The Great Hack: They took your data, then they took control. Do you mind?

Film dokumenter yang memberi gambaran skandal 5.000 titik data pemilih Amerika yang dimiliki Cambridge Analytica digunakan untuk persaingan politik


0

Film The Great Hack merupakan film dokumenter yang dirilis pada 24 Juli 2019 di Netflix. “siapa yang pernah melihat iklan yang meyakinkanmu bahwa mikrofonmu dapat mendengarkan percakapanmu?”

Sulit membayangkan bagaimana caranya, tapi nyatanya perilakumu sedang diprediksi secara akurat. Jadi, iklan yang terlihat sangat akurat, dapat menguping kita, bisa saja menjadi bukti penargetan yang berhasil dan dapat memprediksi perilaku kita. Tapi, apabila iklan tersebut tidak telalu mengganggu maka kapan akan menjadi buruk? 

SINOPSIS

Kita hidup di era digital saat ini. Era dimana semua orang dapat saling betukar informasi, berbagi pengalaman, dan menjadikan kita tidak merasa kesepian dengan cara yang mudah. David Carrol yang merupakan profesor Parsons School of Design beliau mengajar media digital dan mengembangkan aplikasi. David megetahui data dari aktivitas daring yang faktanya tidak menguap begitu saja. Ia terus menggali lebih dalam dan sadar bahwa jejak digital yang digunakan setiap individu saat ini sedang ditimbang menjadi industri bernilai triliun dolar per tahun. Hal ini menjadi komoditas. Banyak individu sangat senang sekali dengan konektivitas gratis tanpa mau repot membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. David sudah lama peduli akan penyalahgunaan data dari informasi miliknya dan dapat mempengaruhi masa depan anak-anaknya. Setelah pemilu 2016 ia menyadari bahwa hal tersebut sudah terjadi di bawah pengawasan seperti skenario terburuk telah terjadi pada teknologi. Ia sangat terobsesi untuk menemukan jawaban akan ketakutannya itu.

Proyek Alamo dimana pasukan digital operasi kampanye Trump dibentuk. saat proyek ini mencapai puncaknya mereka menghabiskan $1 juta perhari untuk iklan Facebook. dan pasukan ini memiliki orang-orang dari Facebook, Youtube, Google. Perusahaan Cambridge Analytica juga ikut serta pada proyek alamo tersebut, semacam otak dan senjata dari data Alamo yang dapat menargetkan negara bagian ini dan itu. Dan ini merupakan rahasia mereka. 

Cambridge Analytica mengklaim memiliki 5000 data pemilih Amerika. Pihak pertama yang membongkar rahasia ini yaitu The New York Time dan The Observer. Dalam kedua laporan tersebut menyebutkan Cambridge Analytica telah mengambil sekitar 50 juta akun Facebook pemilih Amerika secara ilegal pada 2014. Dan  di tahun 2016 penyalahgunaan data pengguna Facebook sebanyak 87 juta oleh Cambridge Analytica/SCL data ini digunakan untuk kampanye di berbagai belahan dunia.

Seperti yang diberitakan Time, awalnya Cambridge Analytica meminta informasi dari pengguna Facebook untuk kebutuhan penelitian akademik. Salah satu kerjanya yaitu mendapatkan informasi dengan menganalisis nama, lokasi, jenis kelamin, dan hal-hal yang disukai pengguna. Dari data tersebut dapat menjadikan kerentanan mental seseorang dengan pesan politik yang ditargetkan. 

Skandal ini kemudian membawa Facebook ke dalam putaran masalah. Dengan tuduhan utama bahwa Facebook tidak bisa menjaga kerahasiaan data setiap pengguna. atas kasus ini Mark Zuckerburg selaku bos Facebook dipanggil ke kongres Amerika untuk menjelaskan kejadian perkara. 

Manager and Managing

A Manager’s Goal

Salah satu tujuan utama yang dapat dicapai perusahaan adalah menyediakan barang dan jasa yang diinginkan pelanggan. Metode yang digunakan mirip dengan Netflix yaitu merekomendasikan film untuk penggunanya melalui Facebook dan membuat konten yang dapat menarik seseorang. Keakuratan metode ini bekerja seperti metode penyasaran pemilih yang berbasis ras, usia, dan gender. ini memungkinkan terjadinya penggabungan data pribadi untuk tujuan politik dan ini menjadi alat kampanye yang berharga. Tujuan pemimpin yaitu agar tercapainya kinerja yang efektif dan efisien. 

Berdasarkan film The Great Hack CEO atau pemimpin dari Cambridge Analytica Alexander Nix memiliki tingkat efektifitas dan efisiensi yang rendah dikarenakan ia memilih untuk mengambil data banyak orang pada iklan Facebook di seluruh dunia tanpa terlihat bahwa mereka mengambil data tersebut sebagai senjata untuk kepentingan politik sehingga menyebabkan para pengguna yang mengikuti iklan tersebut kecewa. Dikarenakan tidak semua pemilih ingin memilih yang diinginkan Cambridge Analytica hingga perusahaan tergugat dan membayar denda sampai pada akhirnya karyawannya  Brittany Kaiser mengaku bahwa CA tidak baik dan perusahaan di bubarkan.

Ethics and Social Responsibility

Fairness dan Kejujuran adalah inti dari etika bisnis dan berhubungan dengan pengambilan keputusan. Selain mematuhi Hukum, Pelaku bisnis diminta untuk tidak membahayakan pelanggan, karyawan, klien, atau pesaingnya. Dan ketidakjujuran karena kurangnya keterbukaan dan perbuatan bohong. 

Pada film ini, karyawan CA Brittany Kaiser selama diwawancara, Brittany tampak tidak terbuka akan informasi pekerjaan yang ia lakukan dikarenakan untuk melindungi perusahaannya yang buruk untuk mendukung politik sayap kanan. Sehingga David dan rekannya menggugat perusahaan tersebut untuk diminta kembali data miliknya. CEO Cambridge Analytica selalu tidak ingin terbuka akan informasi, bahkan ia tidak ingin diwawancarai untuk film The Great Hack ini. Ini menunjukkan bahwa terdapat ketidakjujuran, kurangnya kode etik untuk keberlangsungan hidup perusahaan yang baik dan tidak keterbukaan perusahaan ini ke public yang menjadikan pelanggan tidak lagi mengharapkan perusahaan ini.

Managing Conflict, Politics, and Negotiation

Konflik dalam organisasi merupakan adanya masalah ketika tujuan, nilai dari individu atau kelompok tidak sesuai dan menghalangi untuk mencapai tujuannya. Manajer sangatlah penting bagi organisasinya untuk mengembangkan dan dapat mengatasi konflik di perusahaan. Adanya konflik dapat mempengaruhi kinerja. 

Ada 3 tipe konflik di dalam organisasi, diantaranya:

  1. Konflik Antar Perorangan (Interpersonal Conflict) yang terdapat di dalam film ini ketika Brittany Kaiser tidak mengerti tujuan manajer memperkerjakan ia.
  2. Konflik Dalam Grup (Intragroup Conflict) yang terdapat dalam film ini saat Facebook membantu proyek Alamo untuk diambil datanya untuk disalahgunakan menjadi vote sayap kanan yang anti presiden sebelumnya
  3. Konflik Antar Grup (Intergroup Conflict) yang terdapat dalam film ini antara David dan beberapa rekannya menuntut terhadap Cambridge Analytica untuk mengembalikan data miliknya dan milik orang lain yang memang tidak mendukung sayap kanan

Source of Conflict

  • Task Interdependencies. adanya saling ketergantungan antara Cambridge Analytica dengan proyek Alimo yang dapat memberikan data untuk keberlangsungan hidup perusahaan
  • Incompatible Evaluation or Reward Systems, kurangnya evaluasi antara manager Cambridge Analytica terhadap karyawan yang bekerja diluat Amerika dan kurangnya reward yang diberikan sebagai bentuk terimakasih telah terbantu mendapatkan data

Negotiation

Pada film ini terdapat negosiasi ketika David menggugat Cambridge Analytica lewat jalur hukum dan mencari tahu lebih banyak informasi sebelumnya, sehingga Cambridge Analytica mengaku salah dan menutup perusahaan dan membayar sanksi yang ada

Saran

1. Sebagai individual kita bisa membatasi data yang akan kita kasih di social media dan harus paham bagaimana data dapat mempengaruhi hidup kita

2. Sebaiknya perusahaan dapat bertanggung jawab atas privasi yang diberikan oleh setiap individu

3. Mengikuti aturan pemerintah yang berlaku, dan jangan berlaku curang, lebih terbuka dan tidak menutupi kebenaran

DAFTAR PUSTAKA

Jones, Gareth dan George. 2020. Contemporary Management. New York: Mc Graw Hill Education

https://id.wikipedia.org/wiki/The_Great_Hack (Source of Google, Di akses pada tanggal 04-Mei-2020)

MUNA MUFIIDAH

19REG76091 – PRA MBA 76D

MM UGM YOGYAKARTA


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Munamfdh

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format