Hypermart dan Blue Bird, Bagaimana Strategi Keduanya Menghadapi Gelombang Disrupsi?(2)

Perkembangan teknologi, digitalisasi, dan globaliasi telah mendisrupsi model bisnis konvensional hingga lesu dan terpuruk. Bagaimana nasib Hypermart dan Blue Bird?


0

Bluebird dan Gojek jalin kerjasama

d. Strategi yang ditempuh Blue Bird untuk mengembalikan kejayaannya

  1. Aplikasi Mobile Blue Bird

Inovasi easy ride, pelanggan dapat stop taksi di jalan dan melakukan pembayaran non tunai dengan menggunakan aplikasi My Bluebird, salah satunya fitur "Easy Ride", di mana pengguna aplikasi My Blue Bird bisa langsung naik taksi seperti biasa, setelah itu proses pembayarannya bisa dilakukan lewat aplikasi. Fitur-fitur lainnya seperti Advance & Multiple Booking untuk menentukan sendiri jadwal penjemputan dan pesan taksi lebih dari satu tujuan, fitur Share My Journey untuk berbagi lokasi dengan pengguna lain agar merasa lebih aman, fitur Rating System, hingga pembayaran non tunai.

(sumber: https://www.archabella.com/2016/04/aplikasi-my-blue-bird-memudahkan.html)

2. Memberikan Tarif Promo

Di saat layanan transportasi online sangat gencar memberikan tarif promo, Blue Bird juga tak ketinggalan melakukan hal serupa. hanya sekedar memberikan promo tidaklah cukup. Harus ada cerita menarik di balik tarif promo yang diberikan, misalnya ikut meramaikan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016 dengan menghadirkan program "Kemana Aja, 20 Ribu" Penambahan fitur-fitur terbaru juga terus dilakukan.

3. Kolaborasi dengan Go-Jek 

Kolaborasi dengan Go-Jek sehingga pelanggan memiliki berbagai pilihan channel pemesanan untuk mendapatkan layanan Blue Bird Dia menambahkan ketika bisnis model pemesanan taksi kini juga berkembang di sistem online, pihaknya pun mengembangkan kolaborasi dengan GoJek pemesanan taksi. Pihaknya mencatat pada saat ini, 40 persen pemesanan sudah melalui aplikasi, sementara 60 persen sisanya melalui pemesanan konvensional. Alhasil pada tahun 2018 lalu, laba bersih perusahaan mulai merangkak naik dari Rp 424 miliar pada tahun 2017 menjadi Rp 457 miliar.

4. Jakarta Airport Connecxion

Peluncuran Jakarta Airport Connexion (JAC)-Bigbird airport shuttle dari dan ke airport Soekarno Hatta.

5. Kerja sama dengan Traveloka

Kolaborasi dengan Traveloka, menyediakan pemesanan JAC Big Bird dan Golden Bird melalui aplikasi Traveloka. Rebranding logo lama menjadi logo baru Blue Bird yang lebih dinamis, muda dan moving forward.

(sumber: https://images.app.goo.gl/6MbmA6jh4dwain6ZA)

6. Co Branding

Menjalin kerjasama co branding dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam program Wonderful Indonesia. Menteri Pariwisata menetapkan Bluebird sebagai Wonderful Indonesia Service Ambassador (WISA).

(sumber: https://images.app.goo.gl/iFupopTCirrfw9aPA)

7. Kerjasama untuk soft loan karyawan.

Menjalin kerjasama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dalam program pembiayaan perumahan untuk keluarga besar PT Blue Bird Tbk. 

8. Insentif Supir Blue Bird

Banyak driver Blue Bird yang beralih ke transportasi online secara perlahan itu kembali ke Blue Bird. Hal itu dikarenakan driver tak perlu menanggung biaya maintenance armada, hingga terdapat insentif lain.meskipun di Blue Bird menggunakan sistem komisi, tapi terdapat fasilitas-fasilitas. Contoh fasilitas soft loan untuk perumahan. Kemudian yang fasilitas umrah setiap tahun dan beasiswa anak-anak driver.

9. Siasat terbaru Blue Bird di tahun 2020 meluncurkan armada E-taksi (taksi Listrik)

PT Blue Bird, Tbk menambah armada barunya dengan mobil listrik bernama e-taksi.Ada dua jenis mobil listrik yang dipakai, yakni Tesla model X 75D A/T untuk kelas Silver Bird dan Premium. Namun, untuk kelas Premium dan Silver Bird ini baru tersedia 4 unit. Tapi rencananya akan bertambah lagi menjadi 200 unit hingga tahun 2020. Selain itu, untuk mengakomodir reguler Bird, Blue Bird Group menggunakan mobil listrik asal China yakni BYD tipe E6. Saat ini sudah tersedia 25 unit di Jakarta.

Tarif argo yang dikenakan ke penumpang untuk taksi mobil listrik ini tarif argonya sama dengan armada reguler Blue Bird yang sudah ada, argo layanan reguler Blue Bird dikenakan biaya Rp 6.500 buka pintu dan Rp 4.100 per kilometernya. Namun berbeda dengan Tesla yang tarif per kilometernya lebih mahal sekitar 20 persen dibandingkan dengan armada Silver Bird lainnya.

Tesla Model X 75D Milik Blue Bird Group

Demo taksi Blue Bird

e. Keuangan Sang Burung Biru Merangkak Naik

Siasat yang dilakukan Blue Bird untuk menyelamatkan nyawanya berhasil hal ini dibuktikan pada tahun 2018 merupakan tahun yang menandai momentum yang baik untuk Blue bird. Mulai tahun 2016 sudah terlihat tren penurunan laba bersih yang diraih blue bird dari tahun sebelumnya sebesar Rp 824 miliar menjadi miliar. Pada tahun 2017, terus tuun menjadi 424 miliar namun pada tahun 2018 berhasil naik menjadi 457 miliar. BIRD berhasil meraih peningkatan pendapatan setelah mengalami penurunan dalam dua tahun terakhir. Kepercayaan pelanggan adalah dasar untuk kemajuan ini. Dikenal sebagai transportasi yang aman dan handal, Bluebird berhasil memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan dengan didukung oleh semua Teknologi baru, hal utama yang dilakukan oleh Blue Bird adalah melayani pelanggan,dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Karena prinsip Blue Bird kepercayaan dari pelanggan adalah angin di bawah sayap kami untuk terbang lebih tinggi. Penggunaan aplikasi mobile Blue Bird saat ini sangat berkembang pesat pengguna aktif aplikasi My Blue Bird mencapai 250.000, dimana lebih dari 10 persennya sudah memanfaatkan metode pembayaran non-tunai.

(Sumber: https://id.investing.com/equities/blue-bird-income-statement)

Laba per Saham Pencapaian kinerja operasional dan keuangan Perseroan untuk tahun 2018 yang relatif stabil mempengaruhi laba per saham. Laba per saham dasar yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk mengalami peningkatan meskipun tidak signifikan, yaitu dari semula Rp170,- menjadi Rp 183,-, meningkat Rp13,- atau 7,63%.

Perjalanan Noni Mengaspal Bersama Blue BirdImage captionFoto: kumparan

f. Fluktuasi Harga Saham

Harga Saham BIRD sempat menyentuh angka Rp 12.100/lembar pada Januari 2015 kemudian mengalami tren penurunan seiring dengan semakin masifnya pertumbuhan taksi online seperti Gojek dan Grab sehingga saat ini harga saham blue bird Rp 1395/lembar.

g. Saran dan Solusi

  1. Konsep Adapting  to Change (inovasi dan transformasi)

Kehadiran digitalisasi dan perkembangan teknologi merupakan sebuah keniscayaan sehingga jika tidak mau melawan disrupsi maka beradaptasi adalah pilihan. Blue Bird sudah mengambil langkah yang tepat dengan berkolaborasi dengan Gojek sebagai pemilik aplikasi taksi online populer di Indonesia dengan menghadirkan Go Blue Bird. Bisnis online blue bird harus sesuai dengan regulasi pemerintah yang berlaku seperti Peraturan Menteri (PM) Perhubungan No.118 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaran Kendaraan Sewa. Selain itu memperkuat kolaborasi dengan bandara, hotel, wonderful indonesia dan objek wisata juga akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan bisnis blue bird.

2. Konsep Positioning, Promosi dan Periklanan

Kelebihan utama taksi konvensional seperti blue bird yaitu mereka memiliki karyawan yang memiliki tugas utama adalah supir bukan sebagai sampingan sehingga loyal, ramah, dan memiliki kartu identitas jelas. Oleh karena itu Blue Bird menetapkan positioning sebagai penjaga rasa aman dan nyaman penumpang. Secara Psikologis Blue Bird Group telah mencitrakan dirinya sebagai taksi yg "baik", sehingga Konsumen terpengaruh dan mendapat kepercayaan dari para konsumen.Lalu segmentasi pasar yaitu para konsumen yang menginginkan kualitas perjalanan yang baik, aman dan nyaman. Taksi online telah membuat positioning sebagai taksi berbiaya murah sehingga untuk penetrasi pasar taksi online, Blue Bird juga harus mengalokasikan biaya untuk program diskon atau cashback. Promosi nya pun harus menarik dan kekinian seperti melalui instagram dan youtube dan usaha jemput bola dengan memasang berbagai pamflet di setiap kantor.

3. Konsep Customer Focus dan sustainability

Teori kebutuhan Maslow, menerangkan bahwa berdasarkan analisis kebutuhan, jasa taksi Blue Bird merupakan termasuk dalam level kebutuhan ke 2, yakni kebutuhan rasa aman, karena jasa ini diperuntukan untuk konsumen agar dapat berkendara sampai tujuan dengan aman dan nyaman. Oleh karena itu, untuk memberikan pelayanan yang optimal sebaiknya Blue Bird memiliki panic button ketika emergency sehingga penumpang dan pengemudi dapat langsung melakukan panggilan darurat yang akan mendapat respon cepat dalam situasi darurat. Pihak terkait dapat merespon dengan cepat dengan menghubungi mitra terdekat untuk segera mengambil tindakan penyelamatan. Untuk mempertahankan reputasi sebagai Partner Transportasi yang Handal kami sarankan Blue Bird membentuk brand loyalty konsumen dengan menerapkan quality control terhadap seluruh lini usahanya, dari technical support hingga customer service.  Di sisi lain, perencanaan dan implementasi taksi listrik juga akan menjaga sustainability perusahaan yang berpedoman pada 3P yaitu people, profit, dan planet. Perusahaan yang akan bertahan adalah perusahaan yang peduli pada lingkungan dengan mengurangi emisi polutan dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan sebagai bentuk social responsibility. Hal ini sudah dimulai oleh Blue Bird dengan bekerjasama dengan tesla. Sekadar informasi, tarif untuk e-Taxi BYD (Bluebird) dikenakan Rp 4.100/km, sementara untuk Tesla (Silvebird) antara Rp8.000-Rp9.000/km.

C. Analisis Akhir

Dari referensi yang telah dipelajari dapat disimpulkan dari dua bisnis tersebut antara Hypermart dan Blue Bird yang sanggup mengatasi masa genting berkaitan disrupsi teknologi terhadapa perusahaannya adalah Blue Bird meskipun sebenarnya bukan perbandingan yang “apple to apple”. Blue Bird tidak hanya mencari solusi mengikuti perkembangan teknologi tetapi juga membangun relasi serta mengubah diri menjadi tampilan baru lebih kekinian dan promosi yang gencar sehingga dapat diterima di golongan milenial hingga pelanggan setia Blue Bird. konsep customer focus Blue Bird membuat perusahaan ini tetap eksis meskipun dilanda disrupsi teknologi dan disrupsi harga.

Referensi

  1. https://gambaranbrand.com/portfolio-item/Hypermart /
  2. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/104527/bab1/pengaruh-promosi-penjualan-terhadap-impulse-buying-pada-perusahaan-Hypermart -bandung.pdf
  3. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/06/pertumbuhan-konsumsi-rumah-tangga-terendah-sejak-2011
  4. https://www.merdeka.com/uang/biaya-sewa-toko-tinggi-industri-ritel-melemah-di-2016.html
  5. https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/25/103045526/situasi-sulit-Hypermart -terlambat-bayar-ke-pemasok?page=all
  6. https://katadata.co.id/analisisdata/2019/07/03/perubahan-peta-persaingan-bisnis-retail-di-indonesia
  7. https://www.cnbcindonesia.com/market/20191115182215-17-115689/ritel-lesu-Hypermart -tak-tambah-gerai-di-2020
  8. https://www.cnbcindonesia.com/market/20191115182215-17-115689/ritel-lesu-Hypermart -tak-tambah-gerai-di-2020
  9. https://investasi.kontan.co.id/news/matahari-putra-prima-merugi-rp-124-triliun-pada-2017
  10. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/06/06/berapa-nilai-penjualan-ritel-indonesia)
  11. https://www.bluebirdgroup.com/id/wp-content/uploads/2019/04/AR-2018-PT-Blue-Bird-Tbk-SR-compressed.pdf
  12. https://biizaa.com/mengenal-era-vuca/
  13. https://finance.detik.com/energi/d-4841593/ada-lagi-ritel-tutup-di-2020-pengusaha-pasti-ada
  14. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4841419/kenapa-banyak-toko-ritel-berguguran-ini-alasannya
  15. https://www.cnbcindonesia.com/market/20190308101008-17-59448/laba-Hypermart -bakal-berkurang-rp-311-m-kenapa
  16. https://kumparan.com/kumparanbisnis/blue-bird-sempat-terpukul-taksi-online-kini-bangkit-lagi-1rMeFhcsvmr
  17. https://www.beritasatu.com/pelayanan-publik/403774-ini-strategi-blue-bird-hadapi-transportasi-online.html

Hypermart dan Blue Bird, Bagaimana Strategi Keduanya Menghadapi Gelombang Disrupsi?(1)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
rifkiadrianda

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format