Camilan Kering Kentang

Salah satu contoh untuk membuat kentang memiliki nilai ekonomis adalah membuat camilan kering kentang.


0

MASALAH DAN POTENSI

Saat ini, dunia tengah dilanda oleh pandemi virus corona yang membuat banyak negara di dunia kesulitan. Indonesia pun turut merasakan dampak dari virus corona, khususnya di sektor perekonomian. Banyak perusahaan yang mem-PHK karyawannya, sektor UKM juga kesulitan karena omset penjualan yang menurun drastis, serta pendapatan karyawan yang menurun karena adanya kebijakan pengurangan gaji. Hal ini memaksa banyak perusahaan di Indonesia untuk menerapkan kebijakan WFH (Work From Home) yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Karena banyak karyawan yang bekerja dari rumah dan berkurang pendapatannya, maka kita harus beradaptasi dengan keadaan dan mencari alternatif untuk menambah pendapatan. Salah satu cara yang dapat dilakukan di masa pandemi seperti ini adalah berjualan, khususnya secara online. Namun, permasalahannya adalah apa yang akan dijual? Ada banyak pilihan produk yang bisa dijual, tetapi kali ini saya akan memaparkan tentang produk camilan yang nikmat, tanpa bahan pengawet, tahan hingga 1 bulan, serta cocok untuk dimakan bersama keluarga maupun dimakan sendiri. Selain itu, modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar dan hasil penjualan juga bisa diputar untuk produksi berikutnya. Produk tersebut adalah camilan “kering kentang” yang diberi nama Dapoer Mr. Taj (Kering Kentang).

CREATING COMPETITIVE ADVANTAGE

Competitor Analysis; dalam menganalisis kompetitor di pasar, ada 3 tahapan :

Identifying Competitors

Tahapan pertama dari analisis kompetitor adalah mengidentifikasi kompetitor yang menjual produk yang sejenis, dengan harga mirip, serta berbagi market yang sama. Dalam hal produk kering kentang, maka kompetitornya adalah penjual kering kentang yang menjual produknya secara online, baik melalui marketplace, media sosial, maupun platform lainnya.

Assessing Competitors

Di tahap ini, kita menilai pesaing berdasarkan beberapa aspek, yaitu :

  • Determing Competitors Objectives

Mengetahui tujuan pesaing merupakan hal yang harus dilakukan oleh suatu usaha. Apakah kompetitor tersebut berfokus pada profit, pangsa pasar, ataupun tujuan lainnya. Tujuan kompetitor bisnis ini tentunya adalah menghasilkan profit sebesar-besarnya dari produk kering kentang.

  • Identifying Competitor Strategies

Mengidentifikasi strategi kompetitor dilakukan agar kita bisa mengetahui strategi apa yang dipakai oleh kompetitor, serta agar kita dapat memilih strategi yang cocok untuk bisnis kita. Sebagian besar kompetitor bisnis kering kentang menggunakan strategi dengan menjual di marketplace, seperti tokopedia, bukalapak, dll. serta memiliki rentang harga yang bervariasi.

  • Assessing Competitors Strengths and Weaknesses

Menilai keunggulan dan kelemahan kompetitor dilakukan agar usaha kita dapat membandingkan keunggulan dan kelemahan antara bisnis kita dengan bisnis kompetitor. Kemudian, kita dapat mencari cara terbaik untuk meningkatkan omset penjualan dan memenangkan persaingan. 

Keunggulan kompetitor kering kentang à Memiliki rasa yang cukup bervariasi.

Kelemahan kompetitor kering kentang à Kemasan kurang menarik.

  • Estimating Competitors Reactions

Dengan mengetahui tujuan, strategi, serta keunggulan dan kelemahan kompetitor, kita dapat memperkirakan reaksi kompetitor ketika terjadi pergerakan perusahaan, seperti saat kompetitor melakukan diskon, pengenalan produk baru, dll. Ada kompetitor yang bereaksi cepat dan lambat dalam merespon situasi. Dengan mengetahui reaksi kompetitor, kita dapat mencari cara terbaik untuk masuk ke pasar dan menyerang kompetitor di saat yang tepat.

Prediksi reaksi kompetitor kering kentang à Meniru langkah bisnis kami yang berencana untuk memperindah kemasan dan fokus ke branding perusahaan.

Selecting Competitors to Attack and Avoid

Untuk memenangkan persaingan yang ketat, kita perlu memilih dan menentukan mana kompetitor yang akan diserang maupun hindari :

  • Strong or Weak Competitors

Untuk mengetahui mana kompetitor yang kuat dan lemah, kita dapat melakukan customer value analysis. Tujuan melakukan customer value analysis adalah untuk menentukan value yang diinginkan pelanggan dan menilai reaksi pelanggan terhadap value yang diberikan oleh kompetitor. Di bisnis kering kentang, kompetitor yang kuat adalah kompetitor yang sudah memiliki reputasi yang baik, sedangkan kompetitor yang lemah adalah kompetitor yang belum memiliki reputasi dan kurang memiliki inovasi dalam hal produk, maupun konten dalam memasarkan produk kering kentang.

  • Finding Uncontested Market Spaces

Mencari atau membuat celah pasar yang belum banyak kompetitor atau bahkan tidak ada kompetitor sama sekali. Caranya adalah variasi produk yang belum banyak kompetitornya. Strategi ini disebut Blue Ocean Strategy. Namun, untuk produk kering kentang, saya kesulitan untuk menggunakan strategi blue ocean, karena untuk menemukan produk yang sangat unik dan belum ada sulit untuk dilakukan. Sehingga, saya akan tetap masuk ke Red Ocean yang berarti masuk ke persaingan pasar yang ketat dan memiliki banyak kompetitor. Akan tetapi, untuk mampu bersaing, perlu dilakukan inovasi pada produk kering kentang, seperti membuat kemasan yang menarik, varian rasa dan warna yang unik, tersedia dalam berbagai ukuran, dll.

PRODUCT DEVELOPMENT 

Produk yang saya buat adalah makanan kering kentang. Strategi pengembangan produk yang akan saya lakukan adalah dengan mengembangkan produk yang sudah ada menjadi lebih baik lagi. Khususnya dalam memperbaiki packaging produk kering kentang. Makanan ini merupakan makanan yang cocok sebagai pelengkap lauk pauk maupun camilan. Selain itu, cara pembuatannya juga cukup mudah, serta bahan-bahannya mudah di dapat dan murah. Peluang yang saya lihat dari usaha produk kering kentang ini adalah kebanyakan produk kering kentang di ecommerce memiliki kemasan yang kurang menarik. Sehingga, jika kita bisa menyediakan produk kering kentang yang enak, murah, dan memiliki kemasan yang menarik, maka potensi omset yang dapat diraih dari produk ini cukup besar. Para karyawan yang WFH dan ingin menambah pendapatannya dapat mencoba untuk berjualan kering kentang secara online. Apabila karyawan yang WFH menjual produk ini dengan berfokus pada kemasan yang menarik tanpa melupakan cita rasa yang nikmat, maka bukan tidak mungkin produk ini akan laku keras.

TINGKAT KESULITAN     Sedang

WAKTU YANG DIBUTUHKAN     ± 1 jam 30 menit

TOTAL BIAYA YANG DIBUTUHKAN     Rp 47.000- untuk membuat 4 produk yang masing-masing berukuran 250g

Kentang mentega 1 kg            Rp 14.000

Minyak goreng 1 liter             Rp 13.000

Bumbu-bumbu                    ±  Rp 10.000

Kemasan                                 Rp 10.000 +

Total biaya                              Rp 47.000

note : jika akan diproduksi dalam jumlah banyak, sebaiknya menyewa jasa vendor kemasan professional agar tampilan kemasan lebih menarik dan mencirikan brand sesuai keinginan. Namun, hal ini tentunya akan berimbas pada meningkatnya biaya dan harga jual.

BAHAN-BAHAN

  • Kentang mentega 1 kg
  • Minyak goreng 1 liter

Bumbu-bumbu : 

  • Cabe merah 4 biji
  • Gula pasir 2 sdm
  • Garam 1 sdt
  • Penyedap rasa 1 sdt
  • Bawang putih 6 siung
  • Bawang merah 4 siung

ALAT-ALAT

  • Pisau kupas
  • Penyerut
  • Talenan
  • Baskom
  • Blender

CARA MEMBUAT

  1. 1 Cuci kentang sampai bersih dengan air


    Setelah bersih, jangan lupa ditiriskan kentangnya

  2. 2 Kupas kentangnya menggunakan piasu kupas


  3. 3 Setelah bersih, serut kentangnya menggunakan penyerut


  4. 4 Haluskan bumbu menggunakan blender


  5. 5 Goreng kentangnya dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan


    Setelah kentang menguning, kita tiriskan kentangnya

  6. 6 Tuangkan kentang ke dalam bumbu yang sudah ditumis


  7. 7 Beginilah hasilnya setelah produknya jadi, rasa pedas dan original


  8. 8 Dan ini hasil akhir setelah dilakukan pengemasan


Cara Membuat Kering Kentang

STRATEGI PENETAPAN HARGA

Strategi yang akan saya terapkan adalah strategi penetapan harga berdasarkan biaya, yaitu strategi Cost-Plus Pricing Method. Di strategi ini, harga jual per unit didasarkan pada penjumlahan total cost per unit dengan laba yang diinginkan.

Harga jual = Total biaya + laba

Harga jual = Rp 47.000 + Rp 58.000

                   = Rp 105.000

Harga yang saya tetapkan ini masih lebih murah dibandingkan kompetitor di beberapa E-commerce seperti tokopedia, bukalapak, dll. Tujuan saya memberikan harga lebih murah adalah agar dapat lebih bersaing dengan kompetitor lain yang sudah lebih lama memasarkan produknya, serta produk saya akan memiliki kemasan yang lebih bagus dibandingkan kompetitor, tetapi dengan harga jual yang lebih murah. Selain itu, dengan metode cost-plus pricing method, saya dapat lebih fleksibel dalam menentukan laba yang saya inginkan.

STRATEGI DISTRIBUSI

Strategi distribusi yang akan saya terapkan pertama kali adalah dengan menjual produk ini kepada tetangga komplek, kerabat, dengan memanfaatkan word of mouth marketing. Jika mereka puas dengan produk ini, mereka akan menceritakannya ke teman-temannya, kerabatnya, dan bahkan mungkin mengupload di sosmed mereka betapa enaknya produk ini. Secara tidak langsung, mereka sudah membantu mempromosikan produk saya, tanpa saya perlu mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis. Kemudian, yang paling utama adalah saya akan menjual produk ini melalui ecommerce, media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dll. Dengan memanfaatkan internet, kita dapat menjangkau audiens yang sangat luas, tidak terbatas pada wilayah/geografis tertentu. Selain itu, melalui ecommerce juga akan membantu produk kering kentang saya menjadi lebih dikenal calon konsumen. Tidak hanya itu, kelebihan mendistribusikan produk secara online juga dapat menghemat biaya sewa toko, bisnis dapat beroperasi 24 jam, serta modal usaha yang dibutuhkan relatif kecil. Jenis bisnis yang saya lakukan adalah B2C (Business to Customer) dan saya akan mendistribusikannya langsung ke konsumen, tanpa ke pengecer terlebih dahulu.

STRATEGI PROMOSI

  • Endorsement

Strategi ini mungkin membutuhkan biaya yang bervariasi, tergantung seberapa banyak followers selebgram yang akan kita endorse. Semakin banyak followers selebgram tersebut, maka tarifnya semakin mahal. Akan tetapi, endorsement kepada selebgram terkenal akan membuat produk kita dikenal dalam waktu singkat, meningkatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan followers sosmed, dan meningkatkan omset penjualan.

  • Advertising

Membuat iklan melalui berbagai platform sosial media kini cukup mudah dilakukan dan dapat membantu kita melakukan promosi yang tertarget ke calon konsumen. Ada berbagai macam online advertising yang bisa kita pakai, seperti Instagram ads, Facebook ads Google ads, dan masih banyak lagi.

  • Sales Promotion

Memberikan hadiah gratis, diskon atau potongan harga, voucher yang berlaku untuk jangka waktu tertentu, melakukan giveaway suatu produk bagi konsumen yang beruntung, memberikan kupon undian, beli 1 gratis 1, dsb.

  • Online Marketing

Contohnya seperti membuat website yang interaktif, mudah diakses, user interface yang mobile friendly. Bisa juga dengan membuat blog yang berkaitan dengan produk kita atau mempromosikan produk kita di komunitas tertentu.

  • Social Media Marketing

Salah satu cara untuk membangun brand awareness konsumen akan produk kita, adalah dengan membuat akun bisnis kita di sosial media. Dengan memiliki akun sosmed selalu memberikan konten yang menarik, maka calon konsumen akan tertarik untuk mem-follow akun kita dan membeli produk yang ditawarkan.

Referensi :

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17 th ed. Harlow, UK : Pearson Education Ltd.

Sumber lain :

https://glints.com/id/lowongan/sales-promotion-definisi-tujuan-dan-contohnya/#.XrEKLqgzbIU

https://www.kajianpustaka.com/2020/03/pengembangan-produk.html

Penulis :

Rafi Tajmal Noor (19/444854/EK/22672)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
0
Win
rafitajmal

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format