Chia Pets, Mainan Edukatif untuk Anak yang Justru Lebih Digemari Orang Dewasa


0

Chia Pets merupakan patung-patung terakota bergaya Amerika yang digunakan untuk menumbuhkan chia, dimana kecambah chia tumbuh dalam beberapa minggu untuk menyerupai bulu atau rambut hewan pada patung itu. Biji chia yang dilembabkan lalu diaplikasikan pada tubuh figurine terracotta yang beralur. Namun chia seed yang digunakan tidak boleh dikonsumsi karena tidak dibersihkan dengan baik dan tidak melalui proses kepatuhan FDA yang sama seperti yang dijual untuk makanan.

Produk dengan tagline “Ch-Ch-Ch-Chia. Watch it grow!” ini dipasarkan oleh Joe Pedott dan diproduksi oleh Joseph Enterprises Inc., Chia Pet pertama, Chia Guy , dibuat pada 8 September 1977. Pendaftaran merek dagang diajukan pada 17 Oktober 1977.  Pedott pertama kali mengetahui tentang Chia Pets ketika ia menghadiri pertunjukan peralatan rumah tangga di Chicago pada tahun 1977.  Chia Pets mendapatkan popularitas pada 1980-an menyusul rilisnya seekor domba jantan pada tahun 1982 yang merupakan Chia pertama yang dipasarkan secara luas. Pada tahun 2007, sekitar 500.000 Chia Pets dijual setiap tahun dan mereka hanya dijual selama musim liburan. Awalnya Chia Pets dibuat di Meksiko, namun sekarang juga diproduksi di China.

Chia pets membuat beberapa figur patung seperti hewan, emoji, karakter-karakter dalam film seperti Groot (film Guardian of The Galaxy) dan Pennywise (film It), bagian tubuh manusia bahkan tokoh-tokoh terkemuka seperti Bob Ross, Abraham Lincoln, Barack Obama hingga Donald Trump. Joseph Enterprises menjual benih pengganti untuk produk Chia dan juga menjual biji chia dalam jumlah besar sebagai suplemen nutrisi. Chia Pets pada awalnya ditujukan sebagai mainan edukasi untuk anak-anak, namun karena cara penggunaannya cukup merepotkan dan menumbuhkan biji chia tidak selalu mudah maka mainan ini justru lebih digemari orang dewasa untuk hiburan melepas penat dan sebagai hadiah yang dapat diberikan secara umum (untuk siapa saja).

https://www.youtube.com/watch?v=wkS0BuytREA

Chia Pets

Barbie

Segmenting

Demografis

-Usia : 3-15 tahun

-Jenis Kelamin : Laki-laki, Perempuan

Geografis

-Region : China, Amerika, Meksiko

-Area : Desa, Perkotaan, Pesisir Pantai, Pegunungan

Perilaku

– Kesetiaan terhadap merek : Konsumen memperhatikan merek, konsumen tidak memperhatikan merek

Demografis

-Usia : Awal rilis target umurnya adalah anak-anak umur 3-12 hingga kemudian 0-17 tahun, namun sekarang berubah menjadi lebih fokus pada anak-anak 

-Jenis Kelamin : Perempuan

Geografis

-Region : Seluruh negara dengan pasar terbesarnya adalah USA, Jepang, dan China

-Area : Desa, Perkotaan, Pesisir Pantai, Pegunungan

Perilaku

– Kesetiaan terhadap merek : Konsumen memperhatikan merek, konsumen tidak memperhatikan merek

Targeting

Anak-anak maupun remaja baik laki-laki maupun perempuan

Perempuan baik anak-anak maupun remaja namun karena perkembangan teknologi seperti sekarang, rata-rata anak dengan umur 9 tahun keatas mulai beralih ke mobile game ataupun game online

Differentiation

Chia pets merupakan patung-patungan terracotta yang diberi moist chia seed dengan bentuk-bentuk yang selalu mengikuti apa yang sedang trend sekarang (misal: saat film star wars sedang hype ataupun saat musim kampanye)

Ketika Barbie lahir pada tahun 1959, Mattel membuat boneka-boneka itu dengan vinil lembut.

Saat ini, Barbie dibuat dengan berbagai plastik inovatif. Kepalanya terbuat dari senyawa vinil, lengannya dari EVA (etilena-vinil asetat), badannya dari polimer termoplastik rekayasa yang disebut ABS (acrylonitrile-butadiene-styrene) dan kakinya dari polypropylene dan PVC – jenis yang lebih aman dari model awal

Selain itu barbie juga mengeluarkan variasi dengan berbagai macam bentuk tubuh, berbagai warna dan bentuk rambut, warna kulit hingga warna mata.

Positioning

Sebagai mainan edukasi untuk anak-anak dan juga sebagai kado untuk siapa saja

Figure perempuan berusia 18-24 tahun dengan karir yang bagus, selera fashion yang tinggi, dan suka berkumpul dengan teman-teman. Dengan ini barbie diposisikan sebagai fashion brand yang mahal.

Segmentasi

Dalam proses segmentasi atau pembagian pasar menjadi unit-unit yang lebih kecil, perusahaan cenderung mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok yang sama berdasarkan ciri-ciri tertentu, begitu pula yang dilakukan oleh Chia Pets dan Barbie. Perbedaan segmenting terletak pada data yang didapat perusahaan, semakin akurat data maka semakin akurat pula perusahaan dalam mengelompokkan konsumen.

Targeting

Pada awal peluncurannya, Chia Pets menarget anak-anak dan remaja baik laki-laki maupun perempuan dengan rentang usia 3-15 tahun yang tinggal di Meksiko hingga akhirnya merambah beberapa negara seperti China dan Ameika. Namun seiring berjalannya waktu, produk-produknya justru banyak digemari oleh orang dewasa. Sehingga produk ini dapat dikatakan salah sasaran. Hal ini berbeda dengan Barbie yang dari awal sudah membidik pasar yang lebih luas yakni perempuan dengan rentang usia yang lebih besar sehingga produknya dapat selalu bertahan dan memikat hati konsumen dengan strateginya.

Diferentiation

Chia Pets yang mengeluarkan seri baru saat liburan tiba ini begitu mengikuti perkembangan pasar. Mainan edukatif ini meluncurkan model-model yang sedang trend dan menarik minat konsumen. Perusahaan ini juga melakukan kolaborasi dengan perusahaan terutama dalam bidang perfilman seperti Marvel dan DreamWorks. Meskipun berbeda konsep produk, namun mainan edukatif Chia Pets dapat menerapkan strategi yang dijalankan oleh Barbie. Mainan untuk perempuan yang tetap berjaya sejak lama ini tidak pernah kehabisan akal untuk memikat hati konsumennya. Barbie selalu melakukan perubahan-perubahan mulai dari begitu banyak variasi model figure dan yang melekat padanya (pakaian dan aksesoris) hingga perubahan besar mengenai citra produknya yang dikenal memiliki standar kecantikan dimana standar itu dikritik oleh banyak orang dan sekarang telah dapat diterima oleh semua kalangan karena perubahan tersebut.

Positioning 

Barbie menjangkau pasar yang lebih luas karena membidik target tidak hanya anak-anak namun juga remaja, target gender dan spesifikasi yang jelas membuat produk ini tetap bertahan. Jika dilihat dari segi harga, Chia Pets memposisikan dirinya sebagai mainan edukatif yang dapat dimainkan oleh semua gender dengan kisaran harga $11 hingga $40. Harga tersebut dapat dijangkau oleh para orang tua kalangan atas untuk menghadirkan Chia Pets sebagai mainan edukatif bagi anaknya. Sedangkan Barbie lebih dapat menjangkau semua kalangan dengan variasi harga dan range yang begitu besar. Bonekanya dibanderol mulai dari $4 untuk ukuran kecil hingga milyaran rupiah untuk koleksi yang langka.

Dilihat dari map positioningnya maka chia pets masih berada di kisaran harga yang relatif terjangkau  dibanding pesaing-pesaingnya ditambah lagi mainan ini masih diposisikan sebagai mainan edukasi yang sangat baik. Namun karena bidikan target malah menyasar ke orang dewasa sehingga diperlukan inovasi d yang baru agar bisa lebih diterima pada anak-anak juga dan dengan ini chia pets tidak hanya menjadi mainan edukasi buat anak tapi juga bisa menjadi mainan keluarga.

Repositioning atau Let 1000 Flowers Bloom(?)

Seperti yang telah dibahas di atas bahwa Chia Pets dapat dikatakan salah sasaran dalam menentukan target pasarnya. Namun, apakah dibutuhkan repositioning atau justru let 1000 flowers bloom dan terus melanjutkan kreativitas. Sebenarnya repositioning bukanlah hal utama yang harus dilakukan karena seperti yang kita tahu bahwa Chia Pets memposisikan dirinya sebagai mainan edukasi untuk anak.

 Dengan ini, jika memang Chia Pets malah membidik orang-orang dewasa, maka Chia Pets justru dapat menjadi mainan keluarga. Misalnya saja orang tua bisa menjadikan ini koleksi sekaligus bahan edukasi untuk anak-anak mereka namun tetap memberikan pengawasan. Namun, perlu adanya inovasi lain dalam Chia Pets untuk bisa memasuki dunia anak, karena kecambah chia seeds yang ada di mainan ini butuh waktu 1-2 minggu untuk tumbuh, selain itu yang bervariasi hanyalah bentuk dari patung tanpa ada variasi lain sedangkan seperti yang kita ketahui anak-anak cenderung lebih cepat bosan dan kurang sabar. Sehingga dibutuhkan adanya fitur-fitur baru dalam mainan ini.

Daftar Pustaka :

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17 th ed. Harlow, UK : Pearson Education Ltd.

https://chia.com/

https://en.wikipedia.org/wiki/Chia_Pet

https://healthyeaton.com/eat-chia-pet/

https://www.coda-plastics.co.uk/blog/life-in-plastic-how-mattel-created-its-new-diverse-line-of-barbie-dolls

https://www.slideshare.net/nikitaraja/barbie-social-media-campaign-doll-yourself-up

https://www.smartinsights.com/digital-marketing-strategy/customer-segmentation-targeting/segmentation-targeting-and-positioning/

https://yonulis.com/2019/09/22/hot-wheels-banyak-dicari-kolektor-salah-sasaran-atau-keuntungan/

Kontributor :

  1. Muhamad Ragil Shobary

  2. Nabila Asylassyrry Mutia

  3. Nurfadillah


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
asylassyrry

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format