Natural Homemade Anti Mosquito Lotion


0

Cuaca ekstrem dan banjir seperti beberapa minggu ke belakang meningkatkan risiko penyebaran penyakit, salah satunya demam berdarah (DBD) di musim hujan. Demam berdarah menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan hanya nyamuk betina yang mentransmisikan virus DBD. Nyamuk ini biasanya menyerang di siang dan petang hari, baik di dalam maupun di luar rumah. Dalam rentang tiga bulan, kasus demam berdarah dengue (DBD) telah merenggut 104 orang. Angka tersebut dicatat Kementerian Kesehatan dari Januari sampai awal Maret 2020.

Selain melakukan pencegahan serangan nyamuk tersebut dengan cara 3M (menguras, mengubur, dan menutup), alternatif lainnya dengan menggunakan lotion. Lotion yang kami produksi ini berbahan alami dan relatif lebih aman bila digunakan di kulit. Meski berbahan alami, resep lotion ini tak kalah ampuh dan efektif menangkal serangan nyamuk. Lotion ini terbuat dari bahan alami seperti daun serai, daun pandan, biji klabet dan minyak zaitun. Bahan utama daun serai ini terbukti mampu mengusir nyamuk sedangkan daun pandan dan biji klabet membuat aroma pada lotion ini menjadi lebih wangi. Semua bahan mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau. Penasaran kan dengan cara bikinnya ?? Cek dibawah ya.

Bahan yang Dibutuhkan

Pembuatan lotion anti nyamuk ini tergolong mudah dan bahan-bahan yang diperlukan juga sangat familiar dan mudah ditemukan di berbagai pasar atau supermarket. Selain mudahnya pembuatan serta mudahnya mendapat bahan-bahan yang diperlukan, waktu pembuatan lotion ini juga cukup sebentar hanya membutuhkan waktu 15 menit – 30 menit untuk meracik segala bahan dan menunggu 2 jam didalam kulkas/ freezer untuk membuat lotionnya agak padat dan dapat digunakan. Untuk membuat lotion anti nyamuk,dibutuhkan bahan & material sebagai berikut :

Bahan :

  • Daun Serai 5 helai yang sudah dipotong-potong

  • Daun Pandan 2 helai yang sudah dipotong-potong

  • Biji Klabet secukupnya

  • Minyak Zaitun secukupnya

  • Air Panas 

Alat yang digunakan :

  • Wadah/Jar sebagai tempat penyimpan lotion

  • Baskom

  • Blender

  • Pisau

  • Talenan

Dari bahan-bahan yang tadi sudah disebutkan, pembuatan lotion anti nyamuk homemade ini memerlukan biaya yang murah & ekonomis yaitu sebesar Rp 28.000,00 dapat membuat 2-4 jar lotion anti nyamuk homemade ini.

Cara Pembuatan Natural Home Made Anti Mosquito Lotion

  1. 1 Bersihkan semua bahan yang telah disiapkan terutama serai dan hanya gunakan batangnya saja kemudian siram dengan air panas agar aroma serei lebih keluar dan bahan menjadi lebih steril


  2. 2 Potong serai menjadi lebih kecil agar mudah untuk diproses ke tahap selanjutnya


  3. 3 Haluskan dengan blender semua bahan termasuk didalamnya adalah serai, biji klabet, dan minyak zaitun kemudian sisihkan setelah semua bahan halus


  4. 4 Siapkan dalam wadah potongan daun pandan dan campur dengan minyak zaitun proses ini dilakukan bertujuan untuk mengeluarkan aroma pandan, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit


  5. 5 Sembari menunggu daun pandan yang direndam dengan minyak zaitun masukkan campuran serai yang telah diblender ke wadah yang telah disiapkan sebelumnya dan padatkan campuran sereh tersebut


  6. 6 Setelah 15 menit siramkan minyak zaitun yang telah direndam dengan pandan ke wadah campuran serai yang telah disiapkan sebelumnya dan padatkan campuran tersebut


  7. 7 Simpan lotion serai tersebut di dalam lemari pendingin selama kurang lebih 1 sampai 2 jam

  8. 8 Setelah 2 jam didinginkan Lotion siap digunakan, dan tetap simpan lotion dalam lemarin pendingin agar tahan lama


    Strategi Harga Produk

    Strategi harga pasar yang digunakan adalah penetration price. Strategi ini dilakukan pada saat memasuki pasar, karena produk ini tidak diproduksi secara masal maka penetration price tidak dapat dilakukan secara ekstrim dan cara yang digunakan adalah dengan mengurangi proporsi margin yang sudah ditetapkan pada perencanaan bisnis. Total cost produk ini sebesar RP14.000/jar dan margin ditetapkan Rp10.000 maka produk dapat dipasarkan dengan harga Rp24.000 hal ini bertujuan agar produk dapat diterima lebih baik oleh pasar.

    Strategi distribusi

    Strategi distribusi yang digunakan untuk memasarkan produk adalah:

    1. Physical distribution and Transportation

    Sebagian besar produk akan didistribusikan dengan  bantuan pihak ketiga (JNE, TIKI, GO-Jek dsb) jika via e-commerce (facebook, shoopee, instagram, bukalapak, blibli.com) dan akan diantarkan langsung apabila melakukan pembelian secara langsung dan  pameran. Sarana transportasi yang digunakan sangat beragam sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pelanggan. 

    2. Warehousing

    Semua bahan baku dan produk jadi ditempatkan di gudang khusus yang dirancang  spesifik untuk menjaga kualitas produk

    3. Material Handling

    Karena semua bahan yang digunakan alami fokus utama adalah menjaga suhu produk agar kualitas bahan baku dan produk jadi terjaga.

    Strategi Promosi

    Komposisi produk yang berasal dari bahan-bahan alami membuat produk ini bisa dipakai oleh semua kalangan baik yang berusia muda, tua bahkan balita sekalipun. Platform media sosial sangat cocok untuk mengenalkan produk ini ke semua kalangan customer tersebut. Media sosial yang akan digunakan seperti facebook untuk menarik customer usia 40 tahun keatas dan media sosial instagram untuk menarik customer berusia 40 tahun kebawah. Selain itu bantuan publikasi dari publik figure seperti artis atau selebgram akan sangat membantu mempercepat branding produk ini sampai ke customer.



Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Garin Tetuko

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format