ADVAN : Brand Lokal yang Meredup

Indonesia menjadi lima besar pengguna smartphone di dunia, potensi bisnis industri smartphone di Indonesia masih menjanjikan di tahun-tahun mendatang.


0

Ironi Pasar Handphone Indonesia 

Pasar handphone Indonesia memang terus berkembang seiring waktu , namun berbanding terbalik dengan industri handphone lokal. Berdasarkan pemantau IDC bahwa pengapalan smartphone di Indonesia pada kuartal II-2019, memecahkan rekor tertinggi sepanjang sejarah. Menurut periset pasar IDC, pengapalan smartphone di Indonesia pada periode itu menjacapai 9,7 juta unit, naik 20 persen dibanding kuartal I-2019.

IDC masih menempatkan Samsung di urutan teratas dengan pangsa pasar sebesar 26,9 persen. Oppo menyusul di urutan kedua (21,5 persen), lalu secara berturut-turut Vivo (17 persen), Xiaomi (16,8 persen), dan Realme (6,1 persen).

Pasar saat ini didominasi oleh Handphone import , menolak lupa bahwa Handphone lokal pernah berada pada masa kejayaannya , Pada tahun 2016 hingga 2017, ponsel dalam negeri bertambah hingga mencapai 60,5 juta unit. Sementara ponsel impor terus turun, hingga tersisa 11,4 juta unit. Hingga tahun 2017, terdapat 11 merek ponsel dalam negeri yang beredar, yaitu SPC, Evercoss, Elevate, Advan, Luna, Andromax, Polytron, Mito, Aldo, Axioo, dan Zyrex.

ADVAN

Berdiri pada tahun 2000 di Jakarta, Advan merupakan perusahaan elektronik berbasis teknologi komputer dengan range product bervariasi. Di awal kemunculannya, Advan memproduksi barang elektronik meliputi TV Plasma, Notebook, dan Deskbook. Melihat tren pasar yang terus berubah, Advan akhirnya mengeluarkan produk berupa tablet PC pada pertengahan tahun 2013 kemudian smartphone.

Di industri smartphone hingga 2018 kemarin Advan masih berjuang menguasai pasar smartphone tanah air.  Dalam laporan IDC kuartal III tahun 2018, Advan masih menduduki posisi lima besar dalam daftar smartphone terlaris di Indonesia dengan market share sebesar 5 persen.

Advan harus puas berada di peringkat kelima vendor smartphone terbesar di Indonesia menurut data Canalys pada kuartal IV 2018, dengan raihan 4,1 persen. Pada periode yang sama, pangsa pasar Advan terjun bebas mengalami penurunan sebesar 25 persen dari tahun ke tahun.

Lantas apakah yang menyebabkan Advan saat ini tidak terdengar gaungnya ?

Peralihan Fungsi

Handphone saat ini merupakan produk yang fungsinya telah beralih , fungsi utama dari handphone adalah sebagai alat komunikasi melalui suara dan pesan singkat namun Berdasar kan riset di tahun 2009 oleh MUSEA Ericson  terdapat lima fungsi ponsel yang ada di masyarakat indonesia : 

  • Alat komunikasi 65%
  • Simbol kelas masyarakat 44%
  • Penunjang bisnis 49 %
  • Pengubah batas sosial masyarakat 36%
  • Alat penghilang stress

Menarik jika kita melihat bahwa bergesernya fungsi utama handphone didominasi oleh fungsi lainnya yakni pada stratifikasi sosial seseorang.  Dapat dikatakan saat ini yang terjadi adalah konsumen Indonesia berpindah ke gaya hidup. Faktor – Faktor yang mempengaruhi gaya hidup konsumen indonesia cukup beragam, trend dan globalisasi menjadi dua hal yang cukup mempengaruhi perilaku konsumen saat ini.

Globalisasi memberikan kemudahan bagi proses integrasi internasional, pertukaran produk, jasa hingga aspek kebudayaan saat ini tidak ada lagi halangan dan cenderung saling berhubungan.

Indonesia sendiri menjadi ‘konsumen’ yang paling mudah bagi jualannya globalisasi . Sedari dulu indonesia memang sudah multikultural tak heran saat globalisasi menawarkan ragam budaya yang berbeda dari negara berbeda, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling mudah menerima asupan tersebut.

Spesifikasi Smartphone

Perubahan fungsi utama Handphone , diikuti dengan perubahan selera konsumen, Menurut analisis pasar IDC Indonesia vendor handphone lokal saat ini tergerus karena adanya perubahan perilaku konsumen. Selera pasar atas handphone saat ini dinilai dari spesifikasi yang lebih tinggi, vendor import mampu menyediakan produk dengan spesifikasi yang mumpuni dengan range harga yang mencakup semua segmen.

Chart diatas menunjukkan bahwa pasar Smartphone Indonesia saat ini hampir 30% dikuasai oleh Samsung. Menyambung pembahasan sebelumnya mengenai Globalisasi , Samsung menjadi salah satu Brand yang sukses memanfaatkan era Globalisasi untuk masuk ke market tanpa hambatan yang berarti.

Memanfaatkan Korean wave yang tengah digilai masyarakat indonesia saat ini , budaya korea dengan mudahnya masuk dan melekat di kehidupan masyarakat indonesia. Dukungan pemerintah korea dalam menjadikan artis k-pop sebagai diplomat kebudayaan serta kemasan menarik dari produk – produk korea membuat Korean Wave semakin mudah berkembang. Mulai dari musik, film, fashion hingga makanan mampu menjadi trend yang bisa dijual dari demam korea ini.

Related to The Theory 

                                                                          Source : Google Images

Globalisasi yang paling nyata saat ini adalah Industri smartphone , Masing – masing perusahaan gencar berlomba untuk menjadi leader di pasar smartphone global. Perusahaan dituntut untuk siap menghadapi kondisi pasar yang cenderung rentan berubah saat ini. Figure diatas menggambarkan bagaimana perusahaan harus bertindak didasarkan melihat Opportunity dan Threads yang terjadi pada lingkungan perusahaan dalam menghadapi globalisasi.

Strategi ADVAN 

Advan merupakan satu-satunya brand lokal yang mampu bersaing dengan brand global di pasar smartphone Indonesia. Dalam laporan terakhir lembaga riset Canalys untuk kuartal keempat 2018, Advan menempati posisi kelima di deretan vendor teratas di tanah air.

GLOBAL ENVIRONMENT ADVAN

GENERAL ENVIRONMENT

Technologies 

investasi di R&D Center di Shenzen China dan di akhir 2017 mulai memindahkan sedikit ke Indonesia.

Political & Legal forces

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 82 tahun 2012 tentang Ketentuan Impor Telepon SelulerI 

TASK ENVIRONMENT

Kompetitor

Global Smartphone – SAMSUNG, Huawei, dll

Distributors

Partnership with telkomsel , tokopedia

Consumers

Market Indonesia

Suppliers

Third party external supplier

Ditengah serangan vendor luar ADVAN dirasa masih kurang fokus dan aktif dalam merencanakan planning menghadapi perang global ini.

Sempat merajai pasar di tahun 2017 , namun ADVAN tidak mempersiapkan rencana bertahan dari posisinya saat itu , sesuai teori mengenai Product Life Cycle , pada tahun tersebut ADVAN berada dalam posisi Growth, artinya posisi ADVAN berada di kondisi yang baik , potensi memperluas pasar besar, omset penjualan yang naik signifikan, meningkatnya kapasitas produksi. Terbukti dengan diterima beberapa penghargaan seperti inobatkan sebagai brand dengan penjualan Tablet PC No. 1 di Indonesia dan Asia Pasifik, serta smartphone masuk dalam peringkat 3 besar dan bersaing ketat dengan global brand lainnya selama 2 tahun berturut turut. 

Namun pertahan ADVAN pada stage selanjutnya tidak disiapkan dengan baik , dalam teori Product Life Cycle pada tahap maturity, threads yang terjadi adalah omset penjualan yang mulai melambat, bersaing dengan ketat dan berjuang dalam merebut pangsa pasar dengan pesaing-pesaingnya. Sedangkan ADVAN kecendrungan berfokus pada market indonesia sehingga produk hanya berfokus pada consumer low-end tanpa peningkatan spesifikasi yang diharapkan consumer lebih variatif .

                                                                     Source : Google Images

Strategi ADVAN bertahan pada Middle – Low market , saat ini hanya didasarkan pada operational budgeting produk , tanpa menelaah dari perubahan needs dan value customer. Pergeseran value dan fungsi smartphone bagi customer tentunya menggeser origin of needs dari customer. Smartphone saat ini menjadi simbol dari strata level dari masyarakat , artinya ketika suatu produk smartphone dipakai itu akan menentukan level atau tingkatan segmen pemakai handphone tersebut. 

Lain hal ketika Vendor seperti Samsung tak segan melakukan promosi besar-besaran di market Indonesia, Namun ADVAN saat itu tidak banyak melakukan kegiatan Branding padahal posisi di tahun 2017 saat itu sedang puncak pasar bagi ADVAN.

Menyambung kedua hal diatas, ADVAN seharusnya bisa lebih mendetail , dalam mengkonsep segment pasar nya, apabila ADVAN ingin bermain dalam segment pasar Middle – Low , ADVAN perlu memikirkan Brand Value ADVAN di persepsi customer saat ini.

Selain itu globalisasi telah menawarkan kesempatan yang luar biasa, serta meningkatnya risiko, dalam pengembangan rantai pasokan. Rantai pasokan berkinerja tinggi seperti Samsung dan Zara telah memanfaatkan globalisasi secara penuh. Sebaliknya, beberapa rantai pasokan telah menemukan diri mereka tidak siap menghadapi peningkatan risiko yang menyertai globalisasi. Akibatnya, manajer harus memperhitungkan kedua peluang dan ketidakpastian dalam jangka panjang saat merancang jaringan rantai pasokan global.

Namun yang dihadapi ADVAN adalah krisis pada supply chain sumber daya manusia (SDM) berkualitas, khususnya dalam software engineering serta penguasaan teknologi, baik untuk perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) menjadi masalah utama pengembangan industri ponsel di Tanah Air.

Padahal untuk melindungi kepentingan industri dalam negeri dan juga vendor smartphone lokal, pemerintah sebetulnya telah mengeluarkan aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk perangkat 4G. Saat ini besarnya mencapai 30 persen. Itu artinya, seluruh produsen smartphone yang ingin memasarkan ponsel 4G di Indonesia wajib memenuhi minimal 30 persen TKDN. Bila tidak sanggup, mereka dilarang menjual produknya di Indonesia.

Best Practice : SAMSUNG

Membandingkan dengan Samsung dalam menghadapi Globalisasi, Samsung melihat opportunity dari adanya globalisasi, sejak awal era globalisasi Samsung telah membuka lab riset untuk meneliti lifestyle di 5 negara berbeda. 

Concern Samsung dalam mengembangkan strategi yang didasarkan pada perbedaan lokasi negara dan membentuk cluster location untuk pemgembangan strategi dan SDM Mereka.

Samsung tidak berfokus pada market negaranya saja , namun melakukan riset pada pasar negara lain untuk develop produk mereka. Sehingga dalam hal spesifikasi saat ini Samsung telah menggarap dari semua segmen market high end hingga low end

Dalam japan times news menyatakan Samsung mensponsori 2-3 % dari semua produksi drama korea selatan,  kesuksesan drama yang disponsori Samsung pun cukup tinggi. Selain itu Samsung mengeluarkan anggaran sebesar 5,4 % untuk melakukan iklan dan promosi.

 Salah satu strategi promosi yang digunakan adalah Product Placement, dimana promosi ini menampilkan produk Samsung pada sisipan drama /alur cerita film, sehingga penonton terstimultan untuk mengingat produk Samsung yang akhirnya mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian Handphone. Berfokus pada promosi dan Branding menjadi kunci Samsung untuk bertahan dan memuncaki Market. 

                                                                          Source : Google Images

Samsung Electronics memiliki rantai pasokan yang sangat besar yang terdiri dari sekitar 2.500 pemasok di seluruh dunia. Beberapa dari mereka memasok bahan baku atau komponen sementara yang lain menyediakan peralatan, tetapi semuanya sangat diperlukan. 

Memahami pentingnya rantai pasokan bukan hanya secara ekonomi namun Samsung juga memberikan konsultasi kepada pemasok mereka, dengam melakukan sertifikasi in house – skema Mitra ramah lingkungan  dan mengevaluasi lanjutan atas mitra pemasok nya sehingga adanya praktik nilai dari Samsung yang diadopt oleh pemasok.

Gerakan Cinta Produk Indonesia

Terlepas atas polemik strategi ADVAN dalam bertahan di Market . ADVAN sebagai produk asli Indonesia jelas membutuhkan dukungan baik dari pemerintah dan masyarakat ,

Salah satunya dengan membuat kampanye tentang Gerakan cinta produk Indonesia, gerakan untuk membangun ekonomi nasional. Maka gerakan ini harus dilakukan secara besar-besaran dan luas. Iklan di televisi saja tentu tidak cukup membangun kesadaran, butuh langkah yang lebih mendalam karena gerakan mencintai Produk Indonesia adalah demi kesejahteraan bangsa kita sendiri.

Mencontoh negara Korea , dalam kehidupan sehari-hari di Korea, masyarakat lebih memilih produk negaranya bahkan jika produk itu lebih mahal dibanding produk serupa impor. Dalam saat yang sama para produsen terus melakukan inovasi agar produknya bisa bersaing dengan produk impor itu sehingga warga Korea merasa dihargai kebutuhannya. Itulah mengapa saat ini Korean Wave mampu mendunia dan menguasai market global.

Persepektif masyarakat atas menghargai produk dalam negeri memberikan kontribusi yang positif bagi pelaku bisnis dalam negeri dibarengi dengan tanggung jawab produsen untuk meningkatkan kualitas produk demi memenuhi desire & need masyarakat akan membentuk Gerakan Cinta Produk dalam negeri akan lebih aktif berjalan. Tentunya langkah awal pengembangan Gerakan ini harus dimulai dari pemerintah selaku instrumen negara, Pemerintah harus concern membantu pelaku bisnis dalam negeri untuk berkembang, memberikan kebijakan dan kemudahan dalam bisnis dari segi yang positif adalah langkah awal memulainya. Oleh karenanya agar produk lokal dapat menjadi Raja di Negerinya sendiri dibutuhkan kontribusi dari semua pihak .

Sources :

https://interaktif.kompas.id/baca/jatuh-bangun-industri-ponsel-lokal/

https://m.detik.com/inet/consumer/d-1312621/5-fungsi-ponsel-bagi-orang-indonesia

https://tekno.kompas.com/read/2019/09/02/14010097/mengamati-pergeseran-pasar-smartphone-indonesia-di-2019?page=2

https://www.beritasatu.com/ekonomi/530968/ekonomi/530968-eksistensi-vendor-ponsel-lokal-kian-terjepit

https://www.advandigital.com/about-advan

https://selular.id/2019/03/ini-5-strategi-advan-melawan-brand-global-di-2019/

https://www.counterpointresearch.com/global-smartphone-share/

https://selular.id/2019/12/catatan-akhir-2019-tak-ada-lagi-brand-lokal-dalam-daftar-elit-smartphone/

https://www.samsung.com/levant/aboutsamsung/sustainability/environment/sustainable-supply-chain/

https://www.slideshare.net/mobile/JaylaDunlap/slideshare-1-globalization-and-samsung-72966006


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format