CHEF (2014) : Passions to make a delicious Foods

Cerita tentang kehidupan seorang chef profesional restaurant berubah menjadi chef pada truk makanan. antara kemampuan, kesempatan, dan ketenaran.


2
2 points

Sinopsis Chef (2014)

Film ini bercerita tentang seorang Chef bernama Carl Casper yang dibintangi sekaligus disutradarai langsung oleh Jon Favreau. Carl Casper adalah seorang Chef Profesional yang bekerja sebagai kepala koki / juru masak pada sebuah restuaran di kota Los Angeles.

Dalam cerita awal, Carl Casper dengan timnya digambarkan sedang mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan dinilai oleh Ramsey Michael yang diperankan (Oliver Platt) seorang Food Blogger sekaligus kritikus makanan. Dikarnakan masih ada beberapa bahan yang kurang maka Carl Casper memutuskan untuk pergi ke pasar sekaligus menjemput anaknya terlebih dahulu yang mana kita ketahui bahwa Carl Casper dan Istrinya yaitu Inez (Sofia Vergara) sudah berpisah. Dalamsceneini kita dapat melihat konflik yang terjadi, hal ini dapat kita lihat adanya hubungan yang kurang harmonis antara Carl Casper dengan anaknya yang bernama Percy (Amjay Anthony) yang mana hubungan tersebut terasa dingin dan hanya bersifat formalitas karena status ayah dan anak saja. Pada diceritakan bahwa Carl Casper dan Percy dijadwalkan untuk menonton sebuah pertunjukan, tetapi batal dikarnakan Carl Casper lebih memilih untuk kepasar untuk membeli beberapa bahan makanan yang dibutuhkannya, dan meminta Percy untuk menunggu di restauran selama Carl Casper berbelanja namun hal itu di tolak oleh percy dan meminta agar bisa ikut berbelanja.Padascenetersebut Carl Casper menjelaskan bahwa makanan yang akan dia masak akan dinilai oleh kritikus makanan dan dia benci pada orang yang seperti itu karna menyulitkan pekerjaannya sebagai Chef. Dari penjelasan Carl Casper ini kita sudah dapat mengetahui bahwa akan terjadi konflik antara Carl Casper dengan sang kritikus yang akan menilai makananya.

Sepulangnya Carl Casper berbelanja, Sang kepala koki memastikan bahwa kepada timnya apakah semuanya berjalan baik termasuk di dalamnya pelayanan, makanan, serta hal-hal lain agar semuanya sesuai dengan apa yang sang kepala koki harapkan. Tetapi hal tersebut berubah ketika Riva (Dustin Hoffman) pemilik retauran tersebut datang. Riva bertanya apakah Carl Casper berniat untuk mengganti menu makanan untuk hari itu sementara akan banyak pengunjung yang akan datang untuk menikmati makanan yang menjadi andalan restauran tersebut. Carl menjelaskan bahwa menu yang telah ada tidak akan membantu memberikan penilaian yang bagus, maka dari itu Carl yakin bahwa menu yang akan dibuatnya akan mendapatkan penilaian yang baik dan akan memberikan penilaian terhadap dirinya sebagai Chef karna hal tersebut menjadi penting bagi seseorang yang berprofesi sebagai chef yang dianggap sebagai sebuah prestasi. Mendengar hal itu, Riva sebagai pemilik restauran tidak memperdulikan hal tersebut dan Riva menjelaskan bahwa Carl bekerja untuknya dan di restauran miliknya, dan pada akhirnya Carl Casper harus tetap memasak makanan yang menjadi andalan di restauran tersebut.Sceneberlanjut ketika hasil penilaian makanan di keluarkan. Ternyata Carl Casper memperoleh 2 bintang dan mendapat komentar yang tidak menyenangkan terhadap masakan yang dia bersama timnya sajikan dan menjadikan penilaian tersebut menjadi awal konflik anatara Carl Casper dengan sang kritikus makanan.

Cerita berlanjut ketika Carl Casper bertanya tentang media sosial yaituTwitterkepada anaknya dikarnakan rekan tempat ia bekerja menyinggung tentang komentar dirinya yang beredar diTwitter.Setelah dijelaskan secara singkat, Carl meminta kepada Percy untuk dibuatkan akun untuk melihat tentang komentar terhadap dirinya yang dilanjutkan men-tweetcuitan pertamanya untuk menantang sang kritikus makanan untuk mencicipi menu baru yang akan dimasaknya dengan kata-kata kasar. SeketikatweetCarl tersebut menjadi viral dan mengundang ribuan followers dan menjadi yang penasaran ingin mengetahui tentang tantangan tersebut.

Pada saat Carl dengan tim dapurnya sedang mempersiapkan menu masakan yang akan ia sajian, Riva sang pemilik restauran kembali dan mempertanyakan menu baru yang ingin ia sajikan. Riva mengatakan bahwa banyak pengunjung akan datang yang jumlahnya tidak pernah sebanyak itu selama restauran tersebut berdiri. Carl menjelaskan bahwa jumlah tamu yang akan hadir tersebut dikarenakan Carl menantang sang kritikus makan dengan menu yang akan ia sajikan. Namun Riva memiliki pandangan yang berbeda, Riva meminta agar Carl meminta maaf atastweet-nya tanpa memperdulikan komentar kasar yang ditulis oleh sang kritikus terhadap Carl dan meminta Carl untuk tetap memasak menu yang menjadi andalan restauran tersebut. Carl menjelaskan kepada Riva bahwa kesepakatan kerja antara mereka adalah bahwa Carl mengurus dan bertanggung jawab penuh terhadap dapur dan makanannya dan Riva yang menurut penulis adalah bagian administrasi restauran, dengan kesepakatan tersebut Carl tetap ingin membuat menu baru yang akan ia sajikan kepada sang kritikus. Dengan adanya perdebatan/konflik antara Carl dan Riva tersebut, Carl memutuskan untuk keluar dan mengundurkan diri sebagai Chef pada restauran tersebut.

Singkat cerita, Carl mendapatkan tawaran untuk membuat sebuahFood Trucksetelah Carl memutuskan untuk mengundurkan diri. Sebenarnya food truck tersebut sudah pernah di diskusikan antara Carl dan Inez, yang mungkin ide tersebut menjadi salah satu sebab mengapa Carl dan Inez berpisah. Setelah dipertimbangkan oleh Carl, ide tersebut diterima oleh Carl dikarnakan ia membutuhkan pemasukan finansialnya tetapi harus tetap memasak. Scene berlanjut ketika ia diminta untuk menemani Percy untuk ikut bersama Inez ke Miami sekaligus untuk bertemu Martin (Rober Downey Jr.) mantan suami Inez sebelum adanya hubungnan antara Carl dan Inez guna memperoleh food truck.

Food truck yang diberikan oleh Martin kepada Carl ternyata dalam kondisi tidak terawat dan hal tersebut membuat Carl serta Percy terpaksa untuk memberiskan dan membeli peralatan dapur agar food truck tersebut dapat berfungsi kembali dan layak untuk sebuah food truck. Selama Carl dan Percy membersihkan food truck tersebut ternyata Asisten Carl selama ia bekerja di restauran yaitu Martin (John Leguizamo) datang ke Miami yang sebelumnya Martin diberi kabar oleh Carl bahwa ia akan menjalakan sebuah Food Truck. Martin mengatakan bahwa tujuannya datang ke Miami adalah ingin tetap bekerja bersama Carl dimanapun dan apapun makanan yang akan Carl buat, walaupun pada saat itu tawaran yang diberikan oleh Carl bahwa Martin tidak akan digaji. Dengan adanya Martin yang menguasai bahasa yang Spanyol yang biasa digunakan di Miami sekaligus memiliki relasi disana, dan hasilnya food truck yang tidak layak tersebut menjadi sebuah food truck yang menarik dan siap digunakan dengan nama El Jefe dengan menu makanan yang dibuat adalah makanan khas tradisional masyarakat Miami-Florida yaitu Cubanos (roti lapis kuba).

                                   

(El Jefe Food Truck)   

cubanos.jfif

   (Roti Cobanos)

Perjanalan Carl untuk menjalankan bisnis food truck dimulai, tujuan food truck tersebut adalah kembali ke Los Angeles dan selama perjalanan Carl akan berhenti dibeberapa tempat untuk menjajakan menu food truck yang dibuatnya. Awalnya Carl hanya ingin pergi bersama Martin, tetapi Percy meminta untuk ikut yang kebetulan pada saat itu kegiatan pendidikan sedang libur. Selama perjalanan menjual menu food trucknya disuatu kota/daerah, Carl mampir ke tempat-tempat yang menjual makanan khas kota/daerah tersebut. Carl ingin Percy dapat merasakan makanan-makanan khas tersebut sekaligus untuk dapat membangun kembali hubungan baik dan mengenal lebih jauh tentang Percy. Tidak hanya ingin memperkenalkan bermacam-macam makanan Carl juga banyak berinteraksi dengan mengajarkan dan memberikan pengarahan kepada putranya bagaimana bekerja didapaur untuk memasak dan menjadi koki. Selain belajar bagaimana bekerja di dapur, Percy juga selalu memposting kegiatan ayahnya dan Martin menjalankan food trucknya di berbagai media sosial seperti Foto Makanan, Video dalam memasak, sampai posisi tempat food truck tersebut akan berhenti untuk berjualan. Dari setiap postingan Percy ternyata berefek pada banyaknya konsumen datang, dan para konsumen yang sengaja datang untuk mencoba/merasakan makanan tersebut ikut memposting makanan yang menjadi menu andalan food truck tersebut. Atas tindakan Percy tersebut, Percy mendapat pujian dari Martin serta pengakuan dari Carl yang mengakatan bahwa Percy adalah Kepala Marketing untuk food trucknya.

sacfs.png

(Lokasi pemberhentian food truck El Jefe)

Diakhir cerita food truck tersebut telah sampai di destinasi terakhir yaitu Los Angeles, Carl mengatakan bahwa semua akan kembali normal seperti sediakala dimana Carl harus tetap menjalakan bisnis food trucknya, dan Percy harus kembali bersekolah. Tetapi Carl senang dapat lebih dekat dengan Percy membuat beberapa kenangan yang tidak akan mereka lupakan walaupun hanya dalam beberapa minggu. Percy meminta agar dia dapat tetap ikut bekerja di food truck bila kegiatan sekolah selesai dan pada saat akhir minggu, tetapi Carl menolak dan mengatakan bahwa masing-masing dari mereka harus fokus pada kegiatan masing. Pada scene selanjutnya Percy diantar kembali kerumah Inez, dan pada momen berpamitan Percy meminta Carl untuk melihat video 1 detik yang dibuatnya selama perjalanan mereka. Setelah Carl melihat video yang dikirimkan oleh Percy, hati Carl tersentuh terhadap apa yang telah mereka jalani. Akhirnya Carl memutuskan untuk menghubungi Percy dan mengizinkan Percy untuk dapat bekerja pada food truck sepulangnya ia dari kegiatan sekolah dan pada saat akhir minggu.

Scene akhir, food truck tersebut berada di suatu acara dimana banyaknya food truck lain ikut memeriahkannya. Tim El Jefe food truck terlihat lengkap ditambah dengan Inez yang ikut membantu dalam melayani para konsumen. Tak disangka Sang kritikus makanan hadir dalam acara tersebut, dan mengatakan bahwa makanan yang dibuat Carl sangat lah enak. Dan untuk menyelesaikan perselisihan diantara mereka sang kritikus berniat untuk menjadi investor dan kepada Carl sebuah usaha restauran dimana Carl bebas untuk mengatur segala sesuatunya mulai dari konsep, menu makanan, dan sebagainya.

Managers and Managing

Essential Managerial Task

WhatsApp Image 2020-05-13 at 1.25.37 AM.jpeg

  1. Planning (Perencanaan)

Dalam bukuContemporary Managementdijelaskan bahwa perencanaan adalah sebuah proses untuk mengidentifikasi dan memilih tujuan yang tepat bagi organisasi. Pada film ini organisasi yang penulis pilih adalah restauran tempat Carl bekerja dan bukan pada saat Carl menjalankan food trucknya. Mengapa penulis tidak memilih food truck? Karena food truck yang dijalankan oleh Carl tidak terencana, dan Carl hanya mencari cara untuk tetap memperoleh kebutuhan finansialnya sekaligus agar tetap memasak. Maka penulis memilih restauran pada saat Carl menjalankan profesinya sebagai koki. Apabila dilihat ketika Carl masih bekerja dengan Riva sang pemilik restauran, maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa planning sebuah restauran tersebut adalah untuk memberikan pelayanan kepada konsumen berupa menu makanan yang disajikan dan hal tersebut dibuktikan didalam salah satuScenebahwa restauran tersebut telah berdiri lebih dari 10 tahun. Artinya Riva selaku pemilik restauran berhasil dalam melakukan sebuah perencanaan untuk bisnis yang ia jalani.

Namun ada baiknya Riva selaku pemilik restauran harus tetap melakukan inovasi terhadap menu makanan restaurannya. Walaupun Riva selaku pemilik telah mencapai tujuan restaurannya, akan tetapi kita harus juga melihat sudut pandang konsumen, sebagaian dari mereka akan berpendapat bahwa menu makanan yang disajikan pada restauran tersebut akan membosankan, dan besar kemungkinan menu makanan tersebut akan berkurang peminatnya. Selain itu Riva selaku pemilik restauran seharusnya memberi kesempatan kepada Carl yang memang adalah seorang koki handal dalam membuat makanan untuk melakukan inovasi pada makanannya, karna restauran tersebut akan ikut menadapatkan dampak positif terhadap inovasi yang dilakukan Carl tanpa harus mengubahPlanningRiva untuk membangun bisnis Restauran.

  1. Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian adalah suatu penataan hubungan kerja didalam suatu organisai sehingga para anggotanya dapat saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi. Awalnya organisasi yang dijalankan oleh Carl dan Riva berjalan efektif, Carl memiliki tugas dan tanggung jawab di dapur, dan Riva yang menjalankan restauran secara umum (administrasi). Dan apabila dilihat lebih mendetail, bahwa pengorganisasian yang menjadi tugas dan tanggung jawab Carl di dapur diatur langsung diatur oleh Carl. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana Carl mengatur para koki yang iya pimpin berdasarkan keahlian memasak masing-masing, mengatur para pramusaji, sampai dengan mengatur makanan yang akan dihidangkan kepada pelanggan. Semua yang dilakukan oleh Carl terseut adalah untuk mencapai tujuan.

  1. Leading (Kepemimpinan)

Kepemimpinan disini adalah sebuah karakter yang dimiliki seseorang yang memiliki visi serta tujuan yang jelas sehingga setiap anggota dapat ikut berperan dalam mencapai tujuan organisasi. Dalam film ini Carl sudah diceritakan berprofesi sebagai Kepala koki yang mengomandoi setiap orang yang bekerja di dapur, dan ketika ia menjalankan bisnis food truck-nya Carl juga menjadi pemimpin yang menentukan segala sesuatunya mulai dari tujuan, menu makanan yang akan dibuat, bahan yang digunakan, sampai denganmenentukan harga makanan tersebut.

  1. Controlling (Pengendalian)

Controlling atau pengendalian dapat diartikan sebagai fungsi untuk memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan sesuai dengan tujuan organisasi. Dalam film Chef, adascenedimana Percy yang pada saat itu segang diajari oleh Carl memasak dan ternyata makanan yang dimasaknya menjadi hangus. Dan kemudia Carl menjelaskan kepada Percy bahwa sebagai seorang koki harus memastikan bahwa makanan yang disajikan kepada pelanggan harus benar-benar layak untuk dimakan dan konsumen akan bahagia ketika dapat menikmati makanan tersebut. Hal ini menjadi salah satu bentuk controlling yang harus dijalankan mengingat tujuan dari food truck tersebut agar konsumen dapat menikmati makanan yang disajikan.

Effective Groups and Teams

Dalam alur cerita pada film Chef, karakter utama yaitu Carl sudah dibentuk sebagai karakter yang berprofesi sebagai kepala koki, dan hal sudah pasti Carl memiliki tim yang sudah biasa bekerja sama. Ketika Carl bekerja di restauran milik Riva, orang-orang yang menjadi anggota tim Carl memiliki bermacam etnis seperti Latin, Mexico, Chinese, dan sebagainya. Tentu dengan adanya adanya anggota yang terdiri dari berbagai macam etinis adalah menjadi keunggulan, mengingatorganisasi yaitu restauran tersbut akan diuntungkan karna akan membuat tujuan mudah dicapai dengan memberikan menu makanan yang beragam.

WhatsApp Image 2020-05-13 at 2.52.00 AM.jpeg

Dalam alur film, peran Carl yang diperankan oleh Jon Favreau ini sudah sangat baik dalam memimpin group dan/atau timnya. Carl memastikan bahwa setiap anggotanya untuk sama sama bekerja dan bersinergi (Enhance Performance) sesuai dengan bidang dan masing-masing , sehingga apa yang menjadi tujuan yang telah ditetapkan akan tercapai dan memperoleh benefit baik bagi grup maupun individu. Menurut penulis kemampuan Carl dan timnya dalam memasak memang telah diakui. Penulis menilai ketika menu makanan yang dimasak oleh Carl dan timnya akan dinilai oleh kritikus bukan sesuatu yang dianggap biasa. Dan oleh karena adanya penilaian dari sang kritikus, Carl bersama timnya akan menunjukan performa terbaiknya agar penilaian akan memperoleh hasil yang terbaik. Keingin Carl dan timnya untuk memberikan makanan terbaiknya untuk dinilai tersebut adalah bentuk respon yang ingin diperoleh dari konsumen (Increase Responsiveness to Customers).

(El Jefe ‘s Team)

Dengan adanya tantang dan penilaian dari sang kritikus tersebut, maka Carl sebagai kepala ingin memberikan menu makanan terbaik yang belum pernah/tidak ada di menu restauran. Dan sebagai kepala koki tentu para anggota tim yaitu koki lainya mengikuti petunjuk dan arahan Carl untuk dapat membuat menu makanan baru agar sang kritikus mengeluarkan hasil penilaian terbaik yang diharapkan oleh Carl dan timnya. Tindakan yang dilakukan oleh Carl tersebut adalah suatu tindakanan Inovasi (Increase Innovatio),yang diharapkan agar meningkatkan motifasi dan kepuasan masing-masing anggota untuk bekerja menajapai tujuan (Increase Motivation and Satisfaction).

Perbandingan Group and Team Restauran dan Food Truck Film Chef:

Aspek

Restaurant

Food Truck

Group Size

Anggota group lebih banyak dikarnakan menu makanan yang beraneka macam

Anggotanya lebih sedikit karena menu makanan yang terbatas

Planning

Lebih kompleks karna segala sesuatu harus dipastikan benar-benar berjalan sebagaimana mestinya agar kegiatan dan tujuan organisasi dapat dicapai

Tidak ada planing yang jelas, perencanaan dapat dilakukan secara otodidak dengan melihat keadaan seperti bahan makan

Organizing

Memiliki pembagian yang baik terhadap masing-masing anggota, dan anggota pun menjalankan apa yang menajadi tugas dan fungsi yang mereka emban

Tidak ada pembagian tugas yang jelas, semua dapat dikerjakan secara bersama dikarnakan tugas dan fungsi statis/monoton

Controlling

Lebih kompleks karena memiliki banyakanggotakan dan harus memastikan bahwa masing masing anggota menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik

Lebih mudah dikarenakan anggota yang berjumlah sedikit serta memiliki tugas dan fungsi lebih sedikit

Inovasi

Lebih sulit dikarenakan produk yang ditawarkan telah menjadi menu andalan dalam jangka waktu yang lam

Lebih mudah, ditambah tidak ada perencanaan yang jelas terkait menu yang akan dibuat karena tergantung ketersediaan bahan baku

tive Communication

Dalam Film Chef ini tentu banyak konflik yang terjadi dan dialamai oleh Carl diakibatkan kurang baiknya dan efektifnya cara ia berkomunikasi. Seperti cara Carl yang melakukan interaksi dan berkomunikasi dengan Percy yang dinilai kurang harmonis dan bersifat dingin, cara berkomunikasi melalui media sosial antara Carl dan sang kritikus yang tidak baik bahkan sampai menjadi viral. Tetapi dalam Film ini juga memberikan contoh bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan baik dan efektif yang dilakukan oleh Martin seperti menguasai beberapa jenis bahasa yang akhirnya perkerjaan yang sulit dapat dilakukan dengan mudah.

Communucation and Management

Jika kita lihat pada film dimana Carl masih bekerja di restauran milik Riva, komunikasi yang dilakukan memang tidak efektif anatar Carl dan Riva. Padahal tujuan mereka adalah sama yaitu bagaimana para konsumen menikmati menu hidangan yang dijasikan direstaurannya. Akan tetapi Carl memang berfokus kepada penilaian sang kritikus pada saat itu, dan Riva berfokus menu makanan yang disukai oleh para konsumennya. Akan tetapi masing masing dari mereka tetap memiliki tujuan yang sama untuk restaurannya. Maka dari itu kita dapat mengetahui betapa pentingnya komunikasi yang baik apabila pesan yang disampaikan diterima baik oleh pendengarnya (The Importance of Good Communication) dan bagaimana bahayanya ketika komunikasi itu tidak berjalan secara efektif (The Dangers of Ineffective Communication).

Information Technology and Communication

Selain itu dalam film ini kita dapat melihat kemampuan Percy yang mahir dalam menggunakan media sosial. Dengan kemampuan Percy dalam bermedia sosial yaitu dengan selalu mengupdate setiap kegiatan bersama ayahnya dan martin dalam menjalankan bisnis food truck, secara langsung dirasakan untuk mencapai tujuan food truck itu sendiri yaitu mengundang para konsumen. Jika dilihat dari bentuk bisnis food truck yang mereka jalankan tentu strategi komunikasi yang paling mudah adalah menggunakan media sosial.

dfdf gd.png

(Efek positif dalam penggunakaan media sosial pada film Chef)

Terlihat pada potongan gambar dari film Chef, efek dari penggunaan media sosial oleh Percy yang selalu mengupadate setiap kegiatan food trucknya dan diikuti oleh para konsumen yang secara tidak langsung menjadi ajang promosi dan pemasaran yang efektif dan menguntungkan bagi kegiatan bisnis food truck yang mereka jalani.

Hal-hal yang dapat kita pelajari dari film Chef

Dari film ini kita banyak belajar tentang arti keluarga, pekerjaan, dan keahlian yang kita miliki. Komunikasi yang baik adalah kunci utama dalam setiap menjalani hubungan dengan seseorang, baik dengan keluarga, teman/partner kerja, bahkan dengan musuh/lawan kita.

Apabila anda seorang pengusaha/entrepreneur alangkah baiknya anda mendengar masukan yang bisa anda pertimbangkan untuk keberlangsungan dan tujuan dari bisnis anda. Menurut saya Riva sebagai pemilik restauran telah kehilangan salah satu aset yang berharga yaitu Carl dengan kemampuan yang ia miliki hanya karena mementingkan ego masing-masing.

Selain itu pelajaran yang dapat ambil dari karater Carl adalah sifat yang pantang menyerah. Mungkin pada saat kondisi dan situasi Pandemic Covid-19 ini banyak dari teman-teman membaca mengetahui atau mengalami kehilangan pekerjaannya. Dan apabila anda telah menonton film ini maka teman-teman harus tetap semangat untuk terus mencari kesempatan serta peluang agar teman-teman dapat bisa terus bekarya dan belajar dan yang terpenting tetapsurvive.Kita tidak tau apa yang akan kita hadapi kedepannya, tetapi kita harus percaya bahwa hal yang akan datang pasti akan lebih baik dari sebelumnya

Referensi:

Gareth R. Jones, Jennifer M. George, 2020, Contemporary Management 11th edition,

https://id.wikipedia.org/wiki/Chef_(film)

Muhammad Fadillah R. – 40P20092

Eks B 40 C


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format