HAND SANITIZER MAHAL, IKUTI CARA MEMBUAT YANG MURAH DAN MUDAH

Masyarakat yang bereaksi berlebihan terhadap Covid-19 sehingga terjadi panic buying terhadap beberapa perlengkapan pencegahan seperti hand sanitizer.


3
3 points

Semuanya Berawal dari Datangnya Wabah Corona ke Indonesia

Berdasarkan berita dari StraitsTimes.com, telah terjadi 19 kematian dari kasus virus Corona menjadikan Indonesia memiliki tingkat kematian tertinggi di Asia Tenggara. Akibatnya, Mengutip dari cnnindonesia.com, harga hand sanitizer di beberapa e-commerce dan marketplace yang biasanya di kisaran harga 15 sampai dengan 20 ribu Rupiah sebelum wabah virus corona, mengalami kenaikan hingga menjadi 40 sampai dengan 60 ribu Rupiah setelah wabah virus corona melanda di Indonesia.

Hal ini berpotensi meningkatkan sebaran virus Corona mengingat pentingnya peran penggunaan hand sanitizer untuk pencegahan penyebaran virus dan bakteri. Kondisi ini diperburuk lagi dengan kondisi demografi sebagian besar masyarakat berdaya beli menengah ke bawah. Berdasarkan permasalahan tersebut, kelompok Disco Ninjas ingin memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan membuat hand sanitizer dengan biaya yang murah dan bahan yang mudah didapatkan. Disamping dapat dilakukan sebagai peluang bisnis, juga dapat dilakukan sebagai bentuk social responsibility kami terhadap masyarakat banyak dengan menjual produk hand sanitizer berharga terjangkau.

Hand Sanitizer, Satu Aksi Kecil yang Dapat Menyelamatkan Kita

Tingkat Kesulitan: Mudah

Waktu yang Dibutuhkan: 1,5 menit

Total Biaya Yang Dibutuhkan:

Alat dan Bahan Biaya (Rp)
Alkohol 90%        26.100
Glycerol              450
Aquadest              600
Botol Spray dan Sticker        15.000
Total        42.150

Material yang Dibutuhkan

Bahan
Alkohol 90% 290 ml
Glycerol 60 ml
Aquadest 50ml

Alat yang Digunakan:

Alat
Botol Spray ukuran 400 ml (satu buah)
Wadah untuk bahan cairan (tiga buah)
Sticker Branding Hand Sanitizer

Pricing yang Ditetapkan

Kami menetapkan strategi harga yang berorientasi pada stabilitas harga dengan pertimbangan kebutuhan masyarakat terhadap hand sanitizer yang murah dan berkualitas dalam kondisi pandemik Covid-19
Biaya produksi per botol sebesar Rp 42.150,-. Harga bahan baku meningkat seperti alkohol antiseptik, harganya bervariasi dari 90 ribu sd 300 ribu Rupiah per satu liter. Target produksi hand sanitizer harian adalah 100 buah (high demand).

Keterangan Jumlah (Rp)
Biaya Produksi/bulan (20 hari kerja) –   84.300.000 
Tenaga Kerja 2 orang –      8.000.000 
Penjualan    100.000.000 
Laba        7.700.000 

Dari hasil penjualan produk hand sanitizer yang diraih, diperoleh marjin keuntungan sebesar 7,7% (Rp 50.000 per buah). Sebuah keuntungan yang wajar dibandingkan produk pesaing yang menjual hand sanitizer pada harga Rp 85.000 per buah atau mengambil margin keuntungan sebesar 11,9%.

Langkah Distribusi yang Dilakukan

Untuk pendistribusiannya, oleh karena produknya masih tergolong baru dan sedang membuat pangsa pasarnya sendiri, kami berencana untuk melakukan distribusi melalui pengecer (retailer) seperti Indomaret, Alfamart, dan sebagainya, ataupun pedagang besar (wholesale). Oleh karena e-commerce dan marketplace sedang berkembang pesat di Indonesia, pada tahapp selanjutnya kami akan menampilkan produk kami e-commerce ataupun marketplace seperti tokopedia, bukalapak, jd.id, shopee, lazada, dan lain-lain, agar produk kami lebih mudah didapatkan dan dapat meningkatkan penjualan yang disertai dengan program-program promosi yang menarik.

Bagaimana Cara Mempromosikannya?

Dalam mempromosikan hand sanitizer ini, kami menggunakan strategi penjualan langsung dan digital marketing. Digital Marketing adalah proses mempromosikan bisnis secara online. Terdapat beberapa strategi berbeda namun tujuannya adalah mempromosikan produk dengan efektif dan efisien. Digital marketing mencakup semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik atau internet. Jenis produk yang spesifik dan sangat diminati pasar saat ini, hand sanitizer tidak  membutuhkan promosi besar-besaran. Namun perlu diperhatikan juga bagaimana strategi setelah wabah Covid-19 selesai, apakah bisnis ini masih bertahan atau tidak. Apakah kebutuhan masyarakat akan budaya hidup bersih dan sehat masih tetap berlangsung. Jika iya, maka strategi promosi saat ini masih dapat digunakan.

Sumber Referensi:
https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/coronavirus-indonesia-reports-55-new-cases-biggest-daily-increase-as-deaths-rise-to-19
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200313141841-185-483160/heboh-corona-harga-hand-sanitizer-meroket-di-ecommerce

  1. 1 Persiapkan alat (botol kemasan kosong ukuran 400 ml) dan Bahan (alcohol 90% 290 ml, glycerol 60 ml dan aquades 50 ml).


  2. 2 Campurkan glycerol 60 ml dengan alcohol 90% 290 ml dan aquades 50 ml.


  3. 3 Pastikan ketiga bahan tersebut telah teraduk rata dengan menggunakan alat pengaduk.


  4. 4 Masukkan racikan hand sanitizer tersebut ke dalam botol spray kemasan kosong lalu tutup rapat dan tempelkan sticker branding pada kemasan dan produk siap dipasarkan.



Like it? Share with your friends!

3
3 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
2
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win
disconinjas

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format