Minum Kopi atau Rempah ya?

Bingung mau ngopi atau minum rempah? minum keduanya aja!


0

Ditengah pandemi corona ini atau yang biasa kita kenal dengan covid-19, masyarakat berusaha mencari vitamin maupun berbagai macam hal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak jarang, setiap pergi ke apotik dan mencari vitamin C, produk yang dijualnya pun habis ataupun dibatasi. Melihat permasalahan ini, saya terpikirkan untuk membuat kopi arab yang mana terdiri dari kopi dan rempah rempah didalamnya yang mana rempah diyakini memiliki khasiat bagi tubuh. Sebagaimana yang telah kita ketahui rempah – rempah dikenal masyarakat memiliki khasiat untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak hanya itu, melihat permintaan herbal yang meningkat, memasarkan kopi arab atau kopi rempah ini juga dapat menjadi pilihan yang cukup baik. Alasan lain dibalik pilihan produk yang merupakan kopi arab atau kopi rempah ini juga dikarenakan momen bulan ramadhan yang mana merupakan momen yang pas untuk memasarkan produk tersebut. Produk tersebut dapat dikonsumsi sebagai salah satu menu saat berbuka puasa.

Creating competitive advantage :

Dalam membentuk competitive advantage, kita perlu mengetahui mengenai kompetitor – kompetitor kita dalam melakukan bisnis tersebut. 

Src : Principles of Marketing, Global Education, Pearson Education Ltd.

Berdasarkan figure diatas, dapat kita ketahui bahwa dalam menentukan competitive advantages kita perlu mngetahui mengenai kompetitor kita. Untuk mengetahui kompetitor kita perlu dilakukan analisis kompetitor sesuai dengan steps yang ada pada gambar diatas.

Identifying Competitors

Pada langkah ini, kita perlu untuk mengidentifikasi kompetitor kita. Disini kita akan melihat akankah terdapat kompetitor dengan kesamaan produk ataupun harga.

Berdasarkan hasil pencarian yang saya lakukan, terdapat beberapa penjual yang menjual produk yang mirip yaitu kopi arab atau kopi rempah yang mana perbedaan yang tersedia adalah bentuk dari produk yang ditawarkan. Produk kompetitor yang ditawarkan berupa bubuk dan produk yang saya tawarkan berupa minuman siap konsumsi. Selain itu, terdapat sedikit perbedaan bahan yang digunakan oleh kompetitor (ditujukan bagi kompetitor yang menulis komposisi dari produk) . Dengan demikian, produk – produk tersebut saya identifikasikan sebagai competitor. Namun perlu digaris bawahi bahwa sulit ditemukan produk kopi arab atau kopi rempah yang dapat langsung dikonsumsi sehingga menjadikan produk yang saya tawarkan menjadi lebih unik.

Assessing Competitors Objectives

Pada tahap ini, kita menganalisis mengenai objectives, strategi, ataupun kelebihan dan kekurangan dari kompetitor. 

Pada produk produk yang telah saya identifikasikan pada identifying competitors, produk produk kompetitor tersebut saya nilai sulit untuk dianalisis dikarenakan informasi yang terbatas. Namun dapat kita ketahui bahwa produk yang ditawarkan competitor memiliki strenght yaitu produk kopi arab atau kopi rempah berbentuk bubuk yang mana lebih tahan lama jika dibandingkan dengan yang siap konsumsi.

Selecting Competitor

Setelah melewati tahap identificating competitor, dan juga tahap assessing competitors objectives, kita akan melanjutkannya dengan selecting competitor to attack or avoid. Setelah melakukan tahapan diatas, saya menilai penjual penjual dari produk diatas (kopi arab atau kopi rempah bubuk) sebagai kompetitor dikarenakan samanya jenis produk serta adanya sedikit perbedaan pada produk yaitu bentuk produk yang bubuk dengan produk yang saya produksi yang mana produk tersebut adalah siap saji sehingga produk dapat menarik konsumen dengan adanya perbedaan dengan kompetitor serta kemudahan dalam mengkonsumsi.

Product development :

Product yang saya buat adalah kopi arab atau kopi rempah. Produk ini merupakan solusi yang tepat untuk menghadapi banyaknya permintaan mengenai rempah dan juga menyesuaikan momen ramadhan ini. Hal ini dikarenakan produk mengandung rempah serta didalamnya terdapat jahe yang cukup tinggi permintaannya di masyarakat pada masa covid ini serta cocok sebagai minuman berbuka puasa. Ingredients pada produk juga dikenal berkhasiat sebagaimana kayu manis yang dikenal antioksidan, jahe yang dikenal dapat mengatasi masalah pencernaan, sereh yang juga dikenal detoksifikasi tubuh, daun pandan yang dapat mengatasi kanker, serta bahan bahan lainnya dengan manfaatnya.

Tingkat kesulitan : mudah

Waktu yang dibutuhkan : 1 jam 10 menit

Total biaya yang dibutuhkan :

Alat/Bahan

Biaya 

Biaya per penggunaan

keterangan

1.

Botol 

Rp 45.500/25pcs

Rp 3.640/2 pcs

Untuk 2 pcs

2.

Gas 

Rp 5.000

Diasumsikan penggunaan gas sebesar Rp 5000

3.

Jahe 

Rp 6.000

4.

Daun pandan

Rp 1.000

5.

Kapulaga arab

Rp 7.000

6.

Kayu manis

Rp 2.000

7.

Sereh 

Rp 500

8.

Gula jawa

Rp 20.000/kg

Rp 3.000

Dalam penggunaan 150gr

9.

Kopi 

Rp 12.500 / sachet 165 gr

Rp 151,5

10.

Cengkeh 

Rp 500

Sehingga total biaya untuk 2 botol produk diperkirakan sebesar Rp 22.791,5 , yang mana total biaya untuk produksi 1 botol produk adalah sebesar Rp 11.895,75

Alat dan Bahan :

Berikut alat dan bahan untuk 2 botol produk

  • Alat : 

    • Panci

    • Sendok 

    • Gelas takar

    • Botol 

    • Talenan 

    • Kompor + tabung gas

  • Bahan/material :

    • Air 1100 ml

    • Jahe 50 gr, geprek

    • 3 Lembar Daun pandan

    • Kapulaga arab 20 butir

    • Kayu manis 1 batang

    • Sereh, geprek

    • Gula jawa 150 gr

    • 1 sendok makan kopi 

    • Cengkeh 5 butir

    • Serta seorang pekerja

Cara membuat :

  1. Siapkan bahan – bahan yang dibutuhkan.

  1. Nyalakan kompor kemudian tuangkan 1 L air

  1. Masuk kan jahe yang telah digeprek

  1. Masukkan sereh yang telah digeprek

  1. Masukkan daun pandan

  1. Masukkan kayu manis

  1. Masukkan cengkeh dan kapulaga

  1. Masukkan gula jawa

  1. Kemudian masukkan kopi

  1. Kemudian rebus beberapa saat hingga kira kira rempah terasa dan gula jawa larut

  1. Cicipi dan koreksi rasa. (pada pembuatan produk, produk saya nilai terlalu manis sehingga saya tambahkan sebanyak 100 ml air)

  1. Jika sudah pas, matikan kompor, tunggu hingga dingin dan kemudian tuang kedalam botol, sajikan.

berikut video pembuatan kopi arab atau kopi rempah

https://youtu.be/m8LxXeZOv4A 

*urutan dari dimasukkannya bahan bahan rempah (cengkeh, kapulaga, kayu manis), jahe, serta daun pandan boleh tidak sesuai urutan diatas

Strategi penetapan harga

Untuk menetapkan harga pada produk, disini saya menggunakan strategi dari cost-based pricing yaitu strategi cost-plus pricing atau markup pricing. Strategi ini saya nilai paling mudah dan paling sesuai dengan produk yang saya tawarkan. Pada strategi ini, harga ditetapkan dengan cara menghitung cost dan menjumlahkan dengan profit yang ingin diambil.

Src : Principles of Marketing, Global Education, Pearson Education Ltd.

Berdasarkan steps dari cost-based costing diatas, untuk menentukan harga dengan cost-based pricing perlu dilakukan perhitngan pada cost yang dibutuhkan yang mana perhitungan tersebut telah saya lakukan. Sesuai hasil perhitungan saya, cost untuk 1 unit minuman yang saya tawarkan adalah sebesar  Rp 11.895,75 yang mana apabila saya ingin menerapkan cost-plus pricing atau markup pricing, saya dapat menambahkan hasil cost tersebut dengan profit yang saya inginkan yaitu sekitar Rp 5.000. Sehingga saya memutuskan untuk memberikan harga produk minuman tersebut per unit sebesar Rp 17.000 yang mana artinya profit yang saya ambil adalah sebesar Rp 5.104,25 .

Strategi distribusi

Dalam memasarkan produk, distribusi juga merupakan salah satu aspek yang paling penting. Apabila suatu produk tidak di distribusikan, produk tidak akan sampai ke tangan konsumen.

Pada produk kopi arab atau kopi rempah ini, terdapat beberapa strategi distribusi yang dilakukan.

Strategi distribusi yang pertama adalah dengan mendistribusikan produk dari produsen langsung ke konsumen. Media yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan jasa pengiriman barang yang diantaranya terdapat pada aplikasi go-jek yaitu pada fitur go-send dan tidak menggunakan jasa pengiriman barang seperti JNE, J&T, TIKI, dan sejenisnya. Hal ini dikarenakan pengiriman menggunakan jasa pengiriman barang seperti JNE terbilang cukup lama untuk produk siap saji dan dikhawatirkan produk akan rusak. Alasan lain dibalik digunakannya media pengiriman langsung sampai tersebut adalah untuk memudahkan konsumen serta produsen di tengah pandemi covid19 yang sedang berlangsung. Selain itu distribusi juga dapat dilakukan secara langsung oleh produsen ke konsumen ketika bertemu secara langsung yang mana biasanya antara produsen dengan konsumen merupakan teman atau merupakan kerabat.

Kemudian dilanjutkan dengan strategi distribusi yang kedua. Pada strategi distribusi yang kedua ini, produk kopi arab atau kopi rempah tersebut didistribusikan kepada restoran – restoran, warung – warung, atau toko – toko. Hal ini juga biasa dikenal dengan ‘menitipkan dagangan’. Dengan melakukan hal tersebut, produk yang didistribusikan ke restoran – restoran, atau tempat – tempat tersebut juga dapat dijual dengan mudah bersama dengan dagangan lainnya.

Strategi promosi 

Dalam memasarkan produk yang kita tawarkan, kita perlu untuk melakukan promosi. Promosi sendiri merupakan cara supaya produk yang ditawarkan lebih dikenal oleh target pasar ataupun masyarakat. Sebagai marketer, salah satu alat promosi yang kita kenal adalah promotion mix tools atau marketing communication tools. Pada promotion mix ini, terdapat 5 poin yang diantaranya :

  1. Advertising

  2. Personal selling 

  3. Sales promotion

  4. Public relation

  5. Direct and digital marketing

Berdasarkan marketing communication tool diatas, marketing communication tool yang paling sesuai dan cocok sebagai strategi promosi dari produk yang saya tawarkan adalah dengan menggunakan personal selling.

Personal selling sendiri merupakan suatu strategi promosi yang mana promosi dilakukan secara personal antara penjual dan pembeli. Tujuan dibalik dipilihnya personal selling sebagai strategi promosi yang paling tepat dengan produk yang saya tawarkan adalah dikarenakan dengan digunakannya strategi personal selling, diharapkan konsumen dapat memahami secara lebih jelas mengenai produk yang ditawarkan serta dapat terjalin hubungan antara pemasar dengan konsumen. Bentuk dari penerapan personal selling pada  promosi produk tersebut sendiri adalah dengan mempromosikan produk melalui Instagram serta WhatsApp. Promosi serta transaksi dapat dilakukan dengan mempromosikan produk melalui story Instagram dan story WhatsApp yang mana calon konsumen yang akan mengetahui mengenai produk atau konsumen yang akan melakukan pembelian terhadap produk adalah orang – orang yang kita kenal (diantaranya teman ataupun keluarga). Dengan demikian, komunikasi antara penjual dan pembeli diharapkan akan berjalan baik. Apabila hubungan antara penjual serta pembeli sudah berjalan baik, maka tidak akan menutup kemungkinan terjadinya word-of-mouth influence pada personal communication channel. Perlu diketahui sebelumnya bahwa word-of-mout influence merupakan salah satu channel pemasaran pada personal communication channel yang mana pada channel ini rekomendasi mengenai produk disarankan oleh orang – orang terdekat serta terpercaya sehingga individu yang mendapatkan rekomendasi akan lebih mudah terpengaruh dan berakhir membeli produk yang direkomendasikan. 

Sumber :

https://id.theasianparent.com/manfaat-kayu-manis/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/6-manfaat-jahe-bagi-kesehatan/

https://www.merdeka.com/jatim/12-manfaat-sereh-bagi-kesehatan-tinggi-akan-antioksidan-kln.html

https://www.harapanrakyat.com/2019/12/manfaat-daun-pandan-wangi/

Sumber gambar :

Figure 10.2, Principles of Marketing, Global Education, Pearson Education Ltd.

Figure 18.1, Principles of Marketing, Global Education, Pearson Education Ltd.

Referensi buku : 

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

Penulis :

Nada Nadiva


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Nada Nadiva

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format