Avengers Endgame: Kesempatan Kedua Mengembalikan Bumi

"This is the fight of our lives. We are going to win. Whatever it takes."- Steve Rogers


0

Sinopsis Film “Avengers: Endgame” 2019

Beberapa saat setelah Thanos menggunakan Infinity Gauntlet untuk memusnahkan setengah dari seluruh kehidupan di alam semesta, Carol Danvers menyelamatkan Nebula dan Tony Stark, yang terdampar di luar angkasa setelah pertarungan mereka dengan Thanos. Mereka bergabung dengan Natasha Romanoff, Bruce Banner, Steve Rogers, Rocket, Thor, Pepper Potts, dan James Rhodes di bumi. Kelompok itu kecuali Tony Stark dan Pepper Potts menemukan Thanos di sebuah planet terpencil dan berencana untuk merebut dan menggunakan Infinity stones dan membalikkan tindakannya, tetapi Thanos telah menghancurkan batu tersebut untuk mencegah digunakan kembali. Thor yang marah akhirnya memenggal kepala Thanos.

Lima tahun kemudian, Scott Lang keluar dari alam kuantum. Ia pergi ke markas Avengers, dimana ia menjelaskan kepada Romanoff dan Rogers bahwa ia hanya melalui lima jam di alam kuantum, bukan lima tahun, dan ia berteori bahwa alam kuantum dapat memungkinkan mereka melakukan perjalanan waktu ke masa lalu, Ketiganya meminta Stark yang sekarang membesarkan seorang putri, Morgan, bersama Pepper agar mereka mengambil batu Infinity dari masa lalu dan menggunakannya untuk mengembalikan tindakan Thanos di masa sekarang. Stark menolak gagasan itu karena takut kehilangan Morgan, tetapi mengalah setelah merenungkan Peter Parker yang hancur. Stark bekerja bersama Banner, yang telah menyatukan kepintarannya dan kekuatan Hulk, untuk mendesain perangkat untuk melakukan perjalanan waktu. Banner memperingatkan bahwa mengubah masa lalu tidak mengubah masa kini dan perubahan sedikitpun dapat menciptakan realita yang berbeda. Ia dan Rocket pergi ke rumah baru pengungsi Asgard di Norwegia – New Asgard – untuk merekrut Thor, yang kini menjadi pemabuk gemuk, putus asa karena kegagalannya dalam menghentikan Thanos. Di Tokyo, Romanoff merekrut Clint Barton, yang kini menjadi seorang pejuang jalanan setelah keluarganya menghilang.

Banner, Lang, Rogers, dan Stark pergi ke Kota New York di tahun 2012. Banner mengunjungi Sanctum Sanctorum dan meyakinkan Ancient One untuk memberinya Batu Waktu. Rogers berhasil mengambil Batu Pikiran, namun Stark dan Lang tidak sengaja membiarkan Loki dari tahun 2012 untuk kabur dengan Batu Angkasa. Rogers dan Stark pergi ke markas S.H.I.E.L.D. di tahun 1970, dimana Stark mengambil versi awal dari Batu Angkasa dan bertemu dengan Howard Stark muda saat mengambilnya, sedangkan Rogers mengambil beberapa Partikel Pym dari Hank Pym untuk kembali ke masa kini. Rocket dan Thor pergi ke Asgard di tahun 2013, mengekstrak Batu Realita dari Jane Foster dan mengambil palu Thor, Mjolnir. Nebula dan Rhodes pergi ke Morag di tahun 2014 dan mencuri Batu Kekuatan sebelum Peter Quill dapat mencurinya. Rhodes kembali ke masa kini dengan Batu Kekuatan, namun Nebula tidak sadarkan diri ketika implan cyberneticnya berhubungan dengan dirinya dari masa lalu. Melalui hubungan ini, Thanos 2014 mempelajari mengenai keberhasilannya di masa depan dan keinginan Avengers untuk membalikkannya. Thanos menangkap Nebula 2023 dan mengirim Nebula 2014 ke masa kini untuk menggantikannya. Barton dan Romanoff pergi ke Vormir, dimana sang penjaga Batu Jiwa, Red Skull, memberitahu mereka bahwa batu tersebut hanya dapat diambil dengan mengorbankan seseorang yang mereka cintai. Romanoff mengorbankan dirinya, dan Barton mengambil Batu Jiwa.

Kembali ke masa kini, para Avengers memasangkan batu-batu tersebut ke sarung tangan yang dibuat oleh Stark, dimana Banner menggunakannya untuk mengembalikan semua yang Thanos hilangkan. Nebula 2014 menggunakan mesin waktu untuk membawa Thanos 2014 dan kapal perangnya ke masa kini, dan menyerang markas Avengers, berencana untuk menghancurkan dan membangun kembali alam semesta dengan Batu Infinity. Nebula 2023 meyakinkan Gamora 2014 untuk mengkhianati Thanos dan membunuh Nebula 2014. Stark, Rogers, dan Thor bertarung melawan Thanos namun kewalahan. Thanos memanggil pasukannya untuk menghancurkan bumi, namun Stephen Strange yang kembali datang dengan penyihir lainnya, para Avengers, dan Guardians of the Galaxy yang hilang, pasukan Wakanda dan Asgard, dan para Ravagers untuk melawan Thanos dan pasukannya bersama Danvers, yang menghancurkan kapal Thanos ketika ia tiba. setelah mengalahkan para pahlawan, Thanos merebut sarung tangan tersebut, namun Stark mencuri batunya dan menggunakannya untuk menghilangkan Thanos dan pasukannya, lalu mati karena energi yang dikeluarkan oleh batu tersebut.

Setelah pemakaman Stark, Thor menunjuk Valkyrie sebagai penguasa Asgard Baru dan bergabung dengan Guardians of the Galaxy, dimana Quill mencari Gamora 2014. Rogers mengembalikan Batu Infinity dan Mjolnir ke waktunya masing-masing dan menetap di masa lalu untuk hidup bersama Peggy Carter. Di masa kini, Rogers yang sudah tua memberikan perisai dan nama Captain America kepada Sam Wilson.

Para Pahlawan vs Para Penjahat

Di film Avengers: Endgame juga terjadi pertarungan antara pasukan Avengers melawan Pasukan Thanos di akhir cerita, di pihak Avengers seluruh pahlawan yang tergabung dengan Avengers bersatu untuk berperang, Avengers juga dibantu oleh Guardian of Galaxy, Pasukan Wakanda, dan Rakyat Asgard. Sedang dipihak Thanos juga mengerahkan seluruh pasukan yang dimilikinya untuk menghadapi pasukan Avengers.

Pasukan Avengers sendiri dipimpin oleh 3 orang yaitu Tony Stark (Iron Man), Steve Rogers (Captain Amerika), dan Thor. Sedangkan dipihak Pasukan Thanos dipimpin oleh Thanos sendiri. Pertarungan berlangsung sangat sengit karena Thanos memang sangat kuat dan bahkan hampir tidak terkalahkan. Pada akhirnya, Avengers dapat mengalahkan Thanos meskipun harga yang harus dibayarkan untuk menang sangat mahal, karena mereka kehilangan sosok orang yang sangat berpengaruh di Avengers yaitu Tony Stark (Iron Man). Tony Stark mati karena efek dari energi infinity stones yang dia gunakan untuk menghilangkan Thanos dan pasukannya.

Permasalahan

Para Avenger ingin mengembalikan keadaan dunia seperti sedia kala yang dimana tepat setengah populasinya musnah beberapa saat ketika Thanos menggunakan Infinity Gauntlet yang didalamnya terdapat 6 batu. Agar bisa melakukan hal tersebut mereka harus mengumpulkan batu dengan mencari ke enam batu (kekuatan, waktu, jiwa, pikiran, angkasa, realita) di masa lalu dengan menggunakan mesin waktu yang sudah dirancang oleh Banner dan Lang, kemudian disempurnakan oleh Stark. Kemudian mereka juga harus melawan pasukan Thanos di masa lalu yang secara tidak sengaja mengendus pergerakan mencurigakan para Avenger di masa depan yang kembali ke masa lalu melalui Nebula yang di masa lalu masih menjadi pasukan dari Thanos.

MANAGERS AND MANAGING

Achieving High Performance: A Manager’s Goal

Salah satu tujuan utama yang ingin dicapai oleh organisasi adalah menyediakan barang dan jasa yang dihargai dan diinginkan pelanggan. Kinerja organisasi adalah ukuran seberapa efisien dan efektif manajer menggunakan sumber daya yang tersedia untuk memuaskan pelanggan dan mencapai tujuan organisasi. Organisasi peningkatan kinerja dalam proporsi langsung ke peningkatan efisiensi dan efektivitas, seperti gambar di bawah ini.

Dalam film Avengers: Endgame, Avengers memiliki tujuan yaitu mengembalikan bumi seperti semula, mereka memliki keefektifan dan keefisienan dalam memilih dan melaksanakan rencana, dimana mereka menciptakan sebuah alat untuk perjalanan ke masa lalu dan berhasil mengumpulkan infinity stones sehingga apa yang menjadi tujuan mereka dapat dicapai dan berhasil mengembalikan bumi seperti sedia kala.

Sedangkan Thanos memiliki tujuan yaitu ingin menggagalkan rencana dari Avengers serta memusnahkannya, cara yang ditempuh Thanos juga bisa dikatakan efektif dimana mereka memanfaatkan celah yang terbuka dari Avengers, walaupun pada akhirnya Thanos tetap kalah karena gagal merebut infinity stones dari Avengers.

Essential Managerial Task

Tugas manajemen adalah membantu organisasi memanfaatkannya sebaik mungkin sumber daya untuk mencapai tujuannya. Untuk mencapai tujuannya, manajer melakukan empat tugas manajerial penting: perencanaan, mengorganisir, memimpin, dan mengendalikan.

Tahapan yang dilakukan manajer dalam melakukan tugas manajerial antara lain:

  1. Planning

Untuk melakukan tugas perencanaan, manajer mengidentifikasi dan memilih tujuan organisasi dan tindakan yang sesuai, mereka mengembangkan strategi untuk mencapai kinerja tinggi. 

    2. Organizing

Pengorganisasian adalah penataan hubungan kerja sehingga anggota organisasi berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Pengorganisasian orang ke dalam departemen sesuai dengan jenis tugas spesifik pekerjaan yang mereka lakukan menjabarkan garis wewenang dan tanggung jawab antara individu dan kelompok yang berbeda. Manajer harus memutuskan cara terbaik untuk mengatur sumber daya, terutama sumber daya manusia.

   3. Leading

Memimpin adalah mengartikulasikan visi yang jelas dan memberi energi, memungkinkan anggota organisasi memahami bagian yang mereka mainkan dalam mencapai tujuan organisasi. Hal ini merupakan salah satu dari empat tugas utama manajemen.

   4. Controlling

Mengendalikan/mengevaluasi seberapa baik suatu organisasi mencapai tujuannya dan mengambil tindakan untuk mempertahankan atau meningkatkan kinerja. Hal ini juga merupakan salah satu dari empat tugas utama manajemen.

Four Task of Management di Film Avengers: Endgame

Four Tasks of Management

Avengers

Pasukan Thanos

Planning

Avengers memilik tujuan untuk mengembalikan bumi seperti semula. Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka menyusun rencana bagaimana cara efektif dan efisien untuk mengumpulkan ke-6 batu di masa lalu menggunakan mesin waktu dan dengan bahan-bahan yang sangat terbatas jumlahnya.

Mengetahui bahwa Avengers berhasil mengumpulkan ke-6 batu dengan menggunakan mesin waktu, Thanos berencana akan menggagalkan rencana Avengers dengan menyerang Avengers dan memusnahkan kehidupan di seluruh bumi.

Organizing

Karena bahan baku yang sangat terbatas, yaitu mereka hanya mempunyai kesempatan sekali untuk pergi ke masa lalu dan kembali ke masa sekarang, di sisi lain, batu yang harus mereka dapatkan berada pada tahun-tahun yang berbeda. Maka dari itu, mereka bekerja sama dan membagi tim sesuai dengan keadaan pada tahun-tahun dimana batu tersebut harus diambil agar rencana mereka dapat berjalan dengan lancar.

Thanos menyerang Avengers di markasnya bersama seluruh pasukan yang dimilikinya dengan bantuan Nebula yang memiliki peran menghubungkan masa lalu dan masa kini dengan cara mengaktifkan gerbang mesin waktu untuk mengantar Thanos dan pasukannya dari masa lalu masuk ke masa kini.

Leading

Kepemimpinan Stark dan Rogers dalam Avengers yang sangat baik dapat membuat rekan-rekan lain merasa semangat dan termotivasi sehingga mereka dapat mengerjakan tugas dan peran masing-masing dengan optimal.

Thanos dikenal sebagai pemimpin yang sangat kuat dan hampir tidak terkalahkan. Thanos juga disegani oleh musuhnya karena kekejamannya. Hal itu yang menjadikan para bawahannya satu misi dan visi dengan Thanos.

Controlling

Sebelum melaksanakan rencana, Avengers sudah mempersiapkan dan mematangkan rencana mereka, dari alat yang diperlukan dan Avengers juga melakukan koordinasi agar apa yang direncanakan berjalan sesuai dengan yang diharapkan serta saling membantu sama lain ketika ada sesuatu hal di luar perkiraan yang terjadi.

Dikenal sebagai sosok pemimpin yang kuat dan kejam, secara tidak langsung menjadi sebuah kontrol bagi para bawahan Thanos agar bisa selalu loyal dan melakukan apa yang diperintahkan sesuai dengan ekspektasi Thanos.

DECISION MAKING, LEARNING, AND CREATIVITY

Decision Making

Decision Making/pengambilan keputusan adalah proses dimana manajer merespons peluang dan ancaman yang menghadang mereka dengan menganalisis opsi dan membuat keputusan tentang tujuan organisasi tertentu dan tindakan yang diambil. Manajer menanggapi peluang dengan cara merespon meningkatkan kinerja organisasi untuk memberi manfaat bagi pelanggan, karyawan, dan kelompok pemangku kepentingan lainnya, sedangkan keputusan dalam menanggapi ancaman dimana peristiwa di dalam atau di luar organisasi berdampak buruk pada kinerja organisasi.

Jenis-Jenis Keputusan:

  1. Keputusan yang diprogram (Programmed Decision)

Merupakan keputusan yang bersifat rutin dan berulang-ulang, dibuat berdasarkan kebiasaan. Keputusan ini telah dibuat berkali-kali di masa lalu sehingga manajer telah mengembangkan aturan atau pedoman untuk diterapkan ketika situasi tertentu pasti terjadi.

    2. Keputusan yang tidak diprogram (Non-programmed Decision)

Keputusan ini dibuat sebagai tanggapan terhadap peluang dan ancaman yang tidak biasa atau baru. Hal ini terjadi ketika tidak ada keputusan yang siap dibuat yang dapat diterapkan manajer. 

Creativy (Kreativitas)

Penelitian menunjukkan bahwa apabila suatu kondisi terpenuhi, manajer lebih cenderung kreatif. Orang harus diberi kesempatan dan kebebasan untuk menghasilkan ide-ide baru. Kreativitas menurun ketika manajer memberi beban karyawan yang berbakat untuk mengerjakan pekerjaan dengan cepat. Kreativitas dihasilkan ketika karyawan memiliki kesempatan untuk bereksperimen, mengambil risiko, dan membuat kesalahan dan akan belajar dari hal tersebut. Karyawan tidak boleh takut bahwa mereka akan dipandang rendah atau dihukum karena ide-ide yang mungkin awalnya tampak aneh namun terkadang ide-ide itu menghasilkan produk dan layanan yang benar-benar inovatif.


Avengers

Thanos

Programmed Decision

Mengumpulkan infinity stones dan menggunakannya untuk mengembalikan dunia seperti sedia kala.

Menggagalkan rencana Avengers dengan merebut infinity stones yang sudah dikumpulkan Avengers.

Non-Programmed Decision

Tony Stark (Iron Man) di akhir cerita menggunakan infinity stones untuk melenyapkan Thanos dan pasukannya.

Thanos ingin melenyapkan bumi dan membuat bumi yang baru.

Dalam film Avengers: Endgame juga bisa dilihat hal-hal kreatif yang dilakukan karakter dalam film tersebut. Kreativitas yang oleh Pasukan Avengers adalah mereka menemukan sebuah cara untuk mengembalikan keadaan bumi seperti sedia kala yaitu dengan mengambil kembali infinity stones yang sudah lenyap dengan kembali ke masa lalu dimana batu-batu tersebut masih ada dan belum lenyap. Kreativitas yang ditunjukkan adalah Avengers bekerja sama membuat sebuah alat yang bisa mengantarkan mereka ke masa lalu dan tentunya kembali lagi, atau lebih mudahnya biasa disebut dengan mesin waktu. Avengers berhasil membuat mesin tersebut karena kreativitas dari beberapa anggota, yang dimulai dari teori quantum dari Scott Lang (Ant Man) yang sempat terjebak di Quantum Realm. Kemudian bersama Bruce Banner (Hulk) mencoba membuat namun belum berhasil. Setelah itu dengan bantuan dari Tony Stark mereka berhasil menciptakan sebuah mesin waktu, yang pada nantinya akan mereka gunakan untuk mengambil infinity stones di masa lalu.

Kreativitas juga ditunjukkan oleh Thanos ketika mengetahui rencana Avengers yang berniatan untuk mengembalikan bumi (dimana saat itu Thanos berhasil memusnahkan setengah populasi di bumi) dengan cara kembali ke masa lalu untuk mengumpulkan infinity stones menggunakan mesin waktu. Thanos menanggapi rencana tersebut dengan mengganti nebula masa kini dengan nebula masa lalu (nebula masa kini sudah bergabung dengan avengers dan mengkhianati Thanos) untuk memata -matai pergerakan Avengers yang dilakukan di masa kini. Kemudian Nebula membuka gerbang mesin waktu agar Thanos bisa datang ke masa kini dalam rangka menggagalkan rencana Avengers dan menyerang mereka.

THE MANAGERS AS A PLANNER AND STRATEGIST

SWOT Analysis

SWOT Analysis adalah proses perencanaan dimana manajer dapat mengidentifikasikan kekuatan organisasi (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Kesempatan lingkungan (Opportunities) dan Tantangan (Threats)

Tahapan dalam membuat SWOT Analysis:

  1. Mengidentifikasi kekuatan organisasi (Strengths), Kelemahan (Weaknesses) yang dimiliki organisasi saat ini
  2. Mengidentifikasi Kesempatan (Opportunities) dan Tantangan (Threats) yang ada di lingkungan luar organisasi yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi.

SWOT Analysis film Avengers: Endgame

Avengers

Strenghts:

  • Berisi pahlawan super yang memiliki kekuatan yang kuat.
  • Beberapa pahlawan super memiliki otak yang super jenius.
  • Kerjasama tim dari Avengers sangat solid.

Weakness:

  • Adanya konflik perbedaan pendapat antara Stark dan Rogers sempat membuat rencana tidak berjalan.


Opportunities:

  • Kesempatan mengalahkan Thanos.
  • Kesempatan mengembalikan bumi seperti sedia kala.
  • Mendapat bantuan dari pasukan Asgard, Pasukan Wakanda, Guardian of Galaxy, dan Captain Marvel.

Threats:

  • Kegagalan dalam mengumpulkan infinity stones.
  • Serangan dari pasukan Thanos

Avengers merupakan sebuah kelompok yang berisi pahlawan-pahlawan yang memiliki kekuatan dan cerdas seperti Captain Amerika (Rogers), Iron Man (Stark), Thor, dan masih banyak lagi. Karena berisi orang-orang yang memiliki kekuatan yang hampir sama hebatnya, tentu mereka memiliki kelemahan yaitu seringnya perbedaan pendapat seperti di dalam film Avengers: Endgame antara Stark dan Rogers yang hampir membuat rencana untuk mengembalikan bumi hampir gagal. Mereka mempunyai kesempatan untuk mengembalikan bumi seperti semula dengan cara mengumpulkan infinity stones di masa lalu dengan menggunakan mesin waktu yang sudah dibuat. Avengers juga memiliki ancaman yaitu serangan Thanos yang mengetahui rencana mereka, hal itu bisa menyebabkan Avengers gagal dalam mengumpulkan infinity stones. Namun, Avengers juga berkesempatan besar untuk mengalahkan Thanos karena mereka mendapat bantuan dari dari pasukan Asgard, Pasukan Wakanda, Guardian of Galaxy, dan Captain Marvel.

Thanos

Strenghts:

  • Pemimpin yang kuat, pintar dan hampir tidak terkalahkan.

Weakness:

  • Terlalu percaya diri.

Opportunities:

  • Kekuatannya yang luar biasa menjadikannya sangat mudah untuk menghancurkan bumi.
  • Kesempatan merebut Infinity stones.

Threats:

  • Pembalasan dendam dari pasukan Avengers.

Thanos merupakan sosok pemimpin yang kuat, pintar, dan hampir tidak dikalahkan. Dia memimpin ribuan pasukan yang tidak bisa dianggap remeh kekuatannya seorang diri. Kelemahan yang dia punya yaitu dia terlalu percaya diri, yang malah membuat dia kalah ketika melakukan penyerangan terhadap Avengers di bumi, padahal dengan kekuatannya dia mempunyai kesempatan untuk mengalahkan Avengers dan merebut infinity stones, bahkan memusnahkan bumi. Satu-satunya ancaman yang dia punya yaitu pembalasan yang dilakukan oleh Avengers yang menyebabkan dia beserta pasukannya harus kalah dan musnah dari semesta.

SARAN/SOLUSI

  1. Seharusnya perbedaan pendapat  antara Steve Rogers dan Tony Stark (dimana Tony Stark sempat menolak untuk bergabung dengan Avengeres yang punya rencana mengembalikan bumi) itu tidak terjadi, karena pada dasarnya mereka berdua adalah pahlawan yang ditunjuk untuk melindungi bumi, dan ketika ada kesempatan untuk mengembalikan bumi mereka harus bisa merendahkan ego masing-masing dan bekerjasama.
  2. Seharusnya Avengers selalu waspada terhadap kemungkinan yang terjadi. Kedatangan Thanos dari masa lalu ke masa kini akibat ditukarnya nebula masa kini dengan nebula masa lalu yang menyebabkan Thanos dan pasukannya bisa datang dari masa lalu ke masa kini untuk menyerang Avengers adalah salah satu bukti kelengahan Avengers. Avengers seharusnya tidak menempatkan nebula masa kini untuk mengambil batu di Morag karena pada saat yang sama ada nebula masa lalu yang juga di sekitar planet tersebut di waktu yang sama sehingga menyebabkan Thanos mengetahui apa yang direncanakan oleh Avengers melalui implan cybernetic yang berhubungan satu sama lain antara nebula masa kini dengan masa lalu.
  3. Seharusnya Thanos lebih berhati-hati dan tidak terlalu percaya diri dalam merebut kembali infinity stones karena pada situasi tersebut Avengers juga memperoleh bantuan dari Captain Marvel yang pada perang sebelumya ketika Thanos berhasil menaklukkan Avengers, Captain Marvel belum ikut serta dalam perang karena sedang berada di semesta lain.

Sources:

Jones, G. R., & Jennifer M. George. 2018. Contemporary Management Tenth Edition. Boston: McGraw-Hill.

https://id.wikipedia.org/wiki/Avengers:_Endgame

Ditulis oleh :

Halima Aulia Ita Maghfiroh

PRA MBA – 76D – MM UGM Kampus Yogyakarta



Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
0
Win
halimaaulia

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format