Amico Candle, menjadi “teman” belajar dari memanfaatkan barang di sekitar

Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, tak ada salahnya berkreasi di tengah pandemi


0

Pandemi Covid-19 berdampak begitu luas pada berbagai macam sektor, tak terkecuali bidang pendidikan. Aturan mengenai physical distancing yang ditetapkan oleh pemerintah guna memutus rantai persebaran virus sangat berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar. Metode pembelajaran yang semula tatap muka berubah menjadi secara online (daring) dengan segala penyesuaiannya. Berbagai kekhawatiran yang dirasakan oleh mahasiswa muncul di tengah masa study from home. Mulai dari keterbatasan kuota internet, pemadaman listrik, jenuh karena tidak boleh keluar rumah, bosan berada di kamar saat sedang belajar, hingga merasa tertekan karena banyaknya tugas kuliah. Beberapa masalah yang timbul memang tidak bisa diatasi secara tuntas. Namun dengan #dirumahaja ternyata banyak hal yang dapat dibuat untuk meringankan permasalahan-permasalahan tersebut. Seperti hal yang dianggap sederhana, yaitu membuat lilin. Dengan memanfaatkan barang-barang di sekitar, ternyata dapat mendorong untuk berpikir kreatif dan berkreasi di tengah pandemi.

Amicoca (Amico Candle), seperti namanya  yang diambil dari bahasa Italia “amico” yang berarti “teman”. Lilin aromaterapi dengan wangi yang membuat rileks ditambah warna yang menarik dan hiasan bunga yang cantik ini dapat menjadi “teman” yang selalu ada di kala study from home. Lilin kembali menjadi solusi penerangan ketika listrik mati terutama saat tidak memiliki emergency lamp. Produk ini juga praktis dibawa seperti lampu senter karena wadahnya yang aman. Karena dilengkapi dengan aromaterapi, lilin ini dapat menenangkan pikiran saat belajar hingga membuat rileks pikiran saat sedang merasa stres ketika memiliki banyak tugas. Beberapa varian wangi justru memiliki fungsi tambahan contohnya lavender sebagai pengusir nyamuk karena aroma yang tersebar di ruangan tidak disukai nyamuk. Amicoca juga dapat menghiasi meja belajar maupun ruangan karena warna dan bentuknya yang cantik sehingga dapat mengurangi rasa bosan. Kebebasan memilih varian (model wadah, warna, aroma, hiasan) juga menimbulkan kepuasan tersendiri. Sehingga setiap pelanggan mendapatkan “teman” sesuai dengan keinginan setiap orang masing-masing.

https://youtu.be/l9c2SnX0cuM

Dibanding lilin biasa, Amicoca memiliki berbagai keunggulan yakni :

1. Memiliki fungsi tambahan sebagai aromaterapi yang dapat menenangkan pikiran dan membuat ruangan menjadi harum

2. Terdapat banyak pilihan warna dan berbagai macam hiasan maupun wadah sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen (melayani custom product)

3. Harga dapat bersaing dengan kompetitor lilin aromaterapi lain yang menawarkan estetika maupun kemewahan

4. Lilin dapat bertahan lama (lebih awet) karena wadah yang digunakan dapat menampung lelehan lilin ditambah lagi volume wadahnya yang cukup besar

Competitor Analysis

Identifying Competitors

Namun untuk dapat laku di pasaran suatu produk harus dapat bersaing dengan kompetitornya. Kompetitor utama dari bisnis lilin aromaterapi ini berasal dari usaha kecil yang juga baru dirintis seperti kebanyakan produk yang dipasarkan lewat media sosial. Hal ini disebabkan karena rentang harga yang dimiliki hampir sama. Salah satu contohnya adalah username Instagram lilinaromaterapi, akun ini memasarkan produk lilin aromaterapi dengan kisaran harga 20.000 hingga 60.000. Sedangkan untuk merek lilin aromaterapi dengan produk yang eksklusif cenderung memiliki harga yang kurang ramah di kantong mahasiswa sehingga dapat dikatakan target pasarnya berbeda. Contoh merek lilin aromaterapi dengan branding mewah dan nama yang sudah besar adalah candle-lite dan euodia home.

Assessing Competitors

  • Determining Competitors’ Objectives

Kepentingan yang ditempatkan oleh usaha-usaha kecil adalah memperluas pangsa pasar agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. Mereka juga senantiasa mengembangkan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan agar mendapat loyalitas.

  • Identifying Competitors’ Strategies

Pada umumnya usaha-usaha kecil produk lilin menggunakan strategi yang masih kurang maksimal dalam penjualannya maupun pengembangan dan variasi produk. Mereka juga terlihat kurang dapat menawarkan value pada pelanggan.

  • Assessing Competitors’ Strengths and Weaknesses

Usaha-usaha kecil produk lilin hias atau lilin aromaterapi sebagian besar dari mereka kurang menekuni usaha yang mereka rintis. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya akun media sosial penjual yang tidak melakukan promosi secara berkelanjutan (tidak memposting secara masif). Sehingga calon pembeli tidak yakin apakah penjual tersebut masih aktif berjualan atau tidak karena akun media sosial mereka terlihat seperti akun mati. Namun beberapa lainnya menghias akun mereka dengan ilustrasi atau postingan dengan desain yang menarik.

  • Estimating Competitors’ Reactions

Ketika terdapat pendatang baru pada suatu pasar yang sama, dalam hal usaha ini para kompetitor cenderung kurang reaktif. Mereka seperti kurang melakukan riset tentang pesaing lama maupun pesaing baru dan hanya berfokus pada menawarkan produk mereka. Hanya ditemukan sangat sedikit penjual yang menawarkan promosi menarik pada momen tertentu. 

Selecting Competitors to Attack and Avoid

Dapat disimpulkan untuk melawan para pesaing yang telah berada di pasar karena hal tersebut akan lebih menguntungkan karena terdapat peluang. Karakteristik dari para pesaing yang akan diserang :

  • Strong or Weak Competitors

Pada sebagian besar usaha-usaha kecil, pelanggan kurang mendapatkan kepuasan karena kurangnya variasi produk yang ditawarkan serta para pelanggan tidak bisa memesan produk sesuai dengan kemauannya (custom). Namun kelemahan ini dapat menjadi kelebihan di mata pelanggan yang lainnya ketika mereka bingung untuk mendeskripsikan keinginannya sendiri sehingga produk yang tersedia dapat menjadi pilihan.

  • Good or Bad Competitors

Para pesaing cenderung tidak memiliki competitive advantage yang membuat mereka unggul satu dibanding yang lain. Usaha-usaha kecil ini juga tidak terlalu mengeluarkan effort dalam hal persaingan.

Competitive Marketing Strategies

  • Approach to Marketing Strategy: Entrepreneurial Marketing

Pendekatan ini dipilih untuk diterapkan pada Amicoca karena sifatnya yang fleksibel. Hal ini dianggap tepat pada target pasar yakni mahasiswa dan pelajar maupun remaja yang kurang begitu tertarik pada pemasaran yang bersifat formal. Dengan strategi ini diharapkan produk Amicoca dapat mendapat perhatian dari para pelanggan dan benar-benar menjadi “teman” untuk mereka.

  • Basic Competitive Strategies

Overall Cost Leadership

Dengan penggunaan material seperti essential oil yang telah dilakukan riset dari segi harga dan karakteristik yang berkualitas, maka cost per unit tiap produk dapat ditekan. Takaran essential oil dan krayon yang diperlukan untuk membuat satu pcs produk pun hanya sedikit. Sehingga kedepannya pun biaya dapat lebih ditekan lagi dengan mencari supplier lilin dengan harga yang lebih rendah.

Differentiation

Produk diorientasikan menjadi “teman” bagi para pelanggan sehingga dapat tercipta kedekatan yang menjadikan Amicoca berbeda dengan kompetitor.

Focus

Segmen pasar para mahasiswa dan pelajar dinilai cocok karena terdapat peluang untuk mengatasi masalah mereka. Sehingga pemasaran difokuskan pada mereka dengan menjalin komunikasi dan interaksi yang baik dan intensif terhadap segmen ini.

  • Value Disciplines: Customer Intimacy

Amicoca berfokus dengan memenuhi kebutuhan pelanggan dan membangun hubungan yang baik sehingga tercipta keakraban. Dengan menjadi “teman” bagi para pelanggan, produk-produk yang ditawarkan bertekad untuk selalu menemani dikala dibutuhkan dan mengedepankan pelayanan terbaik.

Tingkat Kesulitan : Sedang

Waktu yang Dibutuhkan : 3,5 jam

Total Biaya : Rp18.000 untuk membuat 1 pcs produk

Bahan Harga
Toples kaca Rp12.000
Lilin 4 batang Rp4.000
Essential oil (1/10 botol) Rp250 (Rp2.500/botol)
Bunga (Estimasi) Rp1.000
Gas kompor (Estimasi) Rp550

Bahan : 

Toples kaca (dapat menggunakan wadah apapun yang berbahan kaca)

Lilin 4 batang (bisa menggunakan parafin kiloan namun ditambah dengan sumbu yang dibeli terpisah)

Essential oil atau aromaterapi

Krayon

Bunga atau hiasan

Alat : 

Pisau

Teflon atau panci

Wadah kaca (atau wadah apapun yang tahan panas)

Kompor

Bolpoin atau sumpit (alat apapun yang dapat mengikat sumbu lilin)

Cara Membuat :

1. Potong lilin menjadi bagian kecil dan pisahkan sumbu

2. Masukkan potongan lilin ke dalam wadah kaca

3. Potong sedikit krayon dan tambahkan pada potongan lilin

4. Isi panci dengan air kemudian letakkan wadah kaca pada panci

5. Nyalakan kompor lalu tunggu hingga lilin dan krayon mencair

6. Matikan kompor dan tunggu sekitar 3 menit hingga lelehan lilin menjadi agak dingin

7. Siapkan toples kaca dan masukkan kelopak bunga kedalamnya

8. Kaitkan sumbu pada tutup bolpoin dan letakkan pada permukaan atas toples kaca

9. Tuang lilin pada toples kaca dengan hati-hati

10. Teteskan essential oil pada lilin

11. Hias kembali bagian atas lilin menggunakan bunga

STRATEGI PENETAPAN HARGA

Sebagai produk pendatang baru dalam pasar persaingan, strategi awal penetapan harga yang dipilih adalah Competitor-Based Pricing. Produk Amicoca seperti pada contoh yang dibuat dapat dibanderol dengan harga Rp36.000 (berada pada harga yang ditawarkan kompetitor yakni Rp30.000-Rp60.000). Harga ini diperoleh dari berbagai pertimbangan berdasarkan strategi, cost, harga, dan penawaran pasar dari produk yang ditawarkan pesaing. Kemudian dapat diterapkan market penetration pricing pada awal peluncuran produk atau dapat diperluas selama masa study from home dengan memberikan potongan harga 15% sehingga harga yang ditawarkan menjadi Rp30.600. Dari harga yang ditetapkan, tiap produk menghasilkan keuntungan sekitar Rp12.600. Harga tersebut diyakini dapat menarik calon pembeli karena harganya bersaing dengan kompetitor serta menawarkan customer-value yang tepat. Sedangkan untuk produk custom yang akan dikembangkan lebih lanjut dapat memiliki variasi harga yang diharapkan dapat mengakomodasi permintaan dan menyesuaikan budget yang dimiliki customer. 

STRATEGI DISTRIBUSI

Karena dipasarkan secara online, Amicoca dapat menjangkau calon pembeli di seluruh Indonesia dengan menggunakan jasa pengiriman barang (ekspedisi). Untuk area yang lebih sempit (dengan dengan tempat produksi) maka dapat dikirim melalui GoSend dan Grab-Delivery agar waktu pengiriman lebih singkat. Meskipun penjualan secara online didominasi oleh transaksi antara penjual dan konsumen, namun kurir dapat dikatakan sebagai distributor.

STRATEGI PROMOSI

Advertising

Amicoca mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan ke pelanggan melalui media sosial. Bentuk advertising berupa organic ads dan paid ads. Advertising tanpa biaya (organic) dilakukan dengan mengisi postingan pada feeds yang menarik serta mengupdate stories dan mencantumkan hastag-hastag yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Sedangkan untuk yang berbayar dapat menggunakan Instagram ads, Facebook ads, dan Google ads. Layanan ini dipilih karena cost yang dibebankan tidak terlalu memberatkan untuk usaha yang baru dirintis. Selain itu, paid promote yang ditawarkan dalam rangka penghimpunan dana suatu acara juga dinilai tepat untuk usaha ini karena audience yang dijangkau sebagian besar merupakan pelajar dan mahasiswa yang tidak lain merupakan teman-teman dari akun yang berkontribusi pada acara tersebut.

Sales Promotion

Untuk mendorong penjualan produk Amicoca, diberikan penawaran potongan harga, voucher, maupun penawaran menarik seperti giveaway dan bonus produk. Agar sales promotion berjalan dengan efektif dan sesuai apa yang diharapkan, maka perlu juga dipadukan dengan advertising. Hal ini dapat dilakukan dengan cara endorsement. Endorsement melalui Instagram dianggap paling sesuai dengan target konsumen. Influencer atau selebgram yang dipilih berjenis nano (memiliki kurang dari 50 ribu pengikut di Instagram) karena disesuaikan dengan anggaran promosi sebuah usaha baru. Kriteria influencer yang akan dipilih merupakan mahasiswa maupun pelajar agar engagement (keterkaitan) yang timbul dapat mendatangkan pembelian karena audience yang dijangkau sesuai dengan target konsumen.

Personal Selling

Dengan menjalin hubungan yang baik dengan setiap pelanggan, Amicoca dapat menjadi produk yang dipercaya sehingga untuk kedepannya dapat direkomendasikan. Platform chat juga difungsikan untuk customer service seperti whatsapp dan line serta pada fitur chat dan comment dalam e-commerce.

Public Relations (PR)

Amicoca berusaha membangun hubungan terhadap publik melalui berbagai komunitas yang dekat dengan mahasiswa dan pelajar seperti komunitas hobi, kesehatan mental, kepedulian pendidikan, dan sebagainya. Dengan demikian citra yang ditampilkan akan semakin baik dan lebih dipercaya oleh pelanggan.

Digital Marketing

Untuk produk dengan segmen pasar dan penawaran customer-value yang sedemikian, maka strategi promosi yang dianggap sesuai adalah digital marketing. Hal ini dipilih karena berbagai pertimbangan seperti biaya, keefektifan, dan kesesuaian dengan target konsumen. Promosi dilakukan melalui berbagai media sosial seperti Instagram, akun Facebook maupun grup, twitter, dan YouTube. Ditambah lagi dengan mendaftarkan toko pada berbagai E-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak.

Referensi :

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17 th ed. Harlow,  UK : Pearson Education Ltd.

Penulis : Nabila Asylassyrry Mutia


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
2
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
asylassyrry

One Comment

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format