How to Make a Good Production House During Pandemic


0
PROBLEM IDENTIFICATION

Dikutip dari glints.com, Graphic Designer atau desainer grafis adalah orang yang membuat dan mengatur hal yang berkaitan dengan seni rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan motion grafis dengan tujuan untuk menginterpretasikan dan menginformasikan sebuah pesan dalam bentuk visual agar menarik. Berdasarkan penjelasan yang dikutip dari glints.com, Graphic Designer atau desainer grafis bisa kita sebut dengan seorang komunikator visual. Melihat penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa Graphic Designer adalah pekerjaan yang sangat penting dan sangat dibutuhkan perusahaan, acara – acara, bahkan sampai usaha kecil untuk melakukan kegiatan pemasaran. 

Saat terjadi wabah COVID-19 ini membuat segala sesuatu harus berjalan secara online dalam hal pemasaran. Hal ini dapat menjadi celah bagi perusahaan dan usaha kecil dapat menggunakan media sosial menjadi platform untuk melakukan pemasaran secara maksimal karena traffic di media sosial yang sangat padat di masa – masa pandemi ini. Sebagai graphic designer bisa menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan klien karena permintaan akan jasa desain meningkat. Sehingga dengan mendirikan production house atau menyediakan jasa desain sendiri bisa menjadi langkah yang tepat bagi desainer. Dengan mendirikan atau memulai production house  dan menjadi freelancer juga dapat menambah pemasukan kita selama masa karantina ini.

CREATING COMPETITIVE ADVANTAGE

Sebelum itu kita harus melakukan langkah – langkah awal yaitu analisis terhadap kompetitor.

Ada 3 langkah untuk melakukan analisis terhadap kompetitor :

Identifying

Kita harus memperhatikan kompetitor yang menawarkan jasa serupa dengan kita. Banyak sekali jasa yang berkutat di bidang desain grafis, agar jasa yang kita buat dapat menarik perhatian orang – orang banyak karena jasa desain ini nanti memiliki target pasar yang mendunia atau global maka disini sebagai orang – orang yang baru masuk ke pasar ini harus bisa menciptakan value yang berbeda dari kompetitor lainnya.

Assesing

Banyak sekali freelancer dan production house di dunia yang membuka jasa di bidang desain grafis. Tetapi ada banyak production house dan freelancer yang membuka jasa desain tanpa melihat perkembangan desain di saat ini. Ini merupakan kelemahan yang dimiliki dan jarang diperhatikan oleh banyak production house dan freelancer. Hal – hal detail seperti pemilihan font yang kurang pas juga jarang diperhatikan oleh kompetitor desain grafis ini. Tetapi banyak dari kompetitor lain yang menggunakan strategi menjual jasa desain grafis dengan harga yang sangat murah dan tidak memperhatikan kualitas. Klien atau konsumen cenderung melihat harga terlebih dahulu daripada kualitas disaat melakukan keputusan pembelian dan pemakaian jasa. Ini yang menjadikan banyak perusahaan yang menggunakan strategi ini dalam mendapatkan klien atau konsumen.

Selecting

Berdasarkan analisis yang sudah dibuat, kita dapat memperoleh strategi yaitu dengan menawarkan kualitas dan value yang tinggi dengan harga yang normal tujuan dari ini adalah agar klien yang sudah menggunakan jasa kita akan datang lagi karena merasa puas. Hal ini dapat membuat kompetitor yang menggunakan strategi harga murah tanpa ada kualitas akan keluar dari pasar ini. Selain itu, sebagai yang baru terjun ke pasar desain grafis ini harus selalu melakukan inovasi dengan mengikuti kursus – kursus online dengan tujuan agar bisa menyatu atau merge ke pasar yang memiliki permintaan yang besar seperti UI Design dan UX Experience.

PRODUCT DEVELOPMENT

Production House yang aku buat ini akan mengedepankan value yang diberikan klien atau konsumen kepada project tersebut. Tapi sebelum itu kita harus membuat production house terlebih dahulu.

Tingkat Kesulitan

Tingkat kesulitannya adalah sedang. Karena jika ingin terjun ke jasa desain ini harus memiliki keahlian dasar khususnya di desain grafis dan harus familiar dengan software – software desain seperti adobe illus, adobe photoshop, dan corel draw.

Waktu yang Dibutuhkan

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat production house dan freelancer adalah sekitar 1 – 2 Minggu. Waktu ini sudah cukup untuk memikirkan konsep agar matang. Diharapkan sekitar 1 – 2 minggu kemudian mendapatkan proyek dari pasar yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Alat yang Dibutuhkan

Alat yang dibutuhkan pastinya gadget seperti laptop atau komputer dan handphone, internet dengan kecepatan 10-50 mbps, dan listrik. Dari semua hal itu yang terpenting adalah kemampuan dari desain grafis yang dimiliki.

Biaya yang Diperlukan

Laptop Acer Swift 3 dengan harga 6 juta

Internet 10mbps berlangganan dengan biaya 300 ribu / bulan

Listrik dengan biaya 100 ribu / bulan karena saya tinggal satu rumah dengan orang tua saya.

Cara membuat

Langkah awal dalam memulai production house dan freelancer :

  1. Buat akun Instagram atau dapat menggunakan akun sendiri yang sudah ada.

  2. Siapkan hal – hal awal, seperti about me, about services, dan visi misi.

  3. Upload secara berkala hasil desain untuk portfolio usaha.

  4. Menunggu klien atau konsumen datang

PRICING STRATEGIES

Strategi penetapan harga yang cocok adalah Value – Added  PricingPenggunaan dari strategi ini sangat tepat karena tidak hanya menyamakan harga dari jasa kita dengan kompetitor tetapi juga disini kita dapat menambah kualitas, jasa dan fasilitas yang lebih, dan value – added  yang bisa menjadi pembeda antara usaha kita dengan usaha orang lain. Dengan ini kita bisa membangun kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap jasa yang kita berikan. 

Harga yang bisa kita tawarkan :

– Pembuatan desain (harga dapat berubah tergantung tingkat kesulitan)

Proposal                : 250 ribu / 10 lembar

Feeds Instagram  : 100 ribu / post

Illustrasi                 : 100 ribu / illustrasi

User Interface      : 500 ribu – 2 Juta (Harga tergantung dengan perusahaan apa dan tingkat kesulitan)

Jika sebulan usaha ini mendapat proyek 1 proposal, 3 post, dan 1 Illustrasi (seperti yang sedang saya kerjakan)

Akan mendapat keuntungan sebesar : 

(250 + 300 + 100) – 400 = 250 ribu (ini keuntungan per bulan dan masih bisa bertambah)

DISTRIBUTION STRATEGIES

Target pasar dari jasa saya ini adalah semua kalangan. Jadi menggunakan platform online dimana didalamnya terdapat tempat freelancer berkumpul adalah hal yang tepat dalam strategi distribusi. Karena pada website Fiverr traffic klien yang mencari jasa desain sangat tinggi sehingga itu bisa menjadi tempat yang pas. 

Selain platform online Fiver, kita bisa mengikuti sayembara desain online di website – website yang sudah ada. Dengan kita memenangkan lomba di website – website tersebut ada kemungkinan kita akan mendapat kontrak jangka panjang dari klien.

PROMOTION STRATEGIES

Ada beberapa strategi pemasaran yang tepat di tengah situasi dan kondisi masa – masa karantina ini.

A. PERSONAL SELLING

Prospecting and qualifying

Di langkah awal ini kita melakukan analisis terhadap target dari jasa yang akan diberikan. Disini kita dapat mencari klien yang akan kita tuju dengan melihat keuangan, skala bisnis, apa yang dibutuhkan di bidang desain.

Preapproach

Di langkah ini melakukan riset dan persiapan sebelum melakukan pendekatan dengan klien yang akan dituju. Persiapan yang dilakukan berguna untuk bisa melihat apa yang dibutuhkan dari klien yang akan kita tuju agar saat bertemu dengan klien kita sudah siap menawarkan apa yang diinginkan dari klien.

Approach

Tahap ini menjadi tahap dimana kita bertemu dengan klien. First impression kita dihadapan klien menjadi sangat penting di tahapan ini karena dengan first impression yang bagus dari cara kita menyampaikan dan berpakain yang rapi bisa menjadi nilai positif agar bisa di follow up klien. Di tahap ini bisa membuat klien penasaran dengan apa yang ditawarkan.

Presentation and Demonstration

Di tahap ini sebagai desainer, kita menawarkan beberapa servis atau fasilitas yang akan diberikan jika klien memilih jasa dari kita. Kita harus menawarkan solusi dengan servis atau fasilitas yang kita berikan kepada klien agar klien tertarik. Tampilkan beberapa portofolio desain dimana yang akan kita tampilkan merupakan selera dari klien.

Handling Objectives

Di sini kita menanyakan kepada klien apa yang menjadi hambatan mereka saat ingin menyewa jasa desain. Sebagai desainer, kita harus bisa menjelaskan jika mendapat proyek ini apa – apa saja yang akan dilakukan seperti melakukan riset desain, membaca konten yang diberikan, dan lain – lain. Kita harus bisa memberikan penjelasan yang harus bisa membuat puas klien.

Closing and Follow Up

Kedua tahap ini saya jadikan satu karena di tahap ini menjadi penentuan apakah kita akan jadi untuk kerjasama atau tidak. Tahap closing juga menjadi penentuan, terkadang ada beberapa orang yang tidak bisa melakukan closing sehingga ada klien yang tidak jadi melakukan kerjasama.

B. PUBLIC RELATIONS

Strategi ini memiliki pengaruh yang luar biasa untuk mendapatkan engagement dari konsumen atau klien dan membuat jasa ini lebih dikenal. Biaya yang dikeluarkan pun lebih rendah daripada mengiklankan diri di tv ada platform iklan lainnya. Dengan memberikan servis desain yang bagus terhadap klien kita akan mendapatkan feedback dari klien dan kontrak yang awalnya sementara akan menjadi kontrak jangka panjang. Jika dimaksimalkan marketing pada public relation akan membawa profit yang begitu besar dan jasa kita bisa menjadi yang terpercaya.

C. ONLINE ADVERTISING

Strategi terakhir yang bisa diterapkan pada usaha saya adalah strategi promosi di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Selain media sosial, kita bisa menggunakan atau membuat website yang berisi tentang portofolio yang dimiliki desainer, sehingga orang yang ingin melakukan order jika ingin melihat karya dari kita bisa dialihkan ke website yang kita buat. Disini juga bisa menjadi nilai tambah jika kita juga membuka jasa UI Design dan Web Development. Website bisa menjadi pintu gerbang awal klien sebelum melakukan kontrak kerjasama.

REFERENSI :

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17 th ed. Harlow, UK : Pearson Education Ltd.

PENULIS

Ryan Moses Nathael (19/441484/EK/22502)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win
mosesryan

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format