Mengubah Manajemen Buruk “Daybreak” – Morning Glory (2010)

Acara TV dimana Rating adalah Segalanya


0

Sinopsis

Morning Glory adalah film bergenre komedi yang disutradarai oleh Roger Michell dan ditulis oleh Aline Brosh McKenna. Mengisahkan tentang Becky Fuller (Rachel McAdams), seorang produser acara televisi lokal “Good Morning New Jersey”. Meski telah berusaha dengan bekerja sebaik mungkin, Becky diberhentikan dari stasiun televisi tersebut dan digantikan produser baru yang lebih berpengalaman.

Terpuruk dalam situasi tersebut, Becky mencoba bangkit dengan melamar ke berbagai perusahaan TV lainnya. Sampai di suatu ketika, Becky pun diterima di IBS Network, sebuah saluran televisi nasional. Perkerjaan barunya ini langsung membawanya kepada tanggung jawab yang besar karena ia harus mengurus acara reality show pagi “Daybreak”, yang telah tayang sejak lama, namun kini tengah mengalami penurunan rating yang tajam. Ia ditantang oleh atasannya untuk menaikkan rating dan jika gagal maka acara tersebut akan dihapus dan Becky akan kembali kehilangan pekerjaannya.

Rachel McAdams Diane Keaton Harrison Ford Editorial Stock Photo ...

Becky sadar benar jika pekerjaan barunya ini merupakan tanggung jawab berat dan sekaligus jadi ujian pertama di tempat kerja barunya ini. Atas hal tersebut, Becky bertekad memperbaiki sekaligus ingin menaikkan rating acara ini. Salah satunya dengan memecat salah satu anchor lama yang tidak disiplin dan mendatangkan pembawa acara berita legendaris, yaitu Mike Pomeroy (Harrison Ford). Niatan dan usaha yang dilakukan Becky harus terbentur akan ketidakakuran Mike Pomeroy dengan Colleen Peck (Diane Keaton), sang pembawa acara sebelumnya.

Dalam tekanan pekerjaannya, Becky bertemu dengan seorang pria bernama Adam Bennett (Patrick Wilson), lelaki yang juga merupakan sesama produser di TV tersebut. Seiring perjalanan waktu mulai tumbuh benih-benih cinta di antara keduanya.

Problem Identification

Becky merupakan produser acara TV pagi yang sukses di perusahaan stasiun TV lokal sebelumnya, namun demikian kesuksesan tersebut tidak diakui oleh perusahaan sebelumnya dan malah dipecat serta digantikan dengan produser yang lebih senior. Setelah beralih pekerjaan di IBS Network, Becky ingin membuktikan bahwa ia adalah produser muda yang dapat menaikkan rating acara reality show pagi “Daybreak”, dimana rating acara tersebut terpuruk akibat ketidakmampuan manajerial 14 orang produser sebelumnya. 

Morning Glory 2010 TV Spot - YouTube

Untuk membuktikan niatnya pada atasannya, Jerry Barnes, Becky melakukan perombakan staf, merekrut anchor televisi yang baru, dan mengubah konsep acara reality show tersebut. Namun tantangan terjadi ketika Mike Pomeroy, anchor baru tersebut membuat ulah dan tidak akur dengan Colleen Peck, co-host anchor. Becky pun memutar otak untuk menaikkan rating hingga mencapai target yang ditetapkan perusahaan hanya dalam jangka waktu 6 minggu. Jika tidak berhasil, perusahaan akan menghentikan tayangan Daybreak dan memecat seluruh staf produksi termasuk dirinya. Dalam tuntutan pekerjaan yang berat, Becky pun hampir gagal, baik dalam usahanya menaikkan rating acara Daybreak dan juga dalam kisah cintanya dengan sang kekasih. Becky terlalu memikirkan pekerjaannya dan merasa tidak dapat membagi waktu dengan baik antara pekerjaan dan kehidupan pribadinya.

Chapter 1 Managers and Managing

Menurut Gareth R. Jones dan Jennifer M. George dalam buku Contemporary Management, fungsimanajemen dalam menggunakan sumberdaya untuk mencapai tujuan organisasi mencakup 4 essential managerial tasks, yaitu planning, organizing, leading, dan controlling.

1. Essential Managerial Tasks

A picture containing object  Description automatically generated

Four Task of Management

Perencanaan (planning) adalah mengidentifikasi dan memilih tujuan organisasi yang sesuai dan serangkaian tindakan untuk mencapai tujuan tersebut, pengorganisasian (organizing) adalah penataan hubungan dengan cara yang memungkinkan setiap anggota organisasi bekerja sama mencapai tujuan organisasi, kepemimpinan (leading) berarti mengartikulasikan dengan jelas visi organisasi sehingga anggota organisasi mengerti bagian mana yang mereka mainkan dalam mencapai tujuan organisasi, dan pengendalian (controlling) yaitu mengevaluasi seberapa baik suatu organisasi mencapai tujuan dan mengambil tindakan untuk mempertahankan atau meningkatkan kinerja. 

Pada film Morning Glory, four managerial tasks anatara dua karakter pimpinan adalah sebagai berikut:

Essential Managerial Tasks
Jerry Barnes
Becky Fuller

Character

A person wearing glasses and smiling at the camera  Description automatically generated

A person smiling for the camera  Description automatically generated

Planning

Sebagai atasan Becky, Jerry Barnes telah mengungkapkan tujuan stasiun TV IBS Network dengan jelas saat merekrut Becky, yaitu menaikkan rating acara Daybreak dengan dana operasional terbatas dan juga menjelaskan konsekuensi yang Becky dapatkan bila gagal menaikkan rating acara Daybreak. 

Selain itu, ia juga mengungkapkan beberapa kekuatan dan kelemahan acara Daybreak. Jerry Barnes selalu mendukung beberapa aksi yang dilakukan Becky dalam usahanya menaikkan rating.

Becky telah mengetahui tujuan dari IBS Network untuk menaikkan rating Daybreak dan melakukan serangkaian aksi seperti:

  • Mengadakan rapat staf sebelum dimulainya acara pagi tersebut dan menggali ide para staf untuk tema acara TV seminggu ke depan. Selain itu, Becky juga ingin mengetahui permasalahan yang ada di setiap departemen dan memberikan solusinya.
  • Mengenal karakter para stafnya sehingga dapat dengan mudah menjalin komunikasi.
  • Merekrut anchor baru namun telah senior yang terkenal dalam usahanya membuat acara TVnya terkenal.

Organizing

Jerry Barnes diketahui telah merekrut belasan kali produser untuk acara TV Daybreak dan memberhentikan mereka karena ketidakmampuannya menaikkan rating perusahaan, sebelum akhirnya Jerry Barnes merekrut Becky. 

Jerry juga memberikan informasi bahwa acara TV tersebut kekurangan staf dan memperingatkan Becky untuk tidak merekrut anchor yang mahal karena dana yang terbatas.

Pada hari pertama Becky menjadi produser Daybreak, Becky telah melakukan pemecatan terhadap salah satu pembawa beritanyaPaul McVee, karena tidak disiplin bekerja dan merekrut Mike Pomeroy untuk dijadikan co-host dengan Colleen Peck.

Seiring berjalannya waktu, Becky mengubah konsep acara yang berimbas pada berubahnya tugas liputan para reporter, namun hal ini justru menjadi tantangan dan dapat menaikkan rating.

Leading

Sebagai pimpinan para produser acara TV IBS Network, Jerry Barnes selalu menekankan prinsip yang sama pada seluruh produsernya, yaitu rating penonton adalah nomor satu dan pimpinan perusahaan akan menggantikan acara dengan rating yang jelek dengan program baru. Ketegasan dari Jerry membuat para produser mencari akal untuk selalu memberikan rating acara terbaik untuk perusahaan. 

Becky memimpin dengan penuh charisma, yang ia buktikan pada rapat pertamanya sebagai produser Daybreak, dimana ia dapat mendengarkan seluruh permasalahan stafnya dan memberikan solusinya secara cepat sehingga mendapatkan kepercayaan dan kekaguman stafnya. Bahkan ia juga berani memecat announcer-nya sehingga Becky menjadi terkenal di stasiun IBS Network tersebut.

Controlling

Sebagai seorang atasan, Jerry Barnes selalu memonitor kinerja bawahannya, memanggilnya bila ia menemukan kesalahan, dan memberikan teguran. 

Becky sering dipanggil oleh Jerry karena melakukan kesalahan, seperti teks penyiaran yang salah, klarifikasi alasan pemecatan anchor lama, dan evaluasi rating Daybreak yang tidak kunjung mencapai target.

Becky selalu melakukan persiapan matang sebelum acara Daybreak, seperti memastikan seluruh staf siap sebelum tayang, mengatur jalannya acara penyiaran, menegur staf yang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan rencana, dan evaluasi untuk kinerja staf, reporter, dan anchor-nya.

2. Performing Managerial Tasks : Mintzberg’s Typology

Henry Mintzberg telah melakukan pengelompokkan atas peran manajer (manager roles) ke dalam 3 kelompok, yaitu: decisional (entrepreneur, disturbance handler, resource allocator, dan negotiator), interpersonal (figurehead, leader, dan liaison)l, dan informational (monitor, disseminator, dan spokesperson).

Dalam film Morning Glory, peran manajer antara dua karakter adalah sebagai berikut:

Managerial Roles
Jerry Barnes
Becky Fuller

Decisional

Jerry Barnes memegang peranan sebagai resource allocator dimana ia mengalokasikan sumber daya berupa tugas dan peranan para produser TV dan memegang kendali atas anggaran setiap acara dan gaji para produser dan stafnya.

Jerry juga berperan sebagai negotiator karena melakukan negosiasi kontrak dengan para stafnya, menjadi mediator antara para pimpinan dan para produser di bawahnya.

Becky memegang peranan sebagai entrepreneur karena menciptakan konsep baru pada acara TV lama yang sudah mulai ditinggalkan penonton dengan rating buruk menjadi acara yang memiliki rating baik dan mulai disukai para penggemarnya.

Interpersonal

Peran Jerry adalah sebagai liaison dimana mengkoordinasikan kerja para produser di IBS Network dan leader dimana Jerry menyampaikan arahan kepada Becky untuk mengakhiri acara Daybreak dan menggantinya menjadi program baru.

Becky menjalani peran sebagai leader dimana ia memberikan perintah dan arahan kepada para staf, reporter dan anchornya dalam setiap produksi, serta memberikan keputusan mengenai sumber daya manusia dan dana yang digunakan untuk memproduksi acara Daybreak. 

Informational

Sebagai seorang pimpinan, Jerry Barnes bertindak sebagai monitor karena ia mengawasi dan mengevaluasi kinerja para produsernya. Selain itu, ia juga berperan sebagai disseminator karena mengkomunikasikan arahan pimpinan kepada para bawahannya untuk menghentikan acara TV yang ratingnya buruk.

Sebagai seorang produser, Becky memiliki peran monitor karena ia bertindak untuk mengadakan evaluasi terhadap kinerja staf, reporter dan anchor-nya  dan memberikan aksi korektif bila bawahannya mengalami kesalahan.

3. Levels and Skills of Manager

Untuk menjadikan four managerial tasks berjalan efektif dan efisien, organisasi perlu membagi manajernya ke dalam dua cara, yaitu berdasarkan level di dalam suatu hierarki dan tipe keahlian yang dimiliki.

A close up of a card  Description automatically generated

Levels of Managers

Dalam film tersebut, Jerry Barnes berada pada level middle manager di IBS Network dimana mengawasi first-line manager, yaitu para produser acara TV dan bertanggung jawab untuk menemukan cara menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. Sementara Becky Fuller, merupakan seorang produser di bawah Jerry dan berada pada level first-line manager dimana bertanggung jawab untuk mengawasi secara harian pekerjaan dari karyawan nonmanajerial.

Dalam melakukan pekerjaan tersebut, Jerry Barnes membutuhkan keahlian, berupa human skills, yaitu kemampuan untuk memahami, memimpin, dan mengontrol perilaku bawahannya. Sedangkan Becky Fuller, selain memerlukan kemampuan human skills, juga memerlukan technical skills, yaitu kemampuan pekerjaan spesifik yang disyaratkan untuk dikuasai untuk menjalani suatu pekerjaan, berupa pengalaman di bidang penyiaran.

Chapter 8 The Manager as a Planner and Strategist 

1. Planning and Strategy

Perencanaan merupakan hal yang sangat penting karena manajer berusaha untuk memprediksi peluang yang ada di masa depan dan mengetahui ancaman yang dihadapi serta dapat mengembangkan rencana dan strategi yang memberikan hasil kerja yang tinggi (high performance) di suatu organisasi. Sebelum menentukan strategi, organisasi perlu menetapkan tujuan dan misi sebagai proses awal dari perencanaan.

A screenshot of a cell phone  Description automatically generated

Three Ways of Planning

Misi adalah deklarasi mengenai tujuan suatu organisasi yang berkaitan dengan produk atau konsumen organisasi dan membedakannya dengan para pesaingnya, sedangkan strategi adalah kumpulan keputusan tentang tujuan apa yang ingin dicapai, tindakan apa yang harus diambil, dan cara menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan. Dalam film tersebut, IBS Network memiliki misi untuk menjadikan Daybreak kembali memiliki rating yang tinggi.

2. Formulating Strategy

Becky, sebagai seorang produser perlu memformulasikan strategi untuk mencapai misi perusahaan tersebut, salah satunya dengan menggunakan SWOT Analysis. Analisis SWOT adalah sebuah perencanaan dimana manajer mengidentifikasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) yang ada suatu organisasi. 

A screenshot of a cell phone  Description automatically generated

Planning and Strategy Formulation

Untuk menaikkan rating acara Daybreak, Becky dapat menggunakan SWOT Analysis sebagai berikut:

A. Kekuatan (strengths)

Acara Daybreak merupakan acara yang sudah lama tayang di IBS Network dan sudah dikenal oleh masyarakat sebagai program acara TV pagi yang menghibur. Kekuatan lainnya adalah Becky merupakan produser yang selalu optimis dan juga memiliki staf yang mendukungnya dalam pekerjaannya. Stafnya selalu memberikan ide yang menarik untuk dituangkan dalam program TV. Selain itu, memiliki dua anchor senior yang berbeda karakter, membuat Daybreak dapat menyajikan berbagai tema acara yang bervariasi.

B. Kelemahan (weaknesses)

Pimpinan perusahaan kurang mendukung acara Daybreak karena dianggap tidak menguntungkan karena rating acara yang buruk. Perusahaan sangat ketat terhadap penggunaan dana akibatnya Daybreak memiliki fasilitas yang kuno dan memiliki isu kekurangan staf hingga bayaran anchor dan staf lebih rendah dari saluran televisi lain. 

Daybreak memiliki dua anchor yang memiliki kepribadian berbeda, banyak mengeluh, dan penuh tuntutan dalam melakukan pekerjaannya. Ketidakakuran dua anchor Daybreak ini sempat membuat Becky kewalahan untuk menyelaraskan ritme tayangan acara TVnya.  

C. Peluang (opportunities)

Daybreak merekrut anchor berita terkenal dan banyak mendapatkan penghargaan, Mike Pomeroy, yang dipercaya Becky akan menaikkan rating acara. Meskipun awalnya menolak, Becky berhasil meyakinkannya untuk bergabung ke dalam Daybreak. Sebagai seorang produser muda, TV Show Daybreak merupakan tantangan baru bagi Becky untuk menjadikan acara tv legendaris tersebut menjadi terkenal kembali dengan menaikkan ratingnya. Bila ia berhasil, maka reputasi Becky sebagai eksekutif produser muda pun akan diakui dan akan banyak tawaran datang untuk bekerja di stasiun TV terkenal.

D. Ancaman (threats)

Kompetisi di acara tv pagi sangat ketat dengan stasiun tv lainnya sehingga semakin menggerus rating Daybreak. Stasiun TV lain yang lebih mapan pun berusaha untuk merekrut Becky setelah ia berhasil mencapai target rating perusahaan, sehingga mengancam kelangsungan penayangan Daybreak.

3. Formulating Business-Level Strategies

Pada Chapter ini Michael Porter mengembangkan teori bagaimana manajer dapat memilih strategi bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang kompetitif pada perusahaan. Untuk meningkatkan profit, terdapat dua dasar strategi, yaitu differentiating the product dan lowering the cost serta memilih antara meraih keseluruhan pasar atau hanya meraih satu segmen pasar. Dari pilihan tersebut, manajer dapat memilih 4 model business level strategies yaitu: low-cost, differentiation, focused low-cost, atau focused differentiation.

IBS Network, tempat Becky bekerja menerapkan low-cost strategy karena meminta Becky menaikkan rating acara TV dengan anggaran yang minimal. Bahkan staf dan anchor Daybreak hanya dibayar setengah dari pekerja di acara lain. Sebelumnya, produser Daybreak juga menerapkan focused low-cost strategy dimana meraih hanya satu segmen saja untuk mengurangi biaya, yaitu penonton acara pagi dengan bincang-bincang ringan. Namun strategi ini dinilai Becky gagal dan membuat rating Daybreak terpuruk.

Becky mengubah taktik dengan menerapkan differentiation strategy, dimana konsep acara TV tidak hanya menyajikan acara obrolan santai di pagi hari, namun juga menghadirkan acara tantangan seru bagi reporternya, mendatangkan grup musik terkenal, hingga meliput dan mengungkap kasus-kasus kriminal. Penerapan focused differentiation strategy juga membuat Becky tidak hanya menawarkan konsep acara pada satu jenis penonton, namun penonton yang menyukai tantangan, penyuka musik dan misteri juga turut menjadi target pasarnya.

4. Formulating Corporate-Level Strategies

Setelah memformulasikan Business-Level Strategies, diperlukan juga Corporate-Level Strategies, dimana rencana aksi untuk memilih industri mana dan negara mana yang perusahaan dapat menginvestasikan sumber dayanya untuk mencapai tujuan dan misinya. Dalam menerapkan strateginya, IBS Network menjalankan strategi concentration on a single industry dimana perusahaan hanya berkonsentrasi pada usaha penyiaran tv nasional di Amerika Serikat. Produk yang dihasilkan yaitu berupa acara berita, acara talkshow, dan acara permainan dengan lokasi usaha terletak di New York.

Chapter 14 Leadership

1. Power: The Key to Leadership

Kepemimpinan (leadership) adalah proses yang dilakukan oleh seorang individu untuk mempengaruhi orang lain dan menginspirasi, memotivasi, dan mengarahkan kegiatan mereka untuk membantu mencapai tujuan kelompok atau organisasi. Terdapat 5 kunci kekuatan kepemimpinan, yaitu legitimate power, reward power, coercive power, expert power, dan referent power. 

A close up of a sign  Description automatically generated

Source of Managerial Power

Pada tokoh pemimpin di dalam film Morning Glory memiliki kekuatan kepemimpinan sebagai berikut:

Jerry Barnes

Jerry Barnes sebagai atasan dari Becky tergolong pada pemimpin legitimate power dimana memiliki kekuasaan berdasarkan posisinya dalam perusahaan sebagai pimpinan produser di IBS Network. Kekuasaannya meliputi dapat merekrut dan memberhentikan bawahannya, memberikan project kepada para produsernya, memonitor pekerjaan para produser, dan mengakui keberhasilan para bawahannya. Selain itu, Jerry juga memiliki reward power karena memiliki kemampuan untuk memberikan tangible reward (bonus, pilihan penugasan, dan kenaikan gaji) dan intangible rewards (kata-kata penghargaan, respect) dan coersive power untuk memberikan hukuman kepada bawahannya, seperti pemecatan dan pengurangan dana.

Becky Fuller

Morning Glory - Kapanlagi.com

Becky Fuller sebagai produser acara TV Daybreak tergolong pada pemimpin legitimate power dimana memiliki kekuasaan berdasarkan posisinya dalam perusahaan untuk merekrut dan memecat staf dan anchor acara TVnya, menugaskan pekerjaan para stafnya, dan memonitor pekerjaan staf produksi, reward power untuk memberikan pilihan penugasan kepada bawahannya, coersive power untuk memberikan hukuman kepada bawahannya, expert power karena dapat mengubah konsep acara tv, mengatur ritme penyiaran, dan bertanggung jawab atas prduksi acara Daybreak, serta referent power karena dapat mengambil respect dari para bawahan dan rekan kerjanya karena keberaniannya dalam mengambil keputusan secara cepat. 

Characteristic
Jerry Barnes
Becky Fuller

A. Power: The Key to Leadership
Power of Leadership

legitimate power

reward power

coersive power

legitimate power

reward power

coersive power

expert power

referent power

B. Trait and Behavior Model

1. Trait Model

dominance

tolerance for stress

maturity

Intelligence

self-confidence

integrity and honesty

2. Behavior Model

initiating structure

consideration

C. Contingency Models of Leadership

1. Fiedler’s Contingency Model

task-oriented leaders

hubungan leader-member yang buruk

task structure yang tinggi

task-oriented leaders

hubungan leader-member yang buruk

task structure yang tinggi

2. House’s Path–Goal Theory

directive behaviors

achievement-oriented behaviors

directive behaviors

participate behaviors

3. The Leader Substitutes Model

leadership substitute

Non-leadership substitute

2. Trait and Behavior Models of Leadership

Penggunaan trait model dan behavior model untuk menentukan seperti apakah seorang pemimpin yang efektif dan apa yang mereka lakukan sehingga bekerja secara efektif. 

1. Trait Model

Trait model berusaha untuk mengidentifikasi karakter personal yang menjadikannya sebagai pemimpin yang efektif. 

A screenshot of a cell phone  Description automatically generated

Mari kita lihat penggunaan trait model dalam dua karakter pemimpin dalam film Morning Glory tersebut.

Jerry Barnes

Jerry Barnes merupakan seorang pemimpin yang memiliki karakter dominance, dimana berusaha mempengaruhi para bawahannya untuk mencapai tujuan organisasi, tolerance for stress karena membantu Becky untuk memberikan kesempatan selama 6 minggu dalam menaikkan rating acara Daybreak dan membantu meyakinkan para pimpinan untuk mau melanjutkan penyiaran Daybreak. dan maturity dengan membantu bawahannya agar tidak bertindak ceroboh, mengontrol emosi bawahan, dan mengakui jika mereka membuat kesalahan.  

Becky Fuller

Karakter Becky Fuller digambarkan sebagai pemimpin intelligence yang diceritakan bahwa Becky sanggup menangani setiap permasalahan yang kompleks, self-confidence dengan memberikan rasa percaya diri kepada bawahannya dan tidak mudah menyerah mencari solusi ketika menghadapi setiap hambatan, dan integrity and honesty dimana Becky bertindak secara etis dan mendapatkan kepercayaan dari para bawahannya.

2. Behavior Model

Model ini memiliki dua macam leader behavior, yaitu consideration dan initiating structure. Jerry Barnes cenderung memiliki sifat initiating structure, yaitu perilaku manajer yang selalu memastikan bahwa tugas berjalan sesuai rencana, bawahan yang mengerjakan proyek dengan baik, dan hasil sesuai tujuan perusahaan dengan efisien dan efektif. Sedangkan Becky Fuller memiliki perilaku consideration dimana selalu melihat ke dalam atas kesulitan yang dihadapi bawahannya dan membantu memecahkan setiap kesulitan yang dihadapi bawahannya. 

Chapter 16 Promoting Effective Communication

1. Communication and Management

Komunikasi adalah berbagi informasi diantara dua atau lebih individu atau grup untuk mencapai kesamaan pemahaman. Komunikasi yang baik akan membantu meningkatkan efisiensi, meningkatkan kualitas, meningkatkan responsiveness pada konsumennya, dan merangsang inovasi pada suatu organisasi.

Proses komunikasi terdiri dari dua fase, transmission phase yaitu informasi yang dibagikan diantara dua atau lebih individu atau grup serta feedback phase dimana sebuah kesamaan pemahaman terjadi.

A screenshot of a cell phone  Description automatically generated

Fase transmisi dimana pengirim pesan (sender) memutuskan untuk mengirim pesan (message) dan kemudian pengirim menerjemahkan message ke dalam simbol atau bahasa, yang disebut encoding. Noise mengacu pada apa pun yang menghambat setiap tahap proses komunikasi. Setelah disandikan, sebuah pesan ditransmisikan melalui media ke receiver, orang atau kelompok yang menjadi tujuan pesan tersebut. Medium hanyalah jalur untuk mengirim ke penerima. Pada tahap selanjutnya, penerima mengartikan dan mencoba memahami pesan, suatu proses yang disebut decoding. Feedback phase dimulai oleh receiver, yang berisi konfirmasi bahwa pesan asli telah diterima.

Jerry Barnes dan Becky Fuller menggunakan komunikasi verbal, yaitu proses encoding pesan melalui kata-kata, tulisan, dan ucapan dan komunikasi non verbal ketika berhadapan dengan bawahannya, dimana menggunakan ekspresi wajah, bahasa tubuh, bahkan gaya busana pakaian. 

2. Information Richness dan Communication Media

Dalam berkomunikasi, Jerry Barnes dan Becky Fuller menggunakan media face-to-face communication, dimana saling bertatap muka disaat Jerry merekrut, membagi pekerjaan, serta mengevaluasi kinerja Becky. Selain itu, Jerry menggunakan impersonal written communication yaitu menggunakan media tulisan berupa laporan dalam membagikan evaluasi hasil rating program acara tv para produsernya.

A close up of a piece of paper  Description automatically generated

Becky Fuller menggunakan media face-to-face communication, saat mengadakan rapat harian dengan para bawahannya untuk menyampaikan ide dan mencari solusi permasalahan, serta spoken communication electronically transmitted dimana Becky memberikan arahan melalui media suara saat produksi acara Daybreak berlangsung menggunakan alat microphone.

3. Communication Networks

Communicaton network adalah bentuk aliran informasi pada sebuah grup atau tim di dalam sebuah organisasi. Becky Fuller menggunakan jaringan wheel network dimana informasi mengalir dari bawahannya kepada satu tokoh sentral, yaitu Becky sebagai produser Daybreak. Tipe jaringan komunikasi ini memberikan keuntungan dalam menghemat waktu komunikasi dan tokoh sentral mampu mengambil keputusan dengan lebih cepat saat terjadi permasalahan.

A picture containing building, man, refrigerator, white  Description automatically generated

Dalam film tersebut juga digambarkan komunikasi naik dan turun (vertical communication) dalam suatu organisasi dimana Jerry Barnes mengkomunikasikan pesan para pimpinan IBS Network kepada Becky dan Becky menyampaikan hasil kinerjanya selama menjadi produser Daybreak kepada Jerry. Selain itu, terdapat pula horizontal communication saat Becky berkomunikasi dengan sesama produser lain di stasiun TV tersebut, Adam Bennett. Jaringan informal (grapevine) terjadi sewaktu Becky bersama para bawahannya membicarakan mengenai pengalamannya masing-masing dan gosip dalam stasiun tv tersebut.

Saran/Solusi Kreatif:


1. Perbaikan Four Managerial Tasks:

Planning

Jerry Barnes terlalu ketat dalam menetapkan anggaran produksi dan menetapkan target rating acara TV yang terlalu tinggi sehingga banyak produser yang mengajukan berhenti karena tidak mampu menanggung beban pekerjaan. Untuk itu, Jerry pelu memikirkan komunikasi yang efektif antara dirinya dan bawahan dalam menetapkan target, mendengarkan suara bawahannya mengenai langkah-langkah pencapaian target, dan penyesuaian anggaran sehingga tujuan perusahaan tidak dinilai mustahil untuk dicapai para produsernya.

Organizing

Perekrutan karyawan perlu dinilai tidak hanya berdasarkan latar belakang dan penghargaan yang didapatkan, namun Becky juga perlu mempertimbangkan karakter individu dan rekomendasi dari pimpinan dan rekan kerja calon staf sebelumnya. Karakter bawahan yang buruk dapat merusak rencana yang sudah disusun matang oleh Becky.

Leading 

Dalam memimpin bawahannya, pemimpin tidak hanya mengandalkan kemampuan teknis saja, namun juga kemampuan mendengarkan suara dan ide para stafnya. Di samping itu, kemampuan untuk membangun hubungan interpersonal dengan bawahannya pun diperlukan untuk mengetahui motif mengapa bawahan tersebut seringkali melakukan kesalahan.

Controlling

Becky perlu belajar dari para produser senior mengenai kemampuan untuk mengontrol bawahannya (human skills) yang berbuat ulah dan cara menegur yang efektif agar kesalahan tidak terjadi berulang-ulang.

2.  Planning and Strategist
a. Variasi Konten Acara Daybreak untuk Menaikkan Rating

Becky Fuller dapat memanfaatkan pengetahuan dan hobi dari dua anchor seniornya sehingga konsep dan isi acara TV tidak membosankan. Contohnya, Colleen Peck dapat mengisi acara ringan yang dapat menghibur penonton sedangkan Mike Pomeroy dapat mengisi acara yang sesuai dengan hobinya, seperti berburu, memancing, memasak, bahkan membongkar kasus kriminal.

b. Mempekerjakan Pegawai Outsourcing

Selain mempekerjakan pegawai tetap, IBS Network dapat menggunakan tenaga kerja outsourcing untuk menghemat dana produksi. Perekrutan karyawan muda pun dapat dilakukan untuk memberikan ide-ide segar di setiap acara.

3. Effective Communication
a. Memperbaiki Cara Berkomunikasi dari Pimpinan ke Bawahan

Kurangnya interaksi yang intens antara pimpinan dan bawahan di luar jam kantor turut mempengaruhi ketidakharmonisan Becky dan bawahannya. Untuk itu, Becky perlu meluangkan waktu bersama stafnya, seperti makan bersama setelah pulang kantor untuk mempererat hubungan atasan dan bawahan.

b. Membagi Waktu antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Sesulit apapun pekerjaan yang dilakukan, Becky perlu membagi waktu pekerjaan dan kehidupan pribadinya. Becky mengalami kejadian yang buruk ketika dirinya hanya berfokus pada pekerjaan namun melupakan waktu bersama sang kekasih. Keadaan mulai berbalik ketika Becky kembali memperbaiki hubungan bersama kekasihnya, satu demi satu masalah mulai terpecahkan. Dalam hal ini, terdapat pelajaran penting bahwa situasi dalam kehidupan pribadi memiliki pengaruh terhadap kinerja individu tersebut di tempat kerjanya.

c. Pemimpin yang Mencoba Memahami Perasaan Bawahan (Empathetic)

Sebagai seorang pemimpin yang baik, Jerry Barnes dan Becky, perlu berusaha memahami apa isi pesan dari sudut pandang si pengirim pesan, bukan dari sudut pandangnya sendiri. Becky selalu kesal setiap kali sang anchor, Mike Pomeroy melakukan hal-hal yang menurutnya tidak patut dan menyebalkan. Namun demikian, Becky gagal melihat dari sudut pandang Mike bahwa ia melakukan hal demikian karena berita yang disajikan Daybreak terlalu membosankan sehingga menyebabkan ratingnya selalu jelek. Bila keduanya saling memahami pandangan masing-masing, maka pimpinan dan bawahan akan saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.

Penulis

Wulan Suparwanti, Pra MBA Eks B 40C Kampus Jakarta

Daftar Pustaka

Jones, Gareth R. and Jennifer M. George. 2020. Contemporary management 11th Edition. New York: Mc Graw Hill Education




Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format