6 Underground: Destroy The Dictator and Create Happiness

Kisah Penghancuran kekuasaan pemimpin turgistan yang dikalahan oleh sebuah Tim Vigilante


4
4 points

6 Underground merupakan salah satu serial Netflix yang bergenre Aksi dan Black Comedy, Film garapan Netflix yang dibintangi oleh Ryan Reynolds ini sukses mendapat perhatian publik. Ryan Reynold berperan sebagai One, adalah seorang milyarder dermawan yang tidak mau menyebut namanya dengan alasan keamanan karena lelah dihantui oleh horror setelah menjadi saksi mata perang di Turgistan, Timur Tengah. One mendapatkan Kekayaannya dari penemuannya, neodymium magnet. Ia memalsukan kematiannnya lalu membuat sebuah grup vigilante yang bertujuan menaikkan pemimpin yang seharusnya bertanggung jawab dan menurunkan pemimpin-pemimpin yang tidak bertanggung jawab pada rakyatnya. 

Ryan Reynold berperan sebagai One

One memalsukan kematian semua orang yang akan bergabung dengan group vigilantenya dan merekrut beberapa orang yang memiliki tujuan yang sama, menyejahterakan dunia dari orang-orang keji yang ada di pemerintahan.  Anggotanya terdiri dari lima orang lainnya : Two seorang mata-mata, Three seorang pembunuh bayaran, Four seorang pelari parkour dan pencuri, Five seorang dokter, Six seorang pembalap, dan seven mantan tentara Amerika Serikat.

Left to Right : Seven, Two, Four, One, Five, three

Pada misi awal mereka di Florence, Italia, One bersama timnya tersebut membunuh seorang pengacara untuk empat jendral dari Turgistan sebelum akhirnya dikejar oleh para mafia dan polisi. Pada kejar-kejaran dengan para manifia Six meninggal akibat lehernya tertusuk benda tajam saat sedang melarikan diri dari para mafia dan polisi tersebut. 

Beberapa hari kemudian, One berusaha merekrut Blaine yang berlatar belakang seorang tentara yang ingin membalaskan dendamnya kepada seseorang yang telah membunuh partnernya, karena mengatahui Blaine memeliki tujuan yang sama untuk membuat dunia semakin baik dan terhindar dari orang-orang keji maka One merekrut Blaine yang kemudian diganti namanya menjadi Seven. Seven adalah seorang penembak jitu mantan Tentara Amerika Serikat, yang menderita dari perasaan bersalah karena tidak dapat menyelamatkan timnya pada saat melaksankan tugas.

Seven A.K.A Blaine

Setelah merekrut Blaine sebagai anggota baru dari tim, One berencana meruntuhkan kekuasaan dan membunuh seorang diktator dari Turgistan yang sangat kejam, Rovach Alimov. Dan mengangkat Murat, adik laki-laki di Rovach, sangat berbanding terbalik dengan sifat kakaknya untuk menjadi pemimpin Turgistan.

Rovach Almirov Pemimpin Turkistan

Murat adalah sosok yang berlandaskan demokrasi dan sangat mencintai rakyatnya. Rovach menyembunyikan Murat di Hong Kong untuk mengantisipasi apabila adiknya berbuat yang diluar kendalinya. One berencana akan mengangkat Murat sebagai pemimpin baru pada peringatan hari besar di Turgistan yaitu Hari Kematian. Dan Pada hari itu, Rovach berencana untuk membunuh rakyat tanpa pandang bulu, tidak peduli anak-anak atau pun wanita. Setelah persiapan yang matang, One bersama timnya segera menjalankan misi selanjutnya; membebaskan Murat dari penjara, menghack sistem pemerintahan Rovach, mengobarkan revolusi dan mengajak rakyatnya untuk maju mengalahkan Rovach.

Murat adik dari Rovach Almirov

Pada awalnya rencana One untuk menyelamatkan Murat dari Hong Kong berjalan lancar, namun di pertengahan eksekusi dari rencananya tidak berjalan baik, dikarenakan mereka harus menghadapi orang-orang suruhan Rovach yang diutus untuk menjaga Murat agar tidak melarikan diri. One dan kelompoknya terlibat baku tembak dengan orang suruhan Rovach, lalu seven menembakkan senjata kearah kolam renang dan memecahkan kolam renang yang membuat teman-tamannya bisa kabur serta berhasil menyelamatkan Murat.

Misi selanjutnya yaitu meruntuhkan kekuasaan Rovach dan menurutkannya dari jabatannya. Mereka memulai rencana dengan menjebak Rovach pada hari kematian dengan menghack hal-hal yang berkaitan dengan kegiatannya, sehingga menyebabkan Rovach harus lari kekapal pesiarnya untuk melarikan diri. One dan tim sudah merencakan hal yang selanjutnya mereka harus lakukan saat Rovach sampai di kapal pesiarnya. One dan timnya sudah bersiap untuk meringkus Rovach dikapalnya, namun lagi-lagi mereka terjebak dalam peperangan jarak dekat, setelah selang beberapa waktu peperangan jarak dekat itu dilakukan One dan Kelompok memenangkan peperangan jarak dekat itu dan dapat meringkus Rovach.

Rovach ditangkap dan dibawa menggunakan helikopter. Ia masih berusaha untuk menyelamatkan dirinya namun semua itu sudah tidak dapat dilakukannya karena dia sudah terkepung oleh One dan 6 anggota timnya, Rovach dibawa kearah kerumunan warga yang mendemo Rovach karna sudah mengetahui semua tipu daya yang dilakukan kepada semua rakyatnya, melihat keramaian rakyat yang marah, maka One dan tim melempar Rovach dari helikopter dengan ketinggian yang rendah, dan membiarkan para rakyat menghajar Rovach sampai mati. Setelah menghabisi Rovach, mereka bersiap melanjutkan misi utamanya yaitu menjadikan Murat sebagai pemimpin baru dari Turgistan dan mengembalikan kesejahteraan rakyatnya.

Film ini menceritakan sebuah group yang memiliki tugas mulai untuk membantu banyak orang agar terhindar dari pemimpin yang tidak bertanggung jawab dengan masyarakatnya. Dalam film ini banyak terdapat pembelajaran yang bisa kita aplikasikan kedalam kehidupan dan mencari solusi dalam menghadapi masalah seperti cara komunikasi yang baik, kepercayaan antar anggota tim, dan pengambilan keputusan yang tidak dilakukan secara sepihak.

Permasalahan

One adalah seorang milyarder yang merasa sangat kesal melihat ada banyak pemimpin dunia yang tidak peduli dan tidak bertanggung jawab kepada rakyatnya sendiri. Maka dengan itu One membuat sebuah Tim Vigilante yang memiliki tugas untuk menurunkan para pemimpin yang tidak peduli terhadap para rakyatnya. One merekrut orang-orang yang sangat berkompeten untuk membantu menjalankan rencana. hal ini memicu peperangan antara kelompok one dan pemimpin yang akan dijatuhkan oleh kolompok one.

Analisi Kontrol Organisasi

Pada film 6 Underground ini menceritakan sebuah TIM VIGILANTE  yang terdiri dari 7 anggota. One adalah seorang billionare sekaligus penemu dibidang teknologi, Two seorang mata-mata, Three seorang pembunuh bayaran, Four seorang pelari parkour dan pencuri, Five seorang dokter, dan Six seorang pembalap yang mati dalam misi awal, Seven seorang mantan tentara.

Tim ini selalu bekerja sama dalam menyelesaikan semua misi yang mereka lakukan, One merupakan Leader pada tim ini, One merencanakan segala rencana dan bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi dilapangan. Mereka bekerja dengan sangat terstruktur dan sesuai rencana, namun beberapa kali mereka harus berfikir ulang tentang mengatasi kendala-kendala dalam misi yang mereka lakukan.

Aksi awal mereka dalam membunuh pengacara tidak berjalan begitu mulus karena mereka harus kehilangan satu anggota tim mereka yaitu Six yang tertancap besi tajam saat menghindari kejar-kejaran oleh para mafia dan polisi. Setelah kejadian itu One merekrut Seven sebagai penembak jitu sekaligus pengawas mereka dari kejauhan.

Permasalahan yang pertama muncul pada film ini adalah ketika One ingin meninggalkan Four karena terjebak dan dikejar oleh para mafia yang mengetahui aksi mereka, namun seven bersikeras untuk menyelamatkan Four yang menyebabkan pertengkaran antara One dan Seven. Setelah seven menyelamatkan Four, One baru sadar bahwa anggotanya tim ini sudah menjadi keluarga baginya. One sering sekali merasa egois dan berhak menentukan segalanya tanpa mengajak anggota lainnya untuk berkompromi tentang ide-idenya dan mengabaikan masukan dari para anggota lainnya, ini merupakan sikap leader yang buruk untuk memimpin sebuah tim.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi merupakan suatu susunan komponen-komponen atau unit-unit kerja dalam sebuah organisasi yang menunjukkan bahwa adanya pembagian kerja dan bagaimana fungsi atau kegiatan-kegiatan berbeda yang dikoordinasikan. 

Pada film Six Underground ini kita dalam melihat struktur organisasi yang dibentuk pada sebuah tim Vigilante ini. One merupakan pemimpin dari TIM VIGILANTE ini, Two sebagai anggota sekaligus mata-mata mereka, Three sebagai anggota sekaligus orang yang akan berhadapan langsung dengan para musuh, Four sebagai anggota sekaligus sebagai orang yang mengintai pergerakan musuh dan bisa masuk ke tempat musuh secara diam-diam, Five sebagai anggota sekaligus dokter dalam tim tersebut, dan Seven sebagai anggota dan penembak jitu pada TIM ini. One adalah pemilik segala rencana pada TIM ini dan One juga adalah orang yang membentuk TIM ini maka diapun menjadi pemimpin dari tim ini. One menempatkan anggotanya pada pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi masing-masing dari para anggota yang membuat tim ini memiliki struktur dan kinerja baik karna pekerjaan yang mereka lakukan sesuai dengan kompentensi yang mereka miliki.

One X Rovach Alimov

One

One sebagai pembentuk Tim Vigilante merupakan pemimpin yang menyiapkan segala rencana dan mengatur kegiatan yang akan dilakukan oleh anggtanya. One merupakan seorang yang kaya raya sekaligus ahli pada bidang teknologi dan menciptakan banyak sekali penemuan. Ia memiliki rencana yang sangat mulia untuk menyelamatkan dunia, sehingga ia memutuskan untuk merencanakan kematiannya dan berubah menjadi hantu, agar semua rencananya berjalan dengan lancar karena tidak akan ada lagi orang yang mengatui dia dan ikut campur dalam urusannya. One adalah pembuat rencana yang sangat baik, dia memikirkan semuanya dengan sangat matang dan berhati-hati untuk menghindari hal yang tidak diinginkan saat rencana mereka sedang berjalan.

Rovach Alimov 

Rovach adalah seorang pemimpin diktator negara turgistan yang sangat kejam, mementingkan dirinya sendiri dan tidak peduli dengan rakyatnya. Dia berencana untuk menguasai negaranya dan menjadikan negaranya sebagai alat untuk menguasai dunia, tapi dibalik itu semua Rovach adalah pribadi yang ceroboh dan tidak berpikir dalam setiap keputusan yang diambil yang menyebabkan banyak orang yang tidak suka terhadap dirinya dan banyak orang yang berusaha menjatuhkan dia dari jabatannya termasuk One dan tim vigilantenya.

Four Task of Management (Plan, Organizing, Leading, Controlling)
Group Decision Making

Pengambilan keputusan bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok. Sebagian besar keputusan organisasi sebuah perusahaan dibuat oleh kelompok atau tim manajer. Pengambilan keputusan secara berkelompok cenderung lebih unggul daripada pengambilan keputusan individu.

One selalu melibatkan anggota tim dalam pengambilan keputusan untuk setiap rencana mereka, one memberitahukan keputusan yang dapat diambil oleh para anggota tim dan berusaha mendapatkan respon yang baik pada setiap keputusan yang dilakukan oleh timnya. pengambilan keputusan yang dilakukan secara kelompok ini memberikan kelebihan karena tidak semua keputusan yang diambil oleh One adalah keputusan yang tepat, dengan melakukan pengambilan keputusan secara kelompok one dapat mencari celah baru apabila ada anggota group yang tidak setuju bahkan menolak keputusan. interaksi ini lah yang akan menghasilkan gagasan dan ide baru dari para nggota tim yang sebelumnya One tidak fikirkan. Hal ini juga bertujuan apabila terjadi kesalahan maka dengan cepat mendapatkan solusinya. contohnya pada saat rencana penyelamatan murat di hongkong murat melibatkan semua anggota dalam pengambilan keputusan yang tepat bagaimana cara yang tepat untuk menyelematkan murat.

Rovach juga melibatkan para menteri-menterinya dalam pengambilan keputusan tapi rovach sangat jarang sekali menerima keputusan yang dibuat oleh kelompoknya. Rovach tetap percaya dengan keputusan yang dibuatnya sendiri. hal ini yang sering menyebabkan rovach tidak cepat dalam memperbaiki kesalahan yang dilakukan olehnya ataupun menteri-menterinya karena rovach tidak mendapatkan tambahan informasi dari para menterinya. Rovach lebih sering mengandalkan intuisinya dalam pengambilan keputusan yang menurutnya benar dan dapat menghemat waktu.

Menciptakan Organisasi Pembelajaran

Ahli teori pembelajaran Peter Senge mengidentifikasi lima prinsip untuk menciptakan organisasi pembelajaran

  1. Develop Personal Mastery
  2. Build Complex, Challenging mental model
  3. Promote team learning
  4. Build Shared Vision
  5. Encourage System Thinking

Pada film ini hampir dalam semua kegiatan ada terdapat organisasi pemebalajaran terutama pada One dan Timnya, One selalu menempatkan semua anggota timnya pada posisi yang mengharuskan mereka untuk berfikir dan mengambil keputusan sendiri. Contoh pada saat misi penyelamatan murat di hongkong, saat itu Four terlibat kejar-kejaran dengan para mafia karena dia terlalu lama keluar dari tempat penyelamatan murat, pada saat itu Four harus menemukan cara untuk menyelamatkan dirinya. Akhirnya ia memutuskan untuk memilih menuruni bangunan dengan cara parkour. Pada saat yang bersamaan, Seven menembak mafia yang mengejar four yang berarti seven telah banyak belajar bagaimana memanfaatkan kemampuannya untuk membantu teman satu timnya. Tim vigilante juga membangun visi yang sama antar anggotanya agar terjadi kekompakan dan hubungan yang baik untuk menunjang kesempurnaan dalam pelaksaan rencana mereka nantinya. Pada saat persiapan one selalu berusaha melibatkan timnya pada pengembangan keahlian masing-masing anggota dengan memberikan senjata dan amunisi, lapangan tembak, peralatan teknologi yang telah diciptakan One untuk mereka berlatih guna meningkatkan kemapuan personal para anggota tim.

Berbanding terbalik dengan One, Rovach tidak pernah berusaha menciptakan pembelajaran organisasi kepada para menteri-menteri, adik dan pengawalnya. Sehingga Rovach sering terlibat kejadian yang tidak dapat mereka atasi contoh pada saat penyerangan yang dilakukan oleh kelompok one terhadap rovach. rovach dan para anggotanya lambat dalam respon menghadapi serangan yang dilakukan oleh tim One karena rovach tidak pernah menciptakan organisasi pembelajaran pada anggota timnya.

Roles of Manager
  • Disturbance Handler : saat Seven tau bahwa Four terjebak kejar-kejaran dengan para mafia saat berusaha menyelamatkan murat, Four lari menuruni bangunan dan hampir menyerah dengan keadaan. Seven yang berada didalam mobil terlibat perselisihan dengan One yang tidak mau menghentikan mobil untuk menyelamatkan Four karena dia merasa itu akan membuat rencananya akan gagal. Setelah perdebatan panjang akhirnya One memberhentikan mobilnya, Seven langsung turun dari mobil dan mengeluarkan snipernya lalu menembak mafia yang mengejar Four. Akhirnya Four selamat dan dapat bergabung kembali ke group tersebut tanpa ada korban yang mati akibat misi penyelamatan murat.

  • Negotiator : One merupakan negotiator yang hebat, terlihat dari caranya berkomunikasi dengan murat dalam rencana untuk menjadikan murat sebagai pemimpin baru Turgistan. Awalnya Murat tidak percaya dengan rencana One tapi setelah dilakukan proses negosiasi oleh one kepada murat dengan menjelaskan rencananya dengan jelas dan memberikan bagaimana caranya agar Murat menjadi pemimpin Turgistan, ia akhirnya percaya kepada One dan menyetujui rencana dari one dan timnya walaupun murat merasa takut dengan kakaknya tapi ia yakin rencana one dan timnya akan berjalan dengan lancar.
  • Resource Allocator : pada saat One mulai merekrut para anggota timnya, one mampu melihat kemampuan dan potensi calon anggotanya. Ia benar-benar menempatkan anggotanya didalam tugas yang sudah mereka kuasai dengan keahlian masing-masing. seperti Seven yang ahli menggunakan sniper dijadikan one sebagai penembak jitu, Five seorang dokter yang ahli menggunakan senjata dijadikannya sebagai tenaga medis yang tetap harus berada digarda terdapan dan terlibat baku tembak dengan para musuh.
  • Spokesperson : pada saat One hampir kehilangan kepercayaan dari murat akan rencananya, One dapat mudah meyakinkan kembali Murat dan membantu One serta timnya dengan memberi tau bagaimana cara mengancurkan Rovach Alimov dan para tentaranya.
  • Monitor : One selalu turun langsung dalam setiap misi yang ia dan timnya lakukan, sehingga memudahkannya dalam memonitor semua kegiatan anggota timnya, memberikan instruksi dengan jelas dan dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan di setiap misinya.
  • Disseminator : pada saat mulai bergabung dengan Tim Vigilante, semua anggota harus setuju untuk menjadi ghost terlebih dahulu dengan cara membuat kematian palsu. Hal itu dilakukan agar informasi dan anggotanya tidak diketahui oleh pemerintah serta keluarga mereka bahwa mereka masih hidup.
  • Liaision : strategi yang dilakukan oleh One adalah membunuh para Perdana Menteri Rovach agar melemahkan Rovach sehingga memudahkan one & timnya untuk masuk kedalam ruang lingkup rovach dan melakukan aksinya dengan mulus.
  • Leader : pemimpin yang kurang bertanggung jawab dengan hal personal timnya, One hampir tidak ingin menyelamatkan Four yang terjebak kejar-kejaran dengan para mafia, tetapi setelah itu ia sadar bahwa pemimpin itu harus ada rasa memiliki kepada para anggotanya dan setelah misi mereka selesai one manganggap bahwa semua anggota timnya adalah keluarga barunya.
  • Figurehead : rencana yang dilakukan One merupakan rencana yang mulia sehingga menjadi kannya sosok yang sangat dikagumi oleh timnya dan juga oleh rakyat turgistan walaupun rakyat turgistan tidak tau sosok asli dari one dan anggota timnya. Karena aksinya juga, mereka dikagumi oleh semua orang.
  • Entrepreneur : One memiliki penemuan yang sangat banyak salah satunya penemuan Neodymium Magnet yang menjadikannya seorang milyarder dan dapat menopang segala dana yang dibutuhkan oleh one dan timnya dalam melakukan aksinya, bahkan one memiliki jet pribadi untuk melakukan misinya.
Information Richness and Communication Media

Untuk menjadi komunikator yang efektif, manajer dan anggota lain dari suatu organisasi perlu memilih media komunikasi yang sesuai untuk setiap pesan yang mereka kirim. Tidak ada satu media komunikasi terbaik untuk diandalkan oleh manajer. Dalam memilih suatu komunikasi media untuk pesan apapun, manajer perlu mempertimbangkan tiga faktor.

  1. Tingkat kekayaan informasi yang dibutuhkan.
  2. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan komunikasi.
  3. Kebutuhan akan kemampuan media komunikasi untuk menyediakan halaman atau jejak elektronik.

Dalam Film Six Underground ini, komunikasi sering dilakukan menggunakan 2 cara; yaitu dengan cara face-to-face communication dan komunikasi menggunakan media elektronik. Komunikasi sering digunakan oleh One dan anggotanya untuk membahas rencana apa yang akan mereka lakukan. Komunikasi dilakukan secara langsung agar dapat tersampaikan dengan jelas serta mudah dimengerti sehingga mengurangi bias antar anggotanya. Komunikasi secara langsung ini juga sering dilakukan one dan tim untuk mencari solusi pada berbagai masalah yang akan mereka hadapi nanti di lapangan, dan memudahkannya dengan cepat mendapat tanggapan dari anggotanya.

Selain itu, mereka juga menggunakan alat elektronik, pada saat mereka sudah mulai melakukan rencana. Cara komunikasi ini dipilih karena pada saat one dan tim melakukan misinya mereka akan berpencar dilokasi masing-masing sehingga dapat tetap berkoordinasi dari jarak jauh. Tapi ada beberapa kendala dari penggunaan komunikasi ini karena bergantung pada alat dan jaringan yang harus baik. One dan timnya sering kehilangan komunikasi karena sinyal yang diblokir oleh pihak lawan, atau pada kejadian kejar-kejaran alat komunikasi ini sangat mudah terjatuh dan itu akan menyebabkan kehilangan komunikasi kepada anggota tim lainnya.

Recommendation

Dari hasil pembahasan diatan maka saran yang dapat diberikan untuk mengatasi kendala dalam Tim, organisasi maupun karakter diatas antara lain ;

1. One harus menciptakan rasa kekeluargaan diantara anggota timnya agar dapat tercipta rasa saling memiliki satu sama lain yang membuat meraka emakin solid dan meningkatkan kinerja TIM. Contohnya walaupun One dan sudah setuju mereka semua menjadi Ghost bukan berarti mereka harus melupakan begitu saja anggota keluarganya dan meremehkan kekuatan kekeluargaan.

2. Dalam pembuatan rencana dan pengambilan keputusan One harus sering melibatkan anggota tim lainnya, walaupun One adalah ketua sekaligus orang yang paling pintar dalam tim. Namun dengan hal itu One akan mendapatkan masukan yang mungkin belum terfikirkan olehnya dan itu juga akan membuat para anggota tim merasa dihargai oleh pemimpin mereka.

3. Rovach Almirov sebaiknya menurunkan egonya pada saat menjadi pemimpin karena hal itu akan menyebabkan banyak hal buruk datang kepadanya. Contoh banyak orang tidak suka padanya dan berusaha untuk menghancurkan kehidupannya. Ia harus lebih bisa memimpin dengan cara yang lebih halus dan mempercayakan kepada para menterinya apa hal yang harus dilakukan oleh mereka.

4. Dalam menciptakan organisasi pembelajaran One dan Murat harus turun langsung dalam pengawasan karena organisasi pembajaran itu harus dimulai dari para pemimpin sehingga kan meningkatkan sebuah organisasi kearah yang lebih baik dalam peningkatan kinerja.


Disusun Oleh : 

Mayindra Wijaya - Pra MBA 76D

Referensi

Jones, Gareth dan George. 2020. Contemporary Management 9th edition. New York: Mc Graw Hill Education


Like it? Share with your friends!

4
4 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
2
Confused
Sad Sad
1
Sad
Fun Fun
2
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
5
OMG
Win Win
2
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format