Pesona We Bare Bears, pikat berbagai kalangan


0
2 shares

Siapa kini yang tak mengenal serial kartun We Bare Bears? Serial kartun “We Bare Bears” dibuat oleh cartoonist bernama Daniel Chong yang pernah bekerja di Pixar dan Illimination Entertainment. Kartun ini diadaptasi dari webcomic The Three Bare Bears. Kemudian Cartoon Network Studios menjadikannya sebagai kartun yang digemari oleh anak – anak. Karakter utama pada serial kartun “We Bare Bears” merupakan antropomorfik (menyerupai manusia). Grizzly (biasanya dipanggil "Grizz") (diisi oleh Eric Edelstein, Sam Lavagnino sebagai anak beruang) adalah beruang grizzly, Pemimpin tertua dan de facto dari saudaranya, Panda (biasanya dipanggil "Pan-Pan") (diisi oleh Bobby Moynihan, Duncan Joiner sebagai anak beruang) adalah panda raksasadan merupakan saudara tengah, Ice Bear (diisi oleh Demetri Martin) adalah beruang kutub dan adik termuda. Ice Bear sering tenang dan jarang berbicara. Ketika dia melakukannya, dia berbicara sebagian besar pada orang ketiga Di Indonesia sendiri, We Bare Bears awalnya ditayangkan di Trans TV pada tahun 2017, dan sekarang ditayangkan di NET. mulai 15 Desember 2015 di blok acara "NETtoon".

Pada dasarnya, target audiens yang dirancang oleh serial kartun We Bare Bears sendiri berada di kisaran umur 6-11, namun dalam kenyataannya tidak sedikit penggemar We Bare Bears(WBB) yang berasal dari kalangan usia remaja hingga dewasa. Menurut Johanne Broadfield, wakil presiden Cartoon Network untuk EMEA hal tersebut didasari karena WBB memiliki daya tarik bagi remaja dan dewasa yang kuat juga berkat karakter sosial-media terkait, media sosial yang lucu, humor yang lucu dan alur cerita yang cerdas. Alur cerita yang dibawakan sangat ‘milenial’ bagi masyarakat saat ini. Bahkan sampai saat ini, karakter WBB telah bekerja sama dengan berbagai brand karena luasnya minat konsumen terhadap barang WBB. Disebabkan karena pergeseran segmentasi ini kami ingin membandingkannya dengan kartun yang menurut kami sudah tepat sasaran dan sama-sama produksi Cartoon Network, Power puff girl. Selain itu, perlukah We Bare Bears menerapkan strategi let 1000 flower bloom ataukah melakukan reposisi.

Segmentasi 

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.

Secara garis besar, segmenting dibagi menjadi empat, yaitu geografi, demografi, psikografi, dan perilaku. 

  1. Geografis 

Pada segmentasi geografi, segmen pasar dibagi berdasarkan perbedaan demografis. Berhubung produk merupakan produk yang dipasarkan secara internasional, segmentasi produk dibagi berdasarkan lokasi geografis yang berdekatan. Mereka dapat melakukan segmentasi berdasarkan penggunaan bahasa pada setiap lokasi geografis, seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan lain-lain

  1. Demografi

Variabel demografi dapat diukur dengan usia dan tahap siklus hidup, jenis kelamin, dan pendapatan. Usia penonton dapat dikategorikan usia dan tahap siklus hidup menjadi anak-anak (5-12), remaja (13-17), dan dewasa (18+). Jenis kelamin dibedakan menjadi pria dan wanita. Pendapatan akan dihilangkan kategorinya karena penonton dapat mengakses secara gratis. 

2. Psikografi

Dalam psikografi, terdapat segmentasi terhadap lifestyle dan personalities pengguna. Sebagai produk entertainment, produk-produk ini memiliki segmentasi pengguna yang memiliki genre komedi, petualangan, aksi. Hal ini karena produk-produk ini merupakan serial kartun sehingga setiap serial dapat dibentuk sehingga pengguna merasa terhibur sesuai selera penonton. Sedangkan pada segmentasi personalities, pengguna dapat dibagi berdasarkan alasan menyukai film, apakah pengguna menyukai karena karakter pemain atau alur cerita.

3. Perilaku

Dalam segmentasi perilaku, penonton dapat dibagi berdasarkan jam menonton. Apakah jam menonton pagi, siang, sore, atau malam. Hal ini juga berkaitan dengan keluangan waktu pengguna karena sifatnya yang produk hiburan, melepas penat di waktu senggang. Perilaku penonton juga dapat disegmentasikan berdasarkan media untuk menonton, apakah penonton menggunakan media internet atau televisi. Termasuk dapat disegmentasikan, bagaimana tingkat keloyalan pelanggan, apakah pelanggan merupakan penonton baru, lama, atau sudah tidak lagi menonton.

We Bare Bears 

Powerpuff girl

-Geografis

Bahasa

Didistribusikan berdasarkan Bahasa negara tiap lokasi geografis

-Demografis

Jenis kelamin

Laki-laki

Perempuan 

Rentang Usia

anak-anak (5-12)

Remaja (13-17)

Dewasa (18+)

-Psikografi

Tertarik pada antrophosfic animal 

Ya

Tidak

Genre

Petualangan, kehidupan sehari-hari

Aksi

Alasan menyukai

Alur cerita, karakter tokoh

-Perilaku

Media menonton

Internet, televisi 

Targeting 

Setelah melakukan tahap segmentasi, perusahaan dapat menargetkan segmen pasar yang terbaik. Untuk menargetkan segmen pasar terbaik, perusahaan perlu mengevaluasi masing-masing tiga faktor yaitu ukuran segmen dan karakteristik pertumbuhan, daya tarik struktural, dan kesesuaian dengan tujuan dan sumber daya perusahaan. Setelah itu perusahaan memilih salah satu dari empat strategi penetapan sasaran pasar mulai dari lingkup yang luas hingga lingkup yang sempit (Kotler dan Armstrong, 2017).

  1. Undifferentiated Marketing

Pada strategi ini, perusahaan menargetkan pasar secara luas/massal. Perusahaan hanya berfokus pada ketertarikan yang sama pada setiap penonton dan mengabaikan perbedaan yang ada dari setiap segmen. 

  1. Differentiated Marketing

Pada strategi ini, perusahaan melakukan diferensiasi atas perbedaan yang terjadi dalam beberapa segmen. Hal ini dilakukan perusahaan dengan memberikan bahasa yang sesuai pada masing-masing geografi dengan cara mengganti pengisi suara (dubbing). Dalam beberapa episode juga disuguhi dengan aksi petualangan maupun komedi yang sesuai dengan personaliti penonton. Pemberian rated pada kartun seperti istilah BO (Bimbingan Orangtua) untuk membatasi umur penonton.

  1. Concentrated Marketing

Pada strategi ini, perusahaan hanya berfokus pada satu atau beberapa segmen pasar yang paling berpotensi. Hal ini dapat terjadi untuk mengurangi biaya maupun sumber daya yang dikeluarkan seperti biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi. Contohnya bila penyiaran di kanal Youtube lebih menguntungkan daripada televisi, maka perusahaan hanya memilih menyiarkannya di Youtube saja. 

  1. Micromarketing

Pada strategi ini, perusahaan menghantarkan produk dan pemasaran khusus untuk memenuhi kebutuhan/ selera individu ataupun kebutuhan lokal saja. Dalam industri animasi anak-anak, jarang sekali yang menggunakan strategi micromarketing

Differentiation

Untuk mendapatkan perhatian lebih dari konsumen,seorang pemasar biasanya melakukan diferensiasi produk.Diferensiasi ini adalah bagaimana sebuah perusahaan menghasilkan produk yang berbeda dari pesaingnya.Perbedaan ini meliputi kualitas produk maupun jasa-jasa yang berkaitan dengan produk tersebut.Di dalam buku kotler, diferensiasi ini juga disebut sebagai keunggulan kompetitif,yaitu keunggulan melebihi pesaing yang diraih melalui penawaran nilai yang lebih besar kepada konsumen.

Kartun We Bare Bears ini memiliki animasi yang unik,ada kesan nyaman untuk menontonnya.Jalan cerita dari kartun ini terbilang unik karena menampilkan sisi keseharian anak remaja dengan keseharian sosialnya dan penggunaan macam teknologi khususnya gawai.

Sedangkan untuk kartun The Powerpuff Girls memiliki segi animasi yang hampir sama dengan We Bare Bears,namun memiliki rona yang lebih cerah.Kartun ini memiliki alur cerita yang lebih condong ke pahlawan superhero dan ditambah dengan karakter tiga anak perempuan yang begitu melekat pada setiap episodenya

Positioning

Positioning adalah tahapan yang memiliki tujuan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu di ingatan konsumen. Kami akan menggunakan positioning map untuk menunjukkan karakteristik dari tiap produk. 

Dari positioning map di atas kami menggunakan dua karakteristik yaitu jenis kelamin dan persebarannya di kalangan luas atau anak – anak. Kita bisa lihat dimana bahwa kartun We Bare Bears memiliki karakteristik yang di tengah – tengah antara feminine-masculine karena kartun ini dapat ditonton dari berbagai gender. Sedangkan dari segi usia, kita bisa lihat kalau We Bare Bears lebih ke semua umur karena jika kita lihat di lapangan We Bare Bears selain disukai oleh anak – anak berumur 9-12 tahun, kartun ini juga sangat disukai dari kalangan remaja hingga dewasa juga. Untuk Powerpuff girls, ia memiliki kecenderungan disukai oleh perempuan daripada laki – laki karena di kartun ini menceritakan tentang tiga pahlawan super yang berjenis kelamin perempuan sehingga memang benar kartun ini dibuat untuk kalangan perempuan. Sedangkan dari usia, kartun ini memiliki target pasar di anak – anak berusia 9 – 12 tahun. 

Kesimpulan

Berdasarkan jam tayangnya(Net Tv 07.00-08.00 dan 13.00-14.00),kartun ini lebih banyak ditonton oleh remaja usia 18 keatas dibanding anak usia 6-11 tahun.Hal ini dikarenakan pada jam-jam tersebut masih banyak anak-anak yang bersekolah,berbeda dengan anak remaja khususnya anak kuliah yang jam perkuliahan nya tidak menentu.

Sedangkan The Powerpuff Girls dengan jam tayangnya (Net Tv 05.30) lebih tepat dalam menargetkan segmen pasar mereka,karena pada jam tersebut anak-anak khususnya anak perempuan masih bersiap untuk pergi sekolah.Sehingga sebelum berangkat mereka bisa menonton serial kartun ini terlebih dahulu.

Dari segi alur cerita nya,kartun ini sangat merepresentasikan kehidupan remaja saat ini dengan didasarkan oleh berbagai macam pengalaman sosial dan banyaknya keterlibatan penggunaan teknologi seperti komputer dan gawai.Hal ini mengakibatkan kartun ini lebih nyaman ditonton oleh remaja daripada anak-anak.

Sedangkan The Powerpuff Girls memiliki alur cerita dimana terdapat tokoh antagonis yang harus dikalahkan dan juga terdapat beberapa pesan-pesan tersirat maupun tersurat dari kartun ini yang cocok untuk anak.Ditambah dengan karakter utamanya yaitu tiga anak perempuan yang juga menggambarkan kebiasaan anak perempuan menjadikan kartun ini sudah tepat dalam hal segmentasi.

Solusi

Segmentasi pasar dari We Bare Bears dari awal yang memiliki target di usia 9 – 12 tahun tetapi pada kenyataannya We Bare Bears memiliki penonton di kalangan remaja dan dewasa sehingga dengan melihat fenomena ini diperlukan tahap “repositioning”. Repositioning dilakukan dengan cara melakukan kajian ulang terhadap konten dan segi pemasaran dari We Bare Bears agar kartun ini dapat masuk di kalangan usia 9 – 12 tahun. Sehingga dengan melakukan repositioning, target pasar yang dimiliki kartun ini bisa masuk ke kalangan 9 – 12 tahun tanpa harus mengurangi penonton yang sudah ada sekarang.

Referensi 

1. 'We Bare Bears' is a kids' show tackling modern millennial anxieties
https://mashable.com/2017/04/25/we-bare-bears-daniel-chong/
2. https://id.wikipedia.org/wiki/We_Bare_Bears
3. BLE: CN Unveils 'We Bare Bears' Apparel Partners
https://www.licenseglobal.com/entertainment/ble-cn-unveils-we-bare-bears-apparel-partners
4. https://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_pasar

Buku acuan 

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

Kontributor

Sabita Rahma Putri

Ryan Moses Nathael

Radityo Dwi Laksono


Like it? Share with your friends!

0
2 shares

What's Your Reaction?

Confused Confused
1
Confused
Sad Sad
1
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
HawkEyes

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format