2 Tutup Botol menjadi Berarti


0

Permasalahan

Belakangan ini muncul penyakit menular yang disebabkan oleh virus baru yang belum teridentifikasi sebelumnya oleh manusia yang sering kita dengar adalah virus corona. Virus corona ini sangat mengganggu kegiatan manusia sehari – hari. Pemerintah menghimbau agar masyarakat melakukan seluruh aktivitasnya dirumah untuk mencegah persebaran virus corona. Keadaan ini sangat berdampak besar terhadap ekonomi. Warga masyarakat harus menyiapkan makanan dalam jumlah besar untuk kehidupan sehari-hari selalu selama tidak dapat keluar rumah. Namun, masih belum diketahui berapa lama keadaan ini akan berlangsung. Oleh karena itu, warga harus menghemat bahan makanan agar cukup hingga wabah ini mereda. Bahan makanan harus disimpan dalam wadah yang tertutup sehingga dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Bumbu merupakan bahan yang sangat penting dalam memasak. Namun, biasanya bumbu sering sekali mengotori dapur atau bagian dekat kompor akibat sering tumpah atau tidak disimpan dalam wadah yang tepat. Tempat bumbu merupakan hal yang sangat cocok untuk mengatasi masalah ini. Selain untuk meningkatkan kebersihan dapur, tempat bumbu juga mempermudah dalam penyajian dan juga dapat menghemat bumbu karena menjadi tidak sering tumpah atau digunakan berlebihan.

Produk yang dibuat : Tempat Bumbu
Tingkat Kesulitan : Mudah
Waktu yang dibutuhkan : 15 menit
Alat dan Bahan yang dibutuhkan :

  1. Dua buah tutup botol plastik
  2. Lem
  3. Solasi
  4. Gunting
  5. Pisau
Total biaya yang dibutuhkan :

No.

Alat/Bahan

Harga

1

Botol Plastik (2)

1.200

2

Lem

6.000

3

Solasi

1.000

4

Gunting

3.000

5

Pisau

3.000

Total

14.200

Cara Membuat :
  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

  1. Potong 2 tutup botol plastik 

  2. Cuci bersih tutup botol

  3. Kemudian, satukan kedua tutup botol dengan lem

  1. Jemur 15 menit dibawah sinar matahari agar menempel dengan baik

  2. Rekatkan bagian tengah kedua tutup botol dengan solasi

  1. Beri lubang pada 1 bagian tutup botol sesuai kebutuhan

Strategi Penetapan Harga


Harga Satuan

2.500

Harga Grosir

22.500 (1 Lusin)

Penentuan harga merupakan hal yang sangat penting dalam pemasaran karena harus melihat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam memberikan pilihan. Strategi penetapan harga untuk tempat bumbu menggunakan metode below market pricing. Below Market pricing adalah harga yang ditetapkan dibawah harga pasar. Metode merupakan metode yang cocok karena adanya persaingan pasar. Melihat dari nilai barang terhadap tempat bumbu yang rendah, maka strategi yang tepat adalah menurunkan harga jual sehingga konsumen tidak merasa rugi dalam membeli barang. Oleh karena itu, strategi dalam penetapan harga di bawah harga pasar harus digunakan karena melihat nilai barang dan target pemasaran. Target pemasaran ditargetkan terhadap ibu - ibu yang suka sekali dengan barang dengan harga murah tetapi memiliki manfaat yang cukup besar. Profit yang didapatkan dari penetapan harga tersebut adalah berkisar 60-75%.


Strategi Distribusi

Strategi distribusi yang digunakan adalah selective distribution, yang menyalurkan barang pada daerah pemasaran dengan memilih beberapa distributor pada suatu daerah. Distribusi tempat bumbu dapat bekerja sama dengan e-commerce seperti tokopedia, shopee, dan lain-lain. E-commerce tersebut sangat mempermudah dalam proses distribusi. Selain mempermudah proses distribusi sekaligus dalam bidang periklanan sehingga lebih banyak dikenal masyarakat. Selain itu, dapat bekerja sama dengan agen di suatu daerah seperti koperasi di suatu daerah sehingga konsumen dapat melihat barang secara langsung. Melihat dari target pemasaran adalah ibu-ibu yang kurang bisa menggunakan gadget atau lebih suka membeli barang secara langsung, bekerja sama dengan koperasi atau agen di suatu daerah merupakan hal yang tepat.


Strategi Promosi


Promosi merupakan hal yang sangat penting dalam pemasaran karena promosi yang buruk sangat mempengaruhi pemasaran. Promosi pada tempat bumbu ini harus menunjukkan keamanan, praktis, dan manfaatnya, khususnya harus menunjukkan harganya sangat terjangkau. Zaman sekarang media sosial merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, hampir rata-rata manusia menggunakan media sosial dari berbagai kalangan. Media sosial digunakan setiap harinya bahkan hampir setiap menit sehingga menjadikan media promosi yang sangat baik. Promosi yang dapat digunakan adalah sosial media terutama facebook, yang umumnya digunakan kaum ibu ibu. Sosial media lainnya seperti instagram, juga dapat digunakan sebagai media promosi. Melihat dari harga promosi pada media sosial yang tergolong murah dibandingkan dengan promosi melalui iklan di tv, sehingga media sosial sangat menguntungkan produsen dalam mengurangi media promosi. 



Ditulis oleh :

Nadia Devina Ricky

https://elqorni.wordpress.com/2009/02/26/strategi-distribusi-dalam-pemasaran/

https://distribusipemasaran.com/4-metode-penetapan-harga-yang-paling-banyak-diterapkan/



Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format