Nerf, Mainan Penggaet Semua Umur?


0

Menjadi polisi lalu berlarian menangkap penjahat merupakan salah satu imajinasi anak saat bermain. Bukan hanya itu, menjadi pemburu di hutan juga kerap menjadi khayalan anak. Memberika pistol mainan menjadi salah satu dilema orang tua. Pistol mainan konvensional justru membayakan bagi si anak. Kenapa? Seringnya karena peluru yang ada didalam pistol mainan tersebut. Peluru pistol kecil dan menyakitkan jika ditembakkan ke anak. Kecilnya peluru juga rawan untuk dimasukkan ke dalam mulut atau hidung anak. Nerf merupakan sebuah merek mainan yang menarik, yaitu gun toys. Nerf ini merupakan pistol yang ramah anak karena peluru terbuat dari busa. Merek ini juga menawarkan berbagai jenis pistol yang unik dan menarik bagi anak anak. Pistol nerf ini secara sempurna dapat memenuhi imajinasi anak dalam bermain. 

Pada tahun 1970, bola Nerf diperkenalkan sebagai "bola dalam ruangan resmi pertama di dunia", nama "Nerf" menjadi istilah slang untuk bantalan busa yang digunakan dalam balap di luar jalan. Slogan pemasaran berjanji bahwa seseorang dapat "Membuangnya ke dalam rumah, Anda tidak dapat merusak lampu atau jendela pecah.

Anda tidak dapat menyakiti bayi atau orang tua. Pada awalnya mainan ini ditujukan oleh anak yang sering melakuakan kegiatan dirumah atau dalam ruangan sehingga orang tua mereka tidak usah kawatir untuk membelikan mainan ini karena tidak bisa menyakiti dan juga tidak dapat merusak lampu dan kasa lainnya. 

Semakin berjalannya waktu Nerf menambah target pemasaran mereka yang awalnya hanya anak kecil laki-laki ditambah dengan anak remaja laki-laki. Hal tersebut dapat dillihat dari beberapa iklan yang dimiliki oleh Nerf yang diperankan oleh anak laki-laki remaja.

Dari iklan tersebut dapat dilihat bahwa Nerf mulai memperluas segmen mereka, ditambah lagi dalam metode beriklan Nerf menggunakan influencer remaja dengan menggunakan cara games yang dapat menarik minat banyak remaja.

Nerf menjual produknya ke Eropa, Asia, Afrika, Amerika, dan Australia dengan rentang umur dari 3 – 25 tahun. Selama bertahun-tahun, Nerf terus memperluas jalurnya, menambahkan penampilan baru ke produk yang ada, dengan lini produk Nerf di kemudian hari mulai dari bola olahraga dan busa dart blaster hingga permainan video dan aksesoris. Pada bulan Februari 2013, Hasbro mengumumkan perilisan "Nerf Rebelle", sub-line yang ditujukan untuk anak perempuan. Produk pertama, busur Heartbreaker, dirilis pada musim gugur 2013. Pada bulan November 2013, POW! Buku yang diterbitkan The Ultimate Nerf Blaster Book. Ditulis oleh Nathaniel Marunas, buku ini menyoroti sejarah Nerf dan memberikan rincian tentang setiap N-Strike, Dart Tag, dan blaster Vortex.

Segmenting Nerf

Geographic Location

Nerf menjadikan produknya layak diberbagai Negara dan lokasi. Di Indonesia sendir Nerf dapat ditemui di Mall atau Toko Mainan Anak.

Economic Factor

Produk Nerf bukan merupakan produk yang dapat dijangkau oleh semua kalangan.Produk ini diperuntukkan bagi keluarga menengah ke atas yang memiliki anak usia diatas 3 tahun hingga remaja

Political and Legal Factor

Nerf masih dianggap legal karena tidak membahayakan bagi anak anak

Cultural Factor

Karena diberbagai Negara, anak anak sudah mengerti peran polisi dan tentara serta mengerti apa itu pistol. Nerf tergolong tidak sulit untuk memasakan produknya

Targeting Nerf

Terlihat dari berbagai iklan yang ditampilkan oleh Nerf, ia menargetkan anak anak usia 5 tahun sampai remaja. Dari warna produk yang dimiliki juga mencolok menunjukkan ke “khas” an mainan anak anak. Pistol yang identik dengan laki laki juga dipertimbangkan oleh Nerf namun hal yang menarik, Nerf juga menargetkan anak anak perempuan menjadi customernya.

Differentiation Nerf

Product Nerf merupakan produk pistol mainan anak yang aman digunakan dan tidak membahayakan

Quality Produk Nerf tentu memiliki kualitas yang baik.

Channels Nerf sendiri sudah ada diberbagai Toko Mainan maupun Mall

Image Nerf di Indonesia sendiri masih dipandang “mainan mahal” bagi sekelompok masyarakat namun Nerf menyiasati dengan banyaknnya jenis Nerf yang dipasarkan. Hal tersebut menjadikan salah satu alternative pilihan bukan hanya bagi si anak namun bagi orang tua yang akan membelikannnya.

kami membandingan dengan Play Dough yang merupakan mainan tepat sasaran

Segmenting Play Dough

Geographic Location

Play dough merupakan mainan menyenangkan dan dapat dipasarkan di berbagai negara

Economic Factor

Berbagai lapisan masyarakat dapat menjangkaunya 

Political and Legal Factor

Tentunya Play dough ini legal dipasarkan bagi anak anak. Juga mempertimbangkan bahan dasar produk yang aman bagi anak

Cultural Factor

Imajinasi anak terhadap berbagai hal dapat dituangkan ke dalam permainan ini. 

Targeting Play Dough

Tentunya Play Dough ini menargetkan anak-anak baik perempuan maupun laki-laki. Permainan ini juga dapat dimainkan secara bersama sama dengan teman sebaya.

Differentiation Play Dough

Product Dari sisi produk Play Dough ini sangat menarik bagi anak-anak karena warnanya yang menarik dan dapat dibentuk berbagai hal

Quality Play Dough memiliki bahan yang berkualitas sehingga aman dimainkan oleh anak-anak

Channels Sama seperti Nerf, Play dough juga sudah tersedia di berbagai gerai mainan juga mall.

Image Play Dough di Indonesia sendiri memiliki citra khusus bagi anak anak. 

Positioning Nerf dan Play Dough

Nerf mempunyai design yang cukup elegan dan terlihat keren bahkan untuk dimainkan oleh orang dewasa, terlebih lagi harga mainan anak anak ini cukup mahal sehingga membuat mainan ini cukup bergengsi dan membuat orang dewasa tidak malu untuk memainkannya. Bahkan banyak yang berpendapat bermain nerf dapat menciptakan kepuasan tersendiri bagi remaja dan orang dewasa, Nerf juga mempunyai banyak scenario dan konsep permainan sehingga dapat masuk disemua kalangan.

Akan tetapi ini bukan sebuah kerugian, bahkan menjadi sebuah peluang bagi Nerf, solusi yang dapat dilakukan justru adalah dengan memperluas target pasar, dengan cara mengubah diferensiasi produk dan juga positioning dalam pasar, menyesuaikan dengan meluasnya target pasar. 

Setelah memperluas target pasar, Nerf bahkan terus memperbarui produknya, dapat kita lihat dalam website resmi Nerf, Nerf bahkan mengeluarkan seri khusus video game yang banyak dimainkan remaja dan orang dewasa yaitu Fortnite. Cara Nerf mempromosikan produknya pun terbilang unik, seperti membuat sayembara video, dan mensponsori video dari influencer influencer besar di Youtube, salah satu contohnya adalah channel Dude Perfect. Hal ini menunjukan bahwa banyaknya minat dari kalangan remaja dan dewasa terhadap Nerf yang menyebabkan Nerf memperluas target pasarnya.

Wibowo Bagus S

Khansa Adwina Putri

Shof Isnain Muzaki


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format