Dibalik Bahayanya Wabah Virus Corona, Peluang Bisnis Rempah Banyak Diminati Masyarakat

Saat ini, empon empon/rempah-rempah menjadi perhatian banyak orang. Lebih khusus saat ramainya wabah virus corona ini.


2
2 points

Virus corona atau coronavirus (CoV) merupakan keluarga virus yang menaungi virus SARS-CoV-2 yang terjadi saat ini, SARS-CoV pada 2002, dan MERS-CoV pada 2012. Kata corona sendiri diambil dari bahasa Latin yang berarti mahkota. Nama ini diberikan karena bentuk virus corona menyerupai mahkota. Sedangkan penyakit yang disebabkan terinfeksi SARS-CoV-2 disebut Covid-19, yang merupakan akronim dari coronavirus disease 19.

Bagaimana gejala Covid-19?

Ciri-ciri virus corona hampir mirip dengan gejala flu, di antaranya:

  1. Demam tinggi lebih dari 38 derajat Celsius
  2. Batuk kering
  3. Lemas
  4. Sakit tenggorokan
  5. Sesak atau kesulitan bernapas
  6. Sakit kepala
  7. Namun, masa inkubasi virus ini sekitar 14 hari

Akibat dari Coronavirus disease (COVID-19) berdampak pada beberapa sektor yang ada di negara terutama pada sektor Ekonomi dan Kesehatan.

  • Dampak Coronavirus terhadap Sektor Ekonomi

Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok, mendadak terkenal seantero dunia. Di kota berpenduduk sekitar 9 juta jiwa itu, pertama kali serangan virus corona (Covid-19) berawal. Virus yang diduga berasal dari hewan itu kemudian mewabah yang merenggut ribuan korban jiwa. Tak hanya di daratan Tiongkok, virus corona juga telah menyebar ke 108 negara hingga Maret 2020. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah mengumumkan status pandemi global pada 11 Maret 2020.

Kem[1]udian virus corona dengan tipe lain juga pernah muncul di Timur Tengah pada 2012. Virus itu dikenal dengan Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) yang diduga menyebar lewat unta. Sementara itu, wabah Covid-19 telah menimbulkan kekhawatiran global. Ini disebabkan penyebaran virusnya yang cepat, yakni hanya butuh 48 hari untuk menginfeksi 1.000 orang pertama. Tak pelak sejumlah negara melakukan sejumlah upaya untuk mengisolasi penyebaran virus.

Sejumlah negara mengambil langkah untuk mencegah masuknya virus yang menyebabkan demam dan penyakit pneumonia itu. Termasuk Indonesia yang menghentikan penerbangan langsung dan transit dari dan ke Tiongkok. Tak hanya Tiongkok, pemerintah pun telah membatasi masuknya penduduk dari Iran, Italia, dan Korea Selatan.

Wuhan adalah salah satu pusat ekonomi di Tiongkok. Berdasarkan data, produk domestik bruto (PDB) kota ini mencapai 1,48 triliun yuan pada 2018. Jumlah itu mencapai 1,6 persen dari total PDB Tiongkok sebesar 90,03 triliun yuan. Dengan besaran PDB tersebut, Wuhan termasuk dalam 10 besar kota dengan ekonomi terbesar di Tiongkok.

Ekonomi Global Diprediksi Merosot 

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar kedua, merosotnya ekonomi Tiongkok bakal berdampak terhadap perekonomian global pada 2020. Hal ini terlihat dari proyeksi yang dilakukan sejumlah lembaga. EIU menurunkan target pertumbuhan ekonomi global dari 2,3 persen menjadi 2,2 persen. Sementara Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar 2,4 persen, turun dari perkiraan sebelumnya 2,5 persen.

Indonesia menjadi salah satu negara yang telah memberlakukan larangan perjalanan ke dan dari China. Meskipun virus ini belum dinyatakan secara resmi ditemukan di Indonesia, tidak bisa dipungkiri akan berpengaruh pada perekonomian Indonesia. Pemerintah telah mempersiapkan langkah-langkah preventif dalam menanggulangi goyahnya ekonomi jika virus ini sampai masuk ke Indonesia. 

Bukti nyatanya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang akhirnya terjun bebas. Semua berada di luar prediksi dan bukan hal yang mudah untuk dikendalikan. Bila sebelumnya rajin bertengger di posisi 5.000-an, IHSG akhirnya menyerah ke level 4.000.

Pada penutupan perdagangan saham, Rabu (18/3/2020) misalnya. IHSG ditutup anjlok 138,78 poin atau 3,11 persen ke posisi 4.317,96. Jika dihitung dalam satu bulan terakhir, IHSG sudah melemah 26,96 persen.

  • Dampak Coronavirus terhadap Sektor Kesehatan

Pemerintah tengah menyusun kebijakan stimulus ekonomi ke-III untuk kembali menangkal dampak penyebaran Virus Corona ke ekonomi Indonesia. Stimulus kali ini akan fokus pada sektor kesehatan.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, stimulus ketiga ini bakal digunakan untuk peningkatan kapasitas rumah sakit, kebutuhan alat pelindung diri (APD) pekerja medis, hingga peningkatan kualitas rumah sakit.

Namun untuk besaran anggaran masih dalam perhitungan. “Untuk stimulus ketiga ini masih ikuti pertama kesehatan. Namun jumlahnya berapa masih belum.

Sri Mulyani mengatakan, saat ini masih melakukan perhitungan bersama dengan Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengenai kebutuhan anggaran. Jika sudah ada kesepakatan anggaran maka akan segera diumumkan.

Selain itu, stimulus paket ketiga juga akan difokuskan untuk jaring pengaman sosial. Pada paket stimulus pertama, pemerintah telah menaikkan bantuan sosial dari Program Keluarga Harapan (PKH) Rp 50 ribu dari Rp 150 ribu menjadi Rp 20 ribu.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, menyampaikan bahwa pemerintah sangat serius menangani persoalan Corona Covid-19. Keseriusan tersebut dibuktikan dengan pembentukan Gugus Tugas Covid-19.

Nantinya, Gugus Tugas ini akan mengkoordinir langkah-langkah di dalam menangani virus Corona covid-19 di Indonesia. Sri Mulyani sebagai salah satu dewan pengarah bersama Menkopolhukam dan Menko PMK serta Menteri Kesehatan.

Untuk itu, Sri Mulyani menambahkan Gugus Tugas covid-19 akan segera menyusun Perpres di dalam rangka untuk memberikan kepastian kepada fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, dan dari BPJS Kesehatan untuk bisa mendukung langkah-langkah penanganan Corona covid-19.

Improvement

Salah Satu Antisipasi dalam Penyebaran Virus Corona yang dapat dilakukan secara mandiri yaitu dengan menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu cara dalam meningkatkan daya tahan tubuh secara alamiah dapat kita lakukan salah satunya dengan mengkonsumsi jahe merah.

Jahe merah merupakan tanaman asli yang ditanam oleh petani Indonesia, dan juga sudah digunakan turun temurun untuk berbagai penyakit. Tahukah kamu? Kandungan jahe merah ternyata dapat menguatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi oleh bakteri dan atau virus.

Kandungan gingerol dalam jahe merah memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, mulai dari sebagai antimual, antibakteri, dan antiinflamasi. Gingerol juga berkontribusi pada rasa pedas khas jahe yang sudah kita ketahui.

Kadar gingerol pada jahe merah lebih tinggi dibanding jahe gajah yang ternyata paling sering digunakan masyarakat saat ini. Kadar gingerol yang lebih tinggi, berat per rimpang yang lebih berat, dan kandungan minyak atsiri yang lebih banyak membuat jahe merah lebih efektif buat kesehatan masyarakat dibanding jahe gajah dan juga jahe emprit.

Film yang terkait dalam pembahasan wabah corona ini yaitu Film dengan Judul CONTAGION. Synopsis dari film tersbut yaitu pulang dari kunjungan bisnis di Hong Kong, Beth Emhoff datang ke Chicago untuk menemui mantan pasangannya sebelum pulang ke keluarganya di wilayah Minneapolis. Ia tampak bersuhu dingin saat kunjungannya. Putra berusia enam tahunnya dari perkawinan sebelumnya, Clark, juga tertular dan diliburkan. Kondisi Beth memburuk dan dua hari kedua, ia pingsan dengan keadaan mengenaskan. Suaminya, Mitch, membawanya ke rumah sakit, tetapi ia meninggal karena sebab yang tak diketahui.

Mitch pulang ke rumah dan menemukan bahwa Clark juga meninggal akibat infeksi yang sama. Mirch ditempatkan dalam isolasi namun tampak kebal terhadap penyakit tersebut. Ia dibebaskan dan pulang ke rumah dengan putri remajanya Jory, meskipun ia tak menyadari bahwa putrinya mewarisi kekebalannya. Ia memutuskan untuk singgah dengan ayahnya, semenjak ia tinggal sendirian. Mitch berjuang untuk melindungi putrinya dari risiko infeksi, meskipun menyadari bahwa istrinya tak mempercayainya sebelum kematiannya. Meskipun demikian, setiap orang yang telah kontak dengan Emhoff mulai menyebarkan penyakit tersebut ke seluruh dunia.

Di Atlanta, para perwakilan Departemen Keamanan Dalam Negeri bertemu dengan Dr. Ellis Cheever dari CDC dan mengekspresikan kekhawatiran bahwa penyakit tersebut adalah serangan teror senjata biologi pada akhir pekan Thanksgiving. Dr. Cheever mengundang Dr. Erin Mears, seorang pejabat Epidemic Intelligence Service, ke Minneapolis untuk memulai penyelidikan. Mears mendakwa perebakan AS kepada Emhoff, sesampil juga menjalin kesepakatan dengan para birokrat lokal yang awamnya kurang merniat untuk tanggap kesehatan masyarakat yang sebenarnya. Setelah berhasil menghimpun kamp-kamp triage di tempat-tempat besar, Dr. Mears tertular. Evakuasinya tertunda, karena bandar udara mulai ditutup dalam antisipasi karaktina. Ia kemudian meninggal dan dikubur dalam pemakaman massal. Makin banyak orang yang tertular tanpa disadari, tatanan sosial mulai berantakan, dengan orangorang menjarah toko-toko dan rumah-rumah. Presiden AS pindah ke bawah tanah sementara layanan-layanan darurat mengalami kenihilan dan tak ada tanggapan lebih lanjut. Mirch dan Jory berniat untuk kabur ke Wisconsin, tetapi perbatasannya ditutup. Di CDC, Dr. Ally Hextall menyatakan bahwa virus tersebut adalah campuran material genetik dari virus babi dan kelelawar. Usaha terhadap penyembuhan terhambat karena para ilmuwan tak dapat menemukan kultur sel pada pertumbuhan Meningoencephalitis Virus One (MEV-1) yang baru dinamai. Profesor UCSF Dr. Ian Sussman melanggar autran dari CDC untuk menghancurkan sampel-sampelnya, dan pada Hari ke-12, dengan lebih dari 8 juta orang tertular di seluruh dunia, mengidentifikasikan kultur sel MEV-1 yang terpakai menggunakan sel-sel kelelawar. Hextall memakai kesempatan tersebut untuk mulai mengerjakan vaksin. Para ilmuwan lain menyatakan bahwa virus tersebut disebarkan oleh fomites dengan angka reproduksi dasar dari empat saat virus tersebut bermutasi, memproyeksikan bahwa satu dari dua belas orang dari populasi dunia akan terinfeksi, dengan tingkat kematian 25-30%

Memakai virus teratenuasi, Dr. Hextall mengidentifikasikan vaksin yang memungkinkan. Untuk memotong proses uji coba yang panjang, ia mencobanya pada diri sendiri dengan vaksin eksperimental dan mengunjungi ayahnya, seorang doktor yang terserang MEV-1 setelah ia menolak untuk berhenti mengobati para pasien saat perebakan tersebut. Hextall tak tertular MEV-1 dan vaksin tersebut meraih kesuksesan.

Pada tingkat produksi penuh, vaksin tersebut tak dapat disuplai dalam tawaran yang diminta, sehingga CDC melakukan vaksinasi melalui lotere berdasarkan pada tanggal lahir; hal tersebut memutuskan waktu setahun penuh untuk rampung. Para penerima pertama, dokter, dan pihak lainnya yang dimajukan oleh pemerintah divaksinasi berdasarkan pada lotere. Dr. Cheever memberikan vaksinasi cepatnya kepada putra Roger, seorang karyawan CDC yang mendengar panggilan telepon Dr. Cheever yang memperingatkan pacarnya untuk meninggalkan Chicago. Sementara itu, Mitch dan Jory bersatu kembali dengan harapan kehidupan akan kembali normal.

Pada hari pembukaan, Dr. Leonora Orantes, seorang pakar epidemiologi WHO, datang ke Hong Kong untuk mendatangi Beth Emhoff. Ia bekerjasama dengan Sun Feng dan pakar epidemiologi lokal lainnya dan petugas kesehatan umum; mereka mengidentifikasikan Emhoff sebagai pasien nol, dengan video keamanan menunjukkannya sebagai kontak umum dengan tiga korban berikutnya yang diketahui di sebuah kasino Makau. Sebelum ia pulang, Feng menculik Orantes untuk memakainya sebagai sandera untuk mendapatkan dosis vaksin (pencegahan) MEV-1 untuk desanya. Selama berbulan-bulan, Orantes tinggal dengan para penduduk desa sampai vaksin diumumkan. Feng menukar Orantes dengan vaksin yang dibutuhkan untuk desanya. Saat koleganya menyatakan bahwa penculikan serupa merebak, dosisnya adalah palsebo, Orantes memutuskan kembali untuk memperingkatkan para penduduk desa, menunjukkan Sindrom Stockholm.

Pada Hari ke-26, jumlah kematian mencapai sekitar 2.5 juta di AS, dan 26 juta di seluruh dunia. Penemuan, produksi dan pengiriman awal dari vaksin tersebut berlangsung sampai Hari ke-133, dengan vaksinasi berjalan sampai setidaknya Hari ke-500. Jumlah kematian akhir tak disebutkan.

  • Analisis dari film yang dibahas di atas yaitu:

a. Penurunan perkiraan pertumbuhan ekonomi

Jika dikaitkan dengan kejadian wabah virus yang terjadi pada tahun 2020, Wabah ini telah menyebabkan lembaga-lembaga besar dan bank-bank memangkas perkiraan tentang kondisi ekonomi global. Salah satu yang terbaru untuk melakukannya adalah Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi.

Dalam laporan bulan Maret, OECD menurunkan perkiraan pertumbuhan untuk hampir semua negara di tahun ini.

Dalam laporannya, pertumbuhan produk domestik bruto China yang memiliki penurunan peringkat terbesar. Raksasa ekonomi Asia ini diperkirakan hanya tumbuh 4,9 persen tahun ini, lebih lambat dari perkiraan sebelumnya 5,7 persen.

Sementara itu, ekonomi global diperkirakan akan tumbuh 2,4 persen pada tahun 2020 – turun dari proyeksi 2,9 persen sebelumnya.

b. Aktivitas manufaktur melambat

Sektor manufaktur di China terpukul Wabah [Virus Corona.] Aktivitas pabrik China mengalami kontraksi pada Februari, dengan posisi 40,3. Angka di bawah 50 menjadi tanda jika terjadi kontraksi.

Perlambatan manufaktur China berimbas lanjutan ke negara-negara yang memiliki hubungan ekonomi erat dengan negara tersebut. Ini di antaranya adalah negara Asia Pasifik seperti Vietnam, Singapura dan Korea Selatan.

Pabrik-pabrik di China membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan untuk melanjutkan operasi secara normal, menurut beberapa analis. Demikian pula dengan aktivitas manufaktur global.

c. Ganggu Jasa Layanan

Wabah virus di China menghantam industri jasa negara itu, seiring berkurangnya belanja konsumen yang kemudian berdampak ke bisnis ritel, restoran, dan penerbangan.

China bukan satu-satunya negara di mana sektor jasa melemah. Amerika Serikat, pasar konsumen terbesar di dunia juga mengalami hal serupa. Salah satu alasan di balik kontraksi layanan di Amerika terkait pengurangan dalam “bisnis baru dari luar negeri karena pelanggan menahan diri memesan di tengah ketidakpastian ekonomi global dan wabah Virus Corona

d. Harga Minyak Turun

Pengurangan aktivitas ekonomi global telah menurunkan permintaan minyak, menjadikan harga minyak anjlok ke posisi terendah dalam beberapa tahun.

Kondisi ini terjadi bahkan sebelum terjadinya ketidaksepakatan tentang pengurangan produksi antara OPEC dan sekutunya, yang ikut mendorong harga minyak jatuh lebih besar.

e. Kejatuhan pasar saham

Ketakutan seputar dampak COVID-19 pada ekonomi global telah merusak sentimen investor dan menurunkan harga saham di pasar-pasar utama.

Saran Dan Solusi

Jika dikaitkan dengan teori PESTEL (Analysis dapat digunakan untuk mempertimbangkan faktor – faktor permasalahan eksternal, yaitu Political, Economic, Social, Technology, Legal, dan Environment) beberapa masalah yang timbul dari merebaknya virus Corona terhadap perekonomian negara adalah:

1. Aspek Politik:

Kebijakan pemerintah di beberapa negara yang melarang sementara seluruh penerbangan dari dan menuju ke Cina berdampak pada kerjasama baik sektor perekonomian maupun kesehatan.

2. Aspek Ekonomi:

Dengan adanya bencana virus corona yang imbasnya terhadap perekonomian dan kesehatan negara disatu sisi beberapa pelaku bisnis ada yang diuntungkan dengan kondisi seperti ini, seperti halnya contoh pelaku bisnis rempah-rempah, dengan adanya wabah tersebut para masyarakat termindset bahwa adanya himbauan untuk menjaga daya tahan tubuh maka dapat mengkonsumsi jahe merah agar terhindar dari virus corona, hal tersebut menguntungkan pihak bisnis rempah saat ini dengan lonjakan harga akibat permintaan yang meningkat.

3. Aspek Sosial:

Dengan tingkat pendidikan yang tinggi dan tingkat pertumbuhan populasi yang tinggi adalah salah satu alasan besar bagi bisnis rempah memulai bisnisnya ditengah wabah corona ini.

Semakin banyak jumlah penduduk maka semakin banyak juga permintaan terhadap pembelian rempah rempah tersebut

4. Aspek Lingkungan:

Daerah lingkungan kota yang jauh dari perkebunan dapat menjadikan titik sasaran para penjual rempah dan kota yang memiliki rata rata pendapatan yang tinggi, sehingga tingkat pembelian dan profit berpengaruh.

5. Aspek Legal:

Secara legal dalam perdagangan rempah rempah tetap tidak dilarang, dikarenakan rempah-rempah tersebut merupakan kebutuhan pangan dari masyarakat sekitar.

Terkait Penemuan Vaksin yang ditemukan dari virus yang dilemahkan dalam film tersebut dan mencobakan vaksin tersebut pada salah satu aktor di film tersebut dari segi bisnis ethic.

1. FOKUS PADA TUJUAN PENGOBATAN

Sebagai usaha untuk menghindari adanya pertentangan bisnis dengan isu etika dan legal, maka tentunya pengembangan vaksin yang diambil dari virus yang dilemahkan harus berfokus pada tujuan pengobatan. Dengan adanya vaksin tersebut terbukti bahwa aktor dalam adegan film tersebut tidak lagi terkena virus tersebut ketika kontak dengan salah satu penderita dari virus tersebut dengan telah di uji dan memiliki hasil negatif.

2. FOKUS TERHADAP LEGALITAS PRODUK

Bisa dilihat dari prinsip dasar etik dan peraturan perundang-undangan terkait tentang vaksin yang sudah diatur dalam PMK Nomor 12 Tahun 2017.

3. SOSIALISASI DAN EDUKASI TERKAIT VAKSIN YANG DICIPTAKAN

Dengan banyaknya kontroversi terkait penemuan vakasin sebuah virus, bisnis selayaknya melakukan penelitian yang teruji dan mempublikasikan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat untuk meningkatkan akseptasi atas produk yang akan dipasarkan dan menghindari kontroversi berkepanjangan. Sosialisasi serta edukasi sangatlah perlu terutama di Indonesia mengingat tingkat minimnya pengetahuan mengenai kesehatan dari masyarakat.

4. ASPEK KEUANGAN

Setelah mendapatkan izin legalitas, melalui penelitian yang teruji, serta sosialisasi produk kepada masyarakat, bisnis vaksin hendaknya memberikan hasil kepada para investornya. Dalam jangka panjang bisnis vaksin tersebut diharapkan bisa memberikan keuntungan melalui produk/jasa yang berkualitas, strategi pemasaran yang baik, penerapan harga yang sesuai, serta strategi distribusi yang baik.

Peluang bisnis dari rempah-rempah yang semakin meninggkat pada saat kondisi wabah seperti ini terbukti

Agar Small Bisnis ini dapat berjalan dengan baik maka perlu dilakukan strategi seperti:

  1. Pastikan Cashflow Terjaga dengan Sehat
  2. Rencanakan Ulang Pendapatan dan Pangkas Anggaran Biaya
  3. Selalu Monitor Transaksi Bisnis
  4. Perhatikan Kondisi Stok Barang


Sumber:

https://katadata.co.id/analisisdata/2020/03/16/ekonomi-dunia-menanggung-beban-covid-19

https://www.youtube.com/watch?v=piFqXcp6r7U

https://akurat.co/id-1051040-read-mirip-wabah-corona-5-fakta-menarik-film-contagion-yang-jadi-perbincangan

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4928225/minuman-rempah-rempah-laris-manis-gegara-corona/2

https://www.jurnal.id/id/blog/tips-agar-bisnis-ukm-mampu-bertahan-di-masa-pandemi-corona/

JG ,Chapter 6 “Managing in the Global Environment Ethical, Legal, Political”

FHF, Chapter 4 “Starting and Growing a Bussiness”

FHF, Chapter 8 “Managing service & Manufacturing Operation”

Kontributor:

Tri Wibowo Adi Putra

EKs B Angktan 40C

CONTAGION.

Film yang terkait dalam pembahasan wabah corona ini yaitu Film dengan Judul CONTAGION. Synopsis dari film tersbut yaitu pulang dari kunjungan bisnis di Hong Kong, Beth Emhoff datang ke Chicago untuk menemui mantan pasangannya sebelum pulang ke keluarganya di wilayah Minneapolis. Ia tampak bersuhu dingin saat kunjungannya. Putra berusia enam tahunnya dari perkawinan sebelumnya, Clark, juga tertular dan diliburkan. Kondisi Beth memburuk dan dua hari kedua, ia pingsan dengan keadaan mengenaskan. Suaminya, Mitch, membawanya ke rumah sakit, tetapi ia meninggal karena sebab yang tak diketahui.

Mitch pulang ke rumah dan menemukan bahwa Clark juga meninggal akibat infeksi yang sama. Mirch ditempatkan dalam isolasi namun tampak kebal terhadap penyakit tersebut. Ia dibebaskan dan pulang ke rumah dengan putri remajanya Jory, meskipun ia tak menyadari bahwa putrinya mewarisi kekebalannya. Ia memutuskan untuk singgah dengan ayahnya, semenjak ia tinggal sendirian. Mitch berjuang untuk melindungi putrinya dari risiko infeksi, meskipun menyadari bahwa istrinya tak mempercayainya sebelum kematiannya. Meskipun demikian, setiap orang yang telah kontak dengan Emhoff mulai menyebarkan penyakit tersebut ke seluruh dunia.


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
triwibowoadip

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format