The Hunger Games: Capitol vs Districk – WHO WILL WIN?

Dampak kesenjangan sosial dan ketidakadilan di Negara Panem menyulut semangat propaganda


3
1 share, 3 points

Karakter Film The Hunger Games :



Sinopsis

Kesenjangan dan ketidakadilan di Panem begitu jelas, Panem memiliki 12 Distrik. Presiden snow menganut sistem ekonomi autarkik dan terpusat yang mana penduduk capitol mereka menikmati semua hasil kerja keras dari distrik yang membuat mereka bergelimpangan harta, sedangkan keadaan penduduk disrik mereka tersiksa kerja rodi, kelaparan  dan sangat miskin. Itulah yang mereka rasakan.

Kondisi Distrik VS Capitol

Acara tahunan The Hunger Games merupakan acara penebusan dan pengingat akan pemberontakan, inilah harga yang harus dibayar seluruh distrik. Setiap distrik harus mengajukan satu pemuda dan wanita diantara usia 12 - 18 tahun saat acara “Penuaian”. Para tribut harus diberikan untuk dirawat Capitol dan mereka akan dibawa ke arena untuk bertarung sampai mati sampai tersisa satu pemenang. Katniss mengajukan diri sebagai volunteer untuk menggantikan Primrosse. Katniss dan Peeta menjadi perwakilan dari Distrik 12. Ditemani seorang pengawal bernama Effie Trinket. Pengawal itu adalah warga negara Capitol yang tugas utamanya adalah menemani tribut dari distrik yang ditugaskan dan membantu mereka menyesuaikan diri dengan pedoman Capitol. Mereka memiliki lusinan tugas yang ditugaskan kepada mereka sekitar waktu Hunger Games tahunan.

Sebelum memasuki Pusat Pelatihan untuk pertama kalinya, para tribut diharuskan naik kereta dalam prosesi memasuki Capitol. Acara ini, yang dikenal sebagai "Tribute Parade", ini sangat penting karena kesempatan bagi para tribut untuk memberi kesan pada warga Capitol, sehingga menarik calon sponsor. Penarikan sponsor sangat penting untuk kelangsungan tribut di arena. Ini juga pertama kalinya audiensi Capitol akan melihat penghormatan secara langsung, dan itu akan memberi mereka gagasan tentang apa yang diharapkan dari pesaing masing-masing distrik.

Selain kereta yang dihiasi untuk mencerminkan industri masing-masing distrik, tribut itu sendiri dilengkapi dengan kostum yang melakukan tugas yang sama. Kostum-kostum ini biasanya merupakan pakaian pertama yang akan dirancang oleh stylist Tribute untuk mereka, dan mereka dapat mengambil bentuk yang tak terhitung, tergantung pada tingkat keterampilan stylist, teknik, dan gambar seperti apa yang ingin mereka proyeksikan.

Katniss dan Peta mendapatkan perhatian dari penduduk Capitol ketika Parade Tribut. Itu langkah yang baik untuk mendapatkan sponsor. Pada Pertunjukkan skill pun Katniss mendapatkan nilai 11, yaitu nilai terbesar dari para tribut. Inilah cara katniss menunjukkan skill nya sehingga mendapat nilai 11:

Malam sebelum dimulainya setiap Hunger Games, Caesar Flickerman mengadakan wawancara dengan masing-masing tribut. Tribut berdandan sehingga menimbulkan kesan di Capitol. Caesar bertanya kepada mereka tentang kehidupan mereka di rumah, waktu mereka di Capitol sejauh ini, skor pelatihan mereka, dan menuai. Wawancara dilakukan secara berurutan di distrik-distrik dengan wanita yang mendahului tribut pria. Setiap wawancara diberikan tiga menit per tribut. Tujuan utama dari wawancara ini adalah untuk menunjukkan kepada seluruh Capitol sedikit tentang setiap penghargaan untuk membantu mereka memilih favorit mereka. Selalu ada wawancara dengan tribut sebelum setiap permainan Hunger Games dimulai, dan yang lainnya dengan pemenang setelah permainan selesai. Katniss Everdeen sangat gugup dan tidak bisa berpikir jernih selama wawancara. Penata busananya, Cinna, mengatakan padanya untuk jujur dan berpura-pura seolah pertanyaan wawancara datang darinya untuk menenangkannya dan selama wawancara. Dan Capitol terpesona dengan katniss yang mana dia  memamerkan pakaiannya dan berputar-putar, membuatnya tampak memukau.  Di bagian bawah gaun katniss dibuat dan membuatnya tampak seperti sedang terbakar ketika dia berputar-putar. Sehingga ia dijuluki "Girl on fire". 

Berbeda dengan Peeta Mellark, dia dapat berinteraksi dengan baik dengan orang, tidak seperti Katniss. Peeta menarik Capitol dengan penampilan dan selera humornya. Dia juga mengungkapkan bahwa dia naksir Katniss, pasangan wanitanya, untuk waktu yang lama. Sehingga menyebrang cerita cinta dari distrik 12.

Ketika permainan ini berlangsung, katniss menjadi sasaran utama para tribut. Namun berbeda dengan Rue, dia menyelamatkan dan merawat katniss yang tengah tersengat lebah mematikan yang menyebabkan halusinasi berlebih. Mereka menjadi sekutu. Rue mengajarkan signal dengan menirukan suara burung mockingjay, apabila siulan itu tidak dijawab oleh salah satu pihak, itu artinya dia berada dalam bahaya. Mereka mempunyai tugas masing-masing, katniss berhasil meledakan bom yang mengelilingi makanan. Ketika kembali katniss memberikan signal kepada rue, namun rue tidak memberikan balasan. Katniss langsung berlari untuk menyelamatkan rue dan benar pada saat katniss menemukan rue, rue terperangkap jaring, katniss menolong dia dengan memotong jaring tersebut. Setelah berhasil membebaskan rue, tiba-tiba muncul tribut dari distrik 1, katniss langsung memanah peserta itu, namun peserta itu melepaskan pedangnya yang merengut nyawa rue, yang mana rue tertusuk di bagian perut, 

Katniss memakamkan rue dengan layak, yaitu dengan menata bunga liar disekitar tubuh rue. Hal itu menyebabkan Distrik 11 (distrik asal Rue) memberontak Capitol.

Peraturan yang memperbolehkan satu orang pemenang dirubah, dua pemenang bisa dinobatkan jika mereka berasal dari distrik yang sama. Katniss mencari Peeta, Peeta memiliki luka pedang sangat parah. Katniss tidak meninggalkannya, tetapi dia merawatnya. Dia sangat mencemaskan Peeta. Mereka berjuang bersama agar bisa kembali pulang. Ketika permainan hampir selesai, Capitol memberitahukan peraturan yang memperbolehkan 2 pemenang dari distrik yang sama dibatalkan. Kemudian mereka berniat untuk memakan buah berry mematikan bersama-sama. Namun ketika aksinya akan dilakukan Capitol menobatkan Katniss Everdeen dan Peeta Melark menjadi pemenang The Hunger Games ke-74.

Seneca penanggung jawab acara The Hunger Games menanggung akibatnya dia harus memakan berry mematikan. Presiden Snow mengawasi Katniss terus meneruskarena khawatir adanya pemberontakan. Katniss dan Peeta melanjutkan sandiwaranya menjadi pasangan yang saling mencintai. Mereka melakukan Tur kemenangan pada tiap distrik untuk memberikan ucapan berduka atas Tribut yang tewas. Ketika Katniss mencurahkan apa yang sedang ia rasakan warga distrik 11 melakukan acungan jari sambil bersiul yang menyebabkan adanya keributan dengan Capitol. Menembak mati provokator tersebut. Setiap orang di distrik menganggap katniss merupakan simbol Mocking jay yang mana dia seorang pemimpin untuk melakukan revolusi. 

Capitol menutup black market, mengambil apa yang mereka miliki kemudian memperbanyak hukuman cambuk dan eksekusi yang disiarkan di TV secara langsung untuk menabur rasa takut dan lebih banyak ketakutan. Pertandingan The Hunger Games ke-75, tertulis dalam peraturan pertandingan setiap 25 tahun sekali akan diadakan Quarter Quell sebagai pengingat generasi baru akan kemenangan mereka yang telah tiada dan pemberontakan terhadap Capitol. Pada Quarter Quell kali ini Capitol memperingati bahwa yang terkuat sekalipun tidak akan bisa mengalahkan kekuatan Capitol. Para peserta laki-laki dan perempuan akan dipilih dari nama-nama pemenang yang masih hidup. Perwakilan dari distrik 12 adalah Katniss Everdeen dan Peeta Mellark lagi. 

Seperti biasa mereka akan melakukan Parade Tribute, dan busana yang di rancang Cinna tidak pernah mengecewakan. Katniss dan Peeta tampil dengan memukau.

Tahun ini mereka akan berhadapan dengan pembunuh berpengalaman yang berarti peserta membutuhkan sekutu. Mereka fokus untuk mencari sekutu. Ketika di pelatihan katniss mengajari Mags untuk memanah, namun ternyata semua peserta melihat bagaimana katniss memanah, sampai-sampai sebagian tribut ingin bersekutu dengan mereka.

Seperti biasa sebelum permainan dimulai, saat nya para peserta melakukan wawancara. Pada wawancara kali ini tentunya Cinna membuatkan gaun yang sangat indah untuk katniss pakai. 

ketika katniss berputar, gaun itu berubah:

Pada acara tersebut Peeta dan Katniss merencanakan berbagai cara untuk membatalkan acara tersebut, seperti berbagi cerita mereka gagal menikah, dan katniss akan memiliki bayi, namun rencana itu gagal. Capitol tetap melajutkan permainanya. Ketika permainan di mulai Katniss, Peeta, Mags dan Finnick bersekutu untuk memenangkan perlombaan ini. Tantangan demi tantangan mereka lewati sampai pada akhirnya Mugs mati. Kemudian sekutu mereka bertambah menjadi Beete, Wiress, dan Johanna. Wiress pun mati. Beete mempunyai akal untuk menyetrum tribut lain, ketika sedang menjalankan misinya ada kejadian diluar prediksi yang menyebabkan Katniss memanahkan kawat ke petir sehingga menyebabkan kerusakan sistem yang sangat parah. 

Ketika bangun Ternyata Haymitch, Finnick dan bekerja sama untuk menyelamatkan Katniss. Separuh Tribut telah mengetahuinya. Sedangkan Peeta dan Johanna berada di tangan Capitol. Katniss sangat marah dan ia ingin menyelamatkan Peeta. Segala cara ia lakukan untuk membebaskan Peeta termasuk dia akan menjadi Mockingjay  (simbol bagi para pemberontak) yang disuruh oleh Presiden Coin ditambah Katniss tidak tahan melihat pertempuran yang memakan banyak nyawa. Katniss. Ia berhasil menyulut semangat semua distrik untuk bergabung melawan Capitol. Ketika tim Presiden Coin berusaha membebaskan Peeta, Capitol membebaskan Peeta, Johanna dan Annie dengan cuma-cuma. Dibalik itu semua Presiden Snow telah mengganti memori Peeta, sehingga Peeta beranggapan bahwa Katniss itu orang yang harus dibunuh. 

Presiden Coin tidak menyukai Katniss karena dia sulit dikendalikan, maka ia membuat arena permainan untuk Katniss. Dia juga menginginkan posisi Presiden Snow saat ini yaitu menjadi presiden Panem. Katniss sangat ingin membunuh Presiden Snow, dia akan pergi ke Capitol bersama tim nya untuk membunuh Presiden snow. Aksi katniss pun didukung oleh Presiden Coin, Presiden Coin berniat untuk membuat rekaman propaganda akan sengitnya peperangan di Capitol. Tim katniss terpilih untuk mengintimidasi pasukan Capitol dan membuat mereka menyerah. Meskipun melalui jalan kosong, namun Capitol akan menempatkan tim katniss dalam bahaya, disana akan terdapat Pod dan penjaga kedamaian. Mereka diberikan pil nightlock, pil racun yang langsung bereaski. Mereka harus memakannya ketika tertangkap. Pod itu terdapat disetiap sudut Capitol, dan untuk mendeteksi pod menggunakan Holo agar bisa terhindar dari pod. Rintangan demi rintangan dilakukan oleh mereka. Satu persatu mereka mati karena rintangan. Sampai tiba saatnya katniss akan menghukum mati Presiden Snow dengan panahnya. Namun, yang terjadi Katniss justri mengarahkan anak panah ke Presiden Coin. Katniss telah mengetahui Presiden Coinlah yang memperkeruh konflik terjadi dan merengut nyawa adiknya Primrosse Everdeen.  

Pada akhirnya katniss harus menjauhi Capitol, menenangkan diri kemudian ia hidup bahagia dengan pria yang dia cintainya.


  1. Who is the man Katniss Everdeen loves?

    1. Peeta Mellark
    2. Gale Hawthorne
    4 votes
    Share Your Result

Problematika

Katniss marah ketika Capitol menjatuhkan bom ke Distrik 12, yang mana distrik tersebut merupakan tempat ia berasal. Bom tersebut memakan banyak korban jiwa, sehingga ia melakukan pemberontakan agar terciptanya Negeri Panem yang damai, adil dan sejahtera. 

Ch.1 - Managers and Managing

Achieving High Performance: A Manager’s Goal

Katniss merupakan pemimpin Efektif dan Efisien, karena dia memenangkan The Hunger Games ke-74 dengan cara yang tidak biasa yaitu mengelabui capitol yang mana Katniss dan Peeta akan memakan berry beracun bersama-sama yang menimbulkan harapan rakyat distrik untuk melakukan pemberontakan. Akhirnya dia melakukan harapan seluruh distrik untuk pemberontakan yang sudah lama mereka inginkan untuk menguburkan rejim Presiden Snow.

Essential Managerial Task

Planning :

Memenangkan The Hunger Games dan melindungi Peeta. Ketika Capitol menjatuhkan bom ke Distrik 12 dan memakan banyak korban, maka Katniss berencana membunuh Presiden Snow agar tidak ada lagi peperangan serta permainan yang merengut jiwa. 

Organizing :

The Hunger Games : Sebelum memasuki arena dibimbing oleh sang mentor Haymitch dan perancang busana distrik 12 Cinna. Ketika di arena pada mulanya Katniss menghadapi semua rintangan sendirian, namun pada akhirnya dia bekerja sama dengan Peeta untuk memenangkan permainan.

Quarter Quell : Katniss, Peeta, Mags dan Finnick bersekutu untuk memenangkan perlombaan ini. Tantangan demi tantangan mereka lewati sampai pada akhirnya sekutu mereka bertambah menjadi Beete, Wiress, dan Johanna. 

Ketika melakukan aksi propaganda: Pressiden Coin, Haymitch, Gale, Beete, Finnick, Kolonel Buggs, Cressida, Pollux, Messalla, Castor, Letnan Jackson, Mitchell, Leeg sisters, Kopral Homes. Mereka semua yang membantu Katniss mencapai tujuannya.

Leading : 

Katniss menjadi simbol Mockingjay, dia melakukan hal yang membakar semangat seluruh tribut dengan ikut berperang melawan Capitol ketika mereka meluncurkan senjata. Pada akhirnya seluruh distrik di Panem setuju untuk melakukan pemberontakan dan revolusi. 

Controlling: 

Orang-orang disekitar Katniss sangat loyal dan respect serta sangat responsif untuk mengambil alih ketika salah satu dari anggota kesulitan, mereka saling membatu satu sama lain untuk melawan Capitol. Terutama Haymitch dan Plutarch Heavensbee memantau keselamatan Katniss di arena Quarter Quell yang mana mereka secara diam-diam telah merencakanan untuk melakukan propaganda terhadap Capitol.  

Level Manajer

The Hunger Games:

The Quarter Quell:


Distrik 13 - Pemberontak:

Managerial Skills

Conceptual skills:  

Didalam mengikuti permainannya Katniss tidak meremehkan keterampilan dalam bertahan hidup karena banyak yang mati di arena akibat alam. 10% karna infeksi, 20% dehidrasi, dan 70% berada di tempat terbuka. Ia pun memahami bagaimana cara mendapatkan sponsor yang mana sponsor itu akan membantu ketika sedang kesulitan di arena.

Human skills:

Dia dapat membakar semangat seluruh tribut pada awalnya hanya beberapa distrik yang akan melakukan pemberontakkan menjadi seluruh distrik mengikuti pemberontakan.

Technical skills: 

Pada pertunjukkan skill The Hunger Games Katniss mendapatkan nilai tertinggi yaitu 11 karna memanah apel yang berada di meja para pejabat Capitol dan ketika di Quarter Quell dia berniat mengajari Mags memanah sehingga dia menunjukkan skill memanahnya sehingga setengah peserta ingin bersekutu dengannya, dia dapat melihat medan elekromagnetik di pusat pelatihan maupun arena Quarter Quell, mengetahui alasan semua lampu hologram berkelap-kelip. 

Restrukturisasi & Outsourcing

Presiden snow: Melakukan outsourcing, dia memilih Plutarch sebagai penanggung jawab arena permainan baru, Quarter Quell

Presiden Coin: Melakukan outsourcing dia memilih Plutarch membuat arena pemberontakan, merekrut Beetee pemenang dari acara The Hunger Games untuk pengendalian sistem dan membuat senjata handal serta orang-orang dari capitol yg mendukung propaganda.

Ch. 7 - Decision Making, Learning and Creativity

The Nature of Managerial Decision Making

Ch. 14 - Leadership

Transformational Leadership

Visi Katniss sangat jelas yaitu melakukan pemberontakan. Dia sangat antusias mengkomunikasikannya kepada orang lain, sehingga orang lain mengikuti visinya tersebut. Katniss mengirim vidio-vidio propaganda yang mana bertujuan menyulut semangat seluruh distrik untuk melakukan propaganda. 

Gender and Leadership

Berawal dari menggantikan Primrosse di The Hunger Games, bersekutu dengan rue dan melanggar kebijakan Capitol, Katniss berhasil menjadi titik tumpu untuk melakukan propaganda. Keahlian interpersonal yang sangat baik ini membantu Katniss untuk berinteraksi secara efektif dengan seluruh distrik. 

Emotional Intelligence and Leadership

Dalam menyulut semangat propoganda, Katniss bergabung ke dalam medan tempur untuk melawan Capitol, hal itu membuat seluruh distrik yakin untuk melakukan hal yang diyakini oleh Katniss yaitu dengan memberontak Capitol. Contohnya ketika distrik 4 akan melakukan pekerjaannya yang dikawal dengan Penjaga keamanan, di dalam perjalanannya mereka memberi signal pemberontakan dengan bersiul dan memanjat pohon setinggi-tingginya, kemudian mereka mem-bom seluruh Penjaga Keamanan. Kecerdasan emosinal dan kepemimpinan Katniss sangat baik.

Solusi

  1. Katniss Everdeen - harus lebih bisa mengontrol emosi, dia sangat mudah terpancing hal itu akan menguntungkan musuhnya. Ia pun tidak mudah bergaul dengan banyak orang. 
  2. Peeta Mellark - skill berburu, bertarung dan bertahan hidupnya kurang baik sehingga dia menjadi sasaran empuk untuk pertama di bunuh pada saat permainan di mulai
  3. Gale - dia tidak jujur kepada Katniss bahwa Presiden Coin lah yang merencanakan arena di Capitol, mengumpulkan semua orang di gerbang istana, ia juga yang melepaskan parasut berisikan bom sehingga merengut nyawa Primrosse

Referensi:

Jones, G. R., & Jennifer M. George. 2020. Contemporary Management Eleventh Edition. Boston: McGraw-Hill.

Karien Naila Sa'adah K - Pra-MBA 76 D - MM UGM Yogyakarta 



Like it? Share with your friends!

3
1 share, 3 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
2
Genius
Love Love
12
Love
OMG OMG
3
OMG
Win Win
1
Win
karinnsk

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format