GOLD (2016) : THE WORST GOLD MINING SCANDAL IN HISTORY?

Skandal Pertambangan Emas Yang Belum Dapat Diungkap Misteri Dibaliknya


4
2 shares, 4 points

SINOPSIS GOLD (2016)

Gold (2016), film yang disutradarai oleh Stephen Gaghan ini, merupakan film yang terinsiprasi dari kisah nyata yaitu skandal pertambangan emas terbesar di dunia yang dilakukan oleh perusahaan Kanada bernama Bre-X (dalam film ini bernama Washoe Mining) dan yang lokasi penambangannya berada di daerah Busang, Kalimantan. Skandal pertambangan emas ini berawal dari usaha pertambangan yang dijalankan oleh Kenny Wells (diperankan oleh Matthew McConaughey) dan Michael Achosta atau biasa dipanggil Mike (diperankan oleh Edgar Ramirez).

Pada tahun 1981, Kenny Wells, membantu perusahaan yang sudah sangat mapan bernama Washoe Mining bersama dengan sang ayah. Tujuh tahun berlalu, sepeninggal ayahnya, Washoe Mining hampir mengalami kebangkrutan dan kehilangan kantor operasionalnya sehingga Kenny dan rekan-rekannya berkantor di sebuah bar bersama dengan pacarnya, Kay.

Gambar Suasana Kantor Whasoe Mining Setelah Mengalami Keterpurukan

Kenny, yang sekarang tinggal bersama dengan Kay, dengan penuh keyakinan dan rasa pantang menyerah, pergi ke Indonesia untuk menemui seorang ahli geologi yang bernama Michael Achosta. Meskipun mereka mengalami kesulitan dari segi finansial, Kenny berhasil membuat Mike yakin untuk memulai bisnis pertambangan emas.

Gambar Pertemuan Kenny dan Mike di Indonesia

Sebelum memulai usaha mereka, Kenny dan Mike membuat sebuah perjanjian personal antara mereka berdua pada selembar tisyu. Mereka berjanji akan membagi setiap keuntungan yang didapat dari usaha mereka akan dibagi sebesar 50-50 atau sama besar. Kenny kemudian pergi kembali ke Amerika Serikat dan mengumpulkan uang yang diperlukan untuk memulai bisnis pertambangan emas mereka.

Bisnis yang mereka mulai tidak sepenuhnya berhasil. Kegiatan eksplorasi pertambangan emas mereka belum dapat menghasilkan emas sehingga para pekerja sampai memutuskan untuk mogok bekerja sampai Mike harus membujuk para pekerja dengan memberikan air bersih apabila mereka kembali bekerja. Hal tersebut ditambah dengan Mike harus mengalami sakit malaria yang mengakibatkan dia tidak sadarkan diri untuk waktu yang cukup lama. Setelah Kenny tersadarkan dari sakitnya, Mike mengabarkan bahwa mereka telah menemukan simpanan emas yang sangat banyak jumlahnya. Penantian dan usaha keras Kenny dan Mike akhirnya membuahkan hasil.

Gambar Kenny dan Mike Telah Berhasil Menemukan Emas di Kalimantan

Kenny pun kembali ke Amerika Serikat dan kembali membangun perusahaan Washoe Mining yang sempat terpuruk dengan membangun sebuah kantor baru. Hal tersebut membuat sebuah bank besar Wall Street tertarik untuk bekerja sama dengan Kenny. 

Ditemani Mike, setelah beberapa perselisihan, Kenny memutuskan untuk menemani beberapa rekan bank pergi menuju Indonesia untuk menunjukkan kegiatan operasional pertambangan emas Washoe Mining. Pihak bank akhirnya menginvestasikan dananya sebesar 20 Juta USD pada perusahaan Washoe Mining dan membuat perusahaannya menjadi perusahaan publik (go public). Pada hari pertama di pasar saham, perusahaan Washoe Mining mengalami pelonjakan valuasi sahamnya secara signifikan.

Setelah mengalami kesuksesan, gaya hidup Kenny menjadi sangat mewah. Kenny sering melakukan pesta dengan rekan-rekannya. Di sisi lain, pacarnya, Kay, bersikap skeptis dan berhati-hati agar Kenny tidak ditipu oleh rekan-rekan bisnisnya. Kay sempat mendapati Kenny sedang digoda oleh wanita lain bernama Rachael Hill dan Kenny lebih memilih Rachael dibandingkan Kay.

Gambar Momen Washoe Mining Berada pada Puncak Kesuksesan

Pada suatu saat, Kenny sempat didekati oleh seorang pengusaha pertambangan yang sangat besar bernama Mark Hancock. Mark memberikan penawaran sebesar 300 Juta USD untuk membeli usaha pertambangan milik Kenny. Kenny merasa tersinggung atas penawaran tersebut karena nama Kenny dihapus dari kepemilikan perusahaannya dan menolaknya secara tegas.

Setelah kejadian tersebut, Mike memberi kabar kepada Kenny bahwa operasional pertambangan mereka di Indonesia telah diberhentikan oleh pemerintah Indonesia. Terungkap juga bahwa seorang presiden Amerika Serikat sebelumnya merupakan salah satu jajaran direksi perusahaan milik Mark dan merupakan sahabat dari presiden Indonesia saat itu, Soeharto.

Gambar Pertambangan Operasional Washoe Mining Diberhentikan Oleh Pemerintah Indonesia

Meskipun Kenny sempat putus asa, Mike langsung kembali ke Amerika Serikat untuk merencanakan menghidupkan kembali usaha yang mereka rintis. Rencana yang mereka ambil adalah negosiasi dan menjalin kerja sama dengan salah satu putra Presiden Soeharto, Danny Soeharto, untuk mendapatkan kembali izin pertambangan di Indonesia. Usaha pertambangan mereka pun dapat dilanjutkan kembali dengan pembagian keuntungan sebesar 15% untuk pihak Kenny dan Mike serta 85% untuk Danny Soeharto.

Kenny pergi kembali ke Amerika Serikat untuk menemui Kay, namun didapati Kay sedang bersama pria lain. Kenny mendapatkan info bahwa dia diberi penghargaan Golden Pickaxe, sebuah penghargaan yang sangat bergengsi untuk pemburu atau pencari harta. Malam diakhiri dengan sangat baik dengan pidato yang sangat memukau dari Kenny.

Esok harinya, terdapat hal yang janggal bahwa terdapat demonstrasi di depan kantor Washoe Mining. Telah beredar luas berita bahwa Mike terlibat pemalsuan seluruh usaha pertambangan dengan menciptakan emas imitasi atau palsu dengan metode salting atau pengasinan. Kenny juga merasa tertipu oleh rekannya, Mike, karena telah memalsukan hasil pertambangan mereka bahwa kandungan yang mereka dapat adalah emas, sedangkan yang sebenarnya adalah tembaga. Dadapati kabar juga bahwa Mike telah melarikan diri dan tidak ditemukan keberadaanya.

Gambar Demonstrasi Yang Terjadi Di Depan Kantor Washoe Mining

FBI kemudian datang dan memeriksa Kenny mengenai kronologis dugaan penipuan yang dilakukan oleh Kenny dan Mike. FBI mempercayai bahwa Mike telah ditangkap oleh pihak pemerintah Indonesia dan dipaksa untuk lompat dari helikopter yang terbang di atas 1.000 kaki di atas hutan. Ditemukan juga sesosok mayat di tengah hutan tanpa wajah dan tangan yang diduga telah dimakan oleh binatang buat. Mayat tersebut belum dapat dipastikan bahwa itu adalah Mike, sehingga kematian Mike masih belum dapat dibuktikan. Dikabarkan juga bahwa Mike sebelum melarikan diri, sempat menjual saham-saham miliknya senilai 164 Juta USD.

Setelah kejadian tersebut, Kenny kembali kepada Kay dan meminta maaf atas semua perbuatannya. Kay memberi tahu kepada Kenny bahwa banyak surat-surat yang ditujukan kepada Kenny saat mereka berpisah dan salah satu surat-surat tersebut adalah surat dari sahabatnya, Mike. Dalam surat tersebut, terdapat sebuah sehelai tisyu yang digunakan sebagai kontrak personal antara mereka berdua yang bertuliskan “50-50”. Di dalam surat tersebut juga terdapat sebuah cek sebesar 82 Juta USD. Kenny pun tersenyum karena ternyata sahabatnya, Mike, tidak melupakan perjanjian yang dibuat antara mereka berdua meskipun keberadaan Mike sampai saat ini belum diketahui.

Gambar Pesan Yang Dikirim Oleh Mike Kepada Kenny

PERMASALAHAN YANG DIHADAPI DALAM FILM GOLD

Cerita berawal dari perusahaan pertambangan yang bernama Washoe Mining yang dikelola oleh ayahnya Kenny dan setelah ayahnya meninggal, manajemen perusahaan dipegang oleh Kenny. Kenny tidak bisa mengulang masa kejayaan perusahaan seperti yang dijalankan orang tua maupun kakeknya sehingga perusahaan tidak dapat beroperasi dengan baik. Masa-masa sulit harus dijalani Kenny, mulai dari masalah keuangan, utang yang menumpuk, penjualan asset perusahaan maupun pribadi, penurunan valuasi perusahaan, sampai dengan pemindahan kantor operasional ke bar milik pacarnya Kenny, Kay.

Oleh karena ambisi dan semangat yang tinggi untuk mengembalikan masa kejayaan Washoe Mining, Kenny mengajak salah satu temannya, yang merupakan geologis yang bernama Mike. Risiko yang diambil sangat besar karena mereka belum mengetahui dengan mendalam mengenai kondisi wilayah yang akan dilakukan eksplorasi. Perizinan juga merupakan masalah yang harus mereka hadapi. Selain itu, mereka tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai usahanya, sehingga mereka harus berutang kepada rekan-rekan bisnis mereka. Usaha mereka tidak berjalan baik karena mereka tidak mendapatkan kandungan emas dalam waktu yang cukup lama sehingga mereka ditinggal para pekerjanya. 

Gambar Momen Usaha Pertambangan Washoe Mining Belum Menghasilkan

Ketika sudah mendapatkan kandungan emas dari hasil tambang mereka, Kenny terlalu merasa senang dan percaya apa yang dikatakan oleh Mike tanpa memeriksa kembali terkait laporan tersebut. Setelah dapat bekerja sama dengan salah satu bank besar Wall Street, Kenny merasa sombong dan puas diri atas pencapaian yang telah diraih. Kenny juga memiliki sifat tempramental dan cepat emosi. Terbukti dari hasil negosiasi dengan salah satu pengusaha pertambangan terbesar di Amerika Serikat, Mark Hancock, berakhir tidak baik. Hal tersebut berakibat pada berhentinya perizinan pertambangan Washoe Mining di Indonesia akibat Mark Hancock yang tidak terima atas perbuatan Kenny. Setelah diselidiki, salah satu direksi dari perusahaan milik Mark merupakan presiden Amerika Serikat yang pendahulu dan sahabat dari Presiden Indonesia saat itu, Soeharto. Bisnis yang telah dijalani harus dirintis dari awal lagi dengan bekerja sama dengan salah satu putra dari Presiden Soeharto, Danny Soeharto dengan pembagian keuntungan yang didapati pihak Kenny dan Mike hanya 15%.

Gambar Momen Kenny Harus Mengelus Harimau Untuk Dapat Bekerja Sama Dengan Danny Soeharto

Setelah memulai kembali bisnis mereka, muncul informasi yang berdampak besar bagi perusahaan Washoe Mining. Beredar informasi bahwa setelah dilakukan pengecekan secara independen, didapati bahwa kandungan emas dari hasil pertambangan milik perusahaan Washoe Mining adalah bukan emas, melainkan tembaga. Kandungan emas yang didapatkan dari hasil pertambangan Washoe Mining adalah melalui proses salting (pengasinan). Mike juga telah menjual seluruh kepemilikan sahamnya dan keberadaannya tidak diketahui. Valuasi saham Washoe Mining juga menurun secara drastis dan perdagangan saham perusahaan terkena suspend akibat kasus skandal yang dilakukan.

Kenny harus berurusan dengan pihak kepolisian dan tidak bisa menjalankan bisnisnya kembali karena diduga telah melakukan skandal pertambangan bersama dengan rekannya, Mike. Berdasarkan penyelidikan, Mike ditemukan tidak bernyawa di sekitar hutan di Kalimantan akibat perbuatannya meskipun belum dapat dipastikan mayat tersebut merupakan Mike atau tidak.

ANALYTICAL THINKING

Analisis SWOT

Sebelum menjalani sebuah bisnis, tahap pertama yang harus dilakukan oleh seorang manajer adalah planning (perencanaan). Perencanaan merupakan sebuah proses dimana manajer dapat mengidentifikasi dan memilih tujuan dan tindakan-tindakan yang akan ditetapkan perusahaan. Hasil dari perencanaan yang telah dilakukan akan menghasilkan strategi-strategi yang akan diimplementasikan untuk mencapai tujuan perusahaan. Strategi sendiri memiliki arti sekumpulan keputusan yang akan diambil dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Perencanaan sendiri dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

  1. Penetapan misi dan tujuan dari organisasi;
  2. Formulasi strategi;
  3. Implementasi strategi;

Gambar Tiga Tahap Perencanaan

Dalam film Gold, Kenny berusaha untuk membangkitkan perusahaan yang telah diteruskan oleh keluarganya. Kenny memiliki misi untuk menjadi perusahaan pertambangan yang terbaik dan terbesar serta dapat memberikan nilai bagi para pemegang saham dan para pegawainya.

Formulasi strategi merupakan sebuah pengembangan strategi perusahaan, bisnis, dan fungsional untuk tercapainya misi dan tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Metode yang biasa digunakan dalam melakukan formulasi strategi adalah analisis SWOT. 

Analisis SWOT merupakan metode perencanaan yang dilakukan oleh para manajer untuk mengidentifikasi Strengths (keunggulan internal organisasi), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang lingkungan eksternal) dan Threats (ancaman). Hal-hal yang ditekankan dalam analisis SWOT ini adalah sebagai berikut :

Tabel Pertanyaan Dalam Analisis SWOT

Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut, Kenny dan Mike harus melakukan analisis SWOT yang dimiliki oleh perusahaan Washoe Mining. Adapun analisis SWOT Perusahaan Washoe Mining adalah sebagai berikut :

Tabel Analisis SWOT Perusahaan Washoe Mining

Berdasarkan analisis SWOT-nya, perusahaan memiliki Strengths dan Opportunities yang cukup besar sehingga perusahaan milik Kenny dan Mike diproyeksikan usahanya akan berjalan dengan baik dan bisa bertumbuh menjadi lebih besar lagi. Di samping Strengths dan Opportunities-nya, masih terdapat Weaknesses dan Threats yang harus dihadapi dan dimitigasi agar tidak menghambat usaha bisnisnya. Meskipun perencanaan dan persiapan dari Kenny yang tidak terlalu baik, perusahaan dapat mencapai kejayaannya dengan bekerja sama dengan bank besar Wall Street dan meningkatkan valuasi perusahaan di pasar saham.

Leadership

Salah satu fungsi utama manajer selain planning adalah leading (memimpin). Memimpin merupakan tugas seorang manajer untuk menyatukan visi yang jelas dan membuat anggota dari organisasi mengerti tugas, bagian, dan perannya masing-masing untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Leadership (kepemimpinan) merupakan sebuah proses untuk memberikan pengaruh kepada orang lain, menginpirasi, memotivasi, dan mengarahkan kegiatan mereka untuk mencapai tujuan organisasi. Leader (pemimpin) di lain hal merupakan seseorang yang mampu memberikan pengaruh kepada orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Terdapat beberapa jenis power (kekuasaan) yang dapat dimiliki seseorang untuk menjadi seorang pemimpin, antara lain sebagai berikut:

1. Legitimate power (kekuasaan sah)

Hal ini merupakan otoritas ataupun kekuasaan yang dimiliki oleh seorang pemimpin berdasarkan hierarki dalam organisasi.

2. Reward power (kekuasaan balas jasa)

Kekuasaan yang dimiliki seorang pemimpin untuk memberikan balas jasa (reward) kepada orang lain untuk melakukan apa yang dimintanya.

3. Coercive power (kekuasaan paksaan)

Kekuasaan seorang pemimpin untuk memberikan hukuman atau ancaman kepada seseorang untuk melakukan suatu hal yang diminta.

4. Expert power (kekuasaan keahlian)

Keahlian, pengetahuan, ataupun keterampilan yang dimiliki seseorang. Sering kali keahlian atau keterampilan tersebut dapat dimiliki melalui dengan pengalaman yang cukup banyak.

5. Referent power (kekuasaan rujukan)

Kekuasaan yang dimiliki seseorang atas dasar penghormatan, kekaguman, loyalitas dari orang lain.

Gambar Sumber Kekuasaan Pemimpin

Dengan berkembangnya gaya kepemimpinan dari waktu ke waktu, terdapat sebuah konsep transformational leadership (kepemimpinan transformasional). Kriteria dari kepemimpinan transformasional adalah sebagai berikut :

  1. Membuat bawahan menyadari pentingnya pekerjaan yang mereka lakukan bagi organisasi dan pentingnya mereka untuk melakukan pekerjaan tersebut sebaik mungkin untuk mencapai tujuan organisasi;
  2. Membuat bawahan sadar akan kebutuhan mereka sendiri untuk pertumbuhan, perkembangan, pencapaian pribadi masing-masing.
  3. Memotivasi bawahan untuk bekerja demi kebaikan organisasi, bukan hanya keuntungan pribadi.

Transformational managers

Subordinates of transformational managers

Are charismatic

Have increased awareness of the importance of their jobs and high performance

Intellectually stimulate subordinates

Are aware of their own needs for growth, development, and accomplishment

Engage in developmental considerations

Work for the good of the organization and not just their own personal benefit

Tabel Transformational Leadership

Berkaitan dengan film Gold, perusahaan Washoe Mining dipimpin oleh Kenny dan Mike. Mereka berdua memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda.

1. Kenny Wells

Gambar Kenny Wells

Kenny memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Semua anak buahnya selalu merasa segan, kagum, dan hormat kepada dia. Kenny juga memiliki karakter yang dominan, sehingga dalam diskusi maupun negosisasi seringkali Kenny yang menang dalam berargumen, bahkan sampai dengan pertengkaran dan pertikaian. Dilihat dari power yang dimilikinya, Kenny memiliki beberapa power seperti legitimate, reward, coercive, expert, dan referent power.

  1. Legitimate power : Kenny menjabat sebagai salah satu CEO Washoe Mining bersama dengan Mike.
  2. Reward power : Dalam kepemimpinannya, Kenny selalu menjanjikan kepada para karyawannya pendapatan dan bonus yang meningkat apabila karyawan-karyawannya bekerja denga giat. Bahkan para karyawannya berhak mendapatkan sebagian saham dari Washoe Mining apabila tetap setia kepada Kenny. Kenny seringkali memberikan semangat kepada Mike untuk tetap percaya pada prinsipnya untuk menemukan tambang emas.
  3. Expert power : Washoe Mining sebelumnya dikelola oleh ayahnya Kenny, sehingga Kenny banyak belajar dari ayahnya meskipun sempat terpuruk usahanya. Kenny juga memiliki kemampuan negosisasi yang baik untuk meyakinkan calon rekan bisnisnya untuk bekerja sama dengannya, termasuk juga Mike yang menjadi partner Kenny.
  4. Coersive power : Oleh karena Kenny memiliki watak yang dominan, keras, dan pemarah, seringkali Kenny dalam sebuah rapat atau diskusi, menggunakan kata-kata yang kasar dan tidak disenangi oleh rekan maupun calon rekan bisnisnya. Hal tersebut berdampak pada hubungan bisnis tidak terjalin dengan baik.
  5. Referent power : Para pegawai Washoe Mining sangat mengagumi Kenny karena telah mengetahui rekam jejak usaha Kenny membangun kembali Washoe Mining yang sempat terpuruk. Begitu juga Mike, yang sangat kagum kepada Kenny atas semangat pantang menyerah yang dia tunjukkan untuk membuktikkan yang terbaik kepada semua orang.

Disamping wataknya yang dominan dan tempramen, Kenny selalu memotivasi para karyawannya bahwa mereka semua merupakan aset yang penting bagi perusahaan dan perusahaan tidak bisa berhasil tanpa kerja sama dengan mereka. Mike sebagai partnernya juga selalu dimotivasi oleh Kenny meskipun pada awalnya sempat meragukannya.

2. Michael Achosta (Mike)

Gambar Michael Achosta (Mike)

Mike merupakan rekan sejawat Kenny dalam membangun kembali perusahaan Washoe Mining yang sempat terpuruk. Mike memiliki beberapa power sebagai seorang leader antara lain :

  1. Legitimate power : Sebagai partner usaha Kenny, Mike memiliki posisi yang penting dalam perusahaan Washoe Mining.
  2. Reward power : Reward power dapat berbentuk tangible rewards maupun intangible rewards. Mike seringkali memberikan motivasi kepada Kenny ketika dia merasa berada pada posisi terpuruk dalam berbisnis. Terbukti ketika Mike dan Kenny dapat saling melengkapi satu sama lain, setiap permasalahan yang dihadapi mereka dapat dilalui dengan baik.
  3. Expert power : Mike sebagai seorang geologis, memiliki peran penting dalam penemuan tambang emas di Kalimantan, Indonesia. Pengetahuan geologi Mike diperoleh melalui pengalaman yang dimiliki Mike.
  4. Referent power : Kenny sangat mengagumi Mike karena pengetahuan yang pengalaman yang dimiliki. Hal tersebut membuat orang lain pun menghormati Mike atas rekam jejak yang dimiliki.

    Bertolak belakang dengan Kenny, Mike lebih memiliki karakter yang tenang. cerdas, dan tidak mudah menyerah. Ketika bisnis Washoe Mining perizinan sempat dicabut oleh pemerintah Indonesia, Mike tidak gegabah dalam bertindak. Mike tetap tenang dan memikirkan jalan terbaik untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Mike selalu memotivasi dan meyakinkan Kenny bahwa mereka bisa bangkit dari keterpurukan usaha mereka. Mereka berdua saling melengkapi, bersinergi dalam menyelesaikan masalah.

Managing Conflict & Negotiation

Konflik organisasi adalah perselisihan yang muncul ketika tujuan, minat, dan nilai-nilai individu atau kelompok yang berbeda tidak sama atau antar individu atau kelompok berupaya untuk saling menghalang-halangi untuk mencapai tujuan mereka.

Konflik memiliki beberapa tipe antara lain sebagai berikut :

  1. Interpersonal Conflict : konflik antar anggota organisasi;
  2. Intragroup Conflict : konflik dalam tim, grup, atau departemen;
  3. Intergroup Conflict : konflik antar grup, tim, atau departemen;
  4. Interorganizational Conflict : konflik antar organisasi.

Gambar Tipe-Tipe Konflik Organisasi

Untuk menyelesaikan konflik, hal yang dapat dilakukan adalah melakukan negosiasi. Negosisasi merupakan metode penyelesaian konflik di mana para pihak membertimbangkan berbagai alternatif untuk mengalokasikan sumber daya sampai mendapatkan solusi yang diterima semua pihak.

Negosiasi sendiri memiliki 2 jenis, yaitu:

1. Distributive negotiation

Tindakan negosisasi saling berlawanan di mana pihak-pihak yang berkonflik bersaing untuk memenangkan sebagian besar sumber daya dan mengakui bahwa pihak yang berkonflik memiliki hak yang sama.

2. Integrative bargaining

Negosiasi secara kooperatif di mana para pihak saling bekerja sama untuk mencapai penyelesaian yang terbaik untuk para pihak. Mereka merasa bahwa sumber daya dipermasalahkan dapat ditingkatkan dengan menggunakan solusi yang kreatif.

Strategi yang dapat dilakukan memfasilitasi integrative bargaining adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan tujuan yang lebih jauh;
  2. Fokus pada orang, bukan pada permasalahan;
  3. Fokus pada minat, bukan tuntutan;
  4. Membuat opsi atau pilihan baru untuk keuntungan bersama;
  5. Fokus kepada apa yang adil bagi semua pihak.

Negotiation Strategies for Integrative Bargaining

Emphasize Superordinate Goals

Focus on the problem, not the people

Focus on interests, not demands

Create new options for joint gain

Focus on what is fair

Tabel Strategi Melakukan Integrative Bargaining

Dalam film Gold, terdapat banyak permasalahan yang timbul di perusahaan Washoe Mining, baik itu interpersonal, intragroup, intergroup, dan interorganizational. Kenny seringkali berbeda pendapat dengan pegawai-pegawainya. Kenny juga sering berselisih dengan Mike dalam menentukan perencanaan stratejik perusahaan Washoe Mining. Kenny juga pernah berselisih dengan Mark Hancock yang berniat membeli perusahaan Washoe Mining yang berakibat tutupnya operasional perusahaan.

Meskipun sering terlibat dapat konflik, Kenny merupakan negosiator yang handal. Bermula dari ajakan kerja sama Kenny kepada Mike untuk memulai usaha pertambangan emas dengan pembagian hasil sama-sama 50%. Lalu negosisasi Kenny dengan para investor dalam pengumpulan modal awal untuk menjalani usaha. Berikutnya perjanjian kerja sama dengan bank besar Wall Street yang membuat perusahaan Washoe Mining meningkat drastis valuasi sahamnya.

Mike juga merupakan negosiator yang handal. Berawal dari pengurusan perizinan pertambangan yang sulit di Indonesia dan pengumpulan para pekerja tambang, pembujukkan kembali para pekerja yang melakukan pemogokan, pengajakkan Kenny yang sedang putus asa akibat izin pertambangannya dicabut oleh Pemerintah Indonesia, hingga bernegosisasi dengan anak Presiden Indonesia, untuk dapat kembali menjalankan usaha pertambangannya di Indonesia.

SOLUTIONS  

  1. Dalam memulai sebuah usaha, sebaiknya Washoe Mining melakukan Planning (Perencanaan) yang lebih baik. Strategi yang dapat digunakan adalah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) sehingga perusahaan dapat mengetahui apa keunggulan yang dapat ditingkatkan dan kekurangan yang harus diminimalisasi. Sebagai contoh, selain bekerja sama dengan Mike, untuk urusan eksplorasi kandungan emas pada wilayah yang berlum terjamah, dapat merekrut tenaga ahli di bidangnya agar terhindar dari kesalahan pengambilan keputusan.
  2. Dari segi leadership (kepemimpinan), Kenny sebaiknya mengurangi penggunaan coercive power karena dalam jangka panjang, akan membuat hubungan kerja baik internal organisasi, maupun dengan pihak luar menjadi tidak harmonis. Kenny dan Mike sebaiknya tetap menggunakan transformational leadership karena dalam jangka panjang akan membuat keberlangsungan yang baik antara karyawan dan perusahaan. Sebagai pemimpin, Kenny juga harus bersikap dewasa, percaya diri, dan tidak mudah menyerah agar rekan kerja yang lain dapat mencontoh dari sikap pemimpinnya.
  3. Dalam melakukan negosisasi, sebaiknya Kenny menggunakan tutur kata dan gaya bahasa yang baik untuk menghindari konflik, baik itu internal, maupun eksternal. Negosiasi harus mendapatkan hasil yang terbaik bagi semua pihak. Selain itu, dalam melakukan negosiasi, Kenny seharusnya tidak menjanjikan sesuatu yang diluar kemampuannya atau realistis (terukur).

Referensi :

Jones, Gareth dan Goerge, Jenifer. 2019. Contemporary Management 11th Edition. Ohio: McGraw-Hill Education

https://www.suara.com/entertainment/2017/03/07/155057/film-gold-kisahkan-penipuan-bre-x-di-era-soeharto

Penulis : Ricky Joseph Martua

Kelas : Eks B Angkatan 40 Kelas C

Reg. Number : 40P20098

Gold Official Trailer 1 (2016) - Matthew McConaughey Movie


Like it? Share with your friends!

4
2 shares, 4 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
2
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
rickyjoseph

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format