Akankah Robot Menggantikan Para Kurir?

drone atau pesawat tanpa awak ataupun mobil pengiriman barang tanpa awak tersebut pada kenyataanya telah mampu melaksakanan pekerjaan yang selama ini dilakukan kurir


0

Mungkin selama ini kita mengenal istilah kurir sebagai sebuah pekerjaan yang bertugas untuk mengantarkan barang dari satu pihak ke pihak yang lainnya. Dan pada perkembangannya kurir lebih dikenal sebagai pihak yang bertugas mengirimkan pesanan yang kita beli melalui toko online. Tugas yang selama ini diemban oleh orang yang mungkin memencet bel atau mengetuk pintu rumah kita untuk mengantarkan paket.

Perkembangan teknologi membuat segalanya menginginkan kata efisien. Termasuk dalam bidang pekerjaan yang satu ini. Automasi membuat tugas manusia yang berada dalam bisnis pengiriman ini menjadi sedikit berkurang. Bukan tidak mungkin jika suatu hari yang mengetuk pintu rumah kita adalah sebuah robot pengantar barang.

                                                               Sumber: google image

Salah satu contoh pengembangan pengantaran barang dengan menggunakan teknologi robot adalah FedEx. Pada tahun lalu, perusahaan pengiriman ini mengembangkan sebuah teknologi robot yang mampu mengirimkan paket dihari yang sama. Teknologi ini diharapkan bisa mewujudkan keinginan konsumen yang ingin memperoleh paket pada hari itu juga. Dan untuk mengembangkan teknologi ini, FedEx menggandeng beberapa perusahaan yaitu AutoZone, Lowe’s, Pizza Hut, dan Walmart yang selama ini dikenal sebagai perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumennya.

Robot yang dikembangkan ini memiliki kemampuan untuk membaca peta, menemukan jalan paling cepat, mengetahui rintangan yang ada di depannya, bahkan mengetahui kehadiran tangga di depannya sehingga bisa memberikan pengalaman pintu ke pintu pada pelanggan secara langsung.

Lain FedEx, lain pula Amazon yang menggunakan teknologi drone sebagai solusi pengiriman produk yang mereka jual. Drone yang dikembangkan oleh Amazon ini dapat menempuh jarak maksimal 15 mil dengan beban sekitar 2,5 kilogram. Dengan pengembangan ini diharapkan konsumen dapat memperoleh produknya kurang dari 30 menit. Teknologi drone ini diberi nama Amazon Prime Air.

                    Sumber: google image

Prime Air diharapkan mampu mengatasi 75 hingga 90% pengiriman yang berada di wilayah Amerika Utara. Drone ini memiliki kelebihan khusus yang bisa membuatnya take-off secara vertikal maupun horizontal. Kelebihan ini tentunya membuat penggunaan drone lebih efisien dan fleksibel terhadap berbagai medan.

                      Sumber: google image

Di Indonesia, perusahaan e-commerce yangbesar seperti JD.ID dan Bukalapak sebenarnya telah melakukan uji coba teknologi drone untuk mengirimkan barang pesanan, hanya saja masih belum dapat diterapkan dengan pertimbagan masih enunggu aturan penggunaan teknologi ini secara komersial. Di negara induk, JD.com teknologi inm sudah sudah berhasil diujicoba dan digunakan, uji coba yang dilakukan di Indonesia sebagai salah satu terobosan dalam menjalankan bisnisnya. Selanjutnya, pada PT Bulalapak.com pada bulan Januari 2019 juga telah sukses melakukan uji coba perdaanya yang dilakukan dengan mengirimkan buku dan tas ransel kepada para siswa ke Sekolah Dasar MIS Leles di Jawa Barat. Selain itu, percobaan lainnya juga telah dilakukan di Tangerang dengan radius yang dibatasi yaitu di bawah 5 kilometer.

Tingginya pengiriman barang yang dilakukan oleh kurir dari sektor e-commerce sebagaimana data hasil survey Badan Pusat Statistik yaitu:

Sumber: BPS.go.id

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia belum diimbangi oleh pengiriman barang yang cepat. Banyak konsumen yang mengaku tidak puas dengan lambatnya pengiriman belanja online. Hal inilah yang membuat sejumlah platform e-commerce yang ada di Indonesia seperti JD.com, selaku induk usaha JD.ID asal Tiongkok, Bukalapak dan JNE merencanakan solusi ini untuk menyingkat waktu pengiriman barang dan telah melakukan uji coba.

Perbandingan Pengantaran Barang Konvensional dan Modern

Konsep

Pengantar barang zaman dulu

Pengantar barang zaman sekarang

Job Description

Mengantar barang kepada pemesan sampai ke alamat pemesan tersebut.

Mengantar barang dengan cepat dan langsung sampai hari itu juga.

Job Specs

Mengetahui nama jalan atau daerah disekitar tempat kerjanya, harus jujur dalam bekerja, dan harus mengantarkan pesanan tanpa merusak pesanan tersebut.

Memiliki sistem untuk mengetahui daerah atau kota tersebut, memiliki sistem atau bobot untuk mengangkat barang seberapa berat barang tersebut.

Selection and recruitment

Merekrut calon pegawai melalui surat kabar atau web dan melakukan rekrutmen, seperti wawancara dll.

Membuat mikrokontroler AVR ATMegal16 untuk mempermudah mengantar barang sampai di tujuan dan membuat sensor agar robot dan drone tidak melakukan kesalahan selama bekerja atau mengantar barang.

Developing the Worforce

Melakukan training atau pelatihan sebelum resmi menjadi pegawai tetap.

Melakukan percobaan sebelum diluncurkan sebagai robot atau drone pengantar barang.

Managing Diversity

Adanya batas umur dan gender untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Tidak melihat batas umur, gender, ras dll.

Permasalahan penggantian pekerjaan oleh robot dan mesin

Keberadaan robot, berupa kendaraan tanpa awak baik berupa drone atau pesawat tanpa awak ataupun mobil pengiriman barang tanpa awak tersebut pada kenyataanya telah mampu melaksakanan pekerjaan yang selama ini dilakukan kurir dengan tenaga manusia. Perusahaan dengan alasan efisiensi dan tercapainya tujuan pekerjaan pengiriman barang yang lebih cepat tentunya akan mengganti pekerjaan pengiriman tersebut kepada alat yang telah mereka kembangkan.

Sebagai akibatnya, pegawai yang menjalankan pekerjaan sebagai kurir akan tergeser keberlangsungan pekerjaannya dan hal ini jika dilihat dampaknya dari total pekerja yang menjalankan pekerjaan ini di beberapa negara akan berencana menerapkan penggunaan teknologi ini, Indonesia misalnya, akan berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran jika tidak diantisipasi dengan baik.

Regulasi

Aturan penggunaan drone secara komersial masih menjadi kendala di beberapa negara, Sebagai contoh, regulator dari beberapa negara di Eropa dan produsen drone hingga saat ini sedang bekerjasama membahas regulasi pemanfaatan drone selain untuk pengawasan militer. Di wilayah lain, raksasa e-commerce dari Amerika, Amazon Inc. belum lama ini baru mendapatkan paten dari Kantor Paten dan Merk Dagang Amerika untuk tujuan layanan pengiriman jarak jauh yang diperolah tanggal 4 Juni 2019 setelah lama mengajukannya sejak tahun 2015. Lain halnya dengan Walmart, raksasa rite AS, yang mengajukan 97 paten drone sejak Juli tahun 2018 tetapi baru memperoleh izinnya sejauh 15 mil. Di Indonesia, regulasi penggunaan drone secara komersial masih perlu mengunggu kepastian karena harus melibatkan banyak instansi termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pertahanan.

Pekerjaan baru untuk kurir

Sebagai seorang kurir, umumnya salah satu persyaratan yang dimiliki adalah keterampilan mengemudi dalam rangka mengantarkan barang atu logistik yang untuk dikirimkan ke lokasi tujuan pengririman sesuai dengan alamat pemesanan. Selain itu, seorang kurir juga dituntut memiliki pengetahuan yang luas akan peta wilayah dan jalan – jalan hingga gang gang sempit yang yang dilalui dalam melaksanaka pekerjaannya. Tidak dipungkiri, banyak alamat pengiriman barang di daerah yang padat penduduk atau misalnya daerah kos-kosan dapat ditemukan oleh seorang kurir untuk menyampaikan barang kirimannya. Bahkan peta online yang menjadi andalan para pengguna google map pun belum tentu dapat menjangkau lokasi yang berada di dalam gang sempit tersebut.

Sumber: google image

Sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya tersebut, seorarng kurir masih dapat menjalankan pekerjaan barunya sebagai driver atau pengemudi. Berkebalikan dengan lokasi tujuan yang berada di gang sempit di atas, belum semua daerah di pelosok Indonesia terjangkau jaringan internet yang sama kuatnya dengan jaringan internet dikota besar. Selain itu, terdapat daerah yang benar-benar remote berada berjauhan dari daerah lainnya. Dengan kondisi seperti ini masih diperlukan kemampuan seorang driver untuk menjangkau pengantaran barang maupun penumpang yang belum dapat diantar melalui robot, drone atau alat artificial inteligence lainnya.

Saran dan Solusi

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari. Di era yang semakin mengandalkan mesin, komputer, dan segala hal yang berhubungan dengan teknologi tersebut, diperlukan regulasi yang jelas dan pengaturan sumber daya manusia yang baik sehingga teknologi memang benar-benar untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan manusia dan tidak sepenuhnya menggantikan manusia dalam semua hal.

Dalam hal manajemen sumber daya manusia, terkait hal-hal ini ada beberpa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

Analisis dan perencanaan kebutuhan pegawai

Dalam suatu perusahaan pengiriman, tentunya tidak seluruhnya dijalankan oleh robot atau mesin mesin artifical inteligence. Perlu ada analisis tentang kebutuhan pegawai, misalnya dari sisi operasional, pegawai yang akan mengopersikan teknologi ini termasuk beban kerjanya sehingga dibutuhkan rencana kebutuhan yang tepat. Pada tahap awal implementasi teknologi, rencana kebutuhan pegawai yang nantinya berujung pada pengurangan berdasarkan analisis yang matang dan biasanya hal ini dilakukan secara bertahap di mana ada tahap transisi dan peningkatan kompetensi pegawai yang lama.

Recruitment

Dalam hal penerimaan pegawai pengukuran potensi dan kompetensi sangat penting dilakukan. Dalam hal ini, pengawai yang akan menjalankan teknologi pengiriman barang, sebagai pilot drone tentunya perlu untuk memiliki keahlian dalam menjalankannya dan mengetahui pemecahan masalah ketika terjadi kendala kendala di lapangan. Salah satu bukti dari kemampuan ini biasanya didukung oleh dimilikinya sertifikat yang menunjukkan kemampuannya tersebut dari pihak yang berwenang. Selain itu, dalam proses rekruitmen tentunya banyak tahap-tahap yang dilalui sebagai bagian dari assessment untuk menilai kelayakan pegawai dalam pekerjaan baru ini.

Development

Perkembangan teknologi berjalan sedemikian cepat. Dari era komputer, kemudian industri 4.0 hingga memasuki internet of things, pegawai harus terus dikembangkan. Pada tahap awal, walaupun disebut tanpa awak mungkin masih diperlukan pengendali, kedepan bukan tidak mungkin lagi segalanya menjadi lebih maju di tengah persaingan usaha dan pengembangan pengembangan yang dilakukan oleh perusahaan sejenis lainnya. Oleh karenanya pengembangan pegawai di perkerjaan yang baru ini merupakan hal yang sangat penting termasuk yang berada di bagian penelitian dan pengembangan perusahaan pengiriman. 

Reward and Punishment

Penghargaan perlu diberikan untuk memotivasi pegawai khususnya terhadap pengembangan pengembangan yang dilakukan terhadap teknologi pengiriman barang lagi. Teknologi yang canggih ke depan akan terus bermunculan dalam pengiriman barang lebih dari drone atau media pengiriman terkomputerisasi atau otomatis yang saat ini ada. Sehingga ke depannya persaingan teknologi sehubungan dengan berkembangnya e-commerce semakin ketat.

Sebaliknya , penerapan punishment kepada mereka yang tidak patuh pada ketentuan, juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Alasan keamanan dan keselamatan misalnya, adalah contoh hal penting yang tidak boleh ditawar tawar dalam menjalankan pekerjaan di bisnis pengiriman barang ini. Alasan keamanan penggunaan drone tentunya masih diperbincangkan dan ada ketentuan ketentuannya. Sebagai contoh, penerapan sanksi bagi penggunaan drone yang ternyata digunakan untuk kegiatan spionase.

Best Practice

Sebagai contoh peralihan pekerjaan pengantaran barang yang dilakukan oleh kurir digantikan oleh perangkat mesin yaitu yang telah dilakukan oleh Google. Google, yang berada di dalam naungan Project Wing, telah resmi mendapatkan izin dari dari otoritas pengawas udara Australia dalam layanan antar barang menggunakan drone, lebih dulu dari Amazon. Sebelumnya layanan ini telah diuji coba selama kurang lebih 18 bulan di Canbera dan telah tercatat menyelesaikan 3000 antar barang. Dalam operasionalnya, pihak manajemen telah memastikan bahwa seluruh aspek operasional telah memenuhi persyaratan, termasuk pilot drone telah melalui proses pelatihan.

Kelompok 1 (Game Changers):

  1. Clafrita Claudia Adhisty Manunait
  2. Subandi
  3. Thatit Argadahana

Referensi:

https://www.bbc.com/news/technology-48536319

https://www.bps.go.id/publication/2019/12/18/fd1e96b05342e479a83917c6/statistik-e-commerce-2019.html

https://beritagar.id/artikel/berita/pengiriman-e-commerce-antara-kepuasan-dan-regulasi

https://infokomputer.grid.id/read/121696338/kalahkan-amazon-google-mulai-kirimkan-barang-pakai-drone-di-australia?page=all

https://www.forbes.com/sites/jilliandonfro/2019/06/05/amazon-new-delivery-drone-remars-warehouse-robots-alexa-prediction/#4794df88145f

https://www.republika.co.id/berita/trendtek/elektronika/19/03/01/pnowo3366-fedex-perkenalkan-robot-kurir-otonom

https://rmco.id/baca-berita/ekonomi-bisnis/12623/paling-sering-dikeluhkan-konsumen-pengiriman-lelet-jadi-masalah-terbesar-dalam-belanja-online


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
gamechangers

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format