kamar hotel, contohnya AC yang rusak, PIntu yang kotor, bau yang tidak sedap pada kamar hotel dan handuk tidak tersedia pada tiap-tiap kamar pengunjung.

  5. pengelolaan Inventori yang buruk, dimana digambarkan bahwa penyimpanan barang-barang tidak tertata dengan baik.

  6. kualitas benar-benar tidak dikawal dengan baik(quality control), Brian sebagai CEO tidak mengawasi fasilitas, pegawai, alur kerja/produksi dengan benar, terdapat conflic of intrest disini, Brian seharusnya menjadi wistle blower untuk perubahan sehingga TQM tercapai dan dapat penilaian baik dari pengunjung/konsumen.

Saran dan solusi yang dapat disimpulkan dari permasalahan hotel tersebut :

  1. Agar hotel menyediakan semua kelengkapan pada hotel pada tiap-tiap kamar para pengunjung.

  2. Menjaga kualitas masakan dan menyeleksi apabila ada bahan makanan yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi  agar dibuang. 

  3. Mengatur rantai pasok makanan di restoran dan memilih supplier yang mampu menawarkan produk yang masih segar selain itu supplier juga sudah teruji di kota tersebut supaya jika terjadi hal buruk misalnya kualitas tidak baik dan sering terlambat dapat dipertanggungjawabkan. 

  4. Mencari kandidat para pekerja yang kompeten bukan hanya karena relasi atau kolega belaka.

  5. Memberikan briefing  kepada karyawan agar dalam melayani konsumen terkendali dengan baik.

Best Practice : Ngeluwungan Boutique Villa, Bali 

Layanan: Walaupun pada villa ini tidak memiliki manajer dan tim saling membantu sebagai keluarga dengan pola pikir otonom. Para tamu kami juga diperlakukan seperti keluarga, dan kami menawarkan layanan dengan fleksibilitas pada semua yang kami lakukan, jarang ditemukan di zaman sekarang ini dan karena kami belajar sangat dihargai.

Menawarkan opsi untuk semua layanan(termasuk yang tidak terkait dengan kami) juga terbukti diterima dengan baik dan membantu kami mencapai dan mempertahankan kepuasan pelanggan pada tingkat yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya.

Dalam suatu hotel terdapat berbagai macam departemen seperti Housekeeping, Front Office, Foods & Beverages Production, Foods & Beverage Service, dan lain-lainnya. Tiap departemen memiliki peran penting untuk memberikan kepuasan bagi konsumen dan pelanggannya.


Source:

https://www.youtube.com/watch?v=hnhdO2ixBQQ

Sharik in suit are:

Amelia Septian Aryamti

Aryo Arifuddin

Rahadian Andrie Zar


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Sharkinsuits

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format