Peluang Bisnis Layanan Kebersihan Rumah Pasca Banjir

Dalam sebuah riset yang diterbitkan Journal of Global Health pada 2012 lalu, disebutkan bahwa Indonesia merupakan wilayah yang paling rawan terkena banjir.


0

Banjir di Jakarta

Banjir disebut sebagai bencana alam yang paling umum terjadi tak hanya di negara berkembang, tetapi juga di negara maju. Dari semua jenis bencana alam yang pernah dialami penduduk di seluruh dunia, banjir mengambil porsi sebesar 40 persen. 

Dalam sebuah riset yang diterbitkan Journal of Global Health pada 2012 lalu, disebutkan bahwa Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia, merupakan wilayah yang paling rawan terkena banjir. Tak hanya frekuensinya yang sering, banjir yang terjadi di negara-negara Asia Tenggara juga tergolong cukup parah.

Awal dekade ini Indonesia diawali dengan basah. Hujan terus mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Selasa sore (31/12/2019) dengan intensitas lebat. Langit malam pergantian tahun yang biasanya semarak, kali ini minim kembang api. Hujan memang sempat berhenti jelang tengah malam. Namun, beberapa menit setelah pergantian tahun, hujan kembali turun dan terus mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya hingga keesokan hari.

Dari data terakhir yang dihimpun BNPB per 4 Januari 2020, banjir kali ini merendam 308 kelurahan dengan ketinggian air maksimum mencapai enam meter. Sementara korban meninggal dunia mencapai 60 orang, dengan jumlah pengungsi sebanyak 92.621 jiwa yang tersebar di 189 titik pengungsian. Banjir besar semacam ini bukanlah hal baru di Jakarta. Sebelum ini, setidaknya ada lima banjir besar dalam sejarah DKI Jakarta, yakni pada 2002, 2007, 2013 dan 2014. Jika melihat dari dampak yang ditimbulkan seperti korban meninggal dunia, sebaran titik banjir hingga jumlah pengungsi, maka dapat disebut tahun 2007 menjadi banjir terparah. Saat itu korban meninggal di DKI Jakarta berjumlah 48 orang, sementara di tahun 2020 berjumlah 16 orang. Kemudian jumlah kelurahan terdampak pada 2007 mencapai 199 kelurahan, masih lebih banyak ketimbang tahun ini yang mencapai 157 kelurahan. Jumlah pengungsi pun pada tahun ini hanya 31.233 orang, sangat jauh dibandingkan pada 2007 yang menyentuh angka 522.569 jiwa.

Visualisasi daerah terdampak banjir di Jakarta

Dampak Bencana Banjir

Dalam riset itu tercatat bahwa frekuensi dan tingkat keparahan banjir di Asia Tenggara telah meningkat selama beberapa dekade terakhir. Menurut data dari Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB, tak kurang dari 9,6 juta orang terkena dampak banjir di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Dampak besar yang terasa dari benjir beberapa diantaranya :

  1. Dampak kesehatan yang ditimbulkan bencana banjir

Penelitian menyoroti berbagai masalah kesehatan yang mungkin ditimbulkan akibat banjir, terutama yang terjadi di Asia Tenggara. Menurut dia, terdapat potensi peningkatan penyakit menular dan cedera setelah banjir surut. 

Misalnya, ketika orang-orang kembali ke rumah masing-masing untuk mengumpulkan barang-barang mereka yang masih bisa diselamatkan, risiko terkena reruntuhan bangunan yang rapuh akibat banjir tak boleh disepelekan. Hal itu bisa menyebabkan Anda atau kerabat dekat mengalami cedera. Kabel listrik yang terendam air juga patut diwaspadai karena menimbulkan bahaya sengatan listrik.  

Kasus kesehatan lainnya yang patut menjadi perhatian adalah hipotermia. Seseorang yang terus menerus terpapar air, dengan beberapa bagian tubuh yang dibiarkan tetap basah dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan seseorang bisa terserang hipotermia. 

Muntaber juga menjadi salah satu penyakit menular yang acap kali menimpa korban banjir. Penyakit ini menyebar dengan cepat karena sanitasi yang buruk akibat kurangnya akses ke air minum bersih dan konsumsi makanan yang telah terkontaminasi. Penyakit-penyakit lain yang prevalensinya meningkat selama banjir termasuk demam, hepatisis A, dan hepatitis E. 

Malnutrisi, menjadi ancaman selanjutnya pada masyarakat yang terkena dampak banjir. Menurut riset, ketahanan pangan telah menjadi masalah utama di Asia Tenggara, karena sulit untuk mengirimkan pasokan makanan ke daerah-daerah yang terkena dampak banjir.

Kerusakan parah pada lahan pertanian dan peternakan mempengaruhi mereka yang bergantung pada makanan pokok seperti beras dan jagung, serta yang terbiasa mengonsumsi binatang ternak seperti unggas. Hal ini juga membuat banyak orang kehilangan mata pencaharian mereka, sehingga banjir pun secara tidak langsung mempengaruhi kondisi finansial di banyak keluarga. Isu lainnya merujuk pada kerusakan parah yang terjadi di banyak pusat perawatan kesehatan, sehingga membuat akses untuk mendapat perawatan medis lebih sulit didapat. 

Satu lagi, jangan lupakan bahwa wabah penyakit menular melalui hewan pengerat juga banyak dilaporkan terjadi selama banjir. Terutama disebabkan oleh peningkatan jumlah kotoran hewan yang terdapat pada genangan air.

  1. Dampak Ekonomi yang ditimbulkan bencana banjir

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan banjir yang masih menerjang berbagai wilayah di Jabodetabek ini merugikan ekonomi Indonesia. Menurut dia, banyak kerugian akibat banjir yang bahkan menghanyutkan rumah-rumah hingga kendaraan itu. Bahkan tak hanya materiil, banjir juga menelan korban nyawa. Menurut mennteri keuangan Sri Mulyani bencana alam seperti ini merupakan salah satu yang menimbulkan kerugian besar materiil maupun dari sisi jiwa. Dan ini sesuatu yang menjadi pembelajaran.

Indikator Ekonomi

Keterangan

IHSG

Banjir Jabodetabek rupanya memperhambat laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan bergerak dua arah (mixed) ke level 6.280-6.330.

Inflasi 

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto menyatakan, banjir kali ini, akan mempengaruhi proyeksi inflasi pada Januari 2020.

KliknClean Mengubah Bencana Menjadi Kesempatan Bisnis yang Menggiurkan 

KliknClean adalah layanan kebersihan profesional yang diperuntukkan untuk apartemen, rumah dan perkantoran yang tersedia di Jakarta, Depok, Bekasi, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. Layanan KliknClean meliputi Pembersihan Umum, Pembersihan Ekstra, Setrika, Vakum Tungau, Cuci Kasur, Sofa & Karpet dan Layanan AC yang mudah dipesan melalui Aplikasi, Website dan WhatsApp.

Saat ini, masyarakat Jabodetabek telah bisa memesan jasa pembersih rumah secara online menggunakan berbagai layanan seperti Seekmi, Tukang Bersih, serta layanan GO-CLEAN dari GO-JEK. Namun hal tersebut tidak menyurutkan niat mantan Managing Director Lamudi Indonesia, Steven Ghoos, untuk turut mendirikan startup di bidang yang sama.

Pada bulan Oktober 2016, ia pun mulai membangun KliknClean. Berbeda dengan layanan lain yang mengusung konsep marketplace, Ghoos justru lebih memilih untuk menggunakan jasa tenaga pembersih yang ia rekrut secara permanen. Para pembersih tersebut pun mendapat pemasukan dalam bentuk gaji bulanan, bukan komisi dari setiap pesanan yang mereka selesaikan.


Bencana banjir yang menghampiri ibu kota Jakarta dan beberapa wilayah Indonesia di awal tahun baru 2020 menyisakan duka. Ada banyak rumah, kendaraan hingga fasilitas umum yang rusak, namun dibalik cerita sedih tentu saja ada hikmah yang bisa diraih, salah satunya peluang bisnis jasa bersih bersih rumah. KliknClean.com, menjadi bisnis bersih-bersih yang berbasis aplikasi berdiri sejak 3 tahun lalu ini, menjadi salah satu usaha yang banyak dicari pasca banjir. Dimana jasa yang disediakan, mulai dari pembersihan umum, cuci kasur,sofa dan karpet, vakum tungau, pembersihan AC dan lain-lain.

Untuk dapat mengembangkan bisnis yang dapat mengambil kesempatan yang ada di masyarakat  seperti KliknClean beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha, diantaranya:

  1. Jiwa Entrepreneurship yang kuat

Menurut Ferrel dalam buku Business Foundations : A Changing World menjelaskan bahwa Entrepreneurship adalah sebuah proses untuk membuat dan mengatur sebuah bisnis untuk dapat mencapai tujuannya. Menurut Ferrel gerakan kewirausahaan pada zaman sekarang sangatlah cepat dan banyak sekali bisnis baru yang bermunculan.

Hendra Tjong, merupakan entrepreneur muda indonesia yang mendirikan bisnis KliknClean ingin menjadikan KliknClean menjadi penyedia layanan kebersihan On Demand yang gampang dijangkau dan memiliki harga yang murah. 

Dalam mengelola sebuah organisasi, khususnya organisasi bisnis, KliknClean memiliki visi dan misi yang jelas yaitu :

Visi :

• Menjadi Perusahaan Home dan Commercial Properti Services berbasis Teknologi & Profesional

• SDM terpercaya dan terbesar di Indonesia yang memperkerjakan 100 ribu orang dalam 10 tahun

Misi :

• Dengan pelatihan dan sistem terbaik menyediakan tenaga kerja profesional yang berfokus pada kepuasan pelanggan

• Memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam setiap layanan dengan menghadirkan inovasi dalam berbagai produk berbasis teknologi

  1. Pemasaran yang tepat

Analisa STP dan Marketing Mix KliknClean :

Menurut Ferrel dalam buku Business Foundations : A Changing Worldsegmentation market adalah membagi total pasar menjadi kelompok-kelompok yang memiliki kebutuhan produk yang relatif sama.

STP KliknClean

Segmenting

Targeting

Positioning

  • Demografi
  • Ekonomi
  • Psikologis
  • Masyarakat JABODETABEK
  • Ekonomi Menengah ke Atas
  • penyedia layanan kebersihan On Demand yang gampang dijangkau dan memiliki harga yang murah

Marketing Mix

Untuk membuat marketing mix, kita membutuhkan 4 aspek utama aktifitas marketing yaitu, produk, price, place, promotion.

Aspek

Keterangan

Product

Jasa bersih-bersih rumah on demand

Price

Rp, 50.000 s.d Rp, 1.200.000

Place

Seluruh Jabodetabek

Promotion

Push & Pull Promotion di Media Online

  1. Etika Dalam Berbisnis

Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat

Dalam proses bisnis KliknClean, khususnya ketika pasca banjir, permintaan untuk jasa pembersihan rumah sangat tinggi, dalam keadaan seperti itu maka meningkatkan harga merupakan sebuah jalan yang cepat untuk meningkatkan laba perusahaan tapi hal tersebut merupakan hal yang kurang etis dalam berbisnis. Olehkarena itu meskipun dalam kondisi pasca banjir, KliknClean tidak menaikkan harga demi menjaga  kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.

Ide service mobil dan motor by demand

Tidak sedikit pengendara motor dan mobil yang nekat menerjang banjir. Jika motor dan mobilnya mogok, akhirnya mereka akan membutuhkan tukang servis yang datang ke tempat meraka untuk memperbaiki kendaraan mereka tersebut.

Ide bisnis ini sangat mirip dengan apa yang dilakukan oleh KliknClean, bedanya KliknClean berfokus pada pembersihan sisa banjir tetapi ide ini mencari target pasar yang memiliki kendaraan bermotor yang terdampak banjir.

STP Service Mobil dan Motor by Demand

Segmenting

Targeting

Positioning

  • Demografi
  • Ekonomi
  • Psikologis
  • Masyarakat JABODETABEK
  • Semua golongan ekonomi
  • penyedia service kendaraan On Demand yang gampang dijangkau dan memiliki harga yang murah

Marketing mix Service Mobil dan Motor by Demand

Aspek

Keterangan

Product

Jasa service kendaraan bermotor on demand

Price

Tergantung kerusakan

Place

Seluruh Jabodetabek

Promotion

Push & Pull Promotion di Media Online

Ide jual produk alat-alat kebersihan rumah

Salah satu pekerjaan rumah yang selalu menanti setelah banjir, adalah membersihkan rumah. KliknClean membersihkan rumah, dalam hal ini mereka menyediakan jasa pembersihan rumah. Peluang bisnis muncul untuk pengadaan alat-alat kebersihan untuk membersihkan rumah pasca banjir.

Skema bisnis yang dapat dipakai dalam bisnis ini bisa B2B ataupun B2C. B2B (Business to Business) adalah skema produk atau jasa dijual dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Kita bisa menjadi vendor alat kebersihan untuk perusahaan-perusahaan yang mengadakan jasa kebersihan seperci KliknClean dan GoClean. Skema yang kedua adalah B2C (Business to Consumer) yang artinya jika produk atau jasa dijual dari perusahaan ke pembeli. Kita bisa menjualnnya secara langsung ke konsumen secara retail dan eceran.

STP Jual alat kebersihan rumah

Segmenting

Targeting

Positioning

  • Demografi
  • Ekonomi
  • Psikologis
  • Masyarakat JABODETABEK
  • Semua golongan ekonomi
  • penyedia alat kebersihan murah dan berkualitas

Marketing mix Jual alat kebersihan rumah

Aspek

Keterangan

Product

Alat-alat kebersihan

Price

Rp.10rb –Rp. 1 Juta

Place

Seluruh Jabodetabek

Promotion

Push & Pull Promotion di Media Online

Disusun Oleh :

Agus Tri Ardiansyah

Referensi :

Ferrel.O.C, et all. 2019. Business Foundation : A Changing World, 12th edition. Mcgraw Hill

https://tirto.id/mengungkap-musabab-banjir-besar-jakarta-2020-eq85

https://kumparan.com/kumparansains/rentetan-dampak-buruk-akibat-banjir-penyakit-menular-hingga-kematian-1sYzbaU9zoD

https://economy.okezone.com/read/2020/01/03/320/2148933/ekonomi-terdampak-banjir-ini-faktanya?page=2

https://id.wikipedia.org/wiki/Etika_bisnis


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
agustri98

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format