Point Blank : Game Legendaris yang Ternyata Salah Sasaran

Berhubung penulis juga seseorang yang senang bermain game, maka kali ini kita akan membahas sebuah game legendaris yang pernah meramaikan dunia game Indonesia


0

Kita pasti pernah bermain game setidaknya sekali dalam hidup kita, bisa melalui komputer, handphone, atau platform game lainnya. Sama seperti film, game juga memiliki genre-genre yang berbeda-beda, ada petualangan, aksi, olahraga, dan lain-lain. Kali ini kami akan membahas dua buah game dengan genre first person shooter  atau FPS yang bernama Point Blank dan Call of Duty. Point Blank adalah salah satu game FPS yang sangat populer di Indonesia. Saking populer sampai game ini sering dijumpai di warnet-warnet yang tersebar di Indonesia. Namun, benarkah game legendaris ini salah sasaran? Bagaimana bisa sebuah game bisa salah sasaran?

Sama halnya dengan produk. sebuah game perlu dipasarkan, karena jika tidak maka tidak akan ada orang yang memainkan game tersebut. Point Blank adalah game yang di khususkan oleh anak remaja atau dewasa, namun ternyata game ini di Indonesia banyak dimainkan oleh anak-anak kecil yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Sebelum kita mengulik tentang masalah ini lebih lanjut, mari kita kenali lebih dalam game ini

Sejarah Singkat Point Blank

Point Blank adalah sebuah permainan komputer tembak menembak yang dimainkan secara online.Permainan bergenre FPS ini bercerita tentang perseteruan antara Free Rebels dan pemerintah yang dalam hal ini adalah Counter Terrorist Force (CT-Force). Permainan ini dikembangkan oleh Zepetto dari Korea Selatan dan dipublikasikan oleh Zepetto.

Di Indonesia, Point Blank awalnya dirilis oleh PT Kreon melalui Gemscool pada tahun 2009. Layanan Point Blank di Gemscool berjalan hingga kontrak dengan Zepetto berakhir pada bulan Juni 2015.

Sempat terkatung-katung selama sebulan akibat mati server, terlebih lagi dikabarkan bahwa permainan ini akan ditutup oleh Gemscool,  pada 30 Juni 2015 Point Blank kembali diluncurkan oleh pengembang Garena Indonesia

Dengan peluncuran ulang Point Blank oleh pengembang yang baru, Garena bertekad untuk meningkatkan kenyamanan bermain permainan,begitu juga dikarenakan Point Blank Garena Indonesia telah menggantikan menjadi Point Blank Evolution.

Pada tanggal 30 November 2018, Garena Indonesia mengumumkan peralihan operasi layanan oleh Zepetto, pada tanggal 1 Januari 2019, masa peluncuran Point Blank Zepetto Indonesia efektif beroperasi. Alasan peralihan kepengurusan merupakan hasil dari berakhirnya masa kontrak dari izin operasi Garena Indonesia atas Point Blank di Indonesia.

Oleh karenanya, game developer Zepetto mengalihkan operasional Point Blank Online Indonesia melalui unit perusahaannya di Indonesia yakni PT. Zepetto Interaktif Indonesia.

Meskipun game ini sudah berusia cukup tua dan muncul banyak game sejenis, PB tetap digandrungi oleh gamers Indonesia dari berbagai kalangan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kelebihan yang dimiliki oleh game ini, serta cara memainkannya yang tergolong mudah. Berikut adalah kelebihannya :

1. Memiliki banyak mode game

Dengan banyaknya mode game ini menjadikan kita sebagai player lebih mudah untuk menyesuaikan tingkat kesulitan permainan, terutama untuk pemula yang baru pertama kali memainkan game ini. PB sendiri memiliki mode death match, bomb mission, eliminate, dan yang utama adalah mode online match.

2. Fitur Clan

Untuk bisa merasakan fitur clan, kita harus bergabung dengan sebuah kelompok. Jika kita telah bergabung dalam sebuah clan, maka kita akan bertarung ramai-ramai melawan clan lainnya. Fitur ini membuat Point Blank semakin menarik dan seru karena kita bisa memainkannya bersama-sama.

3. Memiliki banyak tempat/arena

Saat ini, point blank telah memiliki banyak map yang dapat dimainkan secara online maupun offline sehingga kita bisa memilih bermacam lokasi yang berbeda. Hal ini tentu membuat game PB semakin seru dan tidak membuat kita cepat bosan.

4. Segudang Senjata

Terdapat beragam senjata yang dapat digunakan sesuai keinginan kita seperti Sniper Rifle, MP7, AK-47, Kriss SV, P90, SG 550, Dragonav, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, dijamin player akan ketagihan saat memainkan game point blank ini.

Segmentasi, targeting, dan positioning Point Blank

Segmentasi : 

  • Geografi : dimainkan hampir di seluruh dunia dan memiliki server selain yang di Korea Selatan yang merupakan server utama,seperti : Thailand, Rusia, Indonesia, Brasil, Turki, Amerika Serikat, dan Peru. Di Indonesia, permainan ini sekarang telah dikelola oleh Zepetto.
  • Demografi : mayoritas dimainkan oleh konsumen laki laki dengan jangka usia 9 – 25 tahun.
  • Psikografi : penggemarnya rata rata adalah orang yang suka hal hal berkaitan dengan militer dan aksi tembak menembak

Targeting : 

v  Menargetkan pemain berusia remaja ke dewasa muda,baik laki laki maupun perempuan serta memiliki platform berupa PC (demografi)

v  Menargetkan pemain dari seluruh penjuru dunia (geografi)

v  Menargetkan pemain yang hobi bermain game fps (psikografi)

Positioning :

Point Blank dapat dianggap sebagai leader dari game game fps (first person shooter) yang ada di Indonesia.Hal tersebut terbukti dari masifnya jumlah pemain game tersebut hingga kesetiaan pemain lama yang membuat game tersebut masih eksis dari 2009 sampai sekarang.Salah satu strategi pemasaran di Indonesia yang mereka lakukan ialah dengan membuka server Indonesia yang dimana membuat pemain pemain di Indonesia tidak akan terhambat dalam memainkan game tersebut baik dari segi waktu maupun fitur lainnya.Tidak hanya itu,mereka juga sering mengadakan event event serta kompetisi kompetisi bertaraf nasional maupun internasional yang berhadiahkan tunai.Platform yang digunakan juga merupakan platform yang sering dijumpai sehingga mereka mampu mendapatkan banyak peminat.

Sementara itu, ada juga game yang tidak kalah serunya dibandingkan Point Blank, yaitu game Call of Duty : Modern Warfare. Game besutan developer Infinity Ward ini mengisahkan cerita Captain Price yang disesuaikan dengan gaya modern.

Call of Duty : Modern Warfare menceritakan kisah lanjutan dari serial COD sebelumnya. Tentunya, kali ini COD Modern Warfare memiliki fitur baru yang sudah di improve dibandingkan game pendahulunya. Meskipun berfokus pada mode single player campaign, game ini juga memiliki fitur online sehingga player dapat bermain dengan teman. Berikut adalah fakta menarik COD Modern Warfare :

1. Fitur Lama Disempurnakan

Fitur Multiplayer di serial COD terbaru ini sudah disempurnakan dan diperbaiki dibandingkan dengan seri sebelumnya. Fitur terbaru dari game ini adalah killstreaks, fitur ini memungkinkan kita menggunakan reward seperti misil, tank, hingga air strike jika kita berhasil membunuh musuh tanpa mati.

2. Tambah Seru dengan Mode Baru

Infinity Ward menyajikan beberapa mode baru. Salah satunya adalah mode Gunfight, yaitu pertempuran cepat dua lawan dua dan mode Groundfight, yang mirip-mirip dengan mode Battle Royale. Kemudian terdapat juga fitur Gunsmith dan sistem crossplay yang memungkinkan player untuk bermain dengan player dari konsol lain.

3. Storage yang sangat besar

Ruang penyimpanan yang dibutuhkan oleh game ini mencapai 175 GB. Angka tersebut bahkan mengalahkan Red Dead Redemption dan Monster Hunter : World, serta menjadi game yang membutuhkan storage terbesar saat ini. Namun, 175 GB itu terkompensasi dengan grafik yang memukau dan permainan yang sangat realistis.

Menurut kami, Point Blank menjadi game yang salah sasaran di Indonesia. Semestinya, PB ini diperuntukkan bagi anak muda maupun orang dewasa. Namun, pada kenyataannya, PB digandrungi oleh anak kecil. Hal tersebut tidak terlepas dari faktor bahwa game tersebut bisa di download secara gratis, serta hanya membutuhkan ruang penyimpanan tidak sampai 2 GB dan memang dari awal rilis di tahun 2008, game ini sangat terkenal menyenangkan untuk dimainkan secara online dan pemainnya sudah tersebar di seluruh Indonesia.Sementara itu, Call of Duty : Modern Warfare sudah tepat sasaran diperuntukkan untuk orang dewasa, karena tidak banyak PC yang mumpuni untuk memainkan game dengan kapasitas mencapai 175 GB ini. Selain itu, faktor harga kaset game ini yang terbilang cukup mahal, yaitu di angka sekitar 750 – 800 ribu dan pemain game ini tidak sebanyak game Point Blank.

Saran 

Berdasarkan Analisis diatas, kami memiliki saran untuk Zepetto agar kedepannya, game Point Blank ini tidak salah sasaran lagi, berikut adalah saran yang mampu kami berikan berdasarkan analisis Positioning dan Targetting yang sebelumnya sudah dibahas

Dari Segi Positioning

Untuk segi positioning, sejak awal Zepetto sudah melakukan hal yang benar dengan menempatkan game Point Blank ini menggunakan platform komputer, karena faktanya, komputer adalah platform game paling populer, melebihi platform lainnya.

Yang jadi permasalahan disini adalah aksesibilitas, seperti yang sudah kami bahas di awal, game Point Blank ini dapat kita jumpai di banyak warnet di Indonesia, Mengapa? Tentu saja karena game ini mudah sekali untuk di unduh melalui internet dengan ukuran yang kecil dan dengan spesifikasi yang rendah. Jadi untuk menghindari ini, Zepetto harus membuat game Point Blank dengan ukuran yang lebih besar dan tidak mudah di unduh sembarangan oleh orang

Dari Segi Targetting

Jika kita berbicara game yang mengandung unsur pembunuhan, pasti target pasarnya adalah orang orang yang sudah dewasa, namun dalam kasus Point Blank, terutama di Indonesia, masih sangat banyak anak anak kecil yang memainkan game ini, mengapa? Mengacu pada poin sebelumnya, masalah aksesibilitas menjadi faktor utama kenapa anak anak kecil dengan mudah memainkan game ini, lalu game ini bisa dibilang mudah dimainkan bahkan untuk anak kecil. Maka dari itu kami sarankan agar Zepetto menambah tingkat kesulitan game ini dan mungkin menambahnya dengan bahasa-bahasa asing yang sulit dimengerti oleh anak kecil, seperti yang dilakukan oleh Call of Duty. Menurut kami, anak kecil mudah tertarik dengan game ini karena mudah namun seru bagi mereka, jadi menambah tingkat kesulitan game merupakan hal yang tepat.

Dengan demikian, tentu kami berharap agar game-game dengan genre FPS atau yang mengandung kekerasan seperti ini tidak lagi salah sasaran apalagi dimainkan oleh anak kecil, karena hal ini bisa berakibat fatal, bagaimana nanti jika sang anak mengikuti adegan dalam game? Hal tersebut pasti sangat tidak kita inginkan. Maka dari itu, game game seperti Point Blank ini kedepannya harus dibuat dengan hati-hati dan disebarluaskan secara hati-hati pula agar bisa jatuh ke tangan konsumen yang tepat

Penulis :

Sisca Ramona

Rafi Tajmal Noor

Ramadhan Luthfi Prakosa

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Point_Blank_Online

https://www.indoesports.com/news/point-blank/kelebihan-yang-dimiliki-oleh-game-point-blank

https://www.acerid.com/fakta-menarik-call-of-duty-modern-warfare/


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format