Office Christmas Party; Titik Terang atas Keretakan Bisnis Keluarga

Office Christmas Party adalah sebuah film yang dapat memberikan inovasi dan semangat positif di bawah kepemimpinan CEO yang buruk.


0

Sinopsis Film (2016)

Clay Vanstone adalah pemimpin perusahaan IT bernama Zenotek cabang Chicago. Clay adalah adik dari CEO, Carol Vanstone. Dalam sebuah meeting akhir tahun, Carol mengancam untuk memberhentikan 40% dari staf Zenotek Chicago, memotong bonus, dan membatalkan pesta Natal tahunan karena tidak adanya inovasi produk baru yang berarti dan Zenotek Chicago dianggap  telah gagal memenuhi revenue kuartal nya.

Kenyataannya, alasan utama Carol melakukan pemecatan besar-besaran karena Carol menaruh dendam pada Clay dan berniat untuk membuatnya sengsara. Dendam atas Kecemburuan yang mendarah daging atas pengalaman buruk yang dialaminya yaitu kurangnya perhatian yang didapat dari Alm. ayahnya.

Pertikaian antara Carol & Clay

Dalam meeting tersebut Chief of Research & Development, Tracey Hughes, memberikan ide baru yang sudah ia kembangkan selama empat tahun terakhir yaitu menghubungkan internet melalui jalur listrik. Penggabungan internet secara nirkabel dari apapun yang terhubung dengan jaringan listrik, baik itu peralatan rumah tangga, lampu jalan, ataupun bohlam. Penggunaan internet ini bersifat limitless, tidak pernah diluar jangkauan, dan tidak pernah jelek sinyalnya, produk ini disebut Anywair. 

Dilain kesempatan, Chief of Technical Advancement, Josh Parker mengusulkan bermitra dengan akuntan data city centre yaitu Walter Davis. Carol menyetujui ide tersebut, dengan syarat penyetujuan kontrak sebesar $14 juta dapat dilakukan kurang dari dua hari. Sayangnya, Walter tidak tertarik untuk bermitra dengan Zenotek karena budaya yang dianut Zenotek kurang baik. Informasi yang beredar atas penutupan cabang Orlando yang membuat Walter ragu.

Suatu ide pun muncul, Clay berencana mengundang Walter ke pesta Natal mereka dengan harapan menunjukkan kepadanya bahwa perusahaan mereka dalam keadaan baik. Rumor pun tersebar dengan cepat. Karyawan Zenotek mempersiapkan diri untuk pesta kantor tersebut. Tanpa sepengetahuan Carol, pesta kantor pun berjalan. Pesta berlangsung sangat meriah bahkan diluar kendali. Tiba-tiba penerbangan Carol menuju london dibatalkan karena kendala cuaca dan dia bergegas kembali ke kantor. Saat perjalanan, di dalam taksi Uber carol mendapat informasi tentang pesta Zenotek tersebut, Carol geram.

Kondisi Pesta Natal Kantor Zenotek

Menikmati pesta tersebut akhirnya Walter menerima tawaran bisnis Clay. Tidak lama, Carol tiba dikantor dan menyapa Clay. Clay memberikan informasi bahwa Walter bersedia bermitra dengan Zenotek, Carol pun senang. Mendengar informasi tersebut Mary memberitahu Clay dan Carol bahwa Walter telah dipecat dari perusahaannya. Dengan cepat, Carol memutuskan untuk menutup cabang Chicago, argumen pun dimulai. 

Menambah keributan, Carol mengumumkan bahwa Josh akan bekerja sama dengannya di New York. Josh menyangkalnya, Tracey kaget dan mengungkapkan bahwa dia diberi tawaran yang sama seperti Josh tetapi menolaknya. Merasa dikhianati tentang apa yang didengarnya dari Carol, Clay bergegas pergi meninggalkan kantor dengan keadaan emosional.

Josh, Tracey, Mary, dan Carol berusaha menyusul Clay untuk menenangkannya. Dalam keadaan mabuk, Clay mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi disusul oleh Josh. Clay mengalami kecelakaan dan menabrak hub internet, yang memutus seluruh kota Chicago.

Lalu Clay dibawa ke rumah sakit. Setelah pemadaman internet, Tracey menyadari bagaimana menjalankan inovasi baru yang telah ia kerjakan selama beberapa tahun dengan menggabungkan Wi-Fi internet dengan koneksi kabel melalui jaringan listrik kota. Tracey dan Josh kembali ke kantor untuk mengatur Anywair, dan berhasil, internet kembali nyala di Chicago. Anywair menyelamatkan pekerjaan seluruh tim dan menyelamatkan perusahaan Zenotek cabang Chicago.

Identifikasi Masalah

Perbedaan karakter dan cara kepemimpinan yang membuat perusahaan retak. Berikut adalah karakter dari tipe kepemimpinan antara Clay dan Carol.

Tipe Kepemimpinan Clay dan Carol

Selain itu adanya masalah keluarga yang mengakibatkan kegiatan bisnis berjalan tidak profesional. Kecemburuan atas tidak adilnya perilaku yang diterapkan Alm. Ayah Vanstone terhadap kedua anaknya. Alm lebih perhatian dan fokus kepada clay dibanding Carol, yang menyebabkan Carol dendam dengan Clay.

The Nature of Business 

Dalam buku Business Foundations Twelfth Edition, Chapter 1, dijelaskan bahwa bisnis adalah individu atau organisasi yang berusaha untuk mendapatkan keuntungan dengan menyediakan produk yang memuaskan banyak orang.

The Goal of Business

Dalam Film ini bisnis yang dimaksud adalah perusahaan IT yang bernama Zenotek. Zenotek berusaha untuk membuat inovasi baru dengan menjual produk jasa internet yang bernama Zenotek Anywair, teknologi yang berusaha dikembangkan dengan menghasilkan internet secara nirkabel dari apapun yang terhubung ke jaringan listrik, peralatan rumah, lampu jalan, bahkan bohlam. Dengan Slogan, “Anda tidak pernah diluar jangkauan dan tidak pernah mendapatkan sinyal yang jelek, ini adalah AnywAir”. Dengan bisnis ini perusahaan diyakini akan terus mendapatkan keuntungan.

The People and Activities of Business

Gambaran dunia bisnis

Management

Dalam perusahaan Zenotek, tanggung jawab sosial dan etika dapat dikatakan sangat kurang, kinerja kurang produktif dan sikap dari para karyawan yang tidak menaati peraturan. Berikut struktur manajemen sebagai berikut :

Struktur Manajemen Zenotek

Marketing

Dalam film ini marketing yang dilakukan berdasarkan insiden yang tidak terduga. Ketika Clay mengalami kecelakaan tabrakan yang memutus jalur fiber utama kota Chicago, Internet pun terputus. Disini Tracey melihat kesempatan dan menjalankan misinya untuk menyambungkan internet ke jaringan listrik dengan mengirimkan virtual SMS ke seluruh pengguna provider di kota Chicago.

Finance

Dari segi keuangan, revenue yang ditargetkan tidak sesuai dengan keinginan Carol yaitu sebesar 12% revenue. Meskipun cabang chicago lebih memiliki progres yang berarti dibandingkan cabang Orlando. 

The Role of Ethics in Business

Dalam buku Business Foundations Twelfth Edition, Chapter 2, dijelaskan bahwasanya etika dalam berbisnis sangat dijunjung tinggi. 

Recognizing Ethical Issues in Business

Masalah, situasi, atau peluang dapat diidentifikasi yang mengharuskan seseorang untuk memilih beberapa tindakan yang dibutuhkan formal atau informal, benar atau salah, etis atau tidak etis. Berikut adalah penyalahgunaan etika yang terdapat dalam Perusahaan Zenotek.

Kode etik yang dilanggar dalam perusahaan

Type of Management

Dalam buku Business Foundations Twelfth Edition, Chapter 6, dijelaskan beberapa tingkatan dalam manajemen.

Levels Management

Top Management, dalam perusahaan Zenotek level tertinggi adalah CEO yang dijabat oleh Carol, dan branch manager yang di jabat oleh Clay Vanstone.

Middle Management, dalam perusahaan Zenotek dijabat oleh Josh Parker sebagai Chief of Technical Advancement, dan Tracey Hughes yang menjabat sebagai Chief Research & Development.

First-Line management, yang dijabat oleh Mary Winetoss sebagai kepala HR, Jeremy sebagai customer service supervisor, bidang IT yang dipimpin oleh Nate. 

Piramida level manajemen

Organizational Culture

Dalam buku Business Foundations Twelfth Edition, Chapter 7, dijelaskan bahwa kultur yang melekat pada Perusahaan Zenotek adalah kultur yang buruk karena adanya pemecatan yang dilakukan Carol pada Zenotek cabang Orlando. 

Mangement Functions

Terdapat empat fungsi utama dalam manajemen yaitu, Planning, Organizing, Directing dan Controlling. Dalam Perusahaan Zonatek 4 metode ini dapat diimplementasikan sebagai berikut:

Management Function
Planning
Zenotek Chicago mengusahakan untuk mengembangkan inovasi baru yaitu Anywair. Salah satu cara untuk mensukseskan rencana tersebut adalah bermitra dengan pemimpin data city centre, Walter Davis.
Organizing
Tim sukses untuk meyakinkan walter adalah middle management sampai top management.
Directing
Clay berusaha untuk merubah perspektif Walter dengan cara memenangkan hati Walter dan mengundangnya ke pesta natal kantor.
Controlling
Walaupun Carol berusaha untuk menggagalkan rencana pesta natal, Clay tetap mengusahakan pesta itu tetap berjalan.

SWOT Analysis

Dalam buku Business Foundations, Chapter 8, dijelaskan bahwa salah satu cara manajer untuk meningkatkan kondisi internal manajemen dan organisasi adalah dengan melihat Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats. Dalam perusahaan Zenotek terdapat dua karakter utama yang memperkuat perjalanan bisnis tersebut, yaitu :

Analisis SWOT

Clay Vanstone

Kekuatan atau kelebihannya adalah dia selalu percaya atas kinerja timnya, jujur dalam bekerja. Selain itu dia selalu mengutamakan kesejahteraan karyawannya yang menjadikan karyawan loyal kepadanya. Kekurangan Clay adalah dia memiliki pengalaman yang kurang dan sifatnya sedikit berantakan dan ceroboh. Kesempatan bagi Clay, adalah dia selalu positif bahwa cabang Chicago akan berkembang, dan optimis dengan inovasi yang dibuat Tracey akan sukses dipasaran. Ancamannya adalah perlawanan dari saudaranya yaitu Carol karena Carol masih dendam dan cemburu atas perlakuan yang tidak adil yang diterima oleh Ayahnya. 

Carol Vanstone

Kekuatan atau kelebihan Carol adalah Rapi, dan dapat mengatur orang. Kekurangannya adalah dia sedikit tricky dan manipulatif, gaya kepemimpinannya pun otoriter, kurang profesional karena selalu menyangkut pautkan masalah pribadi dalam pekerjaan. Kesempatan bagi Carol adalah sebagai seorang CEO yang mempunyai otoritas tinggi ia mempunyai wewenang untuk melakukan apapun dalam bekerja. Ancamannya adalah sifat sembrono yang ada dalam diri Clay dapat merugikan perusahaan. Jika Clay tidak memiliki karyawan yang kompeten, perusahaan akan terancam bangkrut.

Saran dan solusi

A. Clay harus merubah gaya kepemimpinannya, dimana dia harus lebih serius, lebih tertib dan memberikan contoh yang baik bagi karyawannya.

B. Karakter Carol yang keras dan diktator harus dirubah. Untuk menciptakan ruang lingkup kerja yang baik, harmonis, terbuka dan mau mendengar keluh kesah karyawannya.

C. Penerapan profesionalitas bagi pemimpin perusahaan yaitu Carol, Clay serta seluruh karyawan Zenotek gunanya untuk keseimbangan perusahaan dan meningkatkan kinerja karyawan.

Sumber :

Business Foundation, Twelfth Edition, O.C Ferrel, Geoffrey A. Hirt, Linda Ferrel, McGraw Hill Education.

Disusun oleh :

Ragil Sindy. R


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Ragilssindy

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format