The Devil Wears Prada


1
1 point

The Devil Wears Prada merupakan film drama-komedi America yang rilis pada tahun 2006. Pemain utama pada film ini diperankan oleh Anne Hathaway sebagai Andrea Sach atau Andy dan Meryl Streep sebagai Miranda Priestly. Andy merupakan seorang wanita yang baru menyelesaikan kuliahnya dari Universitas Northwestern. Andy datang ke New York untuk mencari pekerjaan dan bercita-cita menjadi jurnalis. Suatu hari, Andy mendapat panggilan wawancara kerja di sebuah perusahaan majalah fashion yang bernama Runway. Runway merupakan perusahaan majalah yang sangat terkenal. 

Ketika hari wawancara, Andy bertemu dengan Emily. Emily merupakan asisten utama pimpinan Editor Prada yaitu Miranda Priestly. Emily menjelaskan kepada Andy bahwa dengan bekerja selama setahun dengan Miranda, maka dapat bekerja di perusahaan majalah mana saja. Andy menjadi sangat menginginkan pekerjaan ini. Emily sangat meremehkan Andy karena busana yang dikenakannya saat itu. Kemudian, telepon berdering yang memberitahu Emily bahwa Miranda akan segera datang. Kedatangan Miranda yang mendadak pagi itu membuat setiap karyawan panik, karena harus menyiapkan keadaan kantor sesuai keinginan Miranda. Meja kerja yang berantakan mendadak dibersihkan, penampilan karyawan tadinya tidak baik mendadak menjadi rapi. Andy sangat bingung dan kaget saat karyawan lain melakukan hal tersebut. 

Miranda datang ke kantor dengan busana yang sangat fashionable. Emily menyambut kedatangan Miranda dengan sangat tegang dimana Miranda langsung menyebutkan semua pekerjaan yang harus dikerjakan oleh Emily secara padat dan jelas dalam satu kalimat saja dan Emily harus mencatatnya dengan sangat cepat.  Miranda memasuki ruangannya dan melihat Andy yang duduk di meja asisten ke-2nya. Miranda langsung menanyakan wanita yang dilihatnya kepada Emily dan langsung ingin mewawancarai Andy. Andy masuk keruangan Miranda dan berdiri di depan mejanya. Miranda menanyakan beberapa pertanyaan sambil sekilas melihat Andy, lalu ia kembali sibuk melihat majalah yang ada ditangannya. Miranda terlihat sangat tidak menyukai busana yang dikenakan Andy sehingga tidak tertarik dengan Andy. Akhirnya, Andy berjalan mundur mengarah keluar ruangan, sambil mengatakan bahwa ia memang tidak layak bekerja di sini tetapi ia pintar dan pekerja keras. Saat Andy mengatakan hal tersebut, Miranda memperhatikannya dengan sangat jelas. Kemudian, Andy sampai di lobby gedung tiba-tiba Emily memanggilnya dan menyampaikan bahwa ia diterima dan harus kembali.

Hari pertama Andy bekerja, diawali dengan telepon dari Emily yang menyuruhnya segera ke kantor dan mengambil pesanan kopi Miranda. Miranda telah menunggu kopinya namun Andy telat datang pada hari itu. Emily mulai menjelaskan apa saja pekerjaan yang akan dilakukan oleh Andy. Kemudian, datang seorang yang bernama Nigel yang merupakan penasihat fashion,  memberikan sepatu hak tinggi kepada Andy. Miranda memanggil Andy dengan nama Emily karena belum menganggap Andy. Miranda memberikan pekerjaan yang belum dimengerti oleh Andy sambil memperhatikan busana Andy dari atas ke bawah tanpa berkomentar apapun. Andy pun langsung berganti sepatu yang diberikan Nigel tadi. Emily membantu pekerjaan yang tidak dimengerti Andy dan juga menjelaskan peraturan bahwa tidak boleh bertanya sesuatu kepada Miranda. Andy merasa sangat bingung pada saat itu. Andy diberikan banyak sekali tugas oleh Emily. Dalam sebuah meeting, Andy mengeluarkan sebuah suara ketawa pada meeting tersebut yang membuat Miranda sangat marah dan melawannya dengan perkataan yang sangat mematikan. Akhirnya, Andy menyelesaikan hari pertamanya. Andy pulang dan mengeluarkan seluruh keluhannya tentang hari pertama ia bekerja kepada pacarnya. Andy sangat merasa kesal dengan hari pertama ia bekerja. Ia berencana hanya akan bekerja setahun di perusahaan tersebut dan akan melanjutkan cita-citanya. 

Beberapa hari bekerja, Andy diberikan berbagai pekerjaan oleh Miranda di luar dari pekerjaan kantor, seperti mengambil laundry, mengurusi mobilnya, menjemput anaknya, dan berbagai keperluan pribadi Miranda uang seharusnya bukan pekerjaan Andy sebagai asisten Miranda. Andy makan malam dengan ayahnya, saat itu ayahnya tidak menyukai pekerjaan Andy sekarang karena jam kerja yang terlalu larut dan gaji yang sangat rendah. Tiba-tiba Miranda menelfon dan memberikan pekerjaan yang sangat sulit kepada Andy di luar jam kerja dan membuat Andy sangat kesusahan dengan pekerjaan tersebut. Andy gagal mencari tiket pesawat yagn diminta Miranda karena cuaca yang sangat buruk sehingga tidak ada pesawat yang terbang pada malam itu. 

Keesokan harinya, Miranda sangat kecewa kepada Andy. Miranda biasanya mempekerjakan wanita yang langsing dan sangat mengenal busana dengan baik. Namun, kali ini ia mengambil keputusan untuk mempekerjakan wanita seperti Andy yang sebaliknya dari wanita lainnya. Miranda merasa dibohongi dengan apa yang Andy katakan saat wawancara. Andy merasa sangat sedih dengan perkataan Miranda. Lalu, ia bercerita kepada Nigel mengenai perasaan sedihnya karena kerja kerasnya selama ini tidak dihargai oleh Miranda. Nigel memberikan motivasi kepada Andy, bahwa ia sangat beruntung bekerja disini dan banyak sekali yang menginginkan pekerjaan ini. Andy menjadi bersemangat lagi dalam bekerja dan mengawalinya dengan merubah model busananya. Ia meminta Nigel untuk memperbaiki cara berbusananya dengan agar menarik perhatian Miranda untuk menyukainya. Emily pun sangat kaget dengan busana yang digunakan Andy dan sangat iri  karena tidak mendapatkan fasilitas seperti yang diberikan Nigel. Busana Andy menjadikannya terlihat sangat Anggun bahkan Miranda sangat terkesima dengan penampilan Andy yang baru. Andy pun semakin bersemangat bekerja dan ingin membuktikan kepada Miranda bahwa ia berbeda.   

Seiring berjalannya waktu Andy dapat menjalankan tugas yang diberikan oleh Miranda dengan sangat baik sesuai keinginannya. Hal tersebut, menyita waktu untuk bersama teman-teman, pacar bahkan orang tuanya. Suatu malam, Andy mendatangi sebuah pesta dan bertemu dengan Christian Thompson yang merupakan seorang penulis terkenal. Suatu hari, Andy telah mengerjakan semua pekerjaannya sebelum Miranda menyuruhnya. Hal itu, membuat Miranda mulai mempercayai Andy bahkan mulai memanggilnya dengan nama asli Andy yaitu, Andrea. Andy telah melakukan kesalahan lagi yang membuat Miranda sangat marah. Miranda mulai menekan Andy dengan memberikan pekerjaan yang bisa dibilang sangat mustahil untuk dikerjakan, tetapi Andy sangat berambisi untuk menyelesaikannya. Salah satu tugas terberatnya adalah mencari lanjutan buku Harry Potter yang belum terbit. Ia mencoba meminta bantuan kepada Christian Thompson untuk mencarikannya. Miranda mengancam Andy, jika tidak dapat menemukannya akan memecatnya Karena menurut Andy hal tersebut tidak mungkin, ia menyerah dan berniat berhenti dari pekerjaannya. Tiba-tiba ia mendapat telepon dari Christian Thompson bahwa telah mendapatkan buku tersebut. Ia pun mulai bersemangat kembali untuk menyelesaikan pekerjaannya dan berhasil. Miranda sangat kesal karena Andy dapat menyelesaikan pekerjaan yang telah ia berikan. 

Suatu hari, ada sebuah pesta yang diselenggarakan oleh Runway yang tadinya hanya dihadiri oleh asisten pertama yaitu, Emily. Namun, Miranda menyuruh Andy untuk ikut hadir padahal hari itu adalah hari ulang tahun pacarnya Andy. Andy pulang larut dan telat untuk menghadiri pesta ulang tahun pacarnya. Pacarnya pun sangat kecewa. Andy mulai sadar bahwa pekerjaannya telah merubah kehidupan pribadinya. Acara fashion di Paris yang sangat diinginkan oleh Emily untuk hadir, namun Miranda menyuruh Andy untuk kesana menggantikannya. Emily tidak menerimanya dan mulai membenci Andy. Di samping itu, pacar Andy mulai tidak nyaman dengan kesibukan Andy dan meminta untuk berpisah. 

Akhirnya, Andy tiba di Paris. Malam sebelum acara, Miranda memberitahukan bahwa ia bercerai dengan suaminya dan terlihat sangat terpukul. Nigel mengajak Andy untuk merayakan pekerjaan barunya di perusahaan fotografi yang direkomendasikan oleh Miranda. Andy pun berkencan dengan Christian Thompson dan mengetahui bahwa Miranda akan digantikan oleh Jacqueline, seseorang yang sangat dibenci oleh Miranda. Andy pun sangat terkejut mengetahui hal itu dan sangat kasihan dengan apa yang terjadi dengan Miranda sehingga berusaha untuk segera memberitahukan kepada Miranda. Ternyata Miranda telah mengetahui hal tersebut sejak lama, dan mengganti rekomendasi untuk pemimpin di perusahaan fotografi tersebut kepada Jacqueline. Nigel sangat terkejut dengan keputusan Miranda. Andy merasa Miranda orang yang sangat licik terhadap Nigel. Andy mulai tidak menyukai Miranda dan berhenti dari pekerjaannya. Andy menyadari pekerjaannya bukanlah yang ia inginkan. Andy mulai mencari pekerjaan baru. Saat wawancara, bossnya mencari referensi dari Runway dan mendapatkan fax langsung dari Miranda bahwa Andy sangat mengecewakan. Boss menganggap Andy telah melakukan hal yang baik dan menerimanya.  

Permasalahan

Miranda merupakan pemimpin perusahaan Runway. Miranda memiliki karakter yang tegas, perfectionist, dan kejam. Miranda sangat ditakuti oleh seluruh karyawannya. Semua perintah dari Miranda harus dilakukan, jika tidak dilakukan ia akan marah besar. Miranda sosok pemimpin yang tidak menghargai kerja keras bawahannya. Miranda memiliki asisten pribadi baru yang bernama Andy. Biasanya Miranda menerima asisten yang kurus dan sangat memuja Runway, sangat berkebalikan dengan Andy. Andy merupakan wanita gemuk dan tidak mengetahui tentang busana. Andy memiliki karakter pantang menyerah, pintar, cepat belajar, dan gigih. Ia bekerja di Runway karena ingin mendapatkan pengalaman 1 tahun agar dapat bekerja di perusahaan yang ia inginkan. Andy merupakan salah satu wanita yang beruntung karena dapat di bekerja di Runway, karena banyak sekali yang ingin bekerja di posisi Andy. Andy sangat tidak menyukai Miranda karena kepemimpinannya yang sangat kejam. Miranda selalu memberikan tugas-tugas yang berat dan bahkan mustahil untuk dikerjakan kepada Andy. Miranda selalu menekan Andy setiap ia melakukan kesalahan-kesalahan. Andy selalu kuat dan tegar dalam menghadapi Miranda demi mencapai keinginannya. 

Essential Managerial Task

Tugas manager adalah membantu organisasi memanfaatkannya sebaik mungkin sumber daya untuk mencapai tujuannya. Terdapat 4 tugas manajerial yaitu, perencanaan, mengorganisir, memimpin, dan mengendalikan. 

Planning

Film ini menjelaskan Miranda sebagai atasan memiliki perencanaan yang sangat baik. Salah satu contohnya, ketika Miranda mengadakan pesta Runway ia mempersiapkan acara tersebut dengan baik dan sangat detail. Ia menyuruh Andy mempersiapkan segala yang dibutuhkan dan menjelaskan apa saja yang harus dilakukannya secara jelas. Ia juga memberikan intruksi yang jelas untuk Andy dalam melakukan tugas-tugasnya. Rencana yang paling hebat yang dilakukan Miranda adalah saat ia mengangkat Jacqueline sebagai pemimpin perusahaan fotografi. Ia sudah mengetahui Jacqueline akan menggantikan dirinya sebagai pemimpin Runway. Maka, ia merancang rencana dengan sangat baik agar ia tidak digantikan. Semua hal telah Miranda persiapkan agar posisinya tidak terambil alih. Jika melihat dari sisi positifnya, Miranda mempersiapkan segalanya dengan matang sehingga berjalan dengan sesuai rencana yang ia inginkan. Walaupun, jika dilihat dari sisi negatifnya rencana Miranda sangatlah buruk untuk sahabatnya Nigel, Nigel sangat kecewa dengan keputusan Miranda. Seharusnya Miranda tidak perlu membohongi Nigel untuk melancarkan rencananya. Sebagai seorang atasan seharusnya bersikap bijaksana dan pintar. Seorang atasan harus memiliki perencanaan yang baik tanpa harus merugikan orang lain di sekitarnya. 

Organizing

Pengorganisasian adalah penataan hubungan kerja sehingga anggota organisasi berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Film ini menjelaskan pengorganisasian yang buruk. Miranda tidak membangun hubungan kerja yang baik dengan bawahannya. Ia menjadi sosok yang sangat ditakuti oleh semua bawahannya. Hal tersebut, mengakibatkan mengurangi respect bawahannya terhadapnya. Sebagai contoh, hubungan Miranda dengan Andy yang sangat buruk. Andy sangat membenci Miranda karena dianggap bodoh dan sangat mengecewakannya ketika tidak bisa mendapatkan tiket pesawat. Penilaian Miranda terhadap Andy disampaikan dengan sangat kejam yang sangat melukai hati Andy. Seharusnya, Miranda harus menata hubungan kerja yang baik terhadap Andy dengan memberikan nasihat yang memotivasi Andy agar menjadi lebih baik lagi dalam bekerja. Hubungan kerja yang baik akan menciptakan performa kerja yang baik pula.

Leading

Memimpin adalah mengartikulasikan visi yang jelas dan memberi energi dan memungkinkan anggota organisasi sehingga mereka memahami bagian yang mereka mainkan dalam mencapai tujuan organisasi. Melihat cara memimpin Miranda sangat baik, ia selalu menyampaikan tugas-tugas bawahannya dengan sangat jelas dan detail. Miranda merupakan sosok pemimpin yang sangat tegas dan sangat mengedepankan tujuan dari perusahaannya. Seperti, saat Miranda memimpin dalam rapat, ia memberikan tugas kepada bawahannnya dan mendengarkan ide-ide yang disampaikan oleh bawahannya, walaupun ide yang tidak ia sukai langsung ia tolak tetapi ia mau mendengarkannya terlebih dahulu. Kepemimpinan merupakan tugas yang sangat berat bagi atasan, karena kepemimpinan yang buruk akan membuat performa kerja bawahan menjadi buruk pula, dimana akan sulit untuk mencapai tujuan dari perusahaan.

Controlling

Mengendalikan adalah mengevaluasi seberapa baik suatu organisasi mencapai tujuannya dan mengambil tindakan untuk mempertahankan atau meningkatkan kinerja. Miranda mengevaluasi bawahannya dengan sangat tegas. Seperti contoh, ketika pesta Runway yang seharusnya hanya diikuti oleh Emily, tetapi Emily sedang sakit flu. Miranda langsung berpikir untuk menugaskan Andy untuk ikut ke acara tersebut. Miranda harus mengantisipasi semua kemungkinan yang akan terjadi dengan menugaskan Andy. Miranda telah berpikir bahwa emily sedang kurang sehat sehingga bisa kurang maksimal ketika bekerja pada pesta tersebut. Tindakan yang diambil Miranda sangat baik untuk mengurangi risiko yang akan terjadi.  Atasan harus mampu mengambil tindakan secara cepat untuk mempertahankan kinerja organisasi, untuk mempertahankannya dibutuhkan evaluasi yang baik dalam suatu organisasi.

Leadership

Instruktif adalah pemimpin sebagai komunikator yang menentukan arahan/perintah, bagaimana dan kapan langkah-langkah strategis dijalankan agar keputusan dapat diwujudkan secara efektif. 

Transactional Model adalaha Kepemimpinan yang memotivasi bawahan dengan memberi penghargaan kepada mereka untuk yang memiliki kinerja tinggi dan menegur mereka untuk memiliki kinerja rendah. 

Behavior Control

Direct supervision merupakan manager secara aktif memonitor dan mengamati perilaku bawahannya, memberitahu tentang perilaku yang sesuai dan tidak sesuai, dan mengintervensi untuk koreksi jika diperlukan. 

Motivation

Goal setting teory adalah teori ini berfokus pada identifikasi tipe tujuan yang paling efektif dalam menghasilkan tingkat motivasi serta performa yang paling tinggi serta penjelasan mengenai efek dari tujuan tersebut. 

Leadership

Film ini menceritakan karakter pemimpin fungsi instruktif. Instruktif adalah pemimpin sebagai komunikator yang menentukan arahan/perintah, bagaimana dan kapan langkah-langkah strategis dijalankan agar keputusan dapat diwujudkan secara efektif. Miranda merupakan pemimpin yang instruktif, ia selalu menentukan semua perintah terhadap bawahannya secara satu arah. Apabila perintahnya tidak dikerjakan maka ia akan marah besar. Seperti contoh, ketika Andy tidak dapat membelikan tiket pesawatnya, ia langsung memarahi Andy dengan kejam. Padahal, tugas tersebut sangatlah mustahil untuk dikerjakan. Miranda tidak memperhatikan situasi dan kondisi ketika memberi perintah. Miranda tidak pernah menanyakan pendapat dari Andy. Semua keputusan berada di tangan Miranda. Tipe kepemimpinan kurang baik dalam suatu organisasi, karena bawahan merasa kurang dihargai dan tidak tidak terbiasa  terlatih dalam bepikir untuk mengeluarkan pendapat atau membantu menyelesaikan masalah. Bawahan menjadi tidak berkembang karena hanya akan terus mengikuti perintah atasannya tanpa dimintai pendapat. 

Jika melihat dari teori mengenai leadership model, Miranda termasuk dalam transactional leadership. Kepemimpinan yang memotivasi bawahan dengan memberi penghargaan kepada mereka untuk yang memiliki kinerja tinggi dan menegur mereka untuk memiliki kinerja rendah. Setiap Andy melakukan kesalahan, Miranda selalu menegurnya dengan hukuman yang berat. Salah satu contohnya, saat Andy dihukum mencari lanjutan buku Harry Potter yang belum terbit bahkan Miranda mengancam untuk memecatnya jika tidak menemukannya. Namun, Miranda juga memberikan reward ketika Andy telah berubah menjadi lebih baik  seperti yang Miranda inginkan. Miranda mengajak Andy untuk ikut ke Paris. Miranda memimpin dengan model kepemimpinan transaksional yang menggunakan reward dan punishment kepada Andy. Kepemimpinan model ini membentuk karakter bawahan menjadi lebih termotivasi karena ia akan berusaha untuk lebih berhati-hati dalam pekerjaannya supaya tidak mendapat hukuman. Ia juga memberikan performa yang terbaik untuk mendapatkan reward dari atasannya. 

Behavior Control

Film ini menceritakan karakter manager yang kurang baik. Miranda merupakan wanita yang perfectionist. Ia sangat menyukai kebersihan, ketepatan waktu, kerapihan, terutama dalam berpakaian. Walaupun perusahaan Runway merupakan perusahaan yang sangat sukes dibidangnya, tetapi cara Miranda mengontrol kebiasaan bawahannya kurang baik. Ia terkesan sangat ditakuti karena sifatnya yang sangat perfectionist dan kejam, seperti contohnya ketika Ia tiba di kantor lebih awal semua pegawainya langsung panik dan memperbaiki kondisi kantor. Hal tersebut kurang baik, karena pegawainya bekerja secara tertib dikarenakan rasa takut terhadap Miranda bukan karena sikap dan perilaku asli dari karyawannya. Namun, hal ini ada baiknya dengan begitu para karyawan menjadi terbiasa untuk tertib dan rapi dalam bekerja walaupun hanya didasari rasa takut terhadap Miranda, tetapi lama kelamaan karyawannya akan mulai terbiasa dengan ketertiban dan kerapihan yang diajarkan oleh Miranda. 

Miranda menggunakan behavior control dengan sistem direct supervision. Direct supervision merupakan manager secara aktif memonitor dan mengamati perilaku bawahannya, memberitahu tentang perilaku yang sesuai dan tidak sesuai, dan mengintervensi untuk koreksi jika diperlukan. Namun, Miranda tidak mengontrol perilaku Andy dengan baik. Seperti busana Andy, Miranda memperhatikan busana Andy terus menerus secara sinis yang menandakan ketidaksukaannya terhadap busananya. Kesalahan yang dilakukan Miranda adalah tidak memberitahu Andy dengan jelas informasi mengenai busana kantor yang harus digunakan dan penjelasan alasan harus menggunakan busana seperti wanita lainnya yang bekerja di perusahaan tersebut. Jika Miranda memberitahu dengan baik, Andy pasti akan memahaminya dengan cepat dan segera menyesuaikan busananya. Miranda tidak perlu malu setiap klien atau rekan kerja yang melihatnya. 

Selain busana, Andy juga melakukan hal yang tidak baik saat meeting ia mengeluarkan suara tertawa dan berpendapat salah mengenai fashion dimana kondisi tersebut merupakan kondisi yang sangat serius. Namun, Miranda memberitahunya dengan cara yang kurang baik, dengan mempermalukannya di depan karyawan lainnya. Seharusnya Miranda dapat memberitahunya setelah meeting itu selesai, sehingga Andy bisa memahaminya tanpa harus malu atau sakit hati terhadap sikap Miranda. Hal tersebut sangat penting, Andy dapat melakukannya kepada karyawan dibawahnya, apabila Andy mendapatkan perlakuan yang tidak baik bukan tidak mungkin Andy akan melakukan ke bawahannya juga. Miranda juga selalu menekan Andy apabila melakukan kesalahan. Miranda memberikan tugas yang sangat berat terhadap Andy setia ia melakukan kesalahan. Hal tersebut, ada baiknya dan ada buruknya. Miranda seperti memberi hukuman terhadap apa yang dilakukan Andy sehingga Andy tidak mengulangi kesalahan tersebut. Namun, metode tersebut merupakan metode yang dilakukan di akhir apabila Andy telah banyak sekali melakukan kesalahan. Pada kesalahan pertama, Miranda dapat memberikan nasihat agar Andy paham hal mana yang benar dan salah. 

Namun, di sisi Andy sebagai bawahan Ia merasa tidak dihargai karena Miranda hanya selalu melihat kesalahannya saja. Sebagai atasan, Miranda harus mengontrol kebiasaan dan tingkah laku bawahannya dengan sangat baik tanpa harus melukai hati bawahannya. Miranda merupakan atasan yang sangat tegas. Ketegasannya itu yang ia gunakan untuk mengontrol karyawannya. Mengontrol kebiasaan dan tingkah laku seseorang bukanlah hal yang mudah. Cara mengontrol yang buruk akan menghasilkan kebiasaan yang buruk pula. Kebiasaan dan tingkah laku karyawan yang buruk akan sangat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, sebagai atasan harus mengontrol kebiasaan dan tingkah laku bawahannya dengan cara yang baik dan benar agar dapat membentuk karakter karyawan yang bagus. 

Motivation

Banyak sekali teori yang membahas mengenai motivasi pekerja dalam melakukan pekerjaan. Motivasi sangat berhubungan dengan performa. Motivasi yang tinggi biasanya akan menghasilkan performa yang tinggi pula. Jika dihubungkan dengan teori motivasi, motivasi yang dimiliki Andy adalah goal setting teory. Teori ini berfokus pada identifikasi tipe tujuan yang paling efektif dalam menghasilkan tingkat motivasi serta performa yang paling tinggi serta penjelasan mengenai efek dari tujuan tersebut. Dalam teori ini untuk menstimulasi motivasi dan performa yang tinggi tujuan haruslah berupa sesuatu yang spesifik dan menantang. 

Film ini memberitahukan motivasi tinggi dari Andy bekerja di Runway, karena ingin mendapatkan pengalaman 1 tahun yang menjadi syarat agar bisa bekerja di perusahaan yang diinginkannya. Banyak sekali yang ingin bekerja di perusahaan Runway karena jika telah mendapatkan pengalaman disana akan dapat masuk perusahaan mana pun. Hal itu merupakan motivasi utama Andy yang membuat Ia harus bertahan di Runway. Dalam film ini memberitahukan sifat Andy yang sangat gigih dalam bekerja di Runway, dimana banyak hal yang semestinya tidak ia kerjakan ditambah lagi rusaknya kehidupan pribadinya akibat dari pekerjaannya. Andy sangat gigih dalam menjalankan pekerjaannya di Runway didasari oleh motivasi utamanya. Tanpa motivasi yang dimilikinya, Andy tidak akan mampu menghasilkan performa yang sangat bagus saat bekerja di Runway. Terlihat sekali saat pertama kali ia kecewa terhadap Miranda karena tidak menghargai kerja kerasnya, karena motivasinya ia berusaha bangkit kembali untuk mencapai tujuannya. Bahkan saat ia sudah menyerah ketika mendapat tugas untuk mencari lanjutan buku Harry Potter yang belum terbit, tugas yang sangat mustahil untuk dilakukan. Saat itu Andy benar-benar putus asa, tetapi ketika ia mendapatkan bantuan dari rekannya ia langsung bersemangat kembali untuk menyelesaikan tugas mustahil yang diberikan Miranda. Semua hal berat yang telah dilalui oleh Andy, dilewatinya dengan didorong oleh motivasi yang besar. 

Sumber motivasi dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu, karakter tenaga kerja, karakter pekerjaan, dan karakter organisasi. Karakter tenaga kerja yang sangat mempengaruhi sumber motivasi Andy, yaitu kebutuhan Andy yang harus memiliki pengalaman 1 tahun di Runway. Namun, karakter pekerjaan juga mempengaruhi sumber motivasi Andy menjadi rendah, karena di samping pekerjaan tersebut bukanlah yang diinginkan oleh Andy, jenis pekerjaan yang diberikan bukan seharusnya ia kerjakan seperti kebutuhan sehari-hari Miranda, serta pekerjaan yang ia dapatkan juga kadang mustahil untuk dilakukan. Selain itu, karakter organisasi yang mempengaruhi adalah Miranda. Miranda sangat mempengaruhi motivasi Andy dalam bekerja, sikapnya yang kurang menghargai serta memberikan pekerjaan yang sangat berat bahkan bisa dibilang mustahil. Walaupun hanya 1 faktor yang mempengaruhi sumber motivasi Andy menjadi tinggi tetapi faktor tersebut memiliki persentase yang sangat besar terhadap Andy. Karakter tenaga kerja merupakan hal yang sangat penting dalam bekerja. Sebagai contoh Andy, ia memiliki kepribadian yang sangat pintar, semangat, pantang menyerah, dan gigih. Karakter Andy tidak cukup memberikan performa yang bagus di Runway tanpa motivasi yang dimiliki Andy. Film ini menjelaskan hal yang sangat penting dalam bekerja adalah motivasi yang juga dipengaruhi oleh karakter tenaga kerja, karakter pekerjaan, dan karakter organisasi untuk menghasilkan performa terbaik.

Saran

Manager harus menguasai ke empat tugas manajerial yaitu, planning, organizing, leading, dan controlling dengan baik dan benar sebagai dasar utama dalam proses mencapai tujuan organisasi. Manager yang telah menguasai 4 tugas tersebut akan lebih mudah dalam mencapai tujuan organisasi. 

Manager juga seharusnya memiliki fungsi kepemimpinan dua arah seperti konsultatif atau partisipatif. Kepemimpinan tersebut menciptakan hubungan kerja yang baik, karena bawahan akan merasa dihargai dengan dimintai pendapat oleh atasannya. Juga akan lebih berkembang dalam berpikir karena terbiasa memberikan ide-ide atau pendapat untuk atasannya. 

Manager harus mampu mengontrol kebiasaan dan tingkah laku bawahannya. Karena kebiasaan dan tingkah laku sangat mempengaruhi performa dari karyawan tersebut. 

Manager juga harus memberikan motivasi yang besar terhadap karyawannya. Motivasi dipengaruhi dari karakter tenaga kerja, karakter pekerjaan, dan karakter organisasi. Apabila ketiganya memiliki pengaruh yang besar maka motivasi akan semakin besar. Motivasi yang besar akan menghasilkan performa kerja yang besar pula sehingga dapat mencapai tujuan organisasi menjadi lebih mudah. 


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format